Lompat ke konten
Daftar Isi

Memahami Passion Kerja dan Cara Menemukannya

Passion kerja

Jika Anda pernah mendengar seseorang yang bekerja namun tidak menyukai apa yang sedang dikerjakan, mungkin orang tersebut tidak bekerja sesuai dengan passionnya. Memang, ketika seseorang bekerja sesuai dengan passionnya tidak membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah. Tetapi setidaknya, terasa lebih menyenangkan.

Namun tak jarang karena tuntutan kebutuhan, seseorang menerima semua pekerjaan asalkan bisa mendatangkan pendapatan. Sehingga ia tidak memedulikan passion yang dimiliki Ia bisa tetap bekerja dan baik-baik saja.

Nah, dari pernyataan di atas sebenarnya apa sih yang sering disebut dengan passion, seberapa penting hadirnya ketika Anda bekerja? Berikut cara memahami passion kerja dan cara menemukannya. Simak penjelasan selengkap pada artikel ini!

Apa Itu Passion Kerja?

Passion merupakan sebuah gairah kuat untuk melakukan sesuatu yang ia senangi atau dianggap penting. Ketika seseorang bekerja sesuai dengan passion yang dimilikinya, maka ia akan lebih senang dalam melakukannya. Passion bisa juga disebut sebagai minat seseorang, apa yang membuat seseorang bersemangat menjalani harinya.

Menurut Prof J Vallerand, passion bisa dibagi menjadi dua tipe, passion harmoni dan obsesi. Tentu efeknya berbeda dalam kehidupan manusia, berikut penjelasannya:

  1. Passion harmoni. Merupakan minat yang positif, bisa jadi sesuatu yang memang disenangi, disukai dan seirama dengan hal yang dilakukan. Misalnya, ketika seseorang membuat hobinya selama ini sebagai sebuah pekerjaan. 
  2. Passion obsesi. Berbeda dengan yang harmoni, passion obsesi mengharuskan seseorang menyenangi sesuatu yang dilakukan dengan dorongan tertentu, salah satunya adalah kebutuhan hidup. Sehingga ia terpaksa harus menyukai apa yang ia lakukan.

Apa Pentingnya Sebuah Passion Kerja?

Setelah mengetahui apa itu passion, Anda mungkin bertanya-tanya, seberapa penting seseorang menemukan passion dalam bekerja? Passion bagi seseorang yang bekerja mungkin diibaratkan seperti jiwa. Seseorang mungkin bisa melakukan aktivitas tanpa menjiwainya namun tentu tidak sepenuh hati.

Sebuah penelitian yang dilakukan Indeed menunjukkan bahwa para pekerja kebanyakan tidak bergairah ketika melakukan tanggung jawabnya karena kurangnya minat terhadap tugasnya. Pada kondisi seperti itu, efektivitas kerja dan produktivitas akan sulit ditemukan. 

Sebaliknya, ketika seseorang merasa tertarik terhadap tanggung jawab yang diberikan kepadanya, maka ia akan dengan senang hari dan penuh semangat dalam melakukannya. Tanpa paksaan dan lebih bis mencapai target pekerjaan. 

Dengan minat yang Anda punyai, Anda juga lebih mudah mengetahui ke mana Anda akan membawa diri Anda di masa depan, menjadi apa, di mana dan apa yang sebenarnya betul-betul diinginkan, istilah mudahnya Anda akan lebih cepat menemukan visi misi dalam bekerja.

Contoh Passion Kerja

Pada dasarnya, minat seseorang dalam bekerja tentu berbeda-beda. Contoh minat kerja dalam bidang seni misalnya Anda suka sekali bercerita kepada orang lain, Anda senang mempresentasikan diri atau benda-benda di sekitar, maka sebenarnya Anda memiliki passion  dalam pekerjaan yang berhubungan dengan hal tersebut. Anda bisa mengambil pekerjaan sebagai seorang penyiar, podcaster atau presenter.

Beda lagi, jika Anda tidak suka berbicara di depan umum dan menceritakan apa pun tentang diri Anda. Anda lebih suka berada di balik layar seperti mendesain, menulis atau mempersiapkan sesuatu, maka minat Anda mungkin pada desainer, content writer atau berbagai pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak menunjukkan diri. 

Cara dan Tips Menemukan Passion Kerja 

Kini Anda sudah mengetahui apa itu minat kerja, seberapa pentingnya passion dalam bekerja, dan contohnya. Saatnya Anda menanyakan pada diri Anda, apa sebenarnya yang menjadi minat diri Anda sendiri? Jika bingung, berikut cara dan tips menemukan passion kerja yang wajib Anda coba!

1. Cari tahu apa yang menjadi kesenangan Anda

Hal pertama tentu mengetahui apa sih sebenarnya yang Anda senangi, Anda harus bisa mengenali diri sendiri. Misalnya, Anda sangat menyukai menulis diary atau membuat jurnal sederhana. Bisa jadi Anda memiliki passion kerja di bidang kepenulisan dan jurnalistik. Banyak sekali pekerjaan di bidang ini yang bisa menampung hobi Anda.

Tentu dalam mencari tahu apa yang menjadi kesenangan Anda, Anda harus banyak mencoba. Coba banyak hal baru sampai Anda tahu, di mana Anda merasa senang atau di mana Anda merasa terbebani saat melakukan sesuatu. Hingga Anda benar-benar mengetahui apa yang Anda sukai dan Anda inginkan.

2. Kelola rasa iri dalam hati

Mungkin ini terdengar aneh, mengelola rasa iri dalam hati ternyata bisa membantu menemukan minat Anda. Sebab ketika Anda merasa iri  pada pencapaian orang lain, Anda akan lebih bersemangat membawa diri Anda pada pencapaian yang sama. 

Sering kali rasa malas menjadi hambatan untuk seseorang menyukai pekerjaan yang ia senangi. Jangan mau seperti itu, meski Anda bekerja dengan apa yang menjadi minat, Anda tetap haru mendorong diri Anda supaya terus bersemangat dan tidak bermalas-malasan.

3. Tanyakan pada orang terdekat

Memahami diri sendiri mungkin menjadi sesuatu yang sangat sulit dilakukan, sebab banyak orang bahkan tidak mengerti apa yang ia mau. Oleh karena itu, bantuan dari orang-orang sekitar mengenai pendapatnya terhadap diri Anda mungkin bisa menjadi salah satu tips sekaligus cara menemukan passion kerja.

Seseorang yang benar-benar menyayangi Anda pasti tahu kapan Anda merasa senang, kapan Anda merasa sedih atau melewati hari-hari yang sial. Ia akan menjadi sosok yang paling perhatian terhadap diri Anda, Anda bisa bertanya mengenai passion tersebut padanya.

Bisa teman kerja, sahabat, orang tua atau pasangan. Tanyakan pada mereka, kira-kira pekerjaan apa yang membuat Anda terus merasa senang dan tidak terbebani, bisa jadi itu merupakan minat Anda dalam bekerja. Sebab perilaku ketika terbebani dengan sesuatu tentu akan berbeda ketika Anda sedang dalam kondisi yang baik, dan yang merasakan hal tersebut adalah orang terdekat.

4. Mencoba sesuatu yang baru

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, Anda bisa menemukan passion kerja ketika banyak mencoba hal baru. Mengapa demikian? Sebab ketika Anda berani mencoba Anda bisa jadi tahu apa yang sebenarnya Anda sukai, apa yang Anda benci atau merasa terbebani dan lain sebagainya.

Sebisa mungkin, jiwa berani mencoba harus ditanamkan sejak dini. Supaya lebih cepat menemukan minat ketika waktunya bekerja. Ini harus disadari oleh orang tua, supaya bisa mengarahkan anaknya pada apa yang ia senangi. 

Hindari untuk memaksa kehendak pada anak, atau orang-orang di sekitar. Sebab Anda tidak pernah tahu dampak psikis yang mungkin diterima dari tindakan pemaksaan, dan itu bisa memberi efek jangka panjang. Nah, berikut di atas merupakan cara memahami passion kerja dan cara untuk menemukannya. Banyak orang mungkin terpaksa memilih menyingkirkan ego dan membuang passion jauh-jauh sebab dituntut kebutuhan hidup yang semakin banyak, tentu pengaturan gaji harus pintar-pintar. Tetapi tentu setiap orang memiliki pilihan masing-masing, Anda bisa bekerja sesuai dengan passion pada diri Anda, atau memilih memprioritaskan pekerjaan yang bisa memenuhi kebutuhan. Semua keputusan berada di tangan Anda!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *