Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Daftar M-Banking BNI Lewat HP

Cara Daftar M-Banking BNI Lewat HP

Dahulu, mendaftar mobile banking BNI harus dilakukan lewat bank dan hanya dapat melayani saat hari serta jam kerja saja. Namun saat ini, sistem pendaftarannya sangat mudah karena cukup menggunakan HP saja sudah bisa. Prosesnya jauh lebih fleksibel dibandingkan sistem sebelumnya, bahkan tak harus repot-repot mencari waktu di hari kerja.

Prosedur dan syaratnya daftar m-banking BNI lewat HP sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara manual melalui bank, asalkan Anda mencari tahu pada bacaan berikut ini. Ketahuil cara daftar m-banking BNI lewat HP tanpa harus pergi ke bank.

Syarat Mendaftar M-Banking BNI Lewat HP

Prosedur pendaftaran m-banking BNI sangat mudah dilakukan, persyaratannya pun tidak terlalu banyak. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja tanpa harus repot-repot datang ke bank ketika hari maupun jam kerja. Berikut syarat-syaratnya:

  • Sudah mengunduh aplikasi mobile banking BNI (tersedia di App Store maupun Google Play)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Sudah mempunyai rekening BNI
  • Memiliki kartu debit BNI
  • Nomor HP aktif
  • Koneksi internet stabil

Sudah mempersiapkan semua berkas persyaratannya untuk membuat akun mobile banking? Sebab pendaftaran dan aktivasinya dilakukan secara digital, sebaiknya pastikan koneksi internet stabil untuk mempermudah proses pendaftarannya. Selain itu, pastikan nomor HP Anda aktif agar bisa menerima kode OTP yang dikirimkan oleh pihak BNI untuk melakukan verifikasi data.

Usahakan juga telah mempunyai rekening BNI dan kartu debitnya, sebab nantinya harus memakai beberapa digit angka yang tertera pada kartu debit dan nomor rekening dalam proses pendaftarannya. Jadi sebaiknya, bukalah rekening bank terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk langsung mengaktifkan mobile banking. Ketahuilah beberapa kelebihan jika menggunakan BNI sebagai pertimbangan. 

Aplikasi mobile banking memberikan banyak kemudahan untuk melakukan transaksi sehari-hari, mulai dari membayar tagihan rumah tangga, pajak, membeli pulsa, melihat saldo rekening, maupun melakukan transfer uang ke rekening lain. Apalagi saat ini sudah dilengkapi fitur QRIS yang semakin mempermudah untuk melakukan transaksi secara cashless

Langkah-Langkah Mendaftar M-Banking BNI Lewat HP

Mudah sekali melakukan pendaftaran mobile banking BNI hanya bermodalkan HP saja, asalkan tahu caranya dan mempersiapkan semua syarat pendaftaran sesuai yang tertera pada poin sebelumnya. Melalui cara ini Anda pun tak perlu datang ke bank, sangat praktis karena jauh lebih efisien secara waktu maupun tenaga. 

Cara mendaftar m-banking BNI lewat HP

Sudah menyiapkan syarat registrasi mobile banking? Ikuti langkah-langkah registrasi akun m-banking BNI melalui HP berikut ini.

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking yang sudah terpasang di ponsel pintar. Geser kiri lalu klik tombol ‘Yuk, mulai!’ untuk melanjutkan proses.
  2. Baca secara seksama tampilan Syarat dan Ketentuan. Jika sudah membacanya, lanjutkan dengan klik centang, lalu Register.
  3. Ikuti semua tahapan registrasi yang disediakan oleh sistem, jika diminta mengisi data sebaiknya lakukan secara benar dan teliti agar tidak ada yang salah. 
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi nomor kartu debit, nomor rekening BNI, password/PIN ATM (debit), alamat email, serta data diri sesuai KTP. Jadi siapkan terlebih dahulu.
  5. Isi semua data yang diminta pada form registrasi dengan benar dan hati-hati. Apabila diperlukan, lakukan pengecekan kembali guna memastikan semua data yang dimasukkan tidak ada kesalahan.
  6. Klik tombol Lanjut lalu Allow.
  7. Isi nomor rekening, lalu 8 digit angka terakhir yang tertera di kartu ATM/debit. Masukkan pula tanggal lahir sesuai format yang tertera di form registrasi.
  8. Isi data diri sesuai KTP, meliputi NIK, alamat, dan lain-lain. Cantumkan lokasi Anda saat ini dan alamat email, jika ada kode referral boleh dimasukkan. 
  9. Jika semua data di formulir sudah diisi dengan benar, klik  Buat User ID.
  10. Buat User ID menggunakan kombinasi angka dan huruf. Anda bisa menggunakan nama lalu mengombinasikannya dengan angka tertentu. Klik Daftar jika sudah selesai.
  11. Buka email ketika sistem BNI mengirimkan kode registrasi. Masukkan kode registrasi tersebut pada kolom yang disediakan di aplikasi mobile banking.
  12. Proses registrasi telah selesai dilakukan.

Ketika mengirimkan kode OTP, jangan beritahukan kode tersebut kepada siapa pun selain diri Anda sendiri. Apalagi jika ada orang lain yang berusaha terus memintanya, sebaiknya tak memberikannya demi keamanan akun rekening Anda ke depannya. 

Perhatikan kembali saat melakukan pengisian data, jangan sampai ada kesalahan supaya proses registrasi akun bisa berhasil. Data yang dimasukkan pastikan milik sendiri sesuai data pada saat pembuatan rekening.  

Cara aktivasi m-banking BNI lewat HP

Perlu diketahui bahwa setelah melakukan tahapan registrasi di atas, akun m-banking BNI tersebut masih belum dapat digunakan. Oleh karena itu, setelah proses registrasi masih ada tahapan aktivasi mobile banking.

Proses aktivasi mobile banking BNI dapat dilakukan hanya lewat HP saja, Anda tak perlu harus repot pergi ke bank atau mengambil cuti setengah hari untuk melakukannya karena mengejar jam operasional kantor bank. Tahapan ini pun dapat dilakukan langsung usai registrasi. Begini cara aktivasi m-banking BNI lewat HP dengan mudah.

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking kemudian Login/Masuk.
  2. Isikan User ID yang sudah dibuat, nomor kartu debit, serta lokasi negara.
  3. Halaman berikutnya menampilkan tahapan untuk mengirimkan kode OTP melalui nomor HP ataupun email yang aktif. Klik Lanjut dan tunggu sistem BNI mengirimkan kode OTP.
  4. Input kode OTP yang telah Anda dapatkan melalui opsi yang dipilih (email atau SMS). Ketikkan kode OTP tersebut. Usahakan mempunyai minimal pulsa Rp5.000 agar tahapan verifikasi bisa berhasil melalui SMS.
  5. Kirimkan pula pesan verifikasi untuk melakukan konfirmasi data yang telah diinput sebelumnya melalui SMS ke 3346. Bisa juga melalui WhatsApp. Jangan mengubah ataupun mengganti isi pesan supaya tahapan ini berhasil disetujui, jadi sesuaikan format yang sudah ada dari sistem BNI.
  6. Kini sudah bisa membuat PIN baru untuk akun mobile banking BNI. Buatlah PIN/password sebanyak 6 digit. 
  7. Berikutnya sebagai langkah terakhir, buat password transaksi sebanyak 8-12 karakter yang berisi kombinasi huruf dan angka. Usahakan terdapat huruf besar dan kecil, jangan mengandung unsur identitas berupa nama pemilik agar tak gampang dibobol.
  8. Pilih Simpan, kemudian klik Lanjutkan. 
  9. Proses aktivasi m-banking BNI selesai. Aplikasi m-banking sudah bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi keuangan.

Mudah sekali, bukan cara aktivasi mobile banking BNI lewat HP? Sebagai informasi tambahan, PIN 6 digit dan password transaksi 8 digit merupakan dua hal berbeda. 

PIN 6 digit digunakan untuk Login ke aplikasi, ini tertera pada halaman pertama. Sedangkan password transaksi dipakai untuk mengkonfirmasi berbagai transaksi yang dilakukan di aplikasi (misalnya: transfer, membayar tagihan, dan lain-lain).

Begitulah cara registrasi sekaligus aktivasi akun mobile banking BNI melalui HP. Semoga informasi ini membantu.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *