Lompat ke konten

Cara Menabung di Bank BRI

Menabung di BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank terbesar yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Komitmennya melayani seluruh masyarakat Indonesia dibuktikan dengan terus bertambahnya kantor cabang secara merata hingga ke pelosok desa. Karenanya, Anda perlu mengetahui cara menabung di Bank BRI jika tertarik untuk menyimpan dana di institusi keuangan ini.

Selain dikenal memiliki pelayanan yang ramah dan terbaik untuk pelanggannya, Bank BRI memiliki salah satu program unggulan yang disegani masyarakat. Programnya adalah memberikan pelayanan kepada segmen mikro kecil dan menengah dalam bentuk pinjaman modal dan tabungan untuk dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan menunjang perekonomian masyarakat.

Berkat berbagai keunggulan itulah, BRI banyak digemari masyarakat dan memiliki peminat yang tinggi untuk menjadi salah satu bagian dari nasabahnya. Nah, jika Anda penasaran bagaimana cara menabung di bank BRI, simak penjelasan artikel ini hingga akhir. 

Syarat Membuka Tabungan di Bank BRI

Sebelum mulai menabung di BRI, Anda tentunya diwajibkan untuk memiliki rekening di bank BRI terlebih dahulu. Syarat untuk membuka rekening di BRI cukup mudah. Apalagi pendaftarannya bisa dilakukan secara online. Cukup pastikan syarat-syarat di bawah ini terpenuhi sebelum mendaftar.

1. Dokumen pribadi

dokumen pribadi digunakan sebagai tanda pengenal. Anda bisa membawa KTP atau kartu lainnya yang bisa menunjukkan identitas diri Anda. Dokumen pribadi pendukung lainnya adalah NPWP bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Paspor untuk Warga Negara Asing (WNA). Atau jika Anda belum berusia 17 tahun, bisa menggunakan kartu pelajar. Jangan lupa bawa dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran.

2. Memenuhi syarat usia 

Untuk membuka tabungan di BRI, Anda harus memenuhi usia 17 tahun. Namun tidak perlu khawatir jika belum berusia 17 tahun ada program tabungan khusus yang telah disediakan.

3. Menyiapkan uang untuk setoran awal

Syarat selanjutnya adalah menyiapkan uang sebagai setoran awal. Untuk setoran awal ini tergantung pada jenis tabungan yang hendak dibuka. Kisarannya sebesar Rp.50.000-Rp.500.000.

4. Telah memilih dan memahami jenis tabungan BRI yang hendak dipakai

Sebelum membuka rekening, pastikan bahwa Anda telah memahami dan memilih jenis tabungan apa yang hendak dibuka. Jika kesulitan Anda bisa memahaminya dengan menanyakan langsung kepada teller atau customer service.

Nah, jika sudah memiliki syarat-syarat di atas Anda sudah bisa mendaftar di BRI untuk memperoleh rekening. Pendaftaran pembukaan rekening bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor cabang terdekat atau bisa juga melalui aplikasi BRI mo.

Cara Menabung di Bank BRI Melalui Teller

Menabung melalui teller bisa dilakukan melalui kantor cabang terdekat. Biasanya kebiasaan ini disebut dengan setor tunai. Nah, setelah memastikan bahwa Anda sudah memiliki rekening di bank BRI, Anda sudah mulai bisa menabung. Berikut cara menabung melalui teller di bank BRI.

  1. Persiapkan uang yang hendak ditabung. Hitung baik-baik jumlahnya. Pastikan juga uang yang hendak ditabung merupakan pecahan uang Rp.50.000 dan Rp. 100.000 dan cek juga kelayakan uang.
  2. Datangi kantor cabang terdekat dan isi formulir setor tunai. Nah, pada formulir setor tunai ini, Anda akan diminta untuk mengisi data-data yang diperlukan. Seperti cabang unit, tanggal dan bulan serta tahun transaksi, nomor rekening, bank tujuan, mata uang, keterangan pnyetor nominal uang dan dibubuhi tanda tangan. Jika bingung, Anda bisa meminta tolong kepada satpam yang berjaga untuk mengarahkan.
  3. Ambil nomor antrian. Untuk mengambil nomor antrian biasanya sudah disediakan di dekat pintu masuk. Satpam yang biasanya menjaganya.
  4. Persiapkan buku tabungan, formulir setor tunai, dan uang. Pastikan juga Anda tidak terlewat antriannya, perhatikan baik-baik nomor antrian yang Anda peroleh, sehingga fokuslah mendengarkan antrian.
  5. Serahkan dokumen kepada teller. Bisanya pertama-tama teller akan menghitung jumlah uang terlebih dahulu, mengecek keasliannya dan menyebutkan kembali nama pemilik dan nomor rekening tujuan sebagai validasi.
  6. Tunggu beberapa saat hingga teller selesai mendata setor tunai Anda.
  7. Terima slip tabungan. Setelah beberapa waktu, Anda akan menerima salinan setoran berupa slip gaji menabung. Dengan begitu artinya uang yang Anda setorkan sudah masuk dan menambah saldo Anda. Anda bisa kembali ke rumah.

Nah, berikut tadi cara menabung dengan melalui teller. Asal dilakukan dengan benar pasti mudah. Jangan sungkan meminta tolong kepada satpam apabila tidak paham dengan cara tertentu, karena hal itu memang menjadi tanggungjawab dan kewajibannya.

Cara Menabung di Bank BRI Melalui Mesin ATM

Untuk melakukan setor tunai, Anda tidak harus menyerahkannya melalui teller. Ada cara yang lebih mudah dan praktis yaitu dengan menabung melalui mesin ATM. Apalagi saat ini, sudah banyak beredar mesin setor tunai sehingga memudahkan Anda menabung kapanpun dan dimanapun. Berikut cara menabung di bank BRI melalui mesin ATM.

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM BRI. Pilih bahasa apa yang diinginkan.
  2. Masukkan pin ATM sebanyak 6 digit. Sebisa mungkin jaga terus kerahasiaan pin ini agar terhindar dari kejahatan.
  3. Pilih menu “Setor Tunai”. Tunggu hingga mesin mengeluarkan halaman yang berisikan syarat dan ketentuan sebelum melakukan setor tunai. Jika menemui halaman ini maka pilih “Lanjutkan”.
  4. Pilih jenis tabungan. Anda akan diminta memilih menabung uang di rekening jenis apa, apakah rekening giro atau tabungan. Nah, bisa pilih rekening tabungan.
  5. Tunggu tempat setor uang terbuka. Beberapa waktu kemudian secara otomatis mesin ATM akan terbuka pada bagian tempat setor uang. Di situlah Anda bisa menaruh uang Anda untuk disetorkan.
  6. Masukkan uang yang telah disiapkan ke tempatnya. Pastikan uang tersebut merupakan pecahan Rp.50.000 dan Rp.100.000 yang sudah ditata rapi. Tidak sobek, tidak lecek dan terlipat agar mudah terbaca oleh sistem.
  7. Pilih tombol “Setor”. Setelah beberapa saat, layar ATM akan menampilkan halaman konfirmasi mengenai jumlah uang yang telah disetorkan. Jika sudah sesuai, maka tekan pilihan “Setor”.
  8. Rapikan kembali uang jika tidak diterima. Apabila ada uang yang tidak terdeteksi, maka tempat setor biasanya akan terbuka. Sebab sistem tidak akan menerima uang yang rusak, sobek dan terlipat. Jika hal ini terjadi, tidak perlu panik. Anda cukup merapikannya kembali atau mengambil sejumlah uang yang rusak sehingga tidak terbaca oleh sistem.
  9. Tunggu setoran diterima. Anda harus menunggu hingga layar ATM menampilkan pemberitahuan bahwa transaksi setor tunai telah berhasil dilakukan. Jika belum, rapikan uang dan cek lagi penataannya hingga berhasil. Jika sudah dinyatakan berhasil berarti uang Anda telah masuk ke dalam rekening BRI milik Anda. Anda bisa mengeceknya pada bagian Saldo.
  10. Ambil kembali kartu dan struk. Pastikan sebelum meninggalkan mesin ATM Anda sudah mengambil kartu beserta struk keterangan telah melakukan setor tunai.

Berikut tadi merupakan cara menabung baik melalui teller maupun melalui mesin ATM. Sangat mudah bukan? Jadi tunggu apalagi, segera buka tabungan Anda dan mulai menabung agar memperoleh keuntungan berupa bunga yang maksimal.

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.