Lompat ke konten

Cara Jual Emas Antam dan Strategi agar Untung

Cara Jual Emas Antam

Berinvestasi emas Antam kini mulai banyak dilakukan oleh masyarakat untuk menjadikannya sebagai tabungan jangka panjang. Hal ini karena emas adalah instrumen investasi yang nilainya cenderung stabil dan tahan terhadap inflasi, apalagi hampir setiap tahun harganya selalu naik.

Beberapa orang berniat untuk menjual emas Antam miliknya karena berbagai alasan tertentu, namun sebelum melakukannya sebaiknya perhatikan kapan waktu yang tepat agar tidak rugi.

Berikut kami berikan cara jual emas Antam serta tipsnya agar tetap untung.

Prosedur Jual Emas Antam

Emas adalah logam mulia yang dapat dijadikan instrumen investasi jangka panjang karena nilainya stabil namun cenderung naik dari waktu ke waktu. Sebagian orang ketika sudah memiliki tabungan emas dalam jumlah cukup, sewaktu-waktu pasti memiliki niat untuk menjualnya kembali karena alasan tertentu, atau memang sudah waktunya dijual. Oleh karena itu, perlu diketahui pula bagaimana syarat dan prosedurnya supaya tidak bingung.

Ketika hendak melakukan buyback emas batangan Antam, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukannya.

Berikut persyaratan menjual emas Antam:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Sertifikat dan nota pembelian emas Antam asli
  • Foto emas fisik (jika dijual selain ke program marketplace)
  • Nomor rekening

Itu adalah persyaratan yang perlu dipenuhi jika Anda hendak menjual emas batangan Antam secara umum, baik di Butik Antam, marketplace, dan sebagainya. Jika melalui Butik Antam, lakukan pendaftaran di website resmi mereka, kemudian tunggu proses verifikasi data dan ambil nomor antriannya. 

Cara Jual Emas Antam

Ingin menjual emas Antam tapi bingung ke mana harus menjualnya? Ini dia beberapa tempat yang aman sekaligus terpercaya untuk melakukannya.

1. Jual antam di Butik Antam

Menjual di Butik Antam adalah salah satu cara paling aman, apalagi gerainya sudah tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia yang melayani buyback. Caranya cukup siapkan berkas seperti KTP, NPWP, sertifikat emas asli, nomor rekening, dan foto emas fisiknya. Setelah itu daftarkan diri ke website resmi Logam Mulia lalu ambil nomor antrian.

Pengiriman semua berkasnya dilakukan melalui email, jadi tidak perlu repot datang ke cabang Butik Antam hanya untuk mendapatkan nomor antrian. Nantinya uang hasil penjualan ditransfer melalui nomor rekening. Apabila mengalami kendala dan tidak dapat hadir di butik pada waktu yang ditentukan, lakukan pendaftaran kembali untuk menjadwalkan pada minggu berikutnya.

Butik juga merupakan tempat membeli emas Antam paling aman, karena merupakan toko resmi.

2. Jual antam di marketplace

Investasi emas tidak hanya dilakukan dalam bentuk fisik saja, tetapi juga dapat dibeli secara virtual dalam nominal berapapun. Sistemnya sama seperti menabung, jadi bisa ditarik sewaktu-waktu ketika sudah mencapai harga yang diinginkan. Marketplace terpercaya untuk melakukan investasi logam mulia yaitu Shopee dan Tokopedia.

Cara jual emas Antam online di Shopee caranya adalah masuk ke menu Pulsa, Tagihan, dan Hiburan kemudian pilih menu Emas (jika tidak ada boleh lakukan pencarian dengan kata kunci ‘Tabungan Emas’ di tab search). Selanjutnya Anda hanya perlu menentukan berapa gram logam mulia yang hendak dijual, mengisi data diri, dan nomor rekening. Klik Konfirmasi dan selesai, uang akan dicairkan ke rekening tujuan (prosesnya memakan 1 x 24 jam kerja).

Jika hendak melakukannya melalui Tokopedia, masuk ke halaman utama lalu pilih menu Jual Emas. Tentukan berapa gram yang hendak dijual, klik Checkout. Selanjutnya klik SMS Verifikasi untuk mendapatkan kode OTP melalui nomor HP aktif, kemudian setelah kode OTP sudah diinput, pilih Jual Emas. Selesai, uang dicairkan ke saldo Tokopedia.

3.  Jual Antam di Pegadaian

Pegadaian merupakan tempat di mana Anda bisa melakukan transaksi jual beli emas, terutama jenis Antam. Bahkan di Pegadaian dapat menabung logam mulia dalam nominal berapapun, lalu dapat dicetak bentuk fisiknya apabila berat (gram) sudah terpenuhi, yakni mulai 1 gram.

Cara jual emas Antam di Pegadaian caranya pun mudah, datangi kantor cabang Pegadaian terdekat sambil membawa berkas berupa KTP dan sertifikat kepemilikan logam mulia. Setelah itu petugas akan melakukan verifikasi data. Apabila sudah disetujui maka Antam berhasil terjual, uang akan dikirimkan dalam bentuk tunai.

4. Jual Antam di toko emas

Opsi lain menjual emas batangan Antam yaitu bisa langsung ke toko emas. Ini merupakan pilihan terakhir, apalagi jika tak ada Butik Antam di daerah Anda. Bawa bentuk fisik sekaligus sertifikat dan nota resmi pembeliannya, kemudian lakukan transaksi.

Mengapa menjual antam di Toko Emas dijadikan sebagai opsi terakhir? Hal ini karena prosedurnya cenderung lebih rumit, bahkan harga buybacknya juga lebih rendah jika dibandingkan gerai resmi lainnya. Apalagi jika melakukan investasi logam mulia perhiasan, harganya pasti turun terlalu jauh dibandingkan saat pertama kali membelinya.

5. Jual Antam di kantor pusat Antam

Menjual emas juga bisa dilakukan melalui kantor pusat Antam yang beralamat di Jalan TB Simatupang daerah Jakarta Selatan. Melalui kantor pusatnya, Anda bisa mendapatkan harga lebih maksimal karena nilai buybacknya lebih tinggi dibandingkan ke butik maupun gerai lainnya.

Tak hanya itu, bertransaksi di kantor pusat produsen Antam juga dijamin keamanan serta kenyamanannya. Ingin coba buyback ke sana?

6. Jual Antam di bank syariah

Saat ini sudah hampir semua bank syariah melayani transaksi jual beli logam mulia Antam. Jadikan sebagai pilihan apabila sewaktu-waktu ingin melakukan buyback. Bank syariah menawarkan harga kompetitif pada nasabah jika ingin melakukan pembelian maupun penjualan emas jenis Antam. Keamanannya pun terjamin, jadi tak perlu ragu melakukannya.

Strategi Jual Emas Antam agar Untung

Supaya untung, sebelum buyback emas Antam perlu menerapkan strategi. Jadi, tak bisa melakukannya asal-asalan apalagi sampai tidak melihat waktu yang tepat. Terapkan strategi berikut supaya tidak rugi.

1. Sering pantau harga emas secara berkala

Cara jual emas Antam agar untung yang pertama yaitu sering memantau harganya secara berkala. Ada saatnya harga logam mulia bisa naik atau turun, sebab tidak selalu dapat diprediksi.

Triknya supaya untung yaitu jual Antam ketika harganya sedang naik, atau setidaknya lebih tinggi dibandingkan ketika pertama kali membelinya. Dengan begitu, Anda tidak mengalami kerugian karena harganya lebih tinggi.

2. Perhatikan jarak waktu pembelian dan penjualan

Strategi menjual emas Antam dengan memantau harganya secara berkala tidaklah cukup, sehingga harus diperhatikan pula jarak waktu pembelian dan penjualannya. Seperti yang kita tahu bahwa emas adalah investasi jangka panjang, jadi misalnya dicairkan dalam waktu setahun atau kurang, tentu hasilnya belum terlihat. Bisa dibilang keuntungannya tipis dan tak terasa sama sekali.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan investasi terlebih dahulu dengan logam mulia tersebut setidaknya minimal lima tahun. Hasilnya pasti terlihat karena nilainya akan naik dari waktu ke waktu. Jika nilainya turun pun biasanya tak terlalu jatuh.

3. Jual di tempat resmi

Mencairkan emas batangan Antam ke bentuk uang sebaiknya dilakukan di tempat resmi, misalnya Butik Antam, kantor pusat Antam, Pegadaian, bank, marketplace terpercaya, Galeri 24, dan lainnya. Sebab dengan begitu, Anda akan mendapatkan buyback dengan nilai lebih tinggi.

4. Bandingkan harga antar toko

Masih ragu mencairkan emas ke bentuk uang ke mana? Cobalah lakukan survei antar tempat terlebih dahulu supaya mendapatkan penawaran harga tertinggi. Antar satu tempat dengan lainnya biasanya memiliki nilai buyback berbeda, jadi sebaiknya menerapkan tips ini guna menghindari kerugian.

Sudah paham mengenai cara jual emas Antam serta strateginya supaya untung? Semoga membantu!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.