Lompat ke konten

Penyebab Transfer Gagal Tapi Saldo Berkurang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Transfer Gagal tapi Saldo Berkurang

Kejadian transfer gagal tapi saldo berkurang, kerap kali terjadi pada sistem transfer melalui mesin ATM maupun melalui internet atau mobile banking. Sebagian orang mungkin kebingungan bagaimana mengatasi hal tersebut, maka sangat penting untuk mencari tahu penyebab transfer uang tidak masuk ke rekening penerima. Biasanya adanya kejadian tersebut disebabkan oleh gangguan pada sistem, atau mungkin koneksi internet sedang tidak stabil.

Lalu, sebenarnya apa saja penyebab transfer uang tidak masuk dan bagaimana cara mengatasinya jika saldo berkurang? Mari simak uraiannya pada artikel berikut ini.

Penyebab Transfer Gagal Tapi Saldo Berkurang

Berikut beberapa penyebab transfer uang tidak masuk tapi saldo berkurang:

1. Terdapat gangguan pada sistem

Penyebab transfer uang tidak masuk yang pertama adalah biasanya sedang terdapat gangguan pada sistem, sehingga membuat segala bentuk transaksi menjadi bermasalah. Gangguan pada sistem bisa berupa server sedang mengalami maintenance ataupun memang sedang offline.

Biasanya jika terjadi gangguan, Anda bisa menghubungi pihak bank terkait untuk mendapatkan informasi tentang gangguan tersebut memang benar terjadi atau tidak.

Pihak bank biasanya melakukan update di sosial media dan memberitahukan kepada nasabah jika sistemnya sedang dalam perbaikan ataupun sedang offline. Kejadian seperti ini memang tidak hanya sekali dua kali saja, bahkan biasanya berlangsung selama beberapa jam.

2. Koneksi internet sedang tidak stabil

Selanjutnya selain perkara sistem sedang mengalami gangguan server dan offline, penyebab transfer uang tidak masuk juga diakibatkan oleh koneksi internet yang sedang tidak stabil. Koneksi internet yang buruk bisa membuat segala bentuk transaksi secara online jadi gagal. Biasanya jika terjadi seperti itu, akan muncul notifikasi pop up dari aplikasi mobile banking atau internet banking Anda bahwa jaringan Anda terputus dan tidak stabil.

Meskipun begitu, tak semua orang menyadarinya dan menganggap bahwa ini adalah kesalahan dari bank yang sedang mengalami gangguan server. Apalagi jika Anda tinggal di daerah susah sinyal atau bahkan saat itu provider sedang mengalami gangguan, mungkin itulah penyebab mengapa transfer gagal tapi saldo berkurang.

3. Transfer pada saat jam sibuk

Penyebab lain transfer uang tidak masuk tapi saldo berkurang adalah karena melakukan transfer pada saat jam sibuk. Jam sibuk adalah waktu di mana orang-orang sedang aktif melakukan transaksi keuangan, misalnya mengirim uang, membayar tagihan, dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan sistem menjadi lamban dan bisa terjadi kegagalan saat hendak melakukan transaksi kirim uang ke rekening lain.

Jam sibuk biasa terjadi pada saat memasuki jam makan siang, antara pukul 10.00 sampai 13.00 di mana saat itu mungkin banyak orang sedang melakukan berbagai macam transaksi. Terkadang saat akhir pekan pun juga termasuk jam sibuk meskipun bukan hari kerja.

Cara Mengatasi Transfer Gagal Tapi Saldo Berkurang

Lalu bagaimana cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang? Jangan panik, lalu cobalah melakukan beberapa cara di bawah ini saat hal tersebut terjadi.

1. Selalu simpan bukti setiap kali transaksi

Cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang yang pertama adalah pastikan bahwa Anda selalu menyimpan bukti setiap kali transaksi. Bukti tersebut bisa berupa pengiriman saldo ke rekening lain berhasil namun tidak muncul di rekening tujuan tersebut. Bisa juga bukti berupa notifikasi pop up yang menyatakan bahwa transfer Anda gagal lalu disertai pengurangan jumlah saldo.

Menyimpan bukti setiap kali melakukan transaksi sangat penting, sebab bukti tersebut dapat dijadikan sebagai alasan untuk melakukan pelaporan kepada pihak bank. Apabila tak menyimpannya, laporan justru tak bisa diproses lebih lanjut.

2. Lakukan pengecekan mutasi rekening secara berkala

Selain selalu menyimpan bukti setiap transaksi apalagi ketika melakukan transfer uang antar bank, Anda pun juga perlu mengecek mutasi rekening secara berkala. Sebab bisa jadi saat itu sistem banking sedang mengalami offline ataupun gangguan pada server, sehingga menyebabkan transfer gagal tapi saldonya berkurang.

Mengecek mutasi rekening merupakan salah satu cara mendapatkan bukti bahwa sebenarnya uang Anda sudah masuk, sedang diproses, atau bahkan memang gagal karena di sana sudah tercatat oleh sistem. Namun ketika sedang terjadi gangguan pada sistem, saldo jadi belum terkirim ke rekening tujuan meskipun muncul notifikasi berhasil lalu saldo di rekening berkurang. Maka dari itu, jika sedang mengalami hal demikian, screenshot mutasi rekening tersebut agar bisa menjadi laporan kepada pihak bank.

3. Laporkan permasalahan kepada pihak bank

Melaporkan permasalahan gagal transfer kepada pihak bank sebaiknya segera Anda lakukan dengan menyertakan bukti transfer dan transaksi terakhir pada mutasi rekening. Permasalahan demikian memang kerap kali terjadi, lalu membuat orang jadi kebingungan karena uangnya berkurang di rekening.

Anda bisa mengirimkan bukti transfer dan mutasi rekening kepada Customer Service bank terkait melalui surat elektronik, telepon langsung ke nomor resmi, maupun mengirimkan mention atau pesan langsung ke sosial media. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa memang sedang terjadi gangguan atau mungkin kegagalan tersebut ada penyebab lainnya.

4. Mintalah bukti mutasi pada rekening penerima

Selanjutnya, juga perlu meminta bukti mutasi rekening dari rekening penerima apabila terjadi transfer gagal tapi saldo berkurang. Sebab bisa jadi kondisi online banking Anda sedang mengalami gangguan pada server dan kondisi internet pribadi tidak stabil. Segera infokan kepada pihak penerima untuk memberikan mutasi rekening untuk memastikan bahwa Anda telah mengirimkan uangnya.

Meminta bukti berupa mutasi rekening dari penerima juga bisa dijadikan sebagai bukti tambahan laporan ketika terjadi kegagalan saat transfer. Sehingga, jika sudah terkumpul maka bisa segera melaporkannya kepada pihak bank terkait.

Tips Agar Transfer ATM Tidak Gagal

Menghindari kegagalan saat transfer memang perlu dilakukan supaya hal demikian tidak terjadi lagi ke depannya. Berikut adalah tips agar transfer ATM tidak gagal.

1. Pastikan koneksi internet sedang stabil

Apabila Anda merupakan pengguna online, misalnya mobile banking dan internet banking sebaiknya selalu memastikan bahwa koneksi internet sedang stabil serta tak mengalami gangguan provider sebelum melakukan transaksi. Sebab ini merupakan salah satu penyebab transfer uang tidak masuk tapi saldonya malah berkurang.

Jika sedang tinggal di daerah susah sinyal, segera cari titik jaringan terdekat dan paling stabil. Namun jika provider sedang mengalami gangguan, sebaiknya tanyakan kepada pihak terkait kemudian tunggulah sampai jaringan benar-benar tak ada gangguan apapun.

2. Hindari transfer saat sistem sedang mengalami gangguan maupun offline

Tips agar transfer ATM tidak gagal juga perlu memastikan bahwa sistem banking tidak sedang mengalami gangguan maupun offline. Biasanya pihak bank akan memberitahukannya melalui sosial media saat sistem dalam masa perbaikan. Anda juga bisa mengirimkan pesan langsung melalui surat elektronik, mention dan mengirim direct message ke sosial media mereka, maupun langsung menelpon pihak bank terkait untuk mengatasi masalah tersebut.

Gangguan pada sistem bisa terjadi selama beberapa jam. Cobalah menunggu sampai sistem sudah benar-benar diperbaiki agar transfer uang tidak gagal lagi.

3. Hindari transfer saat jam sibuk

Seperti pada penjelasan sebelumnya, jika melakukan transfer pada jam sibuk bisa saja gagal lalu saldonya ikut berkurang. Maka dari itu, tips agar transfer ke rekening tujuan tidak gagal, yaitu dengan menghindari jam sibuk. Contohnya adalah ketika Sabtu menjelang siang, saat waktu masuk makan siang, maupun istirahat.

Itulah beberapa penyebab transfer uang tidak masuk tapi saldo berkurang beserta tips mengatasinya. Semoga bacaan ini dapat membantu dan bermanfaat!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.