Lompat ke konten

Cara Transfer Virtual Account Beda Bank

Cara Transfer Virtual Account Beda Bank

Virtual Account adalah metode pembayaran yang cukup familiar dan biasanya digunakan dalam e-commerce atau ketika berbelanja secara online. Namun ternyata, metode ini juga bisa digunakan untuk melakukan transfer beda bank, khususnya pada para pelaku bisnis atau perdagangan karena dinilai lebih aman dan efektif.

Transfer uang melalui Virtual Account (VA) dapat dilakukan dengan mudah, baik itu melalui mesin ATM maupun mobile banking. Ketika melakukan transaksi beda bank secara manual, biasanya masih diminta untuk melampirkan bukti pembayaran berupa struk ataupun tangkapan layar bukti transfer jika melalui mobile banking. Berbeda jika menggunakan VA sebagai metode transfer, tidak perlu melampirkan struk maupun tangkapan layar karena sudah terdeteksi secara otomatis pada sistem.

Selain itu, transfer melalui akun virtual memiliki banyak sekali keuntungan perihal kemudahan transaksi. Misalnya untuk membayar tagihan, biaya pendidikan, belanja online, dan lain sebagainya. Setiap kali melakukan transfer akan diberikan nomor VA berbeda-beda, sehingga nantinya secara otomatis dibukukan oleh sistem bank, berupa nama dan nomor rekening VA.

Transaksi melalui VA bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui bagaimana cara transfer Virtual Account beda bank sebab lebih praktis dan anti ribet pada bahasan berikut ini.

Apa itu Virtual Account?

Meskipun sering digunakan sebagai pilihan metode pembayaran selain transfer antar bank, Virtual Account ini sangat familiar di kalangan masyarakat yang biasa berbelanja online. Jadi, Virtual Account adalah rekening tak nyata untuk melakukan transaksi sementara menggunakan rekening fisik yang nyata.

Virtual Account atau biasa disingkat dengan VA, yaitu fitur pembayaran berupa deretan angka yang biasa digunakan sebagai metode transaksi atau pembayaran, baik dalam e-commerce, perusahaan, maupun transfer antar bank. Nomor VA diberikan oleh bank atas permintaan dari perusahaan atau pelaku usaha, di mana nantinya akan diberikan kepada pelanggan sebagai nomor tujuan menerima uang.

Pada satu rekening bank, terbagi menjadi beberapa akun tak nyata atau virtual, sehingga dari sanalah bank membuat suatu ID Pelanggan. Virtual Account memiliki beberapa fitur, antara lain nomor, saldo akun, serta laporan transaksi.

Menggunakan VA lebih praktis dan efektif untuk melakukan transfer beda bank, baik itu bagi pelaku usaha, perusahaan, maupun bagi pelanggan. Manfaatnya, yaitu meningkatkan kenyamanan pembeli, keamanan bertransaksi, serta identifikasi dan rekonsiliasi.

Transfer Virtual Account pada pembeli tidak perlu mengirimkan bukti transfer karena sudah terbaca otomatis sekaligus real time oleh sistem bank. Adanya keamanan bertransaksi karena Anda tak perlu menunjukkan nomor rekening asli untuk bertransaksi dengan orang lain, apalagi jika menggunakan nomor VA non-fixed (hanya bisa sekali pakai), sehingga meminimalisir dampak penyalahgunaan nomor rekening oleh orang tak bertanggung jawab. Selain itu, identifikasi dan rekonsiliasi berarti Anda tak perlu menggunakan nama asli, bisa dengan nama perusahaan atau toko.

Ada dua jenis Virtual Account yang perlu diketahui, yakni non-fixed dan fixed. Fixed VA ini nomornya dapat ditentukan sendiri oleh pelanggan, biasanya menggunakan nomor ponsel. Sedangkan non-fixed VA adalah nomornya didapatkan secara acak dan selalu berbeda setiap transaksi, penggunaannya pun hanya satu kali pakai saja dan ini lebih aman dari penyalahgunaan data.

Perbedaan Transfer Virtual Account dan Transfer Manual

Transfer Virtual Account dan transfer manual tentu saja berbeda. Setelah mengetahui seputar VA dan manfaatnya tadi, Anda pun perlu mengetahui perbedaan dari kedua metode transfer tersebut. Berikut ini penjelasannya.

Perbedaan transfer Virtual Account dan manual terdapat pada sistem konfirmasinya. Di mana jika melakukan transfer Virtual Account beda bank tak perlu melampirkan bukti transaksi (baik itu struk maupun tangkapan layar dari mobile banking) karena sudah tercatat secara otomatis dan real time di sistem bank. Sedangkan pada sistem manual membutuhkan bukti transfer yang perlu dikirimkan.

Nomor VA untuk membayarkan tagihan berbeda-beda pada setiap pelanggan dan biasanya hanya dapat digunakan sekali saja. Berbeda dengan transfer manual, di mana Anda perlu mencantumkan nomor rekening asli dan hal ini jadi rawan sekali terjadi penipuan ataupun penyalahgunaan data.

Ketika Anda melakukan transfer akun virtual ke beda bank, tak perlu menunjukkan nomor rekening asli dan nama asli. Sebab pihak bank akan memberikan nomor VA untuk dibagikan kepada pelanggan guna melakukan transaksi. Oleh karena itu, transaksi melalui akun virtual lebih aman, praktis, dan efisien.

Cara Transfer Virtual Account Beda Bank:

Setelah mengetahui penjelasan mengenai perbedaan transfer akun virtual dan manual, tentunya Anda pun mengetahui beberapa manfaat jika melakukan melalui akun virtual. Begini cara transfer Virtual Account beda bank yang perlu Anda simak sebelum mencobanya.

Melalui Mobile Banking

Transfer akun virtual beda bank dapat dilakukan melalui mobile banking secara mudah dan praktis. Ini caranya:

  • Bukalah aplikasi mobile banking Anda, lalu login dengan username dan kata sandi.
  • Setelah masuk pada menu utama, pilih menu layanan Transfer, kemudian Transfer Bank Lain Dalam Negeri. Selanjutnya masukkan kode bank tujuan dan nomor VA.
  • Isikan nominal sesuai dengan yang dibayarkan kepada bank tujuan. Teliti kembali jumlahnya supaya tidak salah memasukkannya, terutama jika nominalnya bukan dicantumkan secara otomatis dari perusahaan tersebut.
  • Apabila sudah yakin dengan nominal yang telah diisikan, kemudian lanjutkan pembayaran dengan pilih Kirim. Kemudian Anda diminta untuk mengisikan PIN mobile banking.
  • Transaksi berhasil. Dana sudah masuk ke rekening tujuan.

Transfer Virtual Account beda bank sangat mudah sekali, bukan jika dilakukan melalui mobile banking? Itu tadi adalah langkahnya secara umum, sebab tampilan setiap aplikasi mobile banking tentunya berbeda. Akan tetapi, caranya sama saja, hanya beda pada penamaannya saja, sehingga Anda bisa menyesuaikannya.

Melalui Mesin ATM

Transfer akun virtual ke bank berbeda tidak hanya dilakukan melalui mobile banking saja, Anda pun bisa melakukannya melalui mesin ATM. Transfer akun virtual melalui mesin ATM  ini pun juga mempermudah orang-orang yang tidak memiliki aplikasi mobile banking, apalagi saat ini sudah banyak tersebar di berbagai sudut suatu daerah.

Begini caranya jika Anda hendak transfer akun virtual beda bank melalui mesin ATM. Tentunya mudah dan sama praktisnya dengan mobile banking.

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari mesin ATM yang sesuai dengan akun bank Anda untuk melakukan pembayaran melalui akun virtual.
  • Setelah itu, ketikkan PIN 6 digit pada mesin ATM. Ketik OK/Correct, lalu Anda akan diarahkan pada beberapa layanan menu.
  • Pada bagian kanan bawah, biasanya terdapat menu Transaksi Lainnya. Pilih menu tersebut, selanjutnya Transfer kemudian pilih Antar Bank Online.
  • Di halaman berikutnya, Anda diminta mengisikan kode bank tujuan dan nomor VA secara manual. Kode bank dapat Anda temukan secara otomatis pada pilihan yang tertera di layar mesin ATM.
  • Selanjutnya, cek kembali jumlah tagihan yang tertera di layar. Apabila sudah sesuai, klik OK atau YES.
  • Proses transaksi telah berhasil dan tagihan sudah masuk ke rekening tujuan.

Caranya tak kalah mudah, bukan? 

Seperti itulah cara transfer melalui akun virtual ke bank berbeda. Anda dapat mencobanya ketika bertransaksi secara online, khususnya saat berbelanja online. Sebab, transaksi menggunakan akun virtual cenderung lebih aman dan bebas dari penyalahgunaan data maupun penipuan.

Ketahui juga cara transfer ShopeePay ke rekening bank manapun dengan klik link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.