Lompat ke konten

Cara Daftar GoPay & Upgrade dengan Mudah

Cara Daftar GoPay Plus

GoPay adalah dompet digital (e-wallet) dari Gojek yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi secara digital, baik untuk membayar jasa ojek online, membayar tagihan, hingga berbelanja dengan sistem non tunai. Sebagai salah satu e-wallet yang paling banyak digunakan, banyak keuntungan jika menggunakan GoPay. Terdapat fitur bertransaksi secara praktis, biaya administrasi saat top up terjangkau, banyak mendapatkan cashback, dan sebagainya.

Mengingat banyaknya keuntungan jika menggunakan dompet digital dari Gojek tersebut sebagai sistem pembayaran secara non tunai, banyak pula orang bertanya mengenai cara buat akun GoPay dengan mudah, mengaktifkannya, bahkan upgrade ke versi Plus. Berikut kami jelaskan secara rinci mengenai cara mengaktifkan akun GoPay agar bisa mendapat banyak kemudahan saat bertransaksi.

Persiapan Sebelum Daftar GoPay

Banyak sekali kemudahan yang didapatkan apabila Anda membuat akun GoPay, apalagi didukung oleh keadaan saat ini, di mana hampir segala bentuk transaksi dilakukan secara digital. Tak hanya sebatas itu saja, melalui e-wallet tersebut bisa berkesempatan mendapatkan cashback dan voucher menarik saat menggunakannya. Ingin coba membuatnya?

Cara buat akun GoPay tergolong mudah dan persyaratan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Bahkan, proses verifikasi datanya pun termasuk cepat, asalkan tidak ada hambatan atau tak ada kesalahan saat pengunggahan datanya. Terlebih saat akun sudah aktif, pasti mendapatkan lebih banyak keuntungan ketika memakainya untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Hal pertama yang perlu Anda siapkan sebelum mendaftar GoPay adalah mendaftarkan diri ke aplikasi Gojek terlebih dahulu. Jangan lupa menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan agar proses pendaftarannya tidak terhambat. Ini adalah beberapa persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar.

  • Install aplikasi Gojek terlebih dahulu (tersedia di perangkat Android maupun iOS)
  • Nomor HP aktif.
  • Alamat email aktif
  • KTP asli

Alamat email dan nomor HP aktif diperlukan saat pendaftaran untuk memperlancar pada tahapan verifikasi data diri. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan nomor HP dan akun email milik pribadi, bukan milik orang lain karena nantinya juga dibutuhkan oleh pihak Gojek untuk mengirimkan kode OTP.

Begitupun dengan syarat melampirkan KTP asli pada cara buat akun GoPay, tentu tidak diperbolehkan memakai milik orang lain. Hal ini karena proses validasi datanya diminta untuk selfie bersama KTP nantinya, terutama pada pengaktifan akun dompet digital tersebut.

Tutorial Lengkap Daftar GoPay

Setelah mengumpulkan berkas persyaratannya secara lengkap, hal yang perlu disimak selanjutnya yaitu mengenai cara buat akun GoPay. Di bawah ini kami jelaskan secara lengkap supaya tak kebingungan mendaftarnya, cukup bermodalkan smartphone saja.

1. Install dan daftar akun Gojek

Sebab GoPay adalah bagian dari Gojek, maka Anda perlu menginstall aplikasi Gojek terlebih dahulu. Unduh aplikasinya di perangkat Android (Google Play) maupun iOS (App Store). Jika sudah terpasang di smartphone, selanjutnya klik ‘Belum ada akun? Buat dulu’ supaya diarahkan menuju halaman berikutnya.

2. Masukkan nomor HP dan alamat email aktif

Pada halaman berikutnya, Anda diminta memasukkan nomor HP dan alamat email aktif. Sebaiknya gunakan milik sendiri karena nantinya butuh verifikasi data serta kode OTP.

Saat memasukkkan nomor HP, langsung input nomor tanpa awalan +62 atau 0 supaya bisa terbaca oleh sistem. Teliti kembali saat menginput agar proses verifikasi data tidak mengalami hambatan. Pastikan pula alamat email sudah benar sebelum melanjutkan prosesnya.

3. Verifikasi akun Gojek

Selanjutnya, pihak Gojek mengirimkan kode OTP empat digit ke nomor HP Anda melalui SMS. Jangan beritahukan deretan angka tersebut kepada siapapun guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya tindakan penyalahgunaan data, maupun hal berbahaya lainnya. Masuk kembali ke aplikasi Gojek, kemudian input kode OTP sesuai tertera pada pesan singkat SMS.

Pihak Gojek juga mengirimkan email otomatis ke alamat surat elektronik Anda, jadi bukalah aplikasi email dan cari pesan dari Gojek. Isi pesan tersebut meminta untuk melakukan verifikasi data, jadi buka dan klik ‘Verifikasi Email Saya’. Ikuti instruksi selanjutnya.

4. Akun GoPay sudah aktif

Selesai. Begitulah cara mengaktifkan akun GoPay dengan mudah. Kini Anda sudah bisa menggunakannya untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Tampilan antarmuka dari aplikasi Gojek yang berisi berbagai menu
Tampilan halaman utama aplikasi Gojek.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa akun tersebut belum terverifikasi sepenuhnya karena belum diupgrade ke GoPay Plus. Sehingga tidak bisa digunakan untuk mengirim saldo ke pengguna lain maupun untuk menikmati fitur tarik saldo. Jadi, upgrade terlebih dahulu agar bisa menikmati fitur premiumnya tersebut.

Menu top up, berisi pilihan nominal untuk pengisian
Lakukan top up jika sudah berhasil membuat akun Gopay

Tutorial Upgrade GoPay dengan Mudah

Setelah melakukan pendaftaran akun Gojek, sebenarnya GoPay pun sudah dapat dipakai namun belum bisa menikmati fitur premiumnya, seperti penarikan saldo ke rekening bank dan kirim saldo ke pengguna lainnya. Tak hanya itu, jika sudah diupgrade ke premium, Anda bisa melakukan transaksi hingga 10 juta rupiah serta ada kesempatan untuk mendapatkan GoPayLater.

Upgrade akun ke fitur premium memberikan banyak sekali kemudahan. Ini cara mengaktifkan akun GoPay Plus dengan mudah, hanya butuh KTP!

  1. Masuk pada menu utama Gojek. Kemudian pilih Eksplor pada kolom GoPay, setelah itu pilih Plus.
  2. Siapkan KTP dan unggah. Perlu diketahui bahwa satu KTP hanya berlaku untuk satu akun saja, jadi tidak bisa untuk beberapa orang.
  3. Selanjutnya, Anda diminta mengunggah swafoto (foto selfie) bersama KTP. Gunakan posisi angle yang pas dan pencahayaan sesuai agar bisa diverifikasi oleh sistem.
  4. Tahap berikutnya, lakukan review kembali pada data yang telah diunggah. Pastikan bahwa fotonya terlihat jelas, tidak buram, miring, apalagi pecah. Tujuannya supaya proses verifikasi data dari pihak Gojek tak terhambat nantinya.
  5. Jika sudah yakin dengan data yang hendak diunggah, klik Kirim.
  6. Selesai. Tinggal menunggu waktu selama 1 x 24 jam sampai prosesnya selesai (di hari kerja). Jika ada kesalahan pengunggahan dokumen, pihak Gojek akan menghubungi Anda untuk memperbaikinya.

Apabila data yang diunggah jelas, pencahayaannya pas, serta tidak buram biasanya proses verifikasi tidak memakan waktu lama, bahkan bisa jadi kurang dari 24 jam. Setelah semuanya selesai, nantinya muncul notifikasi bahwa akun GoPay Plus sudah aktif dan siap digunakan.

Memiliki fitur premium dari e-wallet ini pun bisa memiliki kesempatan menikmati layanan PayLater. GoPayLater memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memakai fiturnya.

Macam Pembayaran yang Dapat Dilakukan dengan GoPay

Sudah paham mengenai cara mengaktifkan akun GoPay Plus? Jika sudah memahaminya, selanjutnya Anda pun perlu tahu apa saja macam pembayaran yang bisa dilakukan dengan GoPay.

GoPay memberikan banyak kemudahan dalam hal bertransaksi, sebab dapat dilakukan secara non tunai secara lebih hemat sekaligus aman. Apa saja macam pembayaran yang bisa dilakukan dengan e-wallet tersebut? Ini rinciannya!

1. Layanan Gojek

GoPay dapat dilakukan untuk membayar segala bentuk layanan Gojek, antara lain GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, GoMart. Selain itu jika pakai GoPay memiliki kesempatan mendapatkan cashback, diskon, dan voucher menarik.

Menu "Top Services" berisi layanan yang bisa dipakai

2. Pembayaran tagihan

Anda bisa membayar tagihan dengan saldo GoPay pada menu GoTagihan, mulai dari listrik, pulsa, paket data, TV kabel, hingga BPJS.

3. Pembayaran di restoran, merchant, dan supermarket

Pembayaran secara non tunai dapat dilakukan dengan mudah dengan GoPay. Cukup lakukan scan QR code di restoran, merchant, dan supermarket.

4. Belanja online dan top up game

Belanja online di marketplace, berlangganan aplikasi premium, sampai top up game bisa menggunakan e-wallet dari Gojek dengan mudah. Bahkan bisa berkesempatan mendapatkan promo dan cashback menarik.

Promo dan voucher di Gojek
Halaman promo.

Itulah cara daftar GoPay sekaligus upgrade dengan mudah. Segera upgrade akun Anda ke versi Plus supaya bisa menikmati fitur lengkapnya!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.