Lompat ke konten

Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Keunggulannya

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) sering menjadi pilihan ketika masyarakat membutuhkan dana pinjaman cepat tanpa jaminan. Banyak orang menyukai produk finansial KTA ini karena pengajuannya lebih mudah apabila dibandingkan dengan sistem kredit lainnya. Selain itu, Anda tak perlu menyerahkan jaminan berupa harta benda maupun surat berharga ketika meminjam uang ke bank.

Jika Anda termasuk sedang membutuhkan dana cepat namun tak memiliki barang berharga untuk dijadikan sebagai jaminan, program Kredit Tanpa Agunan adalah solusi paling tepat. Hal ini karena pada program KTA persyaratannya lebih mudah, suku bunganya rendah, dan pencairan uangnya pun cepat, yakni kurang lebih dua sampai tiga hari saja. Biasanya orang-orang tergiur mengajukan KTA karena butuh uang untuk biaya hidup sehari-hari, berobat, membayar pendidikan, dan lain sebagainya.

Nah, memang program KTA sangat menarik jika dijadikan alternatif kredit karena menyediakan berbagai keunggulan dan tak membutuhkan jaminan. Mari kita mengenal lebih jauh mengenai Kredit Tanpa Agunan dan keunggulannya pada pembahasan artikel kali ini.

Pengertian Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah program kredit atau pinjaman dari bank untuk memberikan bantuan dana kepada masyarakat tanpa harus menyediakan jaminan tertentu, misalnya harta benda maupun surat berharga.

KTA menjadi populer karena persyaratan dan prosedurnya cenderung mudah, pencairan uangnya cepat, dan suku bunganya lebih rendah dibandingkan sistem kredit lainnya.

Kebanyakan orang memilih alternatif pinjaman ke bank melalui KTA untuk memenuhi kebutuhan harian, membeli kendaraan, pelunasan uang muka properti, membayar biaya pendidikan, berobat, dan banyak lagi lainnya.

Jumlah pinjaman ketika mengajukan KTA kepada pihak bank sangat bervariasi, bahkan nominalnya bisa mencapai ratusan juta. Semua itu tergantung dari berapa jumlah penghasilan dan hasil fotokopi mutasi rekening selama tiga bulan ke belakang. Sebab hal tersebut menentukan berapa jumlah limit kredit yang bisa diambil dan berapa jumlah angsuran dibayarkan setiap bulannya.

Saat ini sudah hampir semua bank yang menyediakan layanan pinjaman tanpa jaminan, misalnya BCA, BRI, BNI, Mandiri, Danamon, dan lainnya. Sebelum mengajukannya ke bank, pastikan Anda memenuhi persyaratannya terlebih dahulu agar mudah disetujui.

Persyaratan Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Pada umumnya, persyaratan mengajukan KTA kurang lebih sama di setiap bank, baik swasta maupun BUMN. Apabila hendak mengajukan pinjaman melalui KTA, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas di bawah ini:

  • Fotokopi kartu identitas, yaitu KTP bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan KITAS untuk Warga Negara Asing (WNA).
  • Telah berusia minimal 21 tahun atau maksimal berusia 55 tahun ketika masa pelunasan pinjaman dana KTA.
  • Mempunyai slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan (SKP). Tujuannya supaya pihak bank bisa menentukan berapa jumlah maksimal limit pinjaman yang boleh diambil oleh kreditur.
  • Fotokopi buku rekening tiga bulan terakhir untuk mengetahui kesanggupan kreditur membayarkan angsuran setiap bulannya.
  • Fotokopi kartu kredit.
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP (jika memiliki bisnis).
  • Pastikan Anda tidak memiliki riwayat kredit macet atau penunggakan pembayaran angsuran sebelumnya. Hal ini sangat berpengaruh disetujui atau tidaknya pinjaman tersebut.

Terlihat bahwa persyaratan yang diwajibkan untuk kredit tanpa agunan lebih ringan dibanding syarat pinjam uang di bank pada umumnya.

Pengajuan pinjaman tanpa jaminan juga dapat dilakukan secara online, biasanya melalui mobile banking. Sehingga, hal ini sangat memudahkan para calon kreditur dalam mengajukan pinjaman kepada bank tanpa jaminan, asalkan mengisi formulir dan memenuhi berkas persyaratannya secara lengkap sesuai ketentuan.

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit dengan Jaminan

Banyak orang masih bertanya-tanya mengenai apa saja perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan kredit dengan jaminan. Keduanya tentu saja memiliki perbedaan nyata jika dilihat berdasarkan ada atau tidaknya jaminan berupa barang dan surat berharga selama proses pinjam uang di bank. 

Perbedaan antara KTA dan kredit dengan jaminan tak hanya dari segi jaminannya saja, bisa dilihat pula berdasarkan suku bunga, limit pinjaman, tenor atau jangka waktu pelunasan, dan lainnya. Coba simak penjelasan rincinya berikut ini mengenai perbedaan dari kedua jenis kredit tersebut

1. Ada atau tidaknya jaminan

Perbedaan paling nyata antara KTA dan kredit dengan jaminan yaitu ada atau tidaknya jaminan yang harus diserahkan kepada pihak pemberi pinjaman dana. Pada KTA, tidak membutuhkan jaminan barang berharga apapun untuk mengajukan syarat peminjaman uang.

Sedangkan pada kredit dengan jaminan, ada barang yang harus diserahkan kepada pihak pemberi dana sebagai syarat untuk pengajuannya. Biasanya barang tersebut, antara lain sertifikat tanah, kendaraan, properti, dan sebagainya. Harga barang jaminannya harus memiliki harga sama dengan jumlah nominal pinjamannya.

2. Tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman kepada pihak pemberi dana

Selain barang berharga sebagai jaminan, adapun tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman kepada pihak pemberi dana dari kedua jenis kredit ini berbeda. Pada program KTA kebanyakan memiliki tenor cukup singkat, yaitu dalam jangka waktu 1 tahun hingga 5 tahun saja.

Sistem kredit pada umumnya jika dengan pinjaman, jangka waktu pelunasan atau tenornya lebih lama, yaitu 1 tahun hingga 25 tahun. Tidak selalu sama, tergantung jenis pinjaman apa yang diajukan dan berapa nominal serta bunganya.

3. Jumlah limit pinjaman

Perlu diketahui bahwa jumlah limit pinjaman KTA dan kredit pada umumnya memiliki perbedaan pula. Pada KTA jumlah limitnya memang cenderung lebih sedikit, yakni hanya 3 juta hingga 300 juta rupiah saja. Penentuan jumlahnya ditentukan oleh pihak bank sesuai dengan pengecekan melalui mutasi rekening dan slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan oleh calon kreditur.

Berbeda dengan kredit menggunakan jaminan, limit bisa diambil dalam jumlah sangat besar. Bahkan pengambilan limit pinjamannya bisa mencapai miliaran rupiah. Jumlah tersebut penentuannya tergantung dari 70-80 persen kepemilikan aset dimiliki oleh kreditur.

4. Lama dana cair

Dibandingkan kredit menggunakan jaminan, KTA cenderung lebih cepat pencairan dananya setelah diajukan. Biasanya berlangsung dalam 2-3 hari saja, tentunya dengan catatan bahwa semua persyaratan untuk mengajukan pinjaman lengkap dan tidak ada riwayat kredit macet.

Sedangkan pada kredit biasa, proses lamanya dana cair dan disetujui yaitu 2-3 minggu. Hal ini juga tergantung dari lengkap atau tidaknya persyaratan diajukan.

5. Jenis nasabah

Keduanya pun memiliki perbedaan pula dari jenis nasabah sebagai calon peminjam. KTA lebih mengutamakan riwayat kredit baik, sedangkan jika menggunakan jaminan lebih diutamakan dengan jenis kepemilikan aset dari nasabah yang mengajukan pinjaman.

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan

Sebagian orang mengajukan pinjaman tanpa agunan karena sejumlah keunggulan dimilikinya. Adapun keunggulan mengajukan jika mengajukan pinjaman tanpa jaminan adalah sebagai berikut.

1. Tidak membutuhkan jaminan

Sesuai dengan namanya,  Kredit Tanpa Agunan berarti Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman tanpa perlu memberikan jaminan. Misalnya kendaraan bermotor, properti, maupun surat berharga lainnya. Sehingga, KTA dapat dijadikan sebagai alternatif kredit apabila sedang membutuhkan dana cepat dan mudah.

2. Suku bunganya lebih ringan dibandingkan sistem kredit lainnya

Dibandingkan dengan kredit lainnya, suku bunga KTA bisa dibilang lebih ringan sehingga hal ini lebih memudahkan para kreditur dalam membayarkan angsuran setiap bulannya. Biasanya suku bunga program KTA sekitar 1-2,5 persen dan memiliki sifat tetap (flat) atau tidak fluktuatif (berubah-ubah) selama proses mengangsurnya.

3. Pencairan dananya cenderung cepat

Pencairan dana KTA cenderung lebih cepat dibandingkan sistem kredit lainnya, yaitu hanya 2-3 hari saja. Cocok digunakan sebagai alternatif apabila sedang membutuhkan tambahan pinjaman uang secara cepat, aman, sekaligus praktis.

4. Biaya administrasinya ringan

Biaya administrasi ketika mengajukan KTA bisa dikatakan cukup ringan. Kebanyakan bank menetapkan biaya administrasi sebesar 0,1-3 persen dari total jumlah pinjaman diajukan.

Setelah mengenal Kredit Tanpa Agunan dan keunggulannya, pastikan kembali secara matang sebelum mengajukannya. Anda dapat menjadikan KTA sebagai solusi mendapatkan dana tambahan lebih cepat dan mudah.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.