Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA

Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA

Tokopedia merupakan salah satu e-commerce terbesar yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Menawarkan kemudahan dalam melakukan segala aktivitas, mulai dari berbelanja, membayar tagihan, membeli pulsa hingga banyak manfaat lainnya, membuat Tokopedia kemudian digandrungi oleh masyarakat luas.

Selain mudah digunakan, Tokopedia juga memberikan kemudahan dalam sistem pembayarannya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir misalnya tidak memiliki rekening bank, Anda bisa membayarnya melalui supermarket yang sudah bermitra dengan Tokopedia.

Segala cara pembayaran bisa dilakukan untuk melakukan transaksi di Tokopedia. Belakangan, munculnya e-wallet yang memberikan kemudahan pembayaran  juga sudah digandeng Tokopedia untuk melakukan kerjasama dalam sistem pembayaran.

Salah satu e-wallet yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi di Tokopedia adalah DANA. DANA merupakan dompet digital yang difungsikan sama halnya dengan dompet fisik, yaitu menyimpan data mengenai jumlah kekayaan Anda. 

Dengan DANA, aplikasi e-wallet terbaik, Anda bisa membayar segala transaksi di Tokopedia. Nah, bagi Anda yang belum tahu caranya, berikut cara bayar Tokopedia pakai DANA. Simak langkahnya yang akan dijelaskan secara detail di bawah ini!

Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA Melalui Transfer E-Commerce

Hampir mirip dengan pembayaran Shopeepay, pembayaran transaksi di Tokopedia dapat dilakukan melalui pengaturan pada menu pembayaran tersedia. Berikut langkahnya.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Tokopedia yang sebelumnya sudah diinstal, pastikan Anda sudah memiliki akun.
  2. Pilih barang yang hendak dibeli, atau pun tagihan yang hendak Anda bayar.
  3. Lakukan proses check out hingga Anda diarahkan pada halaman yang meminta Anda memilih metode pembayaran.
  4. Pada metode pembayaran, pilih metode dengan bank,  kemudian pilih bank mandiri.
  5. Anda akan diarahkan pada halaman yang menunjukkan sederet nomor virtual account.
  6. Salin nomor virtual account tersebut.
  7. Buka aplikasi DANA pada ponsel pintar Anda, pastikan sebelumnya Anda sudah punya akun. 
  8. Buka pada bagian beranda, klik lihat semua.
  9. Setelah muncul semua layanan  tersedia, pilih bagian transfer.
  10. Setelah terbuka bagian transfer, pilih e-commerce.
  11. Dari pilihan yang ada, pilih Tokopedia.
  12. Kemudian, masukkan nomor virtual account yang sebelumnya sudah disalin. Format dari VA tersebut secara umum yaitu 887 ditambah 12 angka nomor telepon yang Anda gunakan dalam Tokopedia.
  13. Kemudian masukkan jumlah uang yang harus dibayarkan, pastikan sebelumnya saldo yang dipunyai mencukupi. Pastikan saldo yang dimasukkan sama dengan nominal yang hendak dibayarkan.
  14. Jika sudah sama nominalnya, beserta benar nomor VA nya, Anda bisa memencet tombol konfirmasi.
  15. Sebelum benar-benar disetujui, Anda akan dibawa ke halaman yang diminta untuk memasukkan pin DANA. Masukkan pinnya, pembayaran akan diproses.
  16. Transaksi selesai, Anda bisa menunggu notifikasi konfirmasi pembayaran yang sudah berhasil dilakukan.

Saat melakukan pembayaran ini, Anda akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 999 setiap kali melakukan transaksi. Namun jangan khawatir, Anda setiap bulannya memiliki jatah transaksi tanpa membayar biaya admin.

Setelah itu, Anda akan dikenakan biaya transaksi seperti yang sudah tertera sebelumnya. Sebagai catatan, Anda bisa menggunakan pilihan bank selain Mandiri, bisa menggunakan BNI, BRI atau CIMB Niaga untuk memperoleh nomor virtual account.

Bagi akun DANA yang tidak premium, Anda mungkin tidak akan menemukan pilihan e-commerce. Maka dari itu, untuk melakukan cara ini, Anda perlu mengupgrade aplikasi menjadi premium sebelum melakukan cara-cara di atas.

Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA Melalui Transfer Bank

Bagi yang akun DANA yang tidak muncul untuk pilihan e-commerce,  maka Anda bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu melalui transfer ke bank. Simak langkah detailnya di bawah ini!

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Tokopedia yang sebelumnya sudah diinstal, pastikan Anda sudah memiliki akun.
  2. Lanjut, pilih barang yang hendak Anda beli, atau pun tagihan yang hendak Anda bayar.
  3. Kemudian lakukan proses check out hingga Anda diarahkan pada halaman yang meminta Anda memilih metode pembayaran.
  4. Setelah sampai pada metode pembayaran, pilih metode dengan bank,   kemudian pilih bank mandiri atau bank apa saja yang Anda inginkan.
  5. Anda akan diarahkan pada halaman yang menunjukkan sederet nomor virtual account. Salin nomor virtual account yang tertera pada halaman tersebut.
  6. Buka aplikasi DANA pilih menu Kirim.
  7. Pilih untuk mengirim Ke Rekening Bank.
  8. Kemudian pilih jenis bank sesuai yang tadi sudah Anda pilih pada saat hendak memunculkan nomor VA. 
  9. Klik, dan tambahkan bank baru, isi nama bank beserta nomor akun. Jika sudah klik Transfer. Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisi nominal.
  10. Masukkan nominal uang yang hendak Anda kirim untuk melakukan pembayaran, pastikan nominalnya sama persis pada yang tertera di halaman nomor VA.
  11. Jika sudah klik konfirmasi, pastikan nomor VA, bank tujuan dan nominal sudah benar. Kemudian klik bayar.
  12. Terakhir masukkan pin DANA Anda untuk memvalidasi transaksi.
  13. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa transaksi yang dilakukan berhasil muncul di ponsel Anda.

Untuk pembayaran menggunakan metode kirim rekening ini, Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 4500. Memang lebih mahal apabila menggunakan metode kirim rekening daripada transfer ke e-commerce.

Cara Agar Akun DANA Menjadi Premium

Sebagai catatan, kedua cara di atas dapat dilakukan apabila akun DANA yang Anda miliki sudah premium. Jadi jika belum memiliki akun premium, Anda bisa mengupgrade terlebih dahulu dengan melakukan validasi akun.

Dengan menggunakan dompet digital, Anda tidak harus memiliki rekening pribadi. Cukup menggunakan e-wallet yang memiliki berbagai fitur seperti DANA. Semua pembayaran bisa dilakukan dalam satu genggaman.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan agar akun DANA Anda premium dikutip dari web resmi DANA, ubah menjadi akun premium sehingga lebih banyak manfaat yang bisa Anda rasakan.

  1. Klik tombol “Verifikasi Akun Anda” yang berada pada halaman utama, dari beranda Anda bisa menekan tombol halaman profil dan akan muncul tulisan seperti di atas.
  2. Anda akan diminta untuk melakukan foto KTP, foto Kartu Tanda Penduduk Anda dengan jelas dan bisa terbaca oleh sistem.
  3. Setelah memfoto KTP, selanjutnya adalah memfoto wajah Anda. Verifikasi wajah dilakukan agar KTP yang Anda gunakan sama dengan yang Anda pegang, sehingga menghindari penyalahgunaan.
  4. Proses selanjutnya, Anda akan diminta mengisi data diri dan nomor KTP. Isi dengan benar sesuai dengan yang tertera.
  5. Setelahnya, pilih kirim. Proses verifikasi akun sedang dilakukan. Jika sudah disetujui artinya akun Anda sudah premium.

Nah, berikut di atas dua cara membayar Tokopedia, salah satu aplikasi belanja online terbaik dengan DANA juga cara agar akun DANA Anda menjadi premium. Anda bisa memilih hendak menggunakan yang mana, karena keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi pilih saja yang menurut Anda lebih mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *