Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Review Aplikasi DANA: Kelebihan dan Kekurangan

review lengkap DANA

Indonesia sedang menuju cashless society. Masyarakat terutama kaum mudanya saat ini sudah terbiasa bertransaksi tanpa uang tunai. Hal ini ditunjang oleh kemajuan fintech yang nyata pesatnya dari tahun ke tahun, contoh yang bisa dilihat adalah menjamurnya bank digital dan dompet digital untuk mewadahi kebutuhan finansial modern.

DANA merupakan aplikasi dompet digital asli besutan Indonesia yang menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan bertransaksi non-tunai kepada penggunanya.

Berikut review aplikasi DANA yang membahas fitur, kelebihan, dan kekurangannya.

Mengenal Aplikasi DANA

DANA adalah aplikasi dompet digital (e-wallet) milik PT Espay Debit Indonesia Koe, sebuah anak perusahaan di bawah bendera Emtek Group, perusahaan induk yang bergerak di bidang media dan komunikasi (menaungi Indosiar dan SCTV), serta bekerjasama dengan Ant Finansial, perusahaan afiliasi Tiongkok di bawah Alibaba Group.

Tampilan halaman utama aplikasi DANA.

DANA pertama kali diluncurkan pada September 2018 dan boleh disebut langsung mengambil hati pengguna muda yang tengah gandrung dengan metode pembayaran non-tunai. Sampai saat ini, aplikasi DANA di Google Play Store telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Laporan terbaru menyebutkan bahwa secara keseluruhan, DANA berhasil menggaet 120 juta pengguna per Agustus 2022.

Meskipun disokong perusahaan asal Tiongkok, namun DANA merupakan produk asli programmer Indonesia yang dikembangkan oleh perusahaan asli Indonesia. Dalam pengelolaan seluruh data pengguna dan transaksi, DANA merujuk pada PP 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE), yang memastikan bahwa data center dan data recovery DANA tetap berada di Indonesia. Selain itu, DANA merupakan satu dari sedikit aplikasi keuangan yang terintegrasi langsung dengan sistem Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dari Kementerian Dalam Negeri.

Baru-baru ini, Sinar Mas Group melalui PT Dian Swastatika Tbk dan PT DSST Dana Gemilang (DSST) ikut menyuntikkan modal untuk DANA sebesar Rp 2,95 triliun. Disusul oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) melalui anak usahanya PT Sinar Pertiwi Megah yang menanamkan sahamnya senilai USD 25 juta.

Aplikasi DANA aman digunakan karena terdaftar di Bank Indonesia (BI) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Fitur Aplikasi DANA

Sebagai salah satu aplikasi seluler e-wallet terbaik, DANA memiliki banyak aspek yang bisa dinikmati oleh pengguna.

Berikut ini fitur-fitur yang dimiliki oleh DANA:

1. Scan QR Code

Fungsi utama dompet digital adalah mempermudah pembayaran secara non-tunai. Sehingga fitur scan QR Code menjadi sangat krusial. Aplikasi DANA mendukung pembayaran melalui pemindaian QR Code (termasuk QRIS) dari merchant-merchant offline tujuan pengguna. Tinggal buka aplikasi, scan kode QR, dan masukkan nominal yang akan dikirim.

2. Transfer dan terima uang

DANA mengklaim “transfer dan terima uang semudah kirim pesan”, untuk menyatakan betapa cepat dan real time sistem transaksi yang diberikan kepada pengguna. Tidak hanya kirim uang kepada sesama pengguna DANA, Anda juga bisa transfer ke rekening bank, baik konvensional maupun digital. Anda bahkan bisa mengirim uang melalui chat atau percakapan. Cukup bermodalkan aplikasi dan nomor rekening/telepon tujuan, proses transfer sudah bisa dilakukan.

3. Bayar tagihan dan pembelian

DANA dilengkapi fasilitas untuk pembayaran tagihan pengguna, mulai dari pembayaran listrik, air, pulsa, internet, sampai BPJS. Selain itu, DANA bisa digunakan untuk membayar belanja di marketplace seperti Bukalapak dan Lazada, juga pembelian di TIX ID dan Cinema XXI.

4. Tarik tunai

DANA dibekali menu Cash Out sebagai fitur tarik tunai tanpa kartu. Nasabah yang ingin menarik sebagian atau seluruh saldonya menjadi uang tunai dapat melakukannya di ATM, Indomaret, Alfamart, dan pegadaian.

5. Investasi emas

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan DANA adalah jual beli emas (eMas) yang bekerja sama dengan platform Pluang. Pengguna bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp 10.000, baik secara langsung atau mencicil dalam waktu 3-12 bulan. Emas yang dibeli dapat ditarik secara fisik dalam pecahan 1, 5, 10, 50, dan 100 gram.

Setiap transaksi emas di DANA dicatat oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dan emas fisiknya dijamin oleh KBI (Kliring Berjangka Indonesia), sehingga investasi emas di DANA sangat aman dilakukan.

6. Simpan kartu

DANA memungkinkan penggunanya untuk menambahkan kartu debit atau kartu kredit ke dalam aplikasi dan dapat difungsikan sebagai metode pembayaran.

Menambahkan kartu bank dan daftar yang sudah terhubung.

7. Nearby Me

Untuk pengguna yang ingin berbelanja di lokasi yang tidak jauh-jauh dari rumah, ada fitur Nearby Me yang bisa menampilkan restoran dan outlet di sekitar lokasi Anda. Fitur ini dilengkapi peta untuk memudahkan Anda mencapai merchant tersebut sekaligus menunjukkan jarak dari lokasi.

8. Top up pada mitra offline

Ada banyak pilihan untuk mengisi saldo Anda di DANA. Selain dikirim dari sesama pengguna DANA atau ditransfer dari bank, top up saldo dilakukan pada berbagai mitra offline DANA seperti Indomaret, Alfamidi, Alfamart, Dan+Dan, Pegadaian, dan vending machine BlueMart.

9. DANA Protection

Fitur DANA Protection menjamin keamanan setiap transaksi yang dilakukan pengguna di aplikasi DANA. Bahkan ada jaminan saldo kembali jika Anda mengalami permasalahan tak teratasi saat melakukan transaksi yang menyebabkan kerugian.

10. DANA News

Fitur tambahan DANA News menyuguhkan informasi kepada pengguna seputar pemanfaatan aplikasi untuk kebutuhan transaksi sehari-hari. Fitur ini cukup informatif terutama bagi pengguna yang belum terlalu akrab dengan penggunaan e-wallet.

11. DANA Kaget

Sesuai namanya, fitur DANA Kaget berfungsi “mengagetkan” teman dengan hadiah tiba-tiba yang Anda kirimkan kepada mereka. Fitur ini memungkinkan Anda membagikan saldo kepada satu atau beberapa teman sekaligus.

12. Sembunyikan saldo

Pengguna sering kali perlu mengambil tangkapan layar (screenshot) untuk menunjukkan aplikasi DANA kepada orang lain, namun kurang nyaman jika harus menunjukkan saldo mereka. DANA mengerti hal ini dan memberi fitur sembunyikan saldo, yang bisa diakses dengan membuka atau menutup ikon mata di pojok kiri atas aplikasi.

Cara Daftar Akun DANA

Semua fitur yang disebutkan di atas dapat dinikmati dengan mendaftarkan diri sebagai pengguna DANA. Berikut ini cara daftar di aplikasi DANA dompet digital:

  1. Unduh dan pasang aplikasi DANA Dompet Digital dari Play Store atau App Store.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasi.
  3. Anda akan langsung diminta untuk mendaftar ke DANA. Masukkan nomor HP Anda yang aktif, lalu klik Lanjutkan. Perlu diingat bahwa nomor HP ini akan jadi ID atau username Anda di DANA.
  4. DANA akan mengirim 4 digit kode OTP melalui SMS ke nomor HP Anda.
  5. Masukkan kode OTP ke aplikasi.
  6. Isi data-data diri Anda sesuai yang diminta oleh aplikasi.
  7. Unggah foto Anda ke aplikasi, lalu klik Daftar.
  8. Masukkan 6 digit PIN untuk mengamankan transaksi Anda di aplikasi. Kemudian klik Lanjut.
  9. Selesai, kini Anda sudah memiliki akun reguler di DANA.

Upgrade Akun ke DANA Premium

DANA memiliki dua jenis akun, yaitu akun Reguler/Basic dan akun Premium. Secara default, setelah melakukan pendaftaran pengguna akan mendapat akun Reguler. Akun Reguler umumnya hanya dapat dipakai untuk top up, membayar tagihan, dan melakukan pembelian. Pengguna dapat meningkatkan status akunnya menjadi Premium setelah melakukan verifikasi.

Beberapa kelebihan akun Premium yang tidak didapatkan oleh akun Basic antara lain: dapat mengisi saldo atau menerima transferan hingga akumulasi Rp 40 juta per bulan (Basic sebesar Rp 20 juta per bulan), limit transaksi per bulan sampai Rp 20 juta (Basic sebesar Rp 2 juta per bulan), dapat melakukan penarikan tunai di ATM dan mitra offline, bisa melakukan transfer ke sesama DANA dan rekening bank, serta mendapatkan berbagai promo, cashback, dan diskon menarik.

Berikut langkah-langkah untuk upgrade akun DANA dari Reguler/Basic ke Premium:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pada halaman awal, klik ikon Saya yang berada di pojok kanan bawah aplikasi.
  3. Klik Verifikasi Akun Saya.
  4. Ambil foto KTP Anda dengan kamera yang sudah tersambung ke aplikasi.
  5. Kemudian, ambil foto selfie sambil memegang kamera.
  6. Aplikasi DANA akan langsung membaca data diri Anda dari KTP yang Anda unggah. Pastikan data-data Anda sudah sesuai, lalu klik Submit.
  7. Verifikasi selesai, kini Anda dapat menikmati semua fitur DANA.

Cara Transaksi Menggunakan DANA

Setelah memiliki akun DANA, Anda dapat mulai memanfaatkannya untuk membantu Anda bertransaksi sehari-hari. Berikut ini cara melakukan beberapa transaksi yang kerap dilakukan pengguna di aplikasi DANA.

Cara top up saldo DANA dari bank

  1. Pada halaman awal, klik Isi Saldo yang terletak di bagian atas.
  2. Pilih transfer bank, lalu tentukan bank yang Anda inginkan.
  3. DANA akan memberi Anda nomor akun virtual (virtual account).
  4. Lakukan transfer di bank pilihan Anda dengan nomor virtual account DANA sebagai tujuan. Tentukan juga nominal saldo yang ingin Anda isikan di tahap ini.
  5. Tunggu sampai saldo masuk ke akun Anda.

Cara transfer uang ke sesama pengguna DANA

  1. Di halaman utama DANA, klik Kirim.
  2. Pada tujuan transfer, klik Kirim ke Nomor HP.
  3. Masukkan nomor HP tujuan atau cari dari kontak Anda. Perlu diingat bahwa nomor HP tujuan ini juga menjadi pengguna DANA.
  4. Masukkan nominal uang yang akan ditransfer.
  5. Pilih sumber dana, apakah dari Saldo DANA atau kartu debit.
  6. Anda bisa menambahkan catatan kepada tujuan transfer.
  7. Klik Konfirmasi, dan uang Anda akan dikirim ke nomor tujuan.
Menu pengiriman uang ke akun DANA lain.

Cara transfer uang ke rekening bank

  1. Klik Kirim dari halaman utama DANA.
  2. Pada tujuan transfer, pilih Kirim ke Rekening Bank.
  3. Masukkan nama bank dan nomor rekening, lalu klik Tambahkan Bank Baru.
  4. Isi nominal uang yang akan Anda kirim.
  5. Pilih Saldo DANA atau kartu debit sebagai sumber dana Anda.
  6. Tekan Konfirmasi, dan saldo akan dikirim ke rekening tujuan.
Menu pengiriman uang ke bank.

Cara bayar melalui QR Code DANA

  1. Pada halaman awal DANA, klik Pindai, letaknya persis di bawah keterangan saldo.
  2. Scan kode QR menggunakan mesin pindai DANA.
  3. Setelah alamat tujuan teridentifikasi, masukkan nominal yang akan dibayar.
  4. Pilih akan membayar menggunakan Saldo DANA atau kartu debit.
  5. Klik Bayar untuk mengkonfirmasi.

Cara bayar listrik di DANA

  1. Pada jajaran shortcut di halaman awal DANA, klik Pascabayar atau Prabayar, sesuai meteran listrik yang Anda gunakan.
  2. Masukkan nomor ID pelanggan PLN.
  3. Akan muncul tagihan yang harus dibayar.
  4. Klik Bayar, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya di aplikasi.

Cara investasi emas di DANA

  1. Buka menu eMas di aplikasi DANA.
  2. Tekan tombol Beli/Buy eMas, lalu klik Lanjutkan.
  3. Masukkan jumlah gram emas yang ingin dibeli (minimal 0,01 gram) atau nominal dalam rupiah (minimal Rp 10.000). Klik Beli/Buy.
  4. Pastikan order Anda sudah sesuai, lalu klik Konfirmasi.
  5. Jika pembelian berhasil, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan saldo emas Anda akan bertambah di halaman menu eMas.

Jika emas Anda telah terkumpul minimal 1 gram dan Anda ingin menariknya dalam bentuk emas fisik, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu eMas, lalu pilih gram emas yang akan ditarik dalam satuan 1, 5, 10, 50, atau 100 gram.
  2. Isi alamat pengiriman dengan lengkap.
  3. Masukkan nomor kontak penerima.
  4. Cek apakah data yang dimasukkan sudah benar, lalu klik Konfirmasi.
  5. Kemajuan pengiriman emas dapat Anda tinjau langsung melalui menu eMas.

Cara tarik tunai DANA di ATM

  1. Pada halaman depan aplikasi, pilih menu Tarik Saldo.
  2. Klik pada opsi Transfer Bank, lalu masukkan nama bank tujuan.
  3. Masukkan nomor akun yang dituju.
  4. Masukkan nominal uang yang akan ditarik, lalu konfirmasi.
  5. Input PIN aplikasi DANA.
  6. Status penarikan dan token akan tampil di aplikasi.
  7. Anda dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu dengan jumlah tersebut di ATM terdekat.

Biaya dan Limit DANA

Berikut ini adalah biaya-biaya yang dibebankan DANA kepada penggunanya saat bertransaksi:

  • GRATIS top up dana via transfer bank, merchant, dan agen.
  • Transfer ke sesama pengguna DANA dan melalui chat DANA adalah GRATIS.
  • Transfer ke rekening bank gratis untuk nominal di atas Rp 50.000, sedangkan di bawah Rp 50.000 dikenai Rp 4.500 tiap transaksi. Kuota gratis diberikan 10x tiap bulan, seterusnya Rp 4.500 per transaksi.
  • Tarik tunai di mitra offline (Indomaret, Alfamart, Pegadaian, Lawson) gratis untuk 3 penarikan pertama. Selanjutnya Rp 3.000 per transaksi.

Sedangkan limit transaksi di DANA adalah sebagai berikut:

  • Minimal top up DANA dari rekening bank adalah Rp 10.000, paling banyak Rp 2 juta untuk akun DANA Reguler dan Rp 10 juta untuk akun DANA Premium.
  • Top up via minimarket, Pegadaian, dan Pos Indonesia minimal Rp 50.000 dan maksimal Rp 500.000, berlaku untuk akun Reguler maupun Premium.
  • Minimal transfer ke pengguna DANA adalah Rp1. Maksimalnya, untuk akun DANA Reguler adalah Rp 2 juta, sedangkan akun DANA Premium Rp 10 juta.
  • Transfer ke rekening bank dan e-wallet minimal Rp 10.000, maksimal Rp 2 juta untuk akun DANA Reguler dan Rp 10 juta untuk akun DANA Premium.

Kelebihan Aplikais DANA

Keuntungan yang dapat Anda nikmati sebagai pengguna DANA:

1. Pendaftaran gratis

Pendaftaran akun DANA gratis, Anda tidak harus top up saldo terlebih dahulu. Bahkan jika Anda tidak melakukan upgrade ke akun Premium pun, akun Reguler Anda sudah bisa dipakai untuk melakukan transaksi standar dompet digital.

2. Fitur lengkap

Berbagai fitur yang dibutuhkan dompet digital sudah dibenamkan di aplikasi, mulai dari pembayaran menggunakan QR Code, pelunasan tagihan, sampai sembunyikan saldo.

Pengaturan akun seperti profil dan keamanan.

3. Dapat dihubungkan ke kartu debit/kredit

Tidak melulu menggunakan saldo, Anda dapat menyambungkan akun DANA dengan kartu debit dan kredit sebagai sumber pembayaran.

Fitur ini membuat DANA unggul dibanding OVO yang belum bisa dihubungkan langsung dengan kartu debit maupun kredit.

4. Gratis top up dan biaya transfer

DANA memberikan banyak bonus gratis kepada penggunanya, mulai dari top up hingga kirim uang ke rekening bank. Sebagai perbandingan, OVO menerapkan biaya Rp1.500 untuk setiap top up.

Di sisi lain, DANA bisa digunakan untuk transfer antar bank gratis karena memberikan kuota 10x transfer tanpa biaya setiap bulannya.

5. Garansi saldo kembali

Ada fitur DANA Protection yang memastikan setiap transaksi Anda dikawal ketat, sehingga Anda bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman.

6. Voucher dan diskon menarik

DANA kerap memberi promo kepada penggunanya, misalnya voucher 50% untuk pembayaran tagihan listrik dan air, atau cashback sampai 50% untuk pembelian di gerai Ramayana dan Robinson.

Bonus yang diberikan DANA termasuk yang terbanyak di antara aplikasi e-wallet lain. Sebagai contoh, LinkAja tidak memberikan banyak bonus baik dalam pembayaran maupun pembelian.

7. Investasi emas

Pengguna dapat melakukan jual beli emas dan penarikan emas secara fisik tanpa perlu berganti aplikasi. Fitur investasi emas juga sudah ada di dompet digital lain seperti Gopay.

8. Ekosistem online dan offline

DANA terintegrasi dan bekerja sama dengan banyak outlet baik online maupun offline untuk memberi inklusi keuangan bagi nasabahnya. Dompet digital DANA dapat Anda gunakan di marketplace, minimarket, bioskop, mall, serta terintegrasi dengan SamsungPay.

Menghubungkan akun aplikasi lain dengan DANA.

Kekurangan Aplikasi DANA

DANA memiliki lebih banyak kelebihan dibanding kekurangan. Namun berdasarkan masukan pengguna, berikut hal-hal yang perlu ditingkatkan dari DANA:

1. Pilihan merchant masih terbatas

Sayangnya, DANA baru menjangkau merchant-merchant besar dan belum terlalu bekerjasama dengan usaha-usaha kecil, seperti pedagang kaki lima. Namun, dengan adanya QRIS, penghalang ini bisa semakin diatasi mengingat QRIS adalah moda universal.

2. Aplikasi cukup berat

Padatnya fitur membuat aplikasi DANA cukup berat, apalagi jika perangkat yang digunakan belum terlalu mumpuni dari segi penyimpanan dan kecepatan.

Secara umum, aplikasi DANA Dompet Digital amat padu dan lengkap sebagai penunjang kebutuhan transaksi non-tunai. Sehingga e-wallet ini cukup direkomendasikan untuk pengguna yang ingin mulai bergabung dengan cashless society.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *