Lompat ke konten

Cara Mengaktifkan Lazada PayLater agar Disetujui

Cara Mengaktifkan Lazada PayLater

Lazada adalah salah satu e-commerce yang juga memberikan fitur paylater, atau lebih dikenal dengan slogannya “Beli Sekarang, Bayar Nanti”. Melalui fitur Lazada PayLater tersebut, pengguna bisa berbelanja secara mudah meskipun saat ini belum ada uang, sebab bisa dicicil sesuai jangka waktu angsuran yang ditetapkan. Cara pendaftarannya pun sangat mudah, hanya membutuhkan dokumen berupa KTP saja untuk mengaktifkan layanan tersebut.

Cara menggunakan Lazada PayLater memang terbilang mudah karena tidak jauh berbeda dengan sistem pembayaran lainnya. Tertarik mencobanya, terutama ketika sedang dalam keadaan terdesak untuk memenuhi barang kebutuhan? Simak cara daftar Lazada Paylater berikut ini.

Syarat Mengaktifkan Lazada PayLater

Cara daftar Lazada PayLater syaratnya sangat mudah karena hanya membutuhkan KTP dan foto diri saja, tidak membutuhkan berkas lain yang menyulitkan maupun kartu kredit. Adanya kemudahan tersebut mendorong banyak orang untuk mencoba menikmati fiturnya, terlebih biasanya juga mendapatkan banyak keuntungan ketika memakai paylater, misalnya berkesempatan mendapatkan gratis ongkir, potongan harga, dan lain sebagainya.

Tertarik menikmati fitur “Beli Sekarang, Bayar Nanti” dari aplikasi Lazada untuk belanja online mudah?

Berikut syarat paylater Lazada yang harus dipenuhi:

  • Foto KTP asli dan sudah terdaftar di aplikasi Lazada
  • Foto selfie dan foto selfie bersama KTP
  • Nomor HP aktif dan terdaftar di Lazada
  • Merupakan pengguna terpilih oleh pihak Lazada

Meskipun begitu, cara mendapatkan Lazada PayLater tidak semua orang bisa melakukannya karena hanya pengguna Lazada terpilih saja yang dapat mengaktifkan fiturnya. Tak perlu khawatir, beberapa cara bisa membuat fitur paylater ini muncul di akun Anda. Caranya yaitu sering-seringlah bertransaksi (belanja maupun membayar tagihan) lewat aplikasi Lazada, kemudian cobalah mengecek pada bagian menu Akun Saya.

Mengingat untuk mengaktifkan layanan ini harus mempunyai KTP, maka sebaiknya pengguna berusia minimal 17 tahun atau lebih dan memang sudah punya KTP milik sendiri (bukan milik orang tua ataupun orang lain). Sebab nantinya membutuhkan data berupa unggahan foto selfie bersama kartu identitas diri tersebut.

Cara Mengaktifkan Lazada PayLater

Sudah menyiapkan semua syarat yang dibutuhkan untuk daftar Lazada PayLater? Selanjutnya, daftarkan diri Anda untuk menikmati layanan belanja online dengan metode pembayaran paylater tersebut. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pastikan sudah terinstall aplikasi Lazada dan sering digunakan untuk bertransaksi.
  2. Masuk ke aplikasi Lazada, lalu masuk ke menu Akun. Pada menu tersebut, pilih Lazada Credit kemudian Aktifkan Sekarang agar bisa membuka jumlah limitnya.
  3. Baca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu, lalu beri centang. Klik Aktifkan Sekarang.
  4. Selanjutnya isikan nomor HP aktif dan terhubung dengan aplikasi Lazada untuk mendapatkan kode OTP. Jangan beritahukan kode ini kepada siapapun, meskipun orang terdekat!
  5. Isi data diri sesuai yang tertera di kartu identitas diri KTP.
  6. Unggah foto KTP secara jelas, dan unggah foto selfie dengan KTP pada ruangan dengan pencahayaan bagus.
  7. Submit dokumen pengajuan, usahakan mengecek kembali guna memastikan ada atau tidaknya kesalahan ketika input data diri.
  8. Selesai. Tunggu proses review dokumen oleh pihak Lazada. Ketika pengajuan tersebut disetujui, Anda akan diberitahukan melalui pesan notifikasi dari aplikasi e-commerce tersebut.

Proses review pengajuan paylater Lazada pada setiap orang biasanya berbeda-beda, namun umumnya berlangsung cepat, yakni hanya dalam waktu 1 x 24 jam saja. Apabila akun paylater sudah aktif, limit pertama yang akan didapatkan adalah sebesar Rp2.500.000 (sudah ada saat awal mendaftar).

Lazada PayLater termasuk aplikasi paylater terbaik tanpa kartu kredit. Anda hanya perlu mencari barang sesuai keinginan, lakukan checkout, pilih metode bayar paylater dan pilih tenor cicilannya sesuai kemampuan.

Tips agar Pengajuan Lazada Paylater Disetujui

Lazada menyediakan fitur beli sekarang bayar nanti kepada sebagian penggunanya agar mereka bisa membeli barang ketika sedang dalam keadaan terdesak dan tak punya cukup uang untuk membayar. Sama dengan berutang, tetapi sudah ditetapkan jumlah cicilan, tenor, dan jumlah dendanya jika telat dibayarkan.

Beberapa pengguna mungkin pernah mengalami penolakan ketika mengajukan paylater Lazada. Perhatikan beberapa hal ini sebagai cara agar Lazada PayLater disetujui.

1. Pastikan akun telah terverifikasi

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu memastikan bahwa akun Lazada Anda sudah terverifikasi oleh sistem agar bisa menikmati fitur berutang untuk belanja online tersebut. Caranya yaitu konfirmasi alamat email maupun nomor HP aktif pada menu Akun.

Nantinya sistem akan mengirimkan kode OTP yang harus dikonfirmasi oleh pengguna. Jangan beritahukan kode tersebut kepada siapapun supaya tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

2. Unggah dokumen dan foto secara jelas

Proses pengajuan paylater tidak disetujui oleh sistem? Biasanya pada pesan notifikasi diberitahukan apa saja yang membuat pengajuan tidak disetujui oleh Lazada, salah satunya adalah hasil unggahan dokumen dan fotonya kurang jelas, buram, atau mungkin kurang presisi.

Maka dari itu, pastikan ketika mengunggah dokumennya harus jelas, berada pada pencahayaan baik, dan fokus agar tidak buram. Sebaiknya lihat sekali lagi dokumen dan foto yang diunggah, pastikan bahwa gambarnya memang baik.

3. Berkedip ketika hendak mengambil swafoto

Anda tidak salah baca, berkedip merupakan salah satu cara sistem paylater Lazada untuk mendeteksi bahwa pengguna yang mengajukan bukanlah robot atau memakai topeng. Anda bisa berkedip terlebih dahulu pada kamera di aplikasi tersebut sebelum mengambil gambar selfie.

Sekali lagi, usahakan berfoto pada pencahayaan baik dan tidak gelap. Hindari mengambil swafoto atau selfie pada malam hari yang minim cahaya. Cobalah menggunakan bantuan flash ataupun cahaya lampu agar lebih jelas, misalnya lampu putih.

4. Pastikan nomor HP aktif

Supaya pengajuan Lazada PayLater disetujui, pastikan nomor HP yang digunakan untuk pengajuan aktif dan telah terhubung pada akun Lazada. Hal ini berguna agar sistem dapat mengirimkan kode OTP sekaligus mengkonfirmasi keaslian data Anda ketika mengajukan.

Bagaimana jika nomor sudah ganti? Ubahlah terlebih dahulu pada menu akun, usahakan nomor HP tersebut selalu aktif untuk mempermudah proses pengajuan paylater.

Sebagai informasi tambahan, sebaiknya gunakanlah nomor milik sendiri dan bukan milik orang lain. Hal ini bertujuan agar tidak menyulitkan orang lain di kemudian hari. Selain itu, jika menggunakan nomor HP asli justru mempercepat proses verifikasi data.

Selain nomor HP, email aktif juga penting. Alamat email gunanya untuk memberitahu pengguna apakah pengajuan paylater disetujui atau tidak oleh pihak Lazada.

5. Isi data diri dengan benar

Ketika mengajukan paylater, pengguna diminta untuk mengisikan data diri sesuai yang tertera pada kartu identitas diri, yaitu KTP. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna berusia minimal 17 atau 18 tahun dan sudah punya KTP.

Jangan menggunakan KTP milik orang lain, sebab nantinya akan diminta foto selfie bersama KTP. Memakai KTP milik orang lain sebagai berkas pengajuan, justru akan menyulitkan diri sendiri maupun yang lain karena terlibat, terutama ketika Anda terlambat membayar utang belanja online di aplikasi.

Pada formulir pengisian data, isilah dengan benar tanpa ada yang terlewat. Apabila diperlukan, lakukan pengecekan kembali untuk memastikan bahwa semua kolom sudah diisi secara benar dan tak ada kesalahan, baik kekurangan huruf/angka maupun typo.

Mudah sekali, kan cara mendapatkan Lazada PayLater? Gunakan fitur utang belanja online tersebut sebijak mungkin, pastikan pula membayar tagihannya tepat waktu agar tidak dikenakan denda.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.