Lompat ke konten

Cara Trading di Tokocrypto, Jual dan Beli

Cara Jual Beli di Tokocrypto

Investor maupun trader pemula perlu mengetahui cara trading di Tokocrypto, terutama bagaimana cara menjual maupun membeli aset yang bisa diperdagangkan dengan aman.

Dalam perdagangan crypto, dikenal dua jenis pelaku transaksi, yaitu trader dan investor. Tidak ada batasan baku mengenai dua kategori ini, hanya saja trader kerap digunakan untuk menyebut pedagang yang membeli aset crypto saat harga murah dan menjualnya kembali saat harga tinggi, dalam rentang waktu yang relatif singkat. Sedangkan investor sering dirujuk sebagai pelaku perdagangan crypto yang mempertahankan aset jangka panjang untuk memperoleh keuntungan yang rutin dan ajeg.

Jika Anda juga tertarik menggunakan platform ini untuk bertransaksi cryptocurrency, baik sebagai trader maupun investor, berikut kami sajikan tutorial singkat secara step by step mengenai cara melakukan trading di Tokocrypto.

Cara Membuat Akun di Tokocrypto

Sebelum berdagang crypto, Anda wajib bergabung dengan Tokocrypto atau mendaftar terlebih dahulu. Begini cara membuat akun di Tokocrypto:

  1. Unduh aplikasi Tokocrypto melalui Play Store atau App Store, lalu pasang di smartphone Anda. Bisa juga Anda mengakses laman resmi Tokocrypto di tokocrypto.com melalui perambah internet.
  2. Klik Daftar pada tampilan depan aplikasi, atau sebelah kanan atas pada website.
  3. Isi informasi pribadi yang diminta oleh Tokocrypto.
  4. Lakukan verifikasi Know Your Customer (KYC) seperti mengunggah KTP dan selfie untuk pengenalan wajah.
  5. Baca dan setujui syarat dan ketentuan penggunaan platform Tokocrypto.
  6. Jika sudah yakin, klik Selesai.
  7. Buka inbox dari email yang Anda daftarkan di Tokocrypto, cari email yang berasal dari Tokocrypto, lalu klik link yang disertakan dalam surel untuk melakukan verifikasi email.

Anda kini telah memiliki akun Tokocrypto. Langkah selanjutnya adalah melakukan deposit atau pengisian saldo agar Anda dapat melakukan transaksi. Deposit dapat dilakukan dalam bentuk Rupiah melalui transfer bank, e-wallet, dan gerai PPOB, atau deposit langsung berupa aset crypto yang terdaftar di Tokocrypto.

Cara Beli Crypto di Tokocrypto

Setelah Anda memiliki saldo di Tokocrypto, kini Anda dapat mulai berdagang cryptocurrency. Salah satu langkah awal adalah melakukan pembelian aset. Berikut cara beli aset crypto di Tokocrypto:

  1. Masuk ke akun Tokocrypto Anda, lalu pilih Penukaran.
  2. Lihat jenis crypto yang dapat dipasangkan dan diperjualbelikan. Tokocrypto akan menampilkan pasangan (pairing) beberapa koin seperti Bitcoin (BTC), Binance Coin (BNB), Ripple (XRP), Dogecoin (DOGE), Ethereum (ETH), dan Tether (USDT), terhadap Bitcoin IDR (BIDR).
  3. Pilih pasangan cryptocurrency.
  4. Pada kotak Beli, masukkan jumlah yang ingin Anda beli. Jumlah ini tentu disesuaikan dengan saldo yang Anda miliki.
  5. Klik tombol hijau “Beli” untuk memproses pembelian.
  6. Tunggu sampai pemberitahuan “Berhasil” muncul, berarti pembelian Anda sudah masuk ke Order Book.
  7. Jika pembelian sukses, Anda dapat mengeceknya pada “Riwayat pesanan 24 jam saya”.
Halaman pembelian crypto dengan pair ETH/USDT.
Contoh form pembelian pair ETH/USDT.

Cara Jual Crypto di Tokocrypto

Untuk melakukan penjualan aset crypto di Tokocrypto, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Tokocrypto, lalu akses menu Pertukaran.
  2. Pilih pasangan koin yang ingin Anda jual.
  3. Masukkan nominal harga penjualan Anda pada kotak Jual.
  4. Klik tombol merah muda “Jual” untuk memproses penjualan.
  5. Tunggu sampai pemberitahuan “Berhasil” muncul, berarti penjualan Anda sudah masuk ke Order Book.
  6. Jika penjualan sukses, Anda dapat melihatnya pada “Riwayat pesanan 24 jam saya”. Penjualan yang berhasil juga dapat dicek pada menu Dompet.
Menjual kripto dengan batasan order.
Halaman penjualan.

Cara Trading di Tokocrypto

Trading pada dasarnya adalah pertukaran antara cryptocurrency yang Anda miliki dengan cryptocurrency lain yang beredar di pasaran. Prinsipnya hampir sama seperti pertukaran valas (valuta asing), di mana Anda menukarkan mata uang US dollar (USD) ke dalam Rupiah (IDR) atau sebaliknya. Bedanya, di Tokocrypto yang dipertukarkan adalah cryptocurrency atau koin.

Chart pair crypto di aplikasi Tokocrypto
Chart yang harus diperhatikan sebelum menjual dan membeli.

Selain kedua cara jual beli di atas, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk trading koin di Tokocrypto:

  1. Masuk ke akun Tokocrypto, lalu pilih menu Pasar.
  2. Pilih pairing untuk ditrading (ditukar), seperti BIDR, BTC, USDT, ETH, BUSD, TRX, USDC (USD Coin), atau DAI (Dai). Jika Anda memilih BIDR, maka Anda dapat langsung melakukan transaksi pertukaran. Namun jika Anda memilih koin lainnya, Tokocrypto akan mengonversinya ke dalam BIDR terlebih dulu.
  3. Tentukan koin yang ingin Anda pertukarkan, misalnya BTC atau XRP (Ripple).
  4. Setelah memilih pairing (misal: BTC/XRP), Anda akan disuguhi tampilan grafik berisi performa trading pasangan mata uang tersebut. Untuk memaksimalkan keuntungan, Anda sebaiknya melakukan analisa grafik terlebih dulu, namun hal ini tidak wajib. Anda bisa langsung trading tanpa analisis apa pun.
  5. Jika sudah yakin akan menukar pasangan koin ini, klik Beli.
  6. Tunggu Tokocrypto memproses penukaran Anda dan muncul pemberitahuan berhasil.

Perhatikan juga biaya transaksi di Tokocrypto yang akan dikenakan saat Anda melakukan pembelian dan penjualan.

Demikian tutorial cara trading dengan benar di Tokocrypto, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.