Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Buka Rekening BNI Online Tanpa ke Bank & Syaratnya

Cara Buka Rekening BNI Online

Membuka rekening BNI online kini semakin dipermudah, karena nasabah tak perlu repot lagi datang ke bank dan menyesuaikan jam operasionalnya. Proses pembukaan rekening dapat dilakukan melalui smartphone yang memiliki akses internet. Bahkan tak perlu repot mengantri terlalu lama bersama para nasabah lainnya.

Ketika membuat rekening tabungan BNI tanpa harus ke bank juga memiliki keuntungan tersendiri, namun ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin memilikinya. Lihat informasi lengkap tentang cara buka rekening BNI online beserta syaratnya di sini!  

Sekilas Tentang Rekening BNI Online

Rekening BNI digital atau online adalah tabungan yang proses pembukaan rekeningnya bisa dilakukan secara digital atau lewat internet. Persyaratan dan prosedurnya kurang lebih hampir sama dengan mendaftar secara langsung ke bank (offline), namun bedanya tak perlu repot mengantri langsung di tempat.

Termasuk lebih efektif dibandingkan mengantri langsung di kantor cabang BNI, pembukaan rekening BNI online terbilang lumayan mudah. Anda tak perlu melakukan panggilan video bersama customer service, cukup unggah semua berkas dan foto saja, lakukan penyetoran awal, kemudian sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi. Tak hanya itu, nasabah juga bisa langsung mengaktifkan m-banking BNI secara online saat itu juga.

Adanya fasilitas pembukaan rekening online dari BNI tersebut sangat membantu masyarakat, terutama pegawai dan anak sekolahan yang tak punya banyak waktu untuk datang ke bank saat jam dan hari kerja. Setiap jenis tabungan BNI mempunyai persyaratan berbeda, sehingga biaya administrasi yang dikenakan pun tak sama. Informasi lebih lengkapnya Anda bisa mengecek poin berikutnya tentang syarat membuka rekening, prosedur, serta keuntungannya.

Syarat Buka Rekening BNI Online

Membuka rekening baru bank BNI secara online memiliki banyak keuntungan, antara lain praktis, cepat, efisien, serta berkesempatan memenangkan hadiah menarik. Apabila tertarik, coba simak syarat buka rekening BNI online berikut ini.

1. Taplus

Syarat membuat rekening BNI Taplus online

  • Mempunyai kartu identitas pribadi: KTP, SIM, atau Paspor
  • Mengisi formulir untuk pembukaan rekening baru BNI
  • Menyanggupi rincian biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya sebagai berikut:
Setoran awalRp500.000 (Jabodetabek) dan Rp250.000 (non-Jabodetabek)
Saldo mengendapRp150.000
Biaya administrasiRp11.000
Biaya tutup rekeningRp10.000
Biaya penggantian bukuRp1.500

2. Taplus Muda

BNI Taplus Muda bagi yang belum punya kartu identitas diri ataupun belum menikah

  • Pemohon berusia 15-17 tahun
  • Fotokopi akta kelahiran, kartu pelajar, atau Paspor aktif
  • Fotokopi KTP milik orang tua
  • Mengisi formulir pernyataan pembukaan rekening yang juga ditandatangani oleh orang tua

BNI Taplus Muda bagi yang punya kartu identitas diri atau sudah menikah

  • Usia 17-25 tahun
  • KTP asli dan fotokopi KTP
  • Mengisi formulir pernyataan Pemberi Dana (khusus mahasiswa dan ibu rumah tangga)
  • Mengisi formulir pernyataan pembukaan rekening baru

Pada rekening BNI Taplus Muda, nasabah bersedia menyanggupi rincian biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya sebagai berikut:

Setoran awalRp100.000, berikutnya minimal Rp10.000 
Saldo mengendapRp50.000
Biaya administrasiRp5.000
Biaya tutup rekeningRp50.000

3. Taplus Bisnis

Syarat membuat rekening BNI Taplus Bisnis

  • Melampirkan kartu identitas diri: KTP, SIM, atau Paspor yang masih berlaku
  • Melampirkan surat Keterangan Domisili
  • Melampirkan surat izin usaha dan akta pendirian usaha
  • NPWP
  • Melampirkan pernyataan sekaligus tanda tangan dari pejabat berwenang
  • Menyanggupi rincian biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya sebagai berikut:
Setoran awalRp1.000.000, berikutnya minimal Rp5.000
Biaya administrasi rekeningRp10.000
Biaya administrasi di bawah saldo rerata harianRp20.000
Pemesanan debit GoldRp15.000
Pemesanan debit PlatinumRp20.000
Pergantian debit GoldRp20.000
Pergantian debit PlatinumRp25.000

Cara Buka Rekening BNI Online Tanpa Ke Bank

Sudah menyiapkan semua berkas persyaratannya? Begini cara buka rekening BNI online tanpa harus datang ke bank saat jam operasional.

  1. Unduh aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone Android atau Apple. Pastikan jaringan internet sedang stabil.
  2. Buka aplikasi BNI Mobile Banking lalu pilih Buka Rekening BNI. Tentukan jenis tabungan yang ingin digunakan.
  3. Pilih Pembukaan Rekening, kemudian klik Daftar.
  4. Ikuti semua tahapannya hingga selesai, termasuk pengunggahan dokumen harus dilakukan secara teliti. Isi e-formulir pernyataan pembukaan rekening di sini (hanya bisa diakses melalui smartphone, baik Chrome untuk Android maupun Safari untuk Apple).
  5. Lakukan penyetoran awal sesuai nominal ketentuan.
  6. Nasabah akan mendapatkan kartu debit virtual serta nomor rekening. Rekening siap digunakan untuk bertransaksi. 
  7. Lanjutkan melakukan registrasi akun mobile banking, Anda bisa pelajari cara daftar sekaligus aktivasi m-banking BNI secara online di sini!

Nasabah memang tak memperoleh kartu debit (ATM) secara fisik, sebab telah memperoleh kartu debit virtual. Namun jika ingin mencetaknya, cobalah menanyakannya ke kantor cabang BNI terdekat atau hubungi pihak customer service.

Keuntungan Buka Rekening BNI Online

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika melakukan pembukaan rekening BNI secara digital. Selain praktis dan  prosesnya cepat, berikut ini merupakan keuntungannya.

1. Praktis, tak perlu antri ke bank

Pembukaan rekening BNI secara online, artinya Anda bisa melakukannya di rumah atau di manapun cukup melalui smartphone dan koneksi internet saja. Tak perlu mendatangi kantor cabang BNI ketika jam operasional, terlebih ketika Anda tak punya banyak waktu untuk melakukannya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan banyak pihak, khususnya karyawan dan siswa yang memang tak punya terlalu banyak waktu luang saat hari kerja.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengantri terlalu lama bersama para nasabah lainnya di bank. Cukup siapkan semua berkas yang dibutuhkan, akses internet, serta smartphone untuk melakukannya. 

2. Prosesnya cepat

Tak perlu benar-benar datang ke bank, membuka rekening tabungan BNI secara online prosesnya terbilang lumayan cepat, sehingga lebih efisien dari segi waktu. Anda tak harus mengantri terlalu lama dan menunggu panggilan seperti ketika membuka rekening secara offline.

Nantinya ketika proses pembukaan rekening BNI tersebut, nasabah juga bisa langsung mengaktifkan mobile banking BNI sekaligus mendapatkan kartu debit virtual yang bisa langsung digunakan saat itu juga. Perlu diketahui ketika hendak buka rekening, hanya bisa mendaftarkan satu NIK saja untuk satu akun. Lalu selanjutnya bisa memakai aplikasi mobile banking untuk menambah akunnya. 

3. Tak perlu sesi video call dengan pihak BNI

Kebanyakan bank ketika ada nasabah hendak membuka rekening secara online, perlu melakukan video call. Namun di BNI tak perlu melakukannya, cukup mengunggah semua dokumen persyaratan dan foto secara jelas.

Tak perlu ada sesi video call benar-benar memudahkan nasabah yang jaringan internetnya lemah atau tidak stabil. Jadi juga meminimalisir risiko jaringan internet terputus ketika sedang melakukan proses pembukaan rekening baru. Selain itu, hal ini pun lebih praktis dan tak memakan terlalu banyak paket data.

4. Langsung bisa digunakan untuk transaksi m-banking

Keuntungan membuat rekening BNI secara online salah satunya yaitu bisa langsung dipakai untuk melakukan berbagai macam transaksi. Selain itu, nasabah juga bisa registrasi akun mobile banking BNI saat itu juga. 

5. Memperoleh tambahan poin

Menariknya lagi jika membuat rekening tabungan secara online, kesempatan memperoleh tambahan poin lebih mudah. Jadi, kesempatan untuk mendapatkan undian hadiah akan lebih besar.

6. Mendapatkan reward menarik

Selain poin, kesempatan nasabah memperoleh reward menarik juga lebih besar. Tertarik untuk membuka rekening baru secara online di BNI?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *