Lompat ke konten
Daftar Isi

Apa itu Introducing Broker (IB)?

Apa itu introducing broker

Sebagaimana perusahaan pada umumnya, ada banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan broker forex untuk menggaet pengguna baru. Caranya mulai dari menawarkan program no deposit, menyelenggarakan berbagai lomba trading, iklan di media sosial hingga menggunakan jasa pihak ketiga seperti introducing broker. 

Pengertian Introducing Broker

Introducing broker (IB) adalah orang atau lembaga yang berperan sebagai makelar atau referral yang bertugas memperkenalkan produk-produk perusahaan broker dan mengajak orang-orang baru untuk berdagang forex menggunakan jasa perusahaan tersebut. 

Orang-orang atau lembaga ini bukan karyawan perusahaan broker terkait dan hanya merupakan pihak luar yang bekerjasama dengan menggunakan program afiliasi. Oleh karena itu, pendapatan seorang introducing broker bukan berasal dari gaji, melainkan dari komisi yang diperoleh dari setiap penambahan akun baru yang menggunakan referal IB tersebut.

Peran Introducing Broker

Boleh dikatakan peran introducing broker (IB) sama seperti sales pada umumnya yaitu, mengenalkan perusahaan dan produknya kepada calon pelanggan, mengajak pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan dan lain sebagainya. 

Ini artinya, introducing broker tidak memiliki software trading, rekening untuk menyimpan dana pengguna dan fasilitas leverage sendiri. Namun demikian, beberapa introducing broker yang berbentuk badan usaha (perusahaan) biasanya juga merangkap menjadi lembaga kursus trading. 

Dengan demikian, trader yang bergabung menggunakan referral IB tersebut bisa sekalian belajar trading forex di IB terkait dan memiliki komunitas trading yang lebih besar dibandingkan trader individu biasa. 

Namun perlu Anda ingat bahwasannya seorang introducing broker hanya bertugas untuk memperkenalkan Anda kepada perusahaan dan bukan mengeksekusi seluruh transaksi yang Anda lakukan. Sebagai trader, Anda tetap harus mengeksekusi semua kegiatan trading Anda sendiri untuk menghindari penipuan. Jadi, hati-hati dengan IB yang menawarkan jasa eksekusi trading sekaligus ya. 

Contoh Introducing Broker

Mayoritas introducing broker yang bergerak di Indonesia adalah individu yang sebelumnya sudah menjadi pengguna jasa perusahaan broker terkait dan mempromosikan perusahaan tersebut kepada orang-orang di sekitar mereka. 

Hal ini karena menjadi IB terbilang mudah. Anda tinggal mengklik program afiliasi (referral program) di laman website perusahaan broker yang ingin Anda perkenalkan. Baca rincian kontraknya mengenai mekanisme komisi dan syarat lainnya, tanda tangani lalu unggah kembali. 

Setelah itu, perusahaan broker biasanya sudah menyediakan materi promosi yang harus Anda sebarkan kepada orang-orang di sekitar Anda baik itu secara offline maupun online dengan menyebarkannya di sosial media. 

Nantinya, setiap ada transaksi masuk dari orang-orang yang menggunakan kode referral Anda, Anda tetap akan mendapatkan komisi. Ini artinya, dengan menjadi IB keuntungan trading Anda bisa dobel karena Anda tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan dari trading yang Anda lakukan sendiri, tetapi juga aktivitas yang dilakukan oleh orang lain. 

Apakah Profesi Introducing Broker Menjanjikan?

Profesi introducing broker boleh dibilang sebagai profesi sampingan trading yang cukup menjanjikan. Hal ini mengingat bahwasanya komisi untuk IB akan terus mengalir selama pengguna yang menggunakan kodenya aktif trading. Belum lagi mengingat bahwa profesi IB ini bisa dijadikan sampingan dari profesi apapun entah itu trader profesional atau profesi lainnya. 

Lalu berapa keuntungan menjadi introducing broker? Setiap broker menetapkan persentase keuntungan yang berbeda-beda. Ada broker yang menetapkan keuntungan hingga 70-80% ada juga yang hanya mencapai 45%. Namun, perlu Anda ingat kalau perusahaan broker juga memiliki biaya operasi yang cukup besar, sehingga tidak menutup kemungkinan kalau Anda akan mendapatkan keuntungan lebih rendah daripada yang dijanjikan. 

Cara Menjadi Introducing Broker

1. Memilih broker kredibel yang membuka program IB

Langkah pertama adalah memilih broker kredibel yang membuka program IB. Hal ini penting baik untuk Anda maupun klien Anda. Sebab, apabila klien Anda gagal trading forex karena ada masalah dengan broker, mereka larinya akan kepada Anda. 

Selain itu, memilih broker forex terbaik dan kredibel juga akan memastikan kalau tindakan yang Anda lakukan adalah legal, Anda telah memberikan produk dan layanan terbaik untuk pelanggan serta memastikan kalau Anda sebagai IB pasti akan dibayar. 

2. Mendaftar sebagai IB di broker tersebut

Setelah Anda menemukan perusahaan broker yang Anda inginkan, kini saatnya Anda mendaftar sebagai IB di perusahaan tersebut. Siapkan data-data terbaru Anda seperti KTP, alamat, email dan sebagainya. 

Masukkan data-data yang diperlukan lalu klik verifikasi. Setelah Anda mengklik link verifikasi tersebut, Anda sudah bisa mengakses dashboard IB yang disediakan oleh pihak broker. Dalam dashboard tersebut nantinya Anda bisa mengakses konten-konten promosi yang bisa langsung di sebarkan, riwayat pembayaran komisi dan lain-lain. 

3. Mulai memasarkan

Kalau dashboard dan akun IB Anda sudah aktif, kini saatnya Anda mulai aktif mencari klien. Anda bisa mencari klien secara offline melalui mulut ke mulut atau secara online melalui media sosial dan komunitas yang Anda miliki. 

Tips Menjadi Introducing Broker Yang Sukses

Meskipun profesi introducing broker bisa ditekuni oleh siapapun, namun tentunya perlu kiat-kiat tertentu untuk menjadi seorang IB yang sukses.Ikuti beberapa tips berikut ini untuk menjadi seorang introducing broker sukses:

1. Pilih broker kredibel

Seperti yang telah disebutkan di atas, broker kredibel adalah broker yang tidak hanya menyediakan program IB terbaik, tetapi juga memiliki legalitas, platform trading terbaik serta terbukti membayar. Untuk memilihnya, Anda disarankan untuk memilih broker forex yang sudah berlisensi BAPPEBTI, memiliki aplikasi trading forex berkualitas seperti MT4 dan MT5 serta membaca kontrak program IB yang ditawarkan. 

2. Susun strategi pemasaran terbaik

Perlu Anda ketahui bahwasanya umumnya target konsumen IB adalah para trader baru dan bukan trader professional. Oleh karena itu, kembangkan strategi pendekatan dan komunikasi yang tidak terlalu teknis dan mudah dipahami oleh masyarakat awam agar mereka mau menggunakan jasa perusahaan broker tersebut. 

3. Manfaatkan media sosial

Tips yang keempat adalah memanfaatkan media sosial. Sebab, dengan menggunakan media sosial Anda bisa menjangkau konsumen potensial yang terletak jauh dari jangkauan lokasi Anda. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti YouTube ads, Telegram, WhatsApp atau bahkan website untuk menjaring pelanggan baru. Tentunya supaya sukses menggunakan trik ini, Anda harus bisa membangun skill copywriting dan skill komunikasi yang bagus.

4. Berikan pelayanan terbaik

Untuk menjadi seorang IB yang sukses, Anda harus bisa mempertahankan klien lama untuk tetap aktif trading di broker forex yang Anda rekomendasikan. Oleh karena itu, Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik untuk klien tersebut. 

Pelayanan terbaik ini seperti, sabar mengajari klien trading dan segala seluk beluknya, ramah terhadap semua pertanyaan klien hingga menjadi jembatan komunikasi yang baik antara klien dengan perusahaan broker. 

Nah, itu tadi serba-serbi profesi Introducing Broker. Apakah Anda tertarik untuk menekuni profesi ini? Tuliskan jawaban Anda di bawah ya!

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *