Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Membuat ATM BRI Online dan Syaratnya

Cara Membuat ATM BRI Online

Biasanya, nasabah harus datang ke bank untuk membuat rekening pada saat jam operasional bank tersebut dan tak bisa melakukannya di hari libur. Namun kini, proses pembuatan ATM atau rekening, terutama BRI dapat dilakukan secara online. Sehingga, nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang sesuai jam operasional, dengan begitu sangat menghemat waktu sekaligus tenaga karena tak perlu mengantri terlalu lama pula.

Cara membuat ATM BRI online mudah sekali dilakukan asalkan sudah menyiapkan semua syarat berkas yang dibutuhkan. Prosesnya pun cepat dan aman, bahkan dapat dilakukan di rumah dengan cara mengakses web resmi Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membuka rekening baru. 

Bank BRI selalu berinovasi untuk mempermudah nasabah dalam mengakses layanan perbankan, salah satunya membuka rekening baru. Selengkapnya, lihat cara membuat ATM BRI online dengan mudah beserta syarat yang harus disiapkan berikut ini.

Sekilas Tentang ATM BRI

ATM BRI adalah layanan perbankan dari Bank Rakyat Indonesia berupa mesin yang dapat diakses untuk melakukan berbagai macam transaksi, mulai dari transfer uang, membayar tagihan, tiket perjalanan, hingga melakukan tarik tunai. Adanya ATM BRI benar-benar membantu kegiatan masyarakat, apalagi keberadaannya hampir selalu ada di setiap daerah di Indonesia, terutama daerah pelosok.

Banyak orang bertanya-tanya mengenai cara membuat rekening BRI secara online, sebab tak semua orang dapat langsung datang ke bank pada saat hari dan jam kerja. Oleh karena itu, banyak masyarakat berharap bahwa bank BUMN terbaik tersebut menyediakan layanan membuka rekening online supaya lebih praktis, tak membuang waktu, apalagi tenaga.

Membuat kartu ATM BRI dapat dilakukan secara online, asalkan dapat memenuhi syarat yang diminta oleh pihak bank. Meskipun membuat kartu ATM online, data nasabah tetap aman dan dapat terhindar dari tindakan pemalsuan. Hal ini karena BRI telah menggunakan inovasi teknologi berupa pengenal wajah yang juga didukung oleh pihak PERURI (Percetakan Uang Republik Indonesia), serta data pribadi pun dijamin keamanannya.

Selain itu, prosedur membuat ATM BRI online cukup cepat bahkan Anda tak perlu mengantri terlalu lama seperti ketika melakukannya di bank. Cukup sekitar lima menit saja, Anda sudah dapat membuat rekening baru melalui situs resmi BRI. Jadi, pastikan sudah mempersiapkan semua syarat dokumen untuk membuat ATM baru serta koneksi internet yang stabil.

Banyak pilihan tabungan yang disediakan oleh bank BRI untuk nasabahnya, sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan. Namun hanya ada beberapa rekening tabungan yang dapat dibuka secara online, antara lain Simpedes, BritAma Bisnis, BritAma X (BritAma Muda), dan Tabungan BritAma. Persyaratannya pun cukup mudah, yakni hanya bermodalkan KTP dan nomor HP aktif untuk bisa membuat rekening baru, lalu setoran awal yang harus diberikan sesuai ketentuan masing-masing.

Syarat Membuat ATM BRI Online

Memiliki banyak keuntungan terutama dari segi waktu dan tenaga, membuat ATM atau rekening BRI online merupakan cara mempermudah nasabah untuk membuka rekening baru.

Beberapa persyaratan berikut ini wajib Anda penuhi untuk mendaftar tabungan BRI secara online:

  • KTP asli
  • Nomor HP aktif
  • NPWP, jika ada
  • Mengisi e-formulir untuk pembukaan rekening
  • Setoran awal sesuai jenis tabungan
  • Koneksi internet yang stabil
  • Akun BRImo

Semua prosedur pembuatan ATM baru dilakukan secara online, jadi Anda harus menyiapkan koneksi internet yang stabil karena nantinya pihak Customer Service BRI akan melakukan panggilan video untuk verifikasi data nasabah. Siapkan pula nomor HP aktif agar bisa mengkonfirmasi kode OTP dari pihak bank.

Jenis tabungan BRI yang bisa dibuat secara online

Macam tabungan BRI yang bisa dibuat secara online, antara lain BritAma dan Simpedes. Berikut ini merupakan rincian biayanya.  

Tabungan BritAma

  • Setoran awal:  Rp250.000
  • Biaya kartu: Rp6.500
  • Biaya administrasi per bulan: Rp12.000
  • Saldo minimal: Rp50.000
  • Biaya tutup rekening: Rp50.000

BritAma Muda (BritAma X)

  • Setoran awal:  Rp100.000
  • Biaya kartu: gratis
  • Biaya administrasi per bulan: Rp6.000
  • Saldo minimal: Rp50.000
  • Biaya tutup rekening: Rp50.000

BritAma Bisnis

  • Setoran awal:  Rp1.000.000
  • Biaya kartu: gratis
  • Biaya administrasi per bulan: gratis, jika rerata saldo minimal 5 juta rupiah
  • Saldo minimal: Rp50.000
  • Biaya tutup rekening: Rp50.000

Tabungan Simpedes

  • Setoran awal:  Rp50.000
  • Biaya kartu: Rp6.000 (GPN Gold), Rp2.500 (GPN Classic)
  • Biaya administrasi per bulan: Rp5.500
  • Saldo minimal: Rp25.000
  • Biaya tutup rekening: Rp25.000

Cara Membuat ATM BRI Online

Tidak harus datang ke bank untuk membuat rekening tabungan BRI, sebab Anda bisa melakukannya secara daring melalui website Buka Rekening ataupun aplikasi BRImo. Berikut merupakan dua opsi yang bisa dilakukan untuk membuat ATM BRI online.

Cara membuat ATM BRI online melalui website Buka Rekening

  1. Siapkan smartphone, kemudian bukalah situs https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/ dan klik Buka Rekening.
  2. Pilihlah jenis tabungan yang ingin dibuka sesuai kebutuhan. Apabila masih bingung dengan tabungannya, maka pilihlah Informasi Produk, lalu Pilih Rekening.
  3. Selanjutnya, pilih lokasi kantor cabang BRI terdekat di domisili Anda.
  4. Unggah foto KTP, selfie bersama KTP, serta NPWP (jika ada)  dengan jelas. Setelah itu isilah formulir sesuai data diri yang tertera di kartu identitas.
  5. Tunggu sebentar hingga pihak bank BRI menghubungi Anda melalui panggilan video untuk melakukan verifikasi data yang tadi diunggah. Pastikan saat melakukan panggilan video, Anda harus berada di tempat terang dengan kondisi sinyal yang stabil.
  6. Lakukan setoran awal sesuai jenis tabungan yang dipilih.
  7. Selesai. Rekening sudah siap digunakan.

Cara membuat ATM BRI online melalui aplikasi BRImo

  1. Siapkan smartphone yang sudah terpasang aplikasi BRImo. Buka aplikasinya, kemudian pilih Daftar. Buatlah password baru.
  2. Nantinya akan dikirimkan kode OTP melalui SMS. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai nomor HP aktif agar kode OTP tersebut dapat terkirim.
  3. Masuklah memakai password dan username yang tadi baru dibuat. Pilih Buka Rekening Baru. Selanjutnya akan ditampilkan halaman mengenai Syarat dan Ketentuan, bacalah dengan seksama lalu beri centang dan klik Setuju.
  4. Unggah data diri berupa KTP, selfie bersama KTP, tanda tangan, dan NPWP (jika ada). Isi formulir sesuai data diri.
  5. Pilihlah kantor cabang BRI terdekat di domisili Anda untuk mencetak buku tabungan dan kartu ATM. Jika sudah selesai, klik Kirim.
  6. Masuklah kembali ke BRImo, kirimkan setoran awal sesuai jenis tabungan yang dipilih. Setelah itu Anda akan kembali ke halaman utama aplikasi.
  7. Selesai. Rekening siap digunakan.

Perlu diketahui saat Anda membuat rekening baru BRI secara online, belum mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM. Oleh karena itu, supaya dapat menabung di BRI ataupun melakukan tarik tunai di ATM, nantinya perlu mengambilnya di kantor cabang terdekat sesuai yang dipilih pada saat pengisian e-formulir. 

Begitulah cara membuat ATM BRI secara online beserta persyaratan lengkapnya. Mudah sekali, bukan?

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *