Lompat ke konten

Cara Membeli Rumah Tanpa Utang

Beli rumah tanpa utang

Memiliki rumah sendiri tentu merupakan impian banyak orang. Namun sayangnya, dengan kenaikan harga tanah dan bangunan yang semakin tinggi, semakin banyak orang yang pesimis bisa membeli rumah dengan uang sendiri dan mengajukan pinjaman pinjaman dari bank baik berupa Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Tanpa Agunan (KTA). 

Padahal, bukan tidak mungkin Anda bisa membeli rumah beli rumah tanpa kredit dan dengan menggunakan uang milik sendiri. Berikut ini cara beli rumah tanpa kredit versi Investbro:

1. Ubah Mindset Terlebih Dahulu

Mindset yang diubah disini bukanlah mindset yang mengatakan rumah adalah barang mahal, tetapi mindset yang diubah adalah mindset yang berkata kalau Anda tidak bisa memiliki rumah dengan uang sendiri dengan tanpa berhutang. 

Membeli rumah dengan uang sendiri bisa dilakukan, hanya saja memang perlu waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Banyak orang, bahkan termasuk orang yang hidup di generasi sebelumnya dan sudah memiliki tanah baru bisa benar-benar memiliki rumah sendiri setelah 10 tahun. Selain itu, mindset yang perlu diubah juga mindset mengenai bagaimana “rumah” itu. 

Jika yang Anda pikirkan adalah rumah pertama bagi keluarga Anda, maka sebaiknya Anda mendefinisikan rumah pertama tersebut sebagai bangunan sederhana yang asal bisa melindungi keluarga dari panas dan hujan terlepas dari dimana lokasi rumah tersebut dan berapa luasnya. 

Mindset ini akan memudahkan Anda untuk menyusun cara yang kedua yaitu, menentukan budget dan target.

2. Tentukan Budget dan Target

Langkah yang kedua adalah tentukan budget dan target kapan budget tersebut bisa terpenuhi. Dalam menentukan budget dan target, sebaiknya Anda mempertimbangkan dua faktor lain yaitu penghasilan dan lokasi tempat rumah tersebut akan dibangun. 

Umumnya, semakin dekat lokasi suatu rumah dengan titik keramaian, maka semakin mahal pula rumah tersebut. Oleh sebab itu kalau ini adalah rumah pertama Anda maka carilah rumah atau tanah yang paling murah terlebih dahulu terlepas dari lokasinya. 

Kalau pendapatan bulanan Anda kurang dari Rp. 4.000.000, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah subsidi. Alternatif lain yang bisa dimanfaatkan adalah membeli rumah hasil lelang bank. Biasanya, harga rumah lelang bank lebih murah dibandingkan harga barunya sebab, rumah tersebut merupakan hasil sitaan dari nasabah yang gagal membayar pinjaman.

Jangan berkecil hati bila penghasilan masih sedikit, karena Anda tetap bisa menabung membeli untuk beli rumah dengan gaji 3 juta bahkan kurang.

Setelah menentukan budget, maka kini saatnya Anda mempersiapkan budget tersebut dengan cara di poin ketiga dan keempat.

3. Mempersiapkan Budget Dengan Investasi

Cara pertama untuk mempersiapkan budget pembangunan rumah adalah dengan investasi. Berbeda dengan tabungan biasa, investasi memiliki efek compounding atau bunga majemuk yang bisa meningkatkan jumlah simpanan Anda dari waktu ke waktu. 

Investasi ini erat kaitannya dengan waktu. Semakin lama Anda berinvestasi, maka kemungkinan semakin besar pula jumlah tabungan yang bisa Anda dapatkan pada tenggat Anda harus membeli rumah. Oleh sebab itu, tentukan jangka waktu investasinya terlebih dahulu lalu tentukan instrumennya. 

Apabila Anda baru akan membeli rumah 5 tahun ke depan atau lebih, Anda bisa memasukkan dana tersebut ke dalam saham. Jika 3-5 tahun, obligasi atau reksa dana pendapatan tetap adalah solusi terbaik. Jika dalam jangka waktu yang pendek, reksa dana pasar uang adalah solusinya.

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Cara mempersiapkan budget untuk beli rumah tanpa kredit yang kedua adalah dengan mencari penghasilan tambahan di luar penghasilan utama Anda. Penghasilan tambahan ini seperti, jualan kue kecil-kecilan di depan kontrakan atau kost-an, membuka jasa editing, atau jasa penulis freelance dan lain sebagainya. 

Hasil penghasilan tambahan ini bisa langsung Anda belikan printilan rumah atau bangunan yang sekiranya bisa dibeli. Misalnya, dari hasil freelance editor Anda memperoleh uang sebesar Rp. 300.000 yang bisa digunakan sekadar untuk membeli gayung, karpet, colokan dan lain sebagainya. 

Hasil penghasilan tambahan ini juga bisa langsung Anda masukkan ke dalam instrumen investasi yang telah disiapkan untuk membeli rumah. Tujuannya adalah supaya uang dingin tersebut tidak bisa Anda gunakan untuk keperluan lain. 

5. Bernegosiasi Dengan Toko Bangunan

Cara lain untuk beli rumah tanpa kredit adalah dengan bekerja sama dengan toko bangunan. Dalam hal ini, Anda bisa mengajukan pembelian bahan bangunan secara mengangsur atau mencari diskon dari toko bangunan tersebut. 

Syaratnya adalah selama proses pembangunan rumah, Anda harus membeli bahan-bahan bangunan dari toko tersebut saja dan tidak dari pesaing. Dengan demikian, Anda akan diuntungkan dengan diskon sementara pihak toko bangunan diuntungkan dengan pembelian terus menerus dari Anda. 

Manfaat lainnya dari bekerja sama dengan toko bangunan di dekat rumah adalah Anda bisa membangun komunikasi yang baik dengan tetangga, sehingga ketika rumah tersebut resmi ditempati, Anda tidak canggung lagi. 

6. Membangun Rumah Secara Bertahap

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli tanah untuk rumah tersebut terlebih dahulu. Hal ini karena harga tanah terus naik. Oleh sebab itu, jika saat ini Anda sudah memiliki dana yang cukup untuk membeli tanah serta mengurus aspek hukumnya ke notaris, lakukan saat ini juga sebelum harga tanah naik. 

Dengan membeli tanah dulu, setidaknya Anda sudah mengunci satu faktor penting untuk memiliki rumah sendiri. Toh, jika tanah sudah ada tapi bangunannya belum Anda bisa memanfaatkan tanah tersebut untuk bertani, berkebun atau bisa juga Anda sewakan untuk tempat parkir dan lain sebagainya. Baru, setelah ada tanah, Anda bisa membangun pondasi, jendela, pintu dan fasilitas lainnya jika sudah ada uang lagi.

7. Membangun Rumah Secara Mandiri

Secara mandiri disini bermakna Anda tidak menggunakan jasa arsitek, meminimalisir penggunaan jasa tukang dan mengawasi sendiri proses pembangunan rumah. Hal ini bisa meminimalisir biaya pembangunan dan mengurangi potensi adanya moral hazard. 

Namun demikian, Anda juga tetap harus menyediakan fasilitas-fasilitas yang pantas untuk tukang. Misalnya, memberikan makanan berat minimal sehari sekali, makanan ringan dan minuman serta pembayaran gaji harian tukang yang cukup. 

Maka dari itu, jika Anda memutuskan untuk membangun rumah secara mandiri, Anda juga harus tahu berapa bayaran tukang per hari yang wajar di daerah Anda sehingga, Anda bisa menentukan budget pembangunan rumah yang pas. 

Nah, itu tadi cara membeli rumah tanpa kredit. Memiliki rumah tanpa kredit memang membutuhkan waktu yang lebih banyak dibandingkan membeli rumah dengan KPR atau KTA. Selain Itu, bisa jadi juga Anda harus terbebani dengan biaya kost dan kontrak selama pembangunan belum selesai.

Namun positifnya adalah, Anda tidak perlu membayar cicilan dan bunga kredit selama bertahun-tahun ke depan sehingga uang cicilan tersebut bisa Anda pakai untuk keperluan lain, membiayai sekolah anak misalnya. Akan tetapi apapun keputusan Anda, membeli rumah tetap merupakan keputusan besar yang harus Anda ambil matang-matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.