Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Investasi Emas Perhiasan Untuk Pemula

Cara Investasi Emas Perhiasan Untuk Pemula

Emas merupakan instrumen investasi yang banyak dipilih karena ada fisiknya, mudah dibeli dan juga mudah dijual. Ada beberapa opsi investasi emas yang dapat Anda pilih, mulai dari menabung di pegadaian dan di bank, sampai membeli emas batangan dan perhiasan. Masing-masing opsi memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Dalam artikel berikut ini, penulis hanya akan membahas investasi emas perhiasan untuk pemula saja. Pasalnya, investasi emas perhiasan adalah salah satu cara paling mudah untuk berinvestasi pada logam mulia ini. Perhiasan dapat dijadikan instrumen investasi yang baik apabila Anda dapat membeli dan menjualnya di waktu yang tepat. Berikut ini cara investasi emas perhiasan untuk pemula.

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Langkah pertama investasi emas, baik itu perhiasan, batangan, tabungan maupun trading, adalah menentukan tujuan investasi. Tujuan investasi ini penting, sebab logam mulia yang satu ini memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan instrumen investasi lainnya. 

Dalam artikel keuntungan investasi emas misalnya, diketahui bahwasanya perkembangan instrumen yang satu ini dalam jangka menengah maupun panjang cenderung lebih tidak bisa diprediksi dibandingkan dengan saham, meskipun sama-sama merupakan instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang. Selain itu, ada beberapa opsi investasi emas yang bisa Anda pilih sendiri tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

2. Pilih Perhiasan Terbaik

Perhiasan emas umumnya tidak hanya terbuat dari logam mulia ini saja, tetapi juga ada campuran berbagai bahan kimia lainnya supaya bisa jadi benda padat yang cantik. Nah, kadar emas dalam suatu perhiasan ini berbeda-beda, ada yang 24 karat, 14 karat, 10 karat dan lain sebagainya. Kandungan emas dalam perhiasan ini mau tidak mau juga akan mempengaruhi harga. 

Pilih perhiasan terbaik sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan, kadar karat yang Anda impikan dan budget yang Anda sediakan. Sebab, enaknya investasi emas perhiasan adalah keindahan fisiknya dapat memanjakan mata dan menjadi perlambang status sosial di masyarakat.

3. Beli Di Sumber Kredibel

Perhiasan emas dapat dibeli di berbagai sumber yang kredibel, seperti bank, pegadaian, toko emas, butik Antam atau di online marketplace. Dengan membeli di sumber-sumber kredibel ini, Anda dapat menjamin kualitas dan berat logam mulia ini secara lebih presisi dan bertanggungjawab. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan surat pembelian emas.

Contohnya, jika tertarik membeli emas Antam, pastikan membeli di tempat penjual emas Antam terpercaya yang memiliki reputasi baik.

Hal ini penting, sebab tidak semua emas perhiasan yang dijual di pasaran adalah asli. Ada perhiasan yang sebenarnya terbuat dari kuningan, namun diakui terbuat dari emas. Anda sebaiknya mengetahui cara membedakan mana yang asli dan palsu agar tidak tertipu.

Oh iya, saat ini membeli emas di sumber kredibel juga tidak hanya bisa dilakukan secara tunai saja, melainkan Anda juga bisa membeli dengan cara mengangsur menggunakan mekanisme tabungan emas. Setelah nilai tabungan ini genap 1 gram, Anda lantas bisa menukarkannya dengan perhiasan yang Anda inginkan.

4. Ketahui Harga Jual dan Harga Buyback

Keuntungan investasi emas perhiasan terletak dari selisih antara harga jual yang sudah ditambah dengan berbagai biaya yang menyertainya dengan harga pembelian kembali (buyback). Harga jual adalah sejumlah uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli logam mulia ini, sedangkan harga buyback adalah sejumlah uang yang akan Anda dapatkan jika Anda menjualnya kembali ke toko atau butik. 

Biasanya, harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan harga buyback. Hal ini karena, setelah disetorkan kembali ke tempat penjualan, logam mulia tersebut akan diproses kembali supaya bisa dibentuk lagi menjadi perhiasan yang berbeda, sehingga ada biaya produksi dari perusahaan tambang emas. 

Untungnya, saat ini perubahan harga logam mulia ini dapat diakses secara real time menggunakan website dan aplikasi, sehingga Anda dapat memantau kapan waktu yang tepat untuk membeli emas perhiasan dan menjualnya kembali. Anda dapat melihat perubahan harga ini di laman resmi Pegadaian. 

5. Jangan Lupa Dirawat Dengan Baik

Salah satu tantangan investasi emas perhiasan adalah merawatnya dengan baik. Hal ini karena:

  1. Emas perhiasan terbuat dari berbagai campuran bahan kimia, sehingga akan mudah berkarat, lecet atau kusam kalau tidak dirawat dengan baik. Penurunan kualitas fisik perhiasan emas ini bisa menjadi salah satu faktor penurunan harga buyback emas.
  2. Emas perhiasan relatif lebih rawan pencurian dan penjambretan dibandingkan dengan opsi investasi emas yang lainnya. Maka dari itu, tidak heran kalau sejumlah orang menyimpan perhiasan ke dalam safe deposit box. 
  3. Tidak adanya surat bukti pembelian emas juga dapat mengurangi harga. Bahkan kalau Anda kehilangan salah satu pasangan anting saja, perhiasan tersebut tidak akan diterima oleh toko dan Anda harus menjualnya ke penjual emas kaki lima yang mana biasanya harga buyback yang akan Anda dapatkan akan lebih rendah dibandingkan kalau dijual di toko. Tentu akan merugikan jika Anda membeli perhiasan dengan harga mahal, tapi pas mau dijual pasangan atau suratnya hilang bukan?

Risiko lain dari investasi emas perhiasan adalah Anda tidak bisa mencairkan dananya pada hari Sabtu, Minggu atau hari libur nasional. Pasalnya, pada hari-hari tersebut toko emas, pegadaian atau bank pasti tutup. Kalaupun Anda menggunakan aplikasi, tidak jarang eksekusi order jual di aplikasi tersebut baru dijalankan pada weekdays. 

Oleh sebab itu, umumnya perhiasan emas bukan instrumen yang cukup likuid untuk dijadikan dana darurat. Namun demikian, instrumen yang satu ini masih cukup bagus untuk Anda jadikan sebagai komponen diversifikasi investasi. 

6. Lebih Awas Terhadap Biaya-Biaya

Biaya-biaya adalah salah satu aspek yang dapat secara langsung mempengaruhi keuntungan investasi emas. Setiap opsi investasi emas memiliki komponen biayanya masing-masing yang harus diperhatikan agar tidak rugi. Biaya-biaya tersebut, seperti:

  1. Ongkos kirim jika Anda membeli emas secara online. 
  2. Biaya sewa safe deposit box jika Anda memakainya. 
  3. Biaya pembuatan akun dan titip emas apabila Anda membeli instrumen yang satu ini dengan mekanisme tabungan. 
  4. Biaya spread dan komisi, apabila Anda membeli emas dengan cara trading. 

Perhiasan emas adalah salah satu instrumen investasi yang sudah banyak dikenal dari dulu hingga kini. Alasannya adalah, selain dapat menambah kecantikan, rasa percaya diri dan status sosial karena keindahannya, emas perhiasan juga dapat dijual kembali dengan harga yang cukup tinggi. Reputasinya sebagai instrumen investasi safe haven pun membantu stabilitas harga instrumen yang satu ini. 

Nah, itu tadi beberapa cara investasi emas perhiasan untuk pemula supaya menguntungkan. Pilih perhiasan yang menjadi favorit Anda, jaga dia dengan baik dan jual di waktu yang tepat agar investasi Anda menguntungkan. Selamat mencoba.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *