Lompat ke konten

Apa itu Basic Attention Token (BAT)

Apa itu Basic Attention Token (BAT)

Teknologi hadir untuk menjadi solusi atas masalah yang hadir sebelumnya. Termasuk apabila masalah tersebut disebabkan oleh perkembangan teknologi juga. Begitu pula dengan cryptocurrency yang berkembang untuk menjadi solusi masalah keuangan. 

Basic attention token (BAT) adalah salah satu jenis cryptocurrency yang dikembangkan untuk mengatasi masalah keuangan khususnya di bidang iklan online. Apa itu, BAT dan bagaimana mata uang kripto ini menjadi solusi atas masalah periklanan digital yang ada? Mari simak pembahasannya berikut. 

Apa itu Basic Attention Token (BAT)?

Basic attention token adalah token kripto yang dikembangkan khusus untuk digunakan dalam ekosistem Brave browser. Token ini dikembangan oleh Brendan Eich, salah satu co-founder Mozilla Firefox pada Initial Coin Offering di tahun 2017. 

Hingga Juni tahun 2022, token BAT telah mengumpulkan kapitalisasi pasar senilai 595 juta USD dengan jumlah BAT yang beredar sebanyak 1,5 miliar keping. Saat ini BAT dijual dengan harga 0,4 USD per unit. Nilai ini jauh lebih rendah dibandingkan November tahun 2021 lalu yang mana token ini sempat dijual dengan harga 1,7 USD per unit. Untuk memiliki token ini, Anda bisa membelinya di platform crypto exchange, menjadi content creator atau pengguna Brave browser.

Browser Brave dan Basic Attention Token (BAT)

Supaya sukses dalam trading basic attention token (BAT), Anda harus paham dulu ekosistem dimana token ini digunakan. Brave browser adalah aplikasi dan web browser yang dikembangkan oleh Brendan Eich dan Brian Bondy dalam perusahaan Brave Software, Inc. 

Brave browser menawarkan aplikasi browser mirip Google Chrome, tapi bersifat open source dan fokus pada privacy pengguna. Masalah yang diselesaikan oleh browser ini sebenarnya cukup sederhana yaitu mengatur iklan supaya tidak mengganggu kenyamanan dan privasi pengguna. 

Tentu kita sebagai pengguna internet seringkali tidak merasa nyaman karena iklan yang tumpang tindih dengan artikel atau iklan pop ad yang tiba-tiba muncul. Nah, Brave browser mencoba untuk mengurangi masalah tersebut dengan skema bisnis yang mereka buat. Karena fokusnya inilah, Brave browser memiliki adblock yang otomatis terinstall dalam aplikasi dan websitenya. 

Dengan demikian, pengguna mendapatkan beberapa keuntungan yaitu:

  1. Tidak perlu takut terkena malware. 
  2. Tidak perlu merasa tidak nyaman karena pop ads yang muncul tiba-tiba.
  3. Tidak perlu merasa tidak nyaman karena mau membaca konten tapi banner iklan dimana-mana. 
  4. Bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menonton iklan.
  5. Surfing internet jadi lebih cepat. 
  6. Bisa memberikan tip kepada content creator favorit.
  7. Bisa mengatur berapa iklan yang akan dilihat setiap harinya. 

Cara Kerja Basic Attention Token (BAT)

Model bisnis Brave browser berbeda dengan Google Chrome. Google chrome mendapatkan penghasilan dari biaya iklan yang diberikan oleh perusahaan. Sebagai gantinya, chrome menyediakan data pengguna supaya perusahaan tersebut dapat membuat iklan untuk target yang tepat. Jadi, jangan heran apabila Anda mencari kost melalui google lalu tak lama kemudian banyak iklan kost yang muncul di beranda Instagram Anda. 

Model bisnis Brave browser tidak seperti itu. Brave browser merilis basic attention token (BAT) pada tahun 2017 untuk mengatasi hal ini. Jadi, perusahaan yang ingin mengiklan di Brave browser harus membayar biaya iklan dengan menggunakan BAT. 

BAT ini kemudian dibagi dua yaitu 30% untuk Brave browser dan sisanya untuk pengguna yang melihat iklan. Pengguna yang melihat iklan tersebut lantas bisa memberikan sebagian token BAT yang mereka miliki kepada content creator. Tidak hanya pendapatan tambahan, pengguna juga bisa mengatur berapa jumlah iklan yang ingin ditonton dan bahkan mematikan menu iklan di bagian pengaturan supaya tidak perlu melihat iklan sama sekali.

Dengan demikian, penonton iklan dan content creator bisa mendapatkan penghasilan tambahan, Brave browser tetap mendapatkan uang dan iklan dari perusahaan tetap tersampaikan dengan tanpa harus menodai privasi pengguna. 

Dengan model bisnis ini, maka tidak heran jika Brave browser kini telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna bulanan, 15,5 pengguna aktif harian, 1,3 juta content creator. Aplikasi Brave browser telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di Google Play Store dan mendapatkan skor review 4,5 di Play Store dan 4,8 di App Store. 

Cara Menggunakan Basic Attention Token (BAT)

Seperti yang telah tertulis di atas, sistem bisnis Brave browser tidak seperti browser pada umumnya. Dengan menggunakan browser ini, pengguna bisa memberikan tip atau saweran langsung kepada content creator favorit mereka sekaligus mendapatkan pendapatan tambahan karena telah menonton iklan. 

User

Jika Anda adalah pengguna (user), Anda bisa mendapatkan token BAT melalui crypto exchange atau menonton iklan terlebih dahulu. Jumlah iklan yang telah Anda lihat dan jumlah token BAT yang telah Anda miliki bisa dilihat dengan mengklik ikon segitiga di bagian kanan atas browser lalu klik reward settings. Apabila jumlah BAT yang Anda miliki sudah cukup, maka Anda bisa memberikan sebagian token tersebut kepada content creator sebagai tip pada menu yang sama. 

Content Creator

Brave browser dan BAT adalah salah satu solusi untuk content creator yang tidak bisa mengaktifkan fitur adsense website dan YouTube mereka. Sederhananya dengan menggunakan browser ini dan BAT, content creator tersebut sudah menggabungkan chrome dengan aplikasi pemberian tip eksternal seperti, Kayakarsa, Patreon dan lain-lain.

Untuk mendapatkan BAT dengan menjadi content creator, Anda harus membuat akun Brave browser terlebih dahulu dan memverifikasinya. Content creator pada browser ini tidak hanya terbatas pada content creator youtube saja melainkan juga website, twitter atau bahkan twitch. 

Setelah akun content creator dibuat di creators.brave.com dan sudah Anda verifikasi, pelanggan website dan channel Anda sudah bisa mengirim BAT ke akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tambahan BAT dari mengirimkan kode referal aplikasi ini kepada pelanggan channel Anda. Semakin banyak orang yang menggunakan Brave browser dari referal tersebut, maka semakin besar pula pendapatan yang akan Anda peroleh. 

Total jumlah BAT yang akan Anda terima serta segala pengaturan dan statistik akun Anda akan tampil di dashboard creator. Dashboard ini akan tampil jika Anda login ke akun content creator Brave browser milik Anda. Selain itu, saldo BAT juga bisa Anda lihat sekilas dengan mengklik ikon segitiga di bagian kanan atas browser. Token BAT yang Anda dapatkan sebagai pengguna maupun content creator ini nantinya dapat Anda tukarkan (jual) dengan cryptocurrency lain atau dengan mata uang fiat sehingga menambah penghasilan bulanan Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.