Lompat ke konten

Perbedaan Emas Antam dan UBS

Perbedaan Emas Antam dan UBS

Investasi emas selalu digemari karena dapat dijadikan sebagai tabungan jangka panjang, dengan nilainya yang cenderung stabil, harganya bisa naik dari waktu ke waktu, serta lebih tahan terhadap inflasi. Jenis emas yang populer di Indonesia adalah Antam dan UBS, keduanya memiliki perbedaan meskipun sama-sama logam mulia murni 24 karat untuk investasi.

Perbedaan mendasar tentu dari produsennya, namun ada beberapa pembeda lainnya yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan untuk menjadikannya sebagai instrumen investasi jangka panjang. Apa saja perbedaan yang dimaksud? Lihat penjelasannya berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Apa itu Emas UBS?

Emas UBS adalah logam mulia untuk investasi yang diproduksi oleh perusahaan bernama PT Untung Bersama Sejahtera, atau biasa disebut dengan UBS Logam Mulia. Perusahaan yang beroperasi di daerah Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur tersebut memproduksi emas investasi yang kadarnya 24 karat.

Berbeda dengan Antam, UBS memproduksi emas dalam bentuk berbagai karakter unik, bahkan bisa dilakukan custom untuk pencetakannya. Anda bisa mendapatkan logam mulia UBS di toko emas, Pegadaian, bahkan marketplace dengan sangat mudah. Meskipun mudah didapatkan, tentunya UBS aman untuk investasi jangka panjang karena merupakan logam mulia murni seperti Antam dan pasti mendapatkan sertifikat resmi nasional.

Selain memproduksi dalam bentuk batangan, UBS juga memproduksi dalam bentuk perhiasan. Jadi tak heran apabila Anda bisa menemukan logam mulia UBS di toko emas dengan mudah sekaligus menjualnya. 

Logam mulia UBS dengan Antam tentunya mempunyai perbedaan dari segi perusahaan yang memproduksinya sampai jenis sertifikat yang dikeluarkan. Supaya dapat mengetahui perbedaan antara keduanya lebih jauh, coba simak penjelasan pada poin berikutnya.

Kenapa Harga Emas Antam Lebih Mahal Dari UBS?

Perbedaan antara emas Antam dan emas UBS adalah dilihat dari segi harganya, yakni logam mulia Antam relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan UBS. Mengapa bisa demikian padahal keduanya sama-sama merupakan logam murni 24 karat?

Jawabannya adalah karena dari sisi penjualan, Antam lebih unggul dan menguasai pasar di Indonesia sebanyak 90%, berbeda dengan UBS yang hanya sekitar 10% saja. Hal inilah yang membuat Antam lebih mahal harga emasnya jika dibandingkan UBS.

Hal lain yang membuat harga logam mulia Antam lebih mahal yaitu karena sertifikat yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang tersebut LBMA (London Bullion Market Association) atau merupakan standar internasional, jadi kemurniannya sudah diakui secara internasional pula. Sedangkan PT Untung Bersama Sejahtera sertifikatnya hanya dalam lingkup nasional saja, bahkan tak bisa menjualnya ke luar negeri.

Apa Bedanya Emas Batangan Antam Dan UBS?

Pada penjelasan sebelumnya, secara sekilas sudah dijelaskan apa itu emas UBS dan mengapa harganya relatif lebih murah dibandingkan emas Antam. Di bawah ini kami berikan penjelasan mengenai perbedaan lain di antara keduanya.

1. Harga

Perbedaan utama antara emas Antam dan emas UBS adalah harganya, di mana logam mulia UBS lebih murah. Hal ini karena melihat dari pasarnya di Indonesia, di mana PT Untung Bersama Sejahtera baru menguasai market nasional sekitar 10% saja. Meskipun relatif murah, namun tetap aman jika menginvestasikan untuk membeli logam mulia dari produsen Untung Bersama Sejahtera.

Berbeda dengan Antam yang harganya sedikit lebih mahal karena mampu menguasai pasar Indonesia hingga 90%. Bahkan Anda bisa menjual emasnya di dalam maupun luar negeri karena sertifikatnya merupakan LBMA atau sudah standar internasional.

Meskipun begitu, selisih harga antara keduanya tidak terlalu berbeda jauh. Kadarnya pun sama-sama 24 karat, jadi tetap aman untuk menjadikannya sebagai investasi jangka panjang.

2. Jenis sertifikat

Perbedaan emas Antam dan UBS juga terletak dari jenis sertifikatnya. Sertifikat Antam yaitu LBMA (London Bullion Market Association) yang termasuk standar internasional, sehingga kualitas sekaligus kemurniannya sudah dijamin secara internasional. Tak hanya itu saja, Anda bisa menjualnya di dalam maupun luar negeri.

Sertifikat lamanya masih dalam bentuk kertas hologram terpisah, namun saat ini sertifikat terbaru emas Antam berbentuk kertas yang dikemas laminasi demi keamanan. Pada kemasan tersebut juga tertera kode QR yang dapat dipindai untuk mengecek keaslian emasnya melalui aplikasi Certieye.

Sertifikat emas UBS adalah sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera itu sendiri. Sehingga cara jual emas UBS hanya dapat dilakukan di dalam negeri, cukup susah jika hendak menjualnya ke negara lain.

Apabila melakukan pembelian emas UBS 5 gram atau di bawahnya, cetakan sertifikatnya hanya berupa kertas kecil yang dilaminasi bersama emas tersebut (seperti SIM card). Namun untuk kepemilikan di atas 5 gram, sertifikatnya berbentuk hologram terpisah, sehingga produknya bisa dipegang.

3. Produsen

PT Aneka Tambang Tbk. adalah perusahaan yang memproduksi logam mulia Antam terhitung sejak tahun 1986, dengan kantor pusatnya berada di Jakarta. Sebelumnya, PT Aneka Tambang adalah BUMN, namun saat ini telah menjadi holding anak perusahaan PT Inalum.

Sedangkan emas UBS diproduksi oleh PT Untung Sejahtera Bersama, perusahaan tersebut beroperasi di Surabaya, Jawa Timur sejak tahun 1981. Tak hanya memproduksi logam mulia murni saja, tetapi perusahaan tersebut juga memproduksi perhiasan bermerek Starshine dan Venus.

4. Lokasi penjualan dan pembelian

Perbedaan selanjutnya terletak dari segi lokasi penjualan serta pembelian. Banyak tempat membeli emas Antam yang tersedia baik online maupun offline. Emas Antam dapat dibeli langsung fisiknya di kantor pusat PT Aneka Tambang yang berlokasi di Jakarta, Butik Antam di berbagai daerah, Pegadaian, hingga beberapa marketplace.

Anda juga bisa menjual emas Antam ke tempat yang telah disebutkan tersebut atau bahkan ke luar negeri.

Meskipun begitu, Anda bisa membelinya pula di toko emas. Namun sayangnya tak semua toko menyediakan emas Antam berbagai ukuran, bahkan terkadang hanya disediakan ukuran tertentu saja. Jadi lebih susah untuk memilihnya sendiri.

Sedangkan emas UBS tak ada gerai khusus untuk membeli logam mulianya, bahkan Anda bisa dengan mudah membelinya di toko emas, Pegadaian, dan marketplace. Jika ingin menjualnya hanya bisa dilakukan di Indonesia saja, misalnya di toko emas, Pegadaian, atau marketplace. Anda tak bisa dijual ke luar negeri karena sertifikatnya nasional.

5. Ukuran gram emas

PT Aneka Tambang Tbk. memproduksi logam mulia mulai ukuran 0,5 gram dan paling besar yaitu 1 kilogram. Sedangkan PT UBS memproduksi mulai ukuran yang lebih kecil, yakni 0,1 gram dan paling besar 100 gram saja.

Mengenai perbedaan ukuran pada kedua jenis emas tersebut, pilihlah sesuai budget dan kebutuhan. Sebab Anda bisa mulai berinvestasi dalam ukuran kecil dan tidak harus langsung 1 gram.

6. Fisik emas dan variasi bentuknya

Secara fisik, bentuk emas Antam lebih kecil namun lebih tebal daripada jenis UBS. Tak ada variasi spesial, hanya seperti SIM card handphone pada umumnya meskipun tingkat kemurnian keduanya sama-sama 99,99%.

Logam mulia UBS bentuk fisiknya cenderung lebih lebar namun lebih tipis dibandingkan Antam. Namun ketika ditimbang, keduanya memiliki berat sama (hanya dimensinya berbeda). Selain itu, UBS memproduksi emas dalam berbagai bentuk karakter unik dan lucu, misalnya Hello Kitty, Disney, maupun berbagai karakter unik lainnya.

Sudah paham mengenai perbedaan emas Antam dan UBS? Pilih mana yang sesuai kebutuhan Anda sebelum berinvestasi logam mulia.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.