Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Pindah Faskes BPJS (Bisa Online dan Offline)

Pindah faskes bpjs

Pemerintah sebagai pemegang kebijakan tentu perlu menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakatnya. Salah satu fasilitas kesehatan yang bisa digunakan di Indonesia adalah fasilitas kartu BPJS untuk pengobatan masyarakat. 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sendiri merupakan sebuah perusahaan asuransi yang disediakan pemerintah untuk seluruh masyarakat. Dahulu, BPJS bernama PT Askes kemudian berganti nama. 

Untuk melakukan pengobatan, tentunya perlu melewati prosedur yang telah ditetapkan. Masyarakat bisa mendapatkan pengobatan di faskes terdekat yang didaftarkan. Sayangnya, karena perpindahan domisili faskes ini malah justru bisa menjadi lebih jauh. Tentu hal ini akan merepotkan dan lebih baik pindah faskes. Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai faskes BPJS, cara pindah secara online dan offline serta menjawab berbagai pernyataan mengenai faskes BPJS. 

Seputar Faskes BPJS 

Fasilitas kesehatan atau yang sering disebut dengan faskes adalah tempat berobat untuk peserta BPJS kesehatan yang sudah disesuaikan dekat dengan tempat tinggal saat proses mendaftar. Biasanya terdapat tingkatan faskes sebagai rujukan prosedur pengobatan.

Faskes sendiri memiliki 3 tingkatan, hal ini digunakan untuk urutan sistem rujukan. Jadi untuk bisa dirujuk, Anda harus melewati tiga tingkatan tersebut. Berikut penjelasannya.

Fasilitas kesehatan tingkat 1 

Fasilitas kesehatan tingkat 1 merupakan tempat pengobatan pertama yang harus dikunjungi jika Anda merasa sakit. Bentuk Fasilitas kesehatan di tingkat 1 adalah klinik, puskesmas, dokter umum atau bisa juga dokter pribadi yang telah bekerja sama dengan pihak BPJS. 

Sayangnya, untuk kelengkapan pengobatan di faskes satu masih terbatas. Faskes 1 biasanya menangani penyakit umum dan ringan sedangkan jika Anda ingin memeriksakan penyakit lebih serius harus dirujuk pada faskes tingkat 2. Tentu setelah persetujuan dari faskes 1. 

Fasilitas kesehatan tingkat 2

Di atas faskes tingkat 1 terdapat faskes tingkat 2 di mana pada tingkat ini perlu persetujuan berupa surat rujukan sebagai pengantarnya. Faskes 2 dikunjungi apabila pada tingkat sebelumnya tidak bisa memberi pengobatan secara maksimal.

Biasanya faskes 2 berbentuk rumah sakit umum daerah, rumah sakit swasta atau dokter spesialis. Jadi jika Anda ingin memanfaatkan kartu BPJS Anda harus melewati tingkat 1 dahulu sebelum ke faskes tingkat 2.

Fasilitas kesehatan tingkat 3 

Terakhir, adalah faskes tingkat 3, pada tingkat ini masyarakat yang hendak berobat datang setelah mendapat rujukan dari faskes tingkat 2. Bentuk dari faskes 3 adalah rumah sakit umum besar dan rumah sakit khusus.

Cara Pindah Faskes BPJS Secara Online 

Setelah memahami apa itu fasilitas kesehatan (faskes) dan tingkatannya, berikut cara pindah faskes BPJS secara online jika Anda telah berpindah domisili dari yang sebelumnya. Tapi sebelumnya ketahui terlebih dahulu syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pindah faskes bpjs:

  • Surat keterangan pindah domisili atau pindah ke luar kota karena tugas belajar 
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu BPJS 

Sedangkan langkah yang harus ditempuh untuk memindahkan faskes melalui cara online adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi JKN Mobile 
  2. Jika sudah terunduh di ponsel pintar Anda, maka bisa segera membukanya. 
  3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data berupa identitas, password, serta kode captcha. Juga tidak lupa melakukan verifikasi. 
  4. Apabila sudah berhasil masuk, segera pencet tombol  ‘ubah data peserta’
  5. Selanjutnya ‘ubah fasilitas kesehatan pertama’
  6. Anda bisa mengedit data faskes yang diinginkan. 
  7. Jika sudah, tunggu hingga muncul verifikasi berhasil dilakukan.

Anda juga bisa mengajukan pemindahan faskes melalui call center 165:

  1. Hubungi nomor call center 165 di ponsel Anda, pastikan sebelumnya handphone sudah terisi pulsa supaya bisa memanggil nomor CS.
  2. Laporkan perubahan faskes pada admin online, Anda akan diarahkan untuk proses selanjutnya.

Cara Pindah Faskes BPJS Secara Offline 

Selain melalui online, Anda bisa memindahkan faskes BPJS secara offline . Ada beberapa cara yang harus ditempuh, Anda bisa memilih mana yang mudah bagi Anda. Simak berikut ini!

Cara pindah faskes BPJS secara online melalui Mobile Customer Service (MSC):

  1. Datangi kunjungan MSC sesuai jadwal yang tertera.
  2. Mengisi formulir daftar isian peserta  (FDIP) dan tunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan 
  3. Sampaikan pada petugas bahwa Anda berpindah domisili, sertakan bukti pindah domisili atau surat tugas belajar

Selain melalui MSC, Anda juga bisa melakukan pemindahan faskes melalui Mall Pelayanan Publik yang hadir di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Untuk langkahnya bisa disimak berikut ini.

  1. Pergi ke Mall Pelayanan Publik yang ada stand khusus untuk BPJS
  2. Mengisi formulir daftar isian peserta  (FDIP) dan tunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan 
  3. Sampaikan pada petugas bahwa Anda berpindah domisili, sertakan bukti pindah domisili atau surat tugas belajar

Terakhir, Anda juga bisa pindah faskes melalui kantor cabang BPJS terdekat. Berikut caranya.

  1. Persiapkan dokumen pendukung seperti KTP, JKN-KIS, dan KK
  2. Datangi kantor terdekat dan segera ambil nomor
  3. Sembari menunggu isilah Formulir Daftar Isian Pendaftaran (FDIP)
  4. Setelah dipanggil, sampaikan niat Anda. Isi bagian faskes yang hendak dijadikan faskes 1 
  5. Tunggu beberapa saat, setelahnya Anda akan diberi tahu bahwa faskes telah berubah.  

Pertanyaan Seputar Pindah Faskes BPJS 

Setelah menjawab pertanyaan mengenai cara pindah faskes, kini selanjutnya adalah jawaban beberapa pertanyaan lain seputar BPJS. Simak selengkapnya berikut ini!

Berapa iuran faskes BPJS?

Iuran faskes BPJS tergantung pada kelas yang dipilih, berikut penjelasannya lebih lanjut:

  • Kelas 3 : Rp 35.000
  • Kelas 2: Rp100.000
  • Kelas 1: Rp 150.000

Berapa lama proses pindah faskes?

Anda tidak perlu khawatir, sebab pindah faskes pada dasarnya bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Apalagi jika Anda melakukannya secara offline. Jika petugas sudah memberitahukan bahwa perusahaan telah tersimpan. Maka di waktu tersebut faskes sudah berubah. Bahkan tidak sampai 1 kali 24 jam.

Setelah ganti faskes apakah bisa langsung digunakan?

Setelah konfirmasi pemindahan faskes diterima, Anda tidak bisa langsung menggunakannya. Sebab pasti membutuhkan waktu dalam proses pemindahannya. Anda bisa menggunakan kartu BPJS di faskes yang baru minimal 1 bulan setelahnya. 

Berapa kali bisa pindah faskes?

Pada dasarnya, tidak ada batasan pemindahan faskes. Tetapi sebagai catatan bahwa ketika melakukan proses pemindahan tidak bisa langsung digunakan, sehingga membutuhkan proses. Jadi jika Anda ingin mengubahnya pastikan yang sebelumnya sudah aman.

Nah, berikut di atas merupakan cara pindah faskes BPJS baik secara online dan offline juga beberapa penjelasan mengenai faskes BPJS. Selain menyiapkan dana pensiun, jika Anda memang benar-benar ingin melakukan pemindahan faskes maka usahakan dilakukan dari jauh-jauh hari, sebab kita tidak pernah tahu kapan penyakit mendatangi kita. Memang kita semua berharap selalu sehat, namun bisa saja musibah apa pun menimpa kita. Jadi bersikap lebih baik daripada terlambat. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *