Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Mining Bitcoin di Android, Gratis Dengan Aplikasi

Mining BTC di Android

Mining Bitcoin bisa dilakukan di Android dengan menggunakan aplikasi penambangan yang bisa di-install di smartphone.

Meskipun identik dengan komputasi kelas berat yang memerlukan perangkat keras mumpuni, nyatanya penambangan Bitcoin bisa dilakukan di smartphone Android. Ya, Anda bisa mengumpulkan aset crypto tanpa harus menyiapkan rig mahal dengan listrik yang tinggi, bahkan sangat mudah dilakukan oleh pemula sekalipun.

Cara Mining Bitcoin di Android Menggunakan Aplikasi Gratis

Menambang Bitcoin di smartphone Android berarti Anda bisa melakukan mining kapan saja dan di mana saja, bahkan saat Anda tidak sedang berada di rumah.

Opsi menambang Bitcoin di Android yang banyak digunakan saat ini adalah dengan menginstall dan menjalankan aplikasi (APK) penambangan. Selain itu, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan cara mendapatkan Bitcoin lainnya dengan cara yang tidak memerlukan pengetahuan teknis, seperti bermain game atau mengerjakan tugas-tugas ringan.

Nah, berikut cara mining Bitcoin menggunakan aplikasi yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Menggunakan Droid Miner

Apabila Anda memang termasuk orang yang merasa terganggu oleh adanya iklan pada saat menggunakan aplikasi mining Bitcoin di Android, maka Droid Miner ini bisa jadi pertimbangan. Dengan tampilan yang mudah dimengerti, aplikasi ini juga mendukung proses mining di latar belakang sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda lainnya.

Aplikasi yang menawarkan penambangan Bitcoin, Ethereum, Dogecoin dan lain sebagainya ini juga diperkaya dengan fitur penunjang yang tak kalah bermanfaat. Sebut saja seperti menghentikan mining saat smartphone sedang dilakukan pengisian baterai. Meskipun terkesan sederhana, nyatanya fitur semacam ini dapat memperpanjang usia atau masa pemakaian baterai smartphone.

2. Aplikasi AA Miner

Aplikasi lain yang juga layak Anda pertimbangkan untuk menambang Bitcoin dari Android adalah AA Miner. Aplikasi ini bisa Anda download dari Google Play Store dengan ukuran installer yang terbilang cukup kecil. Meskipun kecil, kinerja APK ini tetap layak untuk dipertimbangkan karena menawarkan hingga 50 jenis mata kriptokurensi dan algoritma mining dari CryptoNight.

Kelebihan lain yang juga layak dicatat dari aplikasi gratis ini adalah penggunaannya yang tanpa iklan, tidak ada pembelian dalam aplikasi untuk mengakses fungsi atau fitur tertentu. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mengelola sumber daya dengan menentukan jumlah core prosesor smartphone yang dikerahkan untuk menambang Bitcoin.

3. Menambang dengan MinerGate

Layanan mining yang diperkenalkan pada 2014 ini sebelumnya memang lebih dikenal untuk pengguna komputer saja. Namun seiring perkembangannya, kini ia juga menawarkan penambangan seluler yang artinya bisa diakses dari smartphone Android. Saat ini, MinerGate bisa digunakan melalui ponsel dengan menginstall aplikasinya dari penyedia pihak ketiga atau dari situs resmi Minergate.

Layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan penambangan bermacam cryptocurrency tanpa harus menurunkan hash level dari koin utama. Melalui layanan ini, Anda juga bisa memilih untuk melakukan mining seluler atau memilih cloud mining berbayar. Artinya, saat mencapai tingkatan tertentu, Anda bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan aktivitas penambangan Anda seiring waktu. 

Penambangan melalui aplikasi ini tentunya akan sangat bergantung pada kemampuan smartphone Android yang digunakan. Semakin tinggi kemampuan chip, maka semakin tinggi pula potensi Bitcoin yang bisa Anda dapatkan. Aplikasi ini menawarkan kelebihan seperti pengelolaan sumber daya smartphone yang digunakan, menghentikan mining sementara, mengatur jadwal mining serta penggunaan yang terbilang mudah.

4. Menggunakan aplikasi CryptoTab

Aplikasi yang satu ini dikenal dengan penggunaannya yang praktis, di mana Anda bisa melakukan penambangan Bitcoin sambil browsing. Anda yang sering mengakses internet untuk kegiatan streaming film, mencari tutorial atau bahkan berita, bisa sambil menambang Bitcoin. Bahkan saat Anda sudah selesai browsing, Anda tetap bisa menambang di latar belakang.

Cara kerja dari aplikasi CryptoTab Browser ini pun tak jauh berbeda dari aplikasi browser lain pada umumnya. Selain versi Lite, Anda juga memilih varian lainnya yang juga ditawarkan oleh pengembang yang sama untuk mining sesuai kebutuhan. Semakin intens Anda menggunakan tab aplikasi browser ini, maka semakin tinggi pula potensi Bitcoin yang bisa didapat.

Namun yang perlu Anda ketahui adalah jumlah BTC yang bisa Anda dapat melalui aplikasi jauh lebih sedikit dibandingkan aplikasi miner BTC lainnya. Hadiahnya hanya seukuran SAT sehingga Anda harus ekstra telaten. Namun dengan apa yang ditawarkan, penggunaan aplikasi browser yang bisa diunduh dari Play Store ini tetap layak untuk dicoba.  

5. NeoNeon Miner

Jika Anda ingin mengakses pool untuk menambang namun enggan melakukan mining BTC menggunakan laptop, bisa menggunakan NeoNeon Miner ini untuk melakukannya dari smartphone. Anda bisa menambang Bitcoin dan berbagai cryptocurrency lain melalui aplikasi ini. Tak hanya itu, ia juga menampilkan detail penambangan secara terperinci berikut script konfigurasi otomatis.

Aplikasi ini diperkenalkan sejak 2017 dan mendukung banyak jenis prosesor smartphone saat ini. Anda tak perlu khawatir soal kompatibilitas aplikasi ini dengan smartphone Android yang Anda gunakan. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa Anda unduh dari Google PlayStore sehingga Anda harus mengunduhnya dari situs penyedia yang terpercaya agar tidak mendapatkan APK yang terinfeksi virus.

Alternatif Penambangan Bitcoin Lain

Mungkin masih ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa Anda coba, baik itu yang tersedia di Google Play Store ataupun dari situs penyedia lainnya. Namun di antaranya, kelima aplikasi di atas adalah yang paling banyak digunakan dan dikatakan terbukti membayar. Anda pun bisa menelusuri lebih jauh masing-masing aplikasi untuk lebih meyakinkan lagi.

Selain mengandalkan aplikasi mining di atas, tak ada salahnya pula Anda mencoba cara mendapatkan Bitcoin dengan memainkan game di smartphone Android. Ya, mengisi waktu luang sambil bermain game tentunya bisa jadi kegiatan yang menguntungkan jika Anda juga berpeluang mendapatkan Bitcoin. Alhasil, bermain game yang mudah dan menyenangkan pun bisa jadi alternatif cara mining Bitcoin di Android yang layak dicoba.

Nah, beberapa judul game yang bisa Anda coba dan sudah terbukti membayar di antaranya adalah:

  • Money Whale: game yang dimainkan dengan mudah ini juga akan memberikan hadiah kepada Anda setelah mencapai jumlah poin tertentu. Anda bisa menukarkan poin dengan hadiah yang salah satunya adalah cryptocurrency.  
  • Bitcoin Blast: game mencocokkan 3 ini juga memungkinkan Anda untuk mengumpulkan poin yang bisa ditukar ke Bitcoin. Sayangnya, iklan yang muncul dalam game ini bisa membuat pengalaman Anda bermain bisa kurang optimal.
  • Bitcoin Pop: game ini meminta Anda untuk menggabungkan karakter yang identik satu sama lain. Game ini terbilang mudah dimainkan meskipun juga terdapat iklan di dalam platformnya.

Seiring peminatan cryptocurrency yang semakin tinggi belakangan ini, tak menutup kemungkinan jumlah aplikasi dan game sejenis akan terus bermunculan. Namun Anda juga harus selektif karena nyatanya tak semua yang ditawarkan akan membayar.

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *