Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop, Mudah Dilakukan Pemula

Mining Bitcoin di laptop

Menambang Bitcoin dengan laptop dulunya sangat sulit, namun sekarang bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu menggunakan laptop kemampuan tinggi dan perangkat pendukung mulai dari hardware dan software penambang Bitcoin.

Bitcoin sudah menjadi salah satu mata uang digital paling populer di dunia, sehingga banyak diburu oleh para penambang aset crypto (miners). Kabar baiknya bagi Anda yang tertarik untuk memiliki Bitcoin, Anda bisa mining Bitcoin dengan laptop.

Proses Menambang Bitcoin

Bitcoin dihasilkan dari proses verifikasi dan sekaligus menciptakan Bitcoin baru. Pada dasarnya, semua orang bisa mendapatkan Bitcoin jika telah memenuhi syarat penambangan. Layaknya aktivitas menambang lain, mata uang digital Bitcoin dihasilkan melalui proses pencarian khusus secara digital.

Beberapa cara populer menambang Bitcoin di antaranya:

  • Pool mining yaitu dengan bergabung ke sesama penambang lain untuk menciptakan sebuah kolam atau pool. Sehingga semua anggotanya bisa mendapatkan pembagian Bitcoin.
  • Cloud mining adalah proses penambangan yang dilakukan melalui pusat data yang disediakan oleh pihak ketiga, yang memiliki fasilitas atau perangkat pertambangan (hardware dan software) yang mumpuni. Jadi Anda tinggal menyewa dan menjalankan aktivitas pertambangan via daring.
  • Solo mining adalah proses penambangan Bitcoin secara pribadi. Proses ini harus didukung dengan perangkat canggih dengan harga yang fantastis. Kelebihannya Anda akan mendapat keuntungan 100% atau bisa Anda nikmati sendiri.

Rekomendasi Laptop untuk Menambang Bitcoin

Proses persaingan yang semakin ketat dan persediaan Bitcoin yang terbatas, membuat para penambang berlomba-lomba dalam meningkatkan kemampuan alat tambangnya berupa laptop dan perangkat lain. Pasalnya, semakin baik alat yang digunakan, akan semakin mudah memecahkan masalah matematika yang berfungsi untuk menambah blok baru dalam penambangan Bitcoin.

Persyaratan perangkat keras untuk menambang Bitcoin menggunakan laptop sama dengan spesifikasi PC untuk mining Bitcoin. Karena CPU dan GPU harus sama mumpuninya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, berikut rekomendasi laptop dengan spesifikasi canggih, yang akan mendukung aktivitas Anda untuk menambang Bitcoin.

1. Acer Nitro 5

CPU: Intel Core i7-9750H

RAM: 16GB

GPU: Nvidia GeForce RTX 2060

Harga: Mulai dari Rp 15 juta

Laptop ini punya kemampuan pendinginan yang baik, bodi plastik dan ukuran sasis yang cukup tebal yaitu 1 inch. Daya tahan baterainya bisa mencapai 7 jam lebih. Beberapa penambang crypto pemula menggunakan laptop ini sebagai berangkatnya.

2. Lenovo Legion 5 Pro

CPU: AMD Ryzen 7 5800H

RAM: 16GB

GPU: Nvidia GeForce RTX 3070

Harga: Mulai dari Rp 26 juta

Laptop ini didukung dengan kipas yang mumpuni sehingga bisa tahan dingin dan performa tetap bagus meskipun digunakan menjalankan program berat sepertin penambangan crypto.

Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop

Laptop yang digunakan untuk menambang Bitcoin sebaiknya memiliki RAM minimal 8GB dan GPU yang mumpuni. Pasalnya kedua faktor ini menentukan proses pemecahan kode dari Blockchain. Selain itu besar pendingin dan ruang sasis laptop juga perlu diperhatikan, supaya tidak terjadi overheat pada laptop saat proses penambangan.

Berikut tutorial cara mining Bitcoin dengan laptop:

1. Persiapkan hardware

Bagi Anda yang tertarik untuk menambang Bitcoin di laptop, silahkan mempersiapkan Hardware. Device bernama ASIC (Application Specific Integrated Circuit) adalah hardware yang secara khusus dibuat untuk menambang Bitcoin, disebut juga dengan BTC Miner. ASIC memungkinkan Anda untuk menambang Bitcoin dengan cepat dan tanpa khawatir merusak laptop, karena ASIC sudah didesain seperti chip mikroprosesor dan RAM yang berfungsi untuk mengelola blockchain Bitcoin.

2. Bergabung di pool mining

Sudah disinggung sebelumnya, pool mining adalah proses penambangan aset kripto dengan cara menggabungkan sumber daya komputasi melalui jaringan tertentu. Pool mining sangat direkomendasikan bagi yang ingin menambang Bitcoin. Setelah mendaftar di salah satu pool mining, Anda akan mendapat imbalan atau hasil sesuai dengan proporsinya.

Berikut adalah daftar situs mining pool terbaik yang bisa Anda coba.

  1. MinerGate
  2. Kano Pool
  3. Discus Fish
  4. BTC.com
  5. Ant Pool
  6. Slush Pool

Setelah Anda mendaftar di situs pool mining di atas, Anda akan membuat sub account untuk dikaitkan dengan dompet Bitcoin. Pasalnya hasil tambang Anda akan ditransfer ke dompet melalui situs pool mining ini.

Anda juga perlu membuat akun pekerja untuk setiap penambangan yang akan Anda lakukan. Jadi akun pekerja akan menyesuaikan dengan jumlah perangkat ASIC yang Anda miliki.

3. Membuat dompet Bitcoin

Digital wallet atau dompet digital Bitcoin dibutuhkan untuk menyimpan BTC yang sudah Anda tambang. Anda bisa membuat dompet digital di beberapa platform seperti blockchain.com. Kunjungi website tersebut, kemudian lakukan pendaftaran dengan memasukkan informasi email dan password. Setelah berhasil dibuat, Anda akan mendapat dashboard yang berisi total aset kripto yang Anda miliki beserta chart harga.

Dompet ini tidak hanya digunakan untuk menyimpan Bitcoin, namun semua aset kripto. Anda juga bisa bertransaksi jual/beli melalui dompet ini.

4. Menghubungkan ASIC Miner ke pool mining

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan ASIC Miner dengan Pool Mining. Silakan buat akun di salah satu akun pool mining dari daftar situs di atas. Kemudian lakukan beberapa konfigurasi untuk mendapatkan address server pool dan port, username, password dan alamat dompet Bitcoin.

5. Download software penambang Bitcoin

Setelah mempersiapkan hardware, Anda bisa download dan install software penambang Bitcoin di laptop. Software ini berfungsi untuk mengakses jaringan Bitcoin atau untuk bergabung dalam pool mining.

Beberapa software yang populer diantaranya:

  • CGMiner
  • BFGMiner
  • EasyMiner
  • Awesome Miner

6. Lakukan mining Bitcoin di laptop

Langkah berikutnya, buka software yang sudah Anda install sebelumnya. Isi data seperti address pool, port, username dan password yang Anda buat pada situs pool mining. Kemudian jalankan software tersebut untuk mulai menambang Bitcoin.

Berikut adalah menjalankan aplikasi mining Bitcoin dengan software CGMiner:

  • Cari lokasi penyimpanan software CGMiner di laptop Anda, misalnya di direktori C:\cgminer
  • edit file cgminer.conf dan sesuaikan dengan sub akun di pool mining (url, user dan password)
  • Buka aplikasi CGMiner
  • Jika konfigurasi sebelumnya sudah benar, aplikasi CGMiner akan otomatis menghubungkan dengan pool mining dan mulai menambang Bitcoin
  • Anda bisa mengetahui status penambangan, seperti jumlah Bitcoin yang dihasilkan, waktu berjalan, hashrate dan informasi lainnya melalui status pekerja di situs pool mining

Risiko Menambang Bitcoin di Laptop

Sebelum memutuskan menambang Bitcoin dengan laptop, ada beberapa faktor risiko dari aktivitas ini diantaranya:

  • Perangkat akan mudah aus, karena proses penambangan memakan waktu berjam-jam.
  • Boros listrik, karena laptop yang didukung dengan GPU umumnya tidak mempunyai kapasitas baterai besar, sehingga Anda harus menyambungkan listrik sepanjang hari.
  • GPU merupakan perangkat yang terbatas, akibat penambangan Bitcoin yang dilakukan oleh orang-orang di penjuru dunia, membuat GPU langka dan mahal harganya.
  • Tingkat persaingan Bitcoin yang semakin sulit, akibat semakin kompleks kode yang harus dipecahkan untuk mendapatkan Bitcoin, hal ini membutuhkan perangkat yang paling kuat yang bisa bertahan, sehingga laptop dipandang kurang bisa diandalkan. Alternatif penambangan menggunakan laptop selain Bitcoin adalah DOGE, XRP dan Shiba Inu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *