Lompat ke konten

Review Tokocrypto di 2022: Cara Daftar, Kelebihan, Kekurangan

Review lengkap Tokocrypto

Jika Anda termasuk orang yang baru ingin memulai investasi dan trading kriptokurensi, maka salah satu nama yang paling banyak direkomendasikan adalah Tokocrypto. Ya, platform jual beli kripto yang satu ini memang bisa dikatakan sebagai salah satu layanan paling populer di Indonesia.

Berikut review Tokocrypto berdasarkan pengalaman pemakaian selama 2 tahun terakhir.

Apa Itu Tokocrypto?

Tokocrypto adalah platform jual beli crypto legal yang beroperasi di Indonesia. Tokocrypto menyediakan sarana bagi para investor crypto dalam melakukan trading mata uang digital serta menganalisa siklus harga terkini.    

Tokocrypto (PT. Crypto Indonesia Berkat) sudah mulai ada 2017 silam, namun baru diperkenalkan kepada publik pada September 2018. Situs resminya beralamat di tokocrypto.com.

Tokocrypto berstatus resmi terdaftar di OJK. Popularitasnya yang tinggi menjadikannya sebagai salah satu platform trading crypto terbaik dan terpercaya beberapa tahun belakangan.

Penggunanya Tokocrypto sangat beragam, tak hanya trader dan investor berpengalaman saja, tetapi juga para pemula yang masih belajar pun menggunakan Tokocrypto ini. Saingan terbesarnya adalah Indodax, Pintu, dan Rekeningku. Karena merupakan saingan utamanya, seperti di review Indodax maka di artikel ini kami akan menilai Tokocrypto dari persepktif perbandingan dengan saingannya. Kami telah membahas tentang perbandingan Indodax dan Tokocrypto bagi Anda yang ingin memutuskan ingin menggunakan layanan crypto yang mana.

Tokocrypto menawarkan platform yang mudah, simpel, instan namun aman bagi transaksi pengguna. Hingga saat ini, platform ini sudah digunakan oleh lebih dari 200.000 pengguna, di mana 30.000 di antaranya menjadi pengguna aktif tiap pekan. Ingin menjadi exchange aset digital terdepan se-Asia Tenggara, layanan ini sudah mencatatkan volume transaksi hariannya mencapai US$25.000.000.

Sejarah Tokocrypto

Belakangan, Tokocrypto Digital Exchange melakukan pembaruan terhadap sistem perdagangannya dan memperkenalkan Tokocrypto 2.0 pada tahun 2020 yang lalu. Pembaruan ini hadir juga mengenalkan lebih banyak token baru, beserta fitur terkini.

Saat ini, platform yang didukung sistem Binance Cloud ini juga menawarkan likuiditas yang lebih baik dengan kecepatan transaksi dan sistem keamanan yang ditingkatkan. Ini merupakan hasil kerjasama Binance dengan Tokocrypto.

Pembaruan tersebut juga ditandai dengan peluncuran aplikasi bernama Tokocrypto 2.0 yang dapat diinstal di perangkat mobile, yaitu smartphone dengan sistem operasi Android. Hadirnya aplikasi ini untuk semakin memudahkan para trader maupun investor dalam melakukan transaksi. Pengguna pun bisa menggunakan akun mereka untuk mengeksekusi transaksi dari aplikasi mobile maupun melalui situsnya.

Cara Daftar Tokocrypto

Untuk bergabung sebagai pengguna platform ini pun terbilang mudah, sesuai dengan tujuan dihadirkannya Tokocrypto itu sendiri. Anda bisa menggunakan layanan email seperti gmail untuk memudahkan pembuatan akun. Jika menggunakan layanan email yang tidak biasa, sepertinya Anda harus bersiap dengan proses pendaftaran yang lebih rumit.

Halaman utama aplikasi Tokocrypto
Homepage aplikasi Tokocrypto.

Berikut cara daftar Tokocrypto:

  1. Download aplikasi Tokocrypto dari penyedia aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Selanjutnya, klik login lalu lakukan verifikasi awal email Anda.
  3. Berhasil mendaftar, Anda bisa melanjutkan proses dengan melakukan verifikasi data Know Your Customer (KYC). Proses verifikasi KYC ini bisa dilakukan dari aplikasi mobile ataupun dari situs Tokocrypto yang diakses melalui browser laptop Anda. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan verifikasi data KYC antara lain:
    • Masukkan data pribadi sesuai KTP
    • Warga Negara Asing bisa menggunakan foto Paspor/KITAS asli
    • Input nomor KTP di kolom Nomor ID
    • Pastikan posisi foto KTP Anda tidak terbalik
    • Hindari mengupload SIM atau foto KTP
    • Pastikan bahwa Foto cukup jelas, tidak terpotong atau terlalu dekat ke bagian bingkai
    • Untuk rekaman video liveness, pastikan bagian wajah Anda tidak terpotong dan terlihat dengan jelas (rekam di cahaya ruangan yang terang, tanpa memakai kacamata atau aksesoris lain, poni rambut jangan menutupi bagian wajah).
    • File KTP diunggah dalam format JPG atau JPEG dengan ukuran tidak lebih dari 1MB.
  4. Selanjutnya, akun Anda akan ditinjau terlebih dahulu. Lama verifikasi Tokocrypto adalah maksimal  dalam 24 jam. Jika Anda tak kunjung menerima konfirmasi, silakan menggunakan formulir khusus Approval KYC Form agar layanan CS segera memeriksa permohonan Anda.
Form login Tokocrypto
Form login di app Tokocrypto.

Biaya Transaksi di Tokocrypto

Fee di Tokocrypto adalah sebesar 0,1% dari total transaksi. Untuk penarikan dan setor dana, Tokocrypto mengenakan biaya Rp 5.500 per transaksi. Biaya yang Anda keluarkan untuk transaksi di platform ini cukup terjangkau dibandingkan aplikasi trading crypto lain.

Cara Deposit Tokocrypto

Guna memudahkan para pengguna untuk deposit dana ke Tokocrypto, ada 3 layanan yang didukung oleh platform ini, antara lain GOPAY, Bank Mandiri dan Bank Permata. Meskipun terbilang terbatas, pilihan ini tetap dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna. Perlu diketahui pula bahwa jumlah minimal untuk bisa melakukan setoran adalah Rp50,000.

Cara deposit Tokocrypto adalah:

  1. Buka aplikasi, login ke akun lalu klik Dompet dan klik Setoran
  2. Selanjutnya pilih Fiat untuk melakukan top-up menggunakan uang Rupiah. Selanjutnya silakan Anda pilih layanan keuangan yang Anda gunakan, Bank Mandiri atau Bank Permata misalnya.
  3. Silakan input nomor Virtual Account pada akun Anda
  4. Masukkan juga nominal yang ingin Anda setor, pastikan jumlahnya sesuai sebelum klik BENAR
  5. Ikuti prosedur yang ditampilkan aplikasi hingga dengan notifikasi bahwa transaksi Anda berhasil.

Jangan bingung saat sudah berhasil top-up dan nominal dana berubah menjadi BIDR. Koin ini memiliki nilai yang stabil serta mengikuti nilai Rupiah. Jadi saat Anda setor Rp50.000, Anda akan mendapat 50.000 BIDR pada akun Tokocrypto Anda. Selanjutnya Anda pun bisa melakukan investasi maupun trading.

Koin BIDR.

Menggunakan Order Book

Setelah berhasil melakukan top-up atau jual beli, Anda bisa melihat segala transaksi di Tokocrypto melalui  order book. Anda bisa mengakses informasi terkait transaksi yang memudahkan mengamati momen dan harga terbaik untuk melakukan trading. Anda juga bisa menandai koin tertentu sebagai favorit untuk memudahkan jual beli nantinya.  

Tab order di perangkat lunak
Tab order.

Cara Deposit Cryptocurrency 

Selain bisa melakukan deposit menggunakan Rupiah, Anda juga bisa melakukan deposit crypto. Prosedur yang perlu dilakukan antara lain:

  1. Buka aplikasi atau situs kemudian klik Kripto.
  2. Selanjutnya, silakan memilih jenis aset yang Anda inginkan.
  3. Pilih jaringan sesuai tujuan pengiriman kripto.
  4. Copy alamat untuk memudahkan Anda memasukkan alamat wallet tujuan pengiriman.
  5. Selesaikan transaksi.
Halaman deposit memasukkan dana
Halaman deposit.

Cara Withdraw 

Sementara untuk melakukan penarikan dana dari Tokocrypto, yang perlu Anda lakukan yaitu

  1. Buka aplikasi kemudian klik Dompet lalu pilih Penarikan.
  2. Klik Tambah Rekening.
  3. Silakan masukkan Nama Bank dan Nomor Rekening Bank tujuan penarikan dana lalu klik Selanjutnya.
  4. Silakan masukkan nominal dana yang ingin ditarik.
  5. Tunggu proses penarikan selesai dengan notifikasi dari aplikasi.
  6. Silakan periksa rekening bank Anda dan pastikan jumlahnya sesuai.
  7. Selesai.
Halaman withdraw untuk menarik uang.
Halaman withdraw.

Fitur Tokocrypto

Karena Tokocrypto merupakan platform trading, maka berbagai fitur yang ada di dalamnya pun ditujukan untuk memudahkan aktivitas pada penggunanya dalam memperdagangkan berbagai macam koin yang tersedia. Nah, beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna antara lain:

1. Analisa chart

Tampilan yang menunjukkan histori transaksi, meliputi jual beli yang memungkinkan trader dalam menganalisis harga secara teknikal. Sementara bagi investor, tampilan ini berguna untuk mengetahui harga yang naik turun atau tetap. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengambil keputusan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan ataupun menekan kerugian lebih jauh.

Tab market di Tokocrypto
Untuk melihat chart, klik pasangan mata uang yang ingin dianalisis.

2. Stop limit

Bisa dikatakan ini adalah fitur pengatur risiko yang dapat dimanfaatkan utnuk menghindari kerugian. Fitur Stop Limit ini memudahkan pengguna dalam membuat pesanan (order) Jual untuk mendapatkan profit saat target transaksi telah tercapai. Atau sebaliknya, fitur ini juga memudahkan membuat pesanan Beli untuk membeli koin saat resistance terlewati dan harganya mulai naik.

3. Limit order

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan jual beli sesuai batasan harga yang sudah ditentukan sendiri oleh pengguna.

4. One cancels the other (OCO)

Fitur Jual dan Beli pada momen spesifik secara bersamaan yang memudahkan pesanan limit dan stop limit. Dengan adanya fitur ini, pengguna akan lebih mudah dalam menekan kerugian sekaligus memaksimalkan keuntungan.

5. Dapat digunakan sebagai e-wallet

Pengguna juga bisa memanfaatkan Tokocrypto sebagai dompet Bitcoin digital maupun cryptocurrency lainnya karena memiliki fitur untuk menampung saldo kripto. Selain itu, pengguna untuk bisa memanfaatkan platform ini untuk menerima kripto yang akan dikumpulkan.

Fitur wallet Tokocrypto.
Wallet di Tokocrypto.

Tokocrypto sebagai e-wallet atau dompet digital. Maksudnya, platform Tokocrypto bisa dijadikan sarana yang aman untuk menyimpan saldo bitcoin yang dimiliki. Selain itu Anda juga menggunakan platform ini sebagai tempat pihak ketiga seperti pemilik program Faucet untuk mengirimkan bitcoin yang dikumpulkan. Pengguna pun bebas memeriksa jumlah saldonya sambil mengikuti pergerakan harga yang ikut mempengaruhi nilai saldo.

6. Fitur menguntungkan lainnya

Sebagai sebuah platform trading, Tokocrypto juga memiliki sejumlah fitur yang juga menjadi keunggulannya. TKO adalah token eksklusif yang dikeluarkan oleh Tokocrypto. Adanya token ini memungkinkan fitur seperti TKO Lock (tabungan koin TKO untuk mendapatkan bunga), Task Harian berhadiah kripto serta opsi Konversi saldo kecil menjadi TKO yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Tampilan order book TKO/BIDR.
Perdaganan TKO/BIDR.

Kelebihan Tokocrypto

Sebagai salah satu platform terbesar di Indonesia saat ini, Tokocrypto memang menawarkan beberapa kelebihan, antara lain:

1. Sudah memiliki izin resmi di indonesia

Tokocrypto menjanjikan transaksi yang aman karena sudah mengantongi izin dari BAPPETI dengan nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019 serta terdaftar KOMINFO. Selain itu, aset kripto yang diperdagangkan juga banyak yang terdaftar di BAPPEBTI untuk menjamin legalitas.  

2. Dukungan Binance Cloud

Tokocrypto juga didukung oleh asset exchanges terkemuka dunia, Binance. Hal ini memungkinkan platform untuk terus mengembangkan pasar kripto terbaik dengan fitur yang lebih lengkap dibanding layanan sejenis, salah satunya dengan menghadirkan aset stablecoin berbasis Rupiah, yaitu Binance IDR (BIDR). Dukungan Binance Cloud juga memungkinkan layanan menjadi lebih cepat namun tetap aman.

Kerjasamanya yang erat dengan Binance memungkinkan inovasi dari luar negeri akan diadopsi oleh Tokocrypto di masa depan. Kompetisi yang ketat dengan Coinbase dan FTX tentu akan memantik inovasi di dunia kriptokurensi oleh Binance.

3. Proses daftar yang mudah 

Untuk mendaftar dan mulai investasi di Tokocrypto terbilang mudah, di mana calon pengguna cukup menyiapkan e-KTP dan dana sebesar Rp50 ribu sebagai deposit. Pendaftaran juga bisa dilakukan dari smartphone ataupun dari laptop.

Selama proses pendaftaran, kami tidak menemukan adanya masalah yang menghalangi prosedur pembuatan akun. Jika data yang diberikan lengkap, maka proses daftar di Tokocrypto berlangsung sangat cepat dan mudah.

4. Perdagangan dengan ratusan pilihan aset kripto

Anda pun bisa mencoba banyak peluang karena Tokocrypto menawarkan perdagangan dengan ratusan pilihan aset. Anda bisa memilih mulai dari Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) dan aset kripto lainnya yang termasuk dalam 500 besar dari segi kapitalisasi pasar.

Daftar cryptocurrency yang bisa dilakukan trading
Daftar coin yang bisa diperdagangkan.

Dengan banyaknya pilihan crypto yang bisa dibeli, Anda tidak bisa menggunakan Tokocrypto sebagai platform satu-satunya dalam bertransaksi mata uang digital. Bahkan koin yang kurang terkenal bisa Anda temui di platform ini.

5. Tokocrypto Token

Platform ini menawarkan Token Hybrid yang disebut dengan TKO yang bisa dikumpulkan dan mendapat bunga. Keuntungan dari staking token ini berupa BIDR yang bisa saja menjanjikan keuntungan menarik.

6. Biaya penarikan dana rupiah yang lebih rendah 

Bisa dikatakan bahwa biaya yang harus dikeluarkan pengguna setiap melakukan penarikan lebih rendah dibanding layanan lain di kelasnya. Pengguna dikenakan fee withdrawal sebesar Rp 5.500 untuk setiap transaksi. 

Kekurangan Tokocrypto

Meskipun terlihat menjanjikan, Tokocrypto mungkin juga memiliki beberapa aspek yang kemudian dianggap sebagai kekurangan oleh sebagian pengguna. Aspek tersebut antara lain:

1. Tidak mendukung top-up menggunakan credit card

Dengan opsi setoran yang terbatas pada 3 pilihan yaitu menggunakan Virtual Account bank Mandiri, bank Permata atau menggunakan layanan Gopay. Sayannya lagi, pengguna juga tidak bisa menggunakan kartu kredit untuk melakukan top-up.

2. Minimal deposit yang tinggi

Meskipun nominal terendah yang harus dibayarkan pengguna sudah cukup terjangkau, yaitu Rp50.000, sepertinya ini bukan yang terendah dibanding platform lainnya. Sebut saja seperti Indodax yang menerapkan minimal deposit senilai Rp10.000. Bisa saja nominal ini kurang ideal bagi pemula yang sekedar ingin coba-coba bukan?  

3. Nominal minimum untuk penarikan dana 

Nominal penarikan dana ke rekening Tokocrypto bisa terbilang cukup membebani dengan nilai Rp500.000. Jika dibandingkan dengan Indodax yang menerapkan minimum withdraw sebesar Rp100.000, bisa dibilang bahwa Tokocrypto kurang ramah bagi pengguna yang ingin menarik dana dalam jumlah yang lebih kecil.

Apakah Kami Merekomendasikan Tokocrypto?

Berdasarkan penilaian kami, Tokocrypto adalah salah satu layanan trading crypto terbaik di Indonesia. Fitur yang ditawarkan cukup lengkap, dengan berbagai kelebihan yang bisa menutupi kekurangannya. Dibandingkan Indodax dan Rekeningku, Tokocrypto tidak kalah secara fitur maupun kemudahan aplikasi.

Sebagai platform jual beli dan investasi kriptokurensi, Tokocrypto layak dijadikan sebagai pertimbangan terbaik bagi pemula. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, berbagai kekurangan yang ada pada platform ini masih bisa disesuaikan kembali oleh pengguna. Namun tentu saja, semua kembali kepada preferensi Anda sebagai pengguna.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.