Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Mengatasi Akun DANA Dibekukan dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Akun DANA Dibekukan

DANA adalah salah satu aplikasi e-wallet atau dompet digital yang populer di Indonesia. Pada aplikasi DANA, siapapun dapat melakukan transaksi apapun secara lebih mudah dengan sistem cashless (non-tunai), mulai dari transfer uang, menabung, top up, pembelian, hingga pembayaran tagihan.

Terkadang terdapat salah satu masalah yang cukup meresahkan ketika menggunakan aplikasi DANA, yakni akun mendadak dibekukan. Dapatkan informasi lengkap seputar cara mengatasi akun DANA dibekukan serta penyebabnya pada pembahasan kali ini. Tak perlu khawatir, saldo tetap aman!

Berapa Lama Akun DANA Dibekukan?

Masalah yang kerap kali terjadi pada sebagian pengguna dompet digital DANA, yaitu akun dibekukan yang berarti pengguna tidak dapat melakukan segala bentuk transaksi untuk sementara waktu. Lama akun DANA dibekukan bervariasi, biasanya berlangsung selama 1 jam hingga 30 hari sejak muncul notifikasi.

Lamanya pembekuan akun dompet digital ini tergantung jenis penyebabnya. Jika disebabkan oleh masalah yang sangat fatal seperti penipuan dan aktivitas mencurigakan, waktu dibekukannya bahkan bisa lebih lama atau malah permanen. 

Sebagian pengguna pasti khawatir ketika akunnya dibekukan, sebab takut uang di dalamnya malah semakin berkurang. Sebenarnya, saldo tetap aman di DANA. Apabila secara tiba-tiba saldonya berkurang, segera hubungi customer service untuk melacaknya.

Ciri-ciri Akun DANA Dibekukan

Ketika akun Anda dibekukan, biasanya terdapat ciri khusus yang memperjelas permasalahan tersebut. Lihat ciri-ciri akun DANA dibekukan berikut. Apakah Anda sedang mengalaminya?

  • Terdapat notifikasi berisi pemberitahuan bahwa akun telah dibekukan. Pada notifikasi tersebut juga dijelaskan bahwa akun DANA telah dibekukan sementara atau permanen. Jika ingin mengatasinya, harus menghubungi customer service.
  • Tidak dapat bertransaksi. Akun e-wallet DANA yang dibekukan tak dapat dipakai untuk melakukan transaksi apapun. Namun tidak perlu khawatir, saldo tetap aman meski tak bisa digunakan sementara waktu.
  • Aplikasi DANA logout otomatis (force close). Ciri seperti ini juga seringkali muncul, terutama pada akun yang terdeteksi penipuan.
  • Aplikasi tidak dapat dibuka. Ini jarang terjadi, namun beberapa pengguna mungkin pernah mengalaminya. 

Penyebab Akun DANA Dibekukan

Pihak DANA tidak mungkin membekukan akun e-wallet penggunanya tanpa alasan jelas. Apabila sedang mengalaminya, cari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Di bawah ini merupakan beberapa penyebab akun DANA dibekukan.

1. Terdapat aktivitas transaksi tidak wajar

Penyebab akun DANA dibekukan yang pertama adalah karena terdapat riwayat aktivitas transaksi tidak wajar. Macam transaksi tidak wajar bisa jadi berupa mengisi saldo terus-menerus dalam waktu berdekatan, memakai saldo secara impulsif, menggunakan sistem auto-click untuk klaim bonus/voucher, dan lainnya.

Aktivitas transaksi yang dilakukan secara terus-menerus dan waktunya saling berdekatan seperti itu, dideteksi sebagai spam serta dianggap pelanggaran. Akibatnya, akun dapat dibekukan sementara waktu.

Jika ini merupakan penyebabnya dan terlanjur terjadi, setelah akun dipulihkan sebaiknya membatasi aktivitas spam tersebut. Tetapi jika bukan Anda yang melakukannya, segera laporkan ke customer service DANA agar diproses.

2. Salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut

Sadar atau tidak, sebagian pengguna mungkin pernah beberapa kali melakukan kesalahan saat memasukkan PIN atau password. Apalagi jika akun dompet digital tersebut sudah lama tidak digunakan, bisa jadi lupa PIN untuk login.

Pengembang DANA merancang aplikasi tersebut agar tidak mudah diretas. Ketika terdapat aktivitas login mencurigakan, penggunaannya akan dibatasi sementara. Kesalahan memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut terdeteksi sebagai aktivitas mencurigakan, sehingga menyebabkan akun DANA milik Anda dibekukan. 

Lama waktu dibekukannya biasanya hanya beberapa jam sejak notifikasi muncul. Setelah notifikasinya hilang, cobalah masuk kembali.

3. Data akun DANA tidak valid

Penyebab akun dibekukan lainnya, yaitu karena data akunnya tidak valid. Pada aplikasi DANA, membutuhkan verifikasi data diri supaya dapat menggunakan semua fitur di dalamnya.

Akan tetapi, jika memasukkan data yang tidak benar, Anda tak dapat mengakses aplikasinya karena akan dibekukan. Sebab saat Anda memasukkan informasi yang tidak valid, dapat dianggap sebagai penyalahgunaan data milik orang lain atau pemalsuan demi memperoleh keuntungan bagi diri sendiri.

Supaya kejadian seperti ini tidak terjadi, solusinya adalah lebih berhati-hati saat menginput data. Hindari memasukkan informasi tidak benar agar akses tidak dihentikan oleh aplikasi DANA.

4. Ada indikasi penipuan

Aplikasi DANA sebagai penyedia layanan dompet digital terbaik di Indonesia berusaha sebisa mungkin menciptakan layanan terbaik bagi para penggunanya. Salah satunya perihal keamanan serta kenyamanan dalam bertransaksi secara digital.

Tak hanya aktivitas transaksi mencurigakan saja yang menyebabkan akun dibekukan. Adanya indikasi penipuan pun dapat membuat akun dibekukan sementara atau malah permanen.

Penyebab ini dapat terjadi ketika ada pengguna lain yang melaporkan akun Anda sebagai tindakan penipuan. Apabila setelah ditelusuri kemudian ternyata benar terdapat indikasi penipuan, pihak DANA langsung mengambil tindakan membekukan akun demi kenyamanan pengguna lainnya.

Meskipun begitu, pihak aplikasi pasti meninjau lebih dalam terlebih dahulu sebelum menghentikan akses akun pengguna. Sebab pada beberapa kasus terdapat penipuan yang melibatkan nomor HP secara acak tetapi nomor HP tersebut juga terhubung dengan e-wallet DANA.

5. Memanfaatkan bug sistem

Beberapa kali aplikasi DANA pasti pernah mengalami bug pada sistem, sehingga perlu dilakukan perbaikan. Sayangnya, bug tersebut justru dimanfaatkan oleh sebagian pengguna demi memperoleh keuntungan pribadi.

Masalah seperti ini akhirnya dianggap sebagai kecurangan (fraud), sebab tidak seharusnya bug dimanfaatkan untuk mencari keuntungan. Itulah akhirnya pihak DANA membekukan akun pengguna yang terlibat kecurangan dengan memanfaatkan bug sembari melakukan investigasi lebih lanjut.

6. Login pada perangkat berbeda secara bersamaan (multiple login)

Hal penting yang perlu diketahui oleh para pengguna, yakni login pada aplikasi DANA tidak dapat dilakukan secara bersamaan pada dua perangkat berbeda. Jadi, hanya dapat login pada satu perangkat saja. 

Apabila Anda login pada perangkat lain, maka ini bisa jadi penyebab akun Anda dibekukan karena terdeteksi multiple login. Jika ingin berpindah ke perangkat lain, harus keluar terlebih dahulu dari perangkat lama.

Cara Mengatasi Akun DANA Dibekukan

Ketika akun dibekukan, masih ada beberapa cara untuk memulihkannya kembali. Penuhi syarat mengembalikan akun DANA yang dibekukan terlebih dahulu agar dapat diproses:

  • Menggunakan nama asli dan terdaftar di DANA
  • Email aktif dan terdaftar di aplikasi
  • Nomor HP aktif dan terdaftar di aplikasi
  • Kartu identitas asli (KTP, SIM, atau paspor)
  • Informasi riwayat transaksi dan perkiraan jumlah saldo terakhir

Sudah memenuhi syarat-syarat di atas untuk mengembalikan akun? Selanjutnya, ikuti cara mengatasi akun DANA dibekukan berikut ini.

1. Coba login kembali

Lama waktu pembekuan akun biasanya paling singkat hanya satu jam yang diinformasikan melalui notifikasi. Hal ini biasanya terjadi ketika pengguna salah memasukkan PIN lebih dari tiga kali berturut-turut.

Setelah satu jam, cobalah login kembali menggunakan PIN yang benar. Pastikan Anda mengingatnya dengan benar agar tidak terjadi kesalahan lalu malah berujung akun dibekukan permanen.

Jika sama sekali tidak mengingat PIN DANA, hindari masuk ke akun menggunakan PIN yang salah karena justru menambah masalah. Sebaiknya pilih opsi ‘Lupa Password’ untuk membuat PIN baru melalui alamat email ataupun nomor HP aktif.

2. Hubungi customer service DANA

Apabila masalah masih tidak terselesaikan dengan login setelah beberapa jam, cara mengatasi akun DANA dibekukan sebaiknya segera menghubungi customer service kemudian menceritakan kronologisnya secara lengkap. Ini kontak customer service DANA yang dapat dihubungi.

  • Nomor telepon : 1500-445
  • WhatsApp Business : 0819-1150-0445
  • Sosial media : @dana.id (Instagram centang biru), @danawallet (Twitter centang emas)
  • Alamat email : help@dana.id

Tidak perlu khawatir ketika akun Anda dibekukan, sebab saldo tetap aman asalkan akun e-wallet tidak digunakan untuk transaksi secara impulsif. Anda dapat mencoba cara mengatasinya seperti pada pembahasan di atas untuk memulihkannya.Jika tidak ingin akun dibekukan, lebih berhati-hatilah dalam melakukan segala transaksi di DANA. Hindari memberikan kode OTP maupun password/PIN kepada orang tak dikenal, ini demi kenyamanan sekaligus keamanan bertransaksi.

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *