Lompat ke konten

7 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank, Tanpa Biaya Admin

7 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank, Tanpa Biaya Admin

Salah satu alasan mengapa orang malas transfer antar bank adalah karena adanya biaya administrasi sebesar Rp 6500. Belum lagi kalau jarak antara tempat tinggal ke lokasi ATM jauh atau perlu transfer berkali-kali dalam sehari. Untungnya saat ini banyak aplikasi transfer uang antar bank tanpa biaya admin yang bisa Anda gunakan. 

Dengan memiliki satu diantara beberapa aplikasi berikut ini di handphone, Anda bisa transfer antar bank dengan tanpa khawatir. Apalagi kalau di handphone Anda juga sudah ada aplikasi mobile banking bank yang dituju. ATM jauh atau ATM rusak kini sudah bukan masalah lagi. 

Berikut rekomendasi aplikasi transfer uang antar bank yang bebas biaya admin.

1. Flip

Flip adalah pionir aplikasi transfer antar bank bebas biaya. Aplikasi yang didirikan oleh tiga alumni Universitas Indonesia pada tahun 2015 ini pun kini memiliki jutaan pengguna baik dari individu maupun perusahaan UMKM. 

Selain layanan transfer antar bank gratis biaya administrasi, kini Flip juga memiliki banyak layanan tambahan seperti:

  1. Top up e-wallet dengan tanpa potongan biaya.
  2. Bayar dan isi tagihan listrik dan pulsa.
  3. Layanan pengiriman uang ke luar negeri hemat biaya. 
  4. Fitur Flip Business untuk mengelola keuangan perusahaan.

Anda tidak perlu khawatir soal keamanan sebab meskipun Flip tidak diawasi oleh OJK, Flip secara resmi terdaftar di Bank Indonesia. Hal ini karena menurut otoritas moneter tersebut, Flip bukan termasuk perusahaan yang bergerak di bidang industri keuangan seperti bank, asuransi, aplikasi investasi dan lainnya yang harus diawasi oleh OJK. 

Bagi Anda yang tertarik mengunduh Flip, silahkan unduh aplikasi ini disini untuk Play Store dan disini untuk App Store

2. Jago

Sedikit berbeda dengan Flip, Jago adalah Bank Digital yang menyediakan layanan transfer gratis biaya administrasi ke bank lain sebanyak maksimal 25 kali dalam sebulan. Oleh karena bentuknya adalah bank, Bank Jago sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan. 

Tidak hanya layanan transfer uang antar bank gratis, Bank Jago juga memiliki layanan lain seperti:

  1. Pembayaran tagihan listrik, pulsa dan data, layanan TV kabel dan tagihan lainnya. 
  2. Autodebet otomatis untuk investasi dengan bekerja sama dengan aplikasi investasi Bibit. 
  3. Layanan catatan dan pengaturan keuangan pribadi.
  4. Top-up e-wallet.
  5. Fitur kantong bersama untuk mengelola keuangan secara gotong royong.
  6. Bank Jago Syariah.
  7. Fitur mirip tabungan dan deposito perbankan dalam fitur kantong. Bedanya, dengan menggunakan fitur kantong ini, Anda bisa isi ulang deposito dan mengatur jangka waktu investasi hanya untuk 14 hari saja. 

Untuk menginstal aplikasi ini di handphone android Anda, silahkan unduh melalui Google Play Store atau App Store.

3. Jenius

Aplikasi perbankan digital lain yang juga menawarkan transfer gratis antar bank adalah aplikasi milik Bank BTPN, Jenius. Karena aplikasi ini merupakan produk perbankan digital di bawah bank nasional, maka Jenius juga sudah secara otomatis terdaftar di OJK dan LPS. 

Jenius memiliki banyak fitur yang menjadikannya unik dibandingkan aplikasi serupa. Fitur-fitur tersebut adalah:

  1. Biaya administrasi tabungan minim.
  2. Gratis transfer antar bank mulai dari 15-50 kali.
  3. Bunga deposito yang kompetitif.
  4. Layanan kredit dengan Flexi cash yang memiliki plafon pinjaman hingga 200 juta rupiah.
  5. Layanan simpanan dalam bentuk mata uang asing.
  6. Fitur history gratis.
  7. Fitur investasi.

Saat ini selain bisa bergabung menjadi nasabah Jenius, Anda juga bisa bergabung menjadi Jenius Co-Creator dengan membuat konten dalam berbagai platform untuk mendukung program literasi keuangan Jenius. Akan tetapi, sebelum menggunakan aplikasi ini sebaiknya Anda membaca review Jenius terlebih dahulu.

Download Jenius di Play Store atau App Store.

4. LinkAja

LinkAja adalah aplikasi dompet digital hasil kerjasama antara 10 perusahaan Badan Usaha Milik Negara termasuk beberapa bank BUMN. Maka dari itu, tidak heran kalau Anda tidak akan dikenai biaya top up LinkAja dan hanya dikenai biaya administrasi Rp 1.000 untuk transfer dari LinkAja ke aplikasi mobile banking tersebut. 

Dalam beberapa tahun perkembangannya, LinkAja terus menyediakan berbagai inovasi produk yang dapat Anda nikmati. Beberapa fitur inovasi dari aplikasi ini antara lain:

  1. Isi ulang dan bayar tagihan pulsa, data, PDAM dan listrik.
  2. LinkAja Syariah.
  3. Pembayaran voucher games.
  4. Pembayaran BPJS.
  5. Pembayaran tagihan moda transportasi mulai dari kereta hingga kapal.
  6. Pembayaran tagihan kursus dan pendidikan lainnya.
  7. Pembayaran tagihan TV kabel.
  8. Pembayaran tagihan properti.
  9. Pengajuan pinjaman menggunakan kredit dan multifinance.
  10. Pembayaran pajak.
  11. Pembayaran donasi dan lain sebagainya.

Dengan layanan yang lengkap ini, maka tidak heran kalau LinkAja kini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store.

Anda bisa mengunduh LinkAja melalui Play Store atau App Store.

5. DANA

DANA adalah aplikasi dompet digital yang dirilis oleh PT. Espay Debit Indonesia Koe pada tahun 2018. Saat ini aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di Google Play Store dan 162 ribu pengguna di Huawei App Gallery. 

Salah satu fitur utama yang ditawarkan dana adalah transfer ke aplikasi dana milik pengguna lain maupun transfer DANA ke bank. Untuk fitur yang terakhir ini, Anda bisa transfer dari DANA ke berbagai bank secara gratis tanpa biaya admin sebanyak maksimal 10 kali dalam 1 bulan. Apabila dalam bulan tersebut Anda telah mentransfer lebih dari 10 kali, maka tiap transaksi berikutnya Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 4.500.

Selain bisa dipakai untuk transfer ke bank lain secara gratis, aplikasi DANA juga bisa dipakai untuk membayar merchant secara offline maupun online, membayar investasi dan lain sebagainya. Bahkan DANA bisnis juga menyediakan layanan payment gateway untuk memudahkan sistem pembayaran bisnis. 

Anda bisa mengunduh aplikasi DANA melalui Play Store atau App Store.

6. Oy! Indonesia

Sedikit berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Oy! Indonesia adalah aplikasi payment gateway yang menyediakan layanan pengiriman dan penerimaan dana secara mudah dan efektif. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan 20.000 transaksi pengiriman uang ke 100 bank  dan dompet digital di seluruh Indonesia secara real time dan dalam hitungan detik. Selain itu, pelanggan usaha Anda juga bisa mengirimkan uang ke Anda melalui berbagai channel sekaligus mulai dari virtual account hingga minimarket. 

Selain aplikasi, Oy! Indonesia juga bisa dikontrol melalui dashboard. Aplikasi dan dashboard tersebut nantinya bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dalam berbisnis?

Anda bisa membukanya via website Oy! Indonesia.com maupun menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di Play Store atau App Store.

7. OVO

Aplikasi terakhir untuk transfer uang antar bank dengan biaya admin minim adalah OVO. OVO adalah aplikasi dompet digital yang dikembangkan oleh PT Visionet Internasional pada tahun 2017. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa transfer dari OVO ke bank atau bank ke OVO hanya dengan potongan administrasi sebesar Rp 1000.

Hanya saja, minimal transaksi dari OVO ke bank adalah sebesar Rp 10.000 sementara dari bank ke OVO Rp 20.000. Terlepas dari hal ini, aplikasi OVO juga memiliki banyak fitur menarik lain, diantaranya:

  1. Pembayaran tagihan dan isi PLN, Pulsa dan Data serta tagihan TV Kabel.
  2. Pembayaran pajak PBB.
  3. Pembayaran asuransi.
  4. Pembayaran E-Samsat.
  5. Angsuran kredit
  6. Pembayaran tagihan PDAM.
  7. Pembayaran donasi.
  8. OVO PayLater.
  9. Pembayaran investasi reksa dana dengan bekerja sama dengan aplikasi agen investasi Bareksa. 

Dengan berbagai layanan ini, maka tidak heran jika OVO telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store.

Apabila Anda sudah tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di Apps Store atau Play Store.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.