Cara Investasi Emas Untuk Pemula

  • Emas
investasi emas

Sejak masa peradaban kuno hingga modern sekarang, emas adalah salah satu mata uang pilihan banyak orang. Sekarang ini, kebanyakan investor membeli emas sebagai hedge atau pelindung nilai jika terjadi konflik politik dan inflasi. Selain itu, banyak penasehat investasi ahli merekomendasikan perpindahan aset ke komoditas, termasuk emas, untuk mengurangi profil resiko.

Kali ini, kita akan membahas berbagai peluang cara investasi emas yang cocok untuk pemula, termasuk bullion (atau emas batangan), kontrak berjangka, perusahaan tambang, dan perhiasan. Dengan beberapa pengecualian, hanya emas batangan, tabungan emas, dan kontrak berjangka yang menyediakan peluang investasi langsung emas. Bentuk investasi lain mendapatkan sebagian nilainya dari sumber lain.

Apa yang dibahas di artikel ini:

  • Bagaimana sebenarnya cara berinvestasi emas?
  • Cara yang paling langsung untuk memiliki emas adalah membeli batangan atau koin emas, tetapi emas tersebut tidak bersifat cair dan harus disimpan dengan aman.
  • ETF dan mutual fund yang mengikuti jejak naik turunnya harga emas juga populer, dan anda juga bisa menggunakan kontrak berjangka emas dan opsi pada pasar derivatif.
  • Untuk mendapatkan emas secara tidak langsung, anda bisa berinvestasi pada saham perusahaan tambang emas. Meskipun begitu, jejak harga emas pada perusahaan-perusahaan tersebut kurang baik untuk jangka panjang.

Emas Batangan

Batangan mungkin adalah bentuk kepemilikan emas langsung yang paling populer. Kebanyakan orang menganggap bentuk batangan emas besar. Sebenarnya, emas batangan adalah bentuk emas apapun yang murni, atau hampir murni, yang sudah memiliki sertifikat berat dan kemurniannya. Beberapa contohnya adalah koin dan batangan emas dengan berbagai ukuran berbeda, dengan nomor serial untuk keamanan.

Meskipun batangan emas besar terlihat hebat, ukurannya yang besar (hingga 400 troy ons) dan sifatnya yang tidak cair membuatnya mahal untuk diperjualbelikan. Lagipula, jika anda memiliki satu batang emas besar seharga Rp500.000.000 dan anda ingin menjualnya sebanyak 10%, anda tidak bisa memotong batang emas tersebut dan menjualnya. Di sisi lain, batangan berukuran kecil dan berbentuk koin bersifat lebih likuid dan menjadi pilihan para pemilik emas.

Koin Emas

Selama bertahun-tahun, banyak koin emas yang diterbitkan oleh berbagai pemerintah di dunia. Koin emas kebanyakan dibeli oleh investor dari penjual swasta (private dealers) dengan premium 1-5% dari nilai dasar emas tersebut. Tetapi, premium ini naik hingga 10% pada Maret 2019.

Keuntungan koin emas adalah:

  • Harganya yang mudah diakses pada media publikasi keuangan global.
  • Koin emas seringkali dicetak dengan ukuran kecil (satu ons atau kurang). Hal ini membuat investasi koin emas lebih mudah daripada investasi dengan batangan emas yang berukuran lebih besar.
  • Pedagang terkemuka juga dapat ditemukan dengan mudah dan terdapat di berbagai kota-kota besar.

Perlu diperhatikan bahwa koin emas kuno dan langka untuk koleksi memilik nilai berbeda dengan koin emas biasa. Untuk investasi, fokus pada koin emas yang umum ditemui.

Beberapa koin emas yang banyak ditemui adalah krugerrand dari Afrika Selatan, eagle dari Amerika Serikat, dan maple leaf dari Kanada.

Masalah utama dari investasi emas batangan adalah penyimpanan, harga asuransi, dan penggelembungan nilai dari penjual. Selain itu, membeli emas bullion adalah investasi langsung pada nilai emasnya, dan tiap rupiah yang ditukar dengan harga emas akan mengubah nilai emas yang sudah dimiliki. Investasi emas lain, seperti ETF, mungkin dapat dimiliki dengan nilai rupiah yang lebih kecil daripada emas batangan, tetapi mungkin juga tidak memiliki nilai exposure yang sama seperti batangan.

Kontrak Berjangka dan Kontrak Opsi Emas

Kontrak berjangka adalah kontrak untuk menjual atau membeli sejumlah barang, dalam hal ini adalah emas, pada suatu tanggal tertentu di masa depan. Kontrak berjangka diperdagangkan dengan bentuk kontrak, bukan saham, dan mewakili sejumlah emas yang telah ditentukan terlebih dahulu. Jumlah ini dapat menjadi banyak (sebagai contoh, 100 Troy ons x Rp15.000.000/ons = Rp1.500.000.000), yang membuat kontrak berjangka lebih cocok untuk investor yang sudah berpengalaman. Kebanyakan orang menggunakan kontrak berjangka karena komisinya yang sangat rendah, dan marjin ketentuannya yang lebih rendah daripada investasi ekuitas biasanya. Beberapa kontrak dilunaskan dengan rupiah, sementara beberapa kontrak lainnya dilunaskan dengan emas, sehingga para investor harus teliti pada ketentuan kontrak untuk menghindari pengambilan 100 ons emas pada tanggal pelunasannya.

Opsi pada kontrak berjangka adalah sebuah alternatif dari membeli kontrak. Opsi memberikan pemilik opsi hak untuk membeli kontrak berjangka pada jangka waktu tertentu, dengan harga yang telah ditentukan. Salah satu keuntungan dari opsi adalah opsi menggunakan teknik leverage pada investasi anda dan meghilangkan kerugian pada harga yang dibayar secara bersamaan. Kontrak berjangka yang dibeli pada marjin dapat membutuhkan modal lebih dari yang sudah diinvestasikan jika kerugian meningkat secara cepat. Berbeda dengan kontrak berjangka, yang berdasarkan pada nilai emas sekarang ini, kekurangan menggunakan opsi adalah investor harus membayar premium sejumlah nilai dasar emas untuk memiliki opsi. Kontrak berjangka dan opsi kurang cocok untuk sebagian besar investor karena sifatnya yang selalu berubah. Meskipun begitu, kontrak berjangka tetaplah salah satu cara yang paling murah (pengeluarannya hanya komisi dan bunga) untuk memperjualbelikan emas untuk investasi jumlah besar.

Cara Investasi Emas dengan ETF dan Reksa Dana

Salah satu alternatif lain membeli emas batangan secara langsug adalah berinvestasi dengan reksa dana kontrak kolektif atau exchange-traded fund (ETF). Tiap sahamnya memiliki jumlah emas yang tetap, seperti satu persepuluh ons. Saham ini dapat diperjualbelikan seperti saham pada umumnya oleh pialang saham. Metode ini lebih mudah dan hemat biaya dibandingkan dengan memiliki koin atau batangan emas, terutama untuk para investor kecil, dimana minimal investasi adalah seharga satu saham ETF. Rata-rata expense ratio tahunan saham-saham tersebut adalah sekitar 0.65%, jauh lebih sedikit daripada biaya dan pengeluaran untuk investasi lain, seperti sebagian besar reksa dana.

Banyak ETF yang memiliki emas batangan dan perusahaan tambang emas sebagai asetnya, tetapi para investor harus tahu bahwa hanya beberapa reksa dana berfokus pada investasi emas; sebagian besar reksa dana memiliki komoditas lain. Keuntungan terbesar reksa dana yang berfokus pada emas adalah:

  • Pengeluaran dan minimal investasi yang rendah.
  • Tiap perusahaan berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan tiap investor.
  • Kemudahan kepemilikikan pada pialang saham.
  • Tidak dibutuhkannya riset terpisah untuk tiap perusahaan.

Beberapa reksa dana berinvestasi dengan indeks perusahaan tambang. Reksa dana lainnya dengan harga emas, dan reksa dana lain juga menggunakan active management. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di prospektusnya masing-masing. Reksa dana pada umumnya menggunakan pengelolaan aktif, dimana ETF menggunakan strategi analisis indeks pasif, yang membuatnya memiliki rasio pengeluaran lebih kecil. Reksa dana dan ETF pada umumnya adalah kedua cara yang paling mudah berinvestasi emas untuk kebanyakan investor emas.

Perusahaan Tambang Emas

Perusahaan tambang dan kilang juga mendapat keuntungan dari naiknya harga emas. Berinvestasi di berbagai perusahaan tersebut dapat menjadi cara yang efektif untuk mendapat keuntungan dari emas, dan juga merupakan metode investasi yang memiliki resiko rendah.

Perusahaan tambang emas besar seperti PT ANTAM memiliki jangkauan global yang luas; karenanya, faktor bisnis umum perusahaan besar lainnya mempengaruhi kesuksesan investasi tersebut. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan tersebut akan tetap mendapatkan keuntungan meskipun harga emas sedang turun. Salah satu caranya adalah dengan melakukan lindung nilai (hedging) pada penurunan harga emas sebagai bagian dari bisnisnya. Beberapa perusahaan melakukan cara tersebut, dan beberapa perusahaan lainnya tidak. Meskipun begitu, perusahaan tambang emas dapat memberikan cara investasi emas untuk pemula yang lebih aman dibandingkan kepemilikan emas batangan langsung. Secara bersamaan, pemilihan perusahaan untuk investasi membutuhkan riset yang mendalam dari investornya. Riset ini dapat membutuhkan banyak waktu yang membuat metode investasi ini kurang cocok untuk sebagian besar investor.

Perhiasan Emas

Sekitar 49% produksi emas global digunakan untuk membuat perhiasan. Dengan populasi dan kekayaan global meningkat tiap tahunnya, permintaan untuk emas dalam perhiasan juga akan meningkat. Di sisi lain, pembeli perhiasan emas lebih memilih untuk membeli lebih sedikit jika harga perhiasan tersebut sedang naik.

investasi emas dalam bentuk perhiasan?
Baikkah perhiasan sebagai investasi emas?

Membeli perhiasan emas dengan harga pasaran dapat memberikan penggelembungan keuntungan yang cukup tinggi – hingga 400% dari nilai dasar emas tersebut. Harga perhiasan emas yang lebih baik dapat dijumpai pada penjualan tanah dan harta milik (estate sales) dan lelang. Keuntungan membeli perhiasan emas dengan cara tersebut adalah tidak adanya penggelembungan harga karena pasar; kekurangannya adalah sulitnya menemukan perhiasan yang bernilai tinggi. Meskipun begitu, kepemilikan perhiasan merupakan cara yang paling menyenangkan untuk memiliki emas, bahkan jika cara tersebut bukanlah cara yang paling menguntungkan dari sisi investasi. Perhiasan emas yang indah adalah salah satu bentuk karya seni, tetapi perhiasan emas adalah bentuk investasi yang biasa-biasa saja – kecuali anda lah penjualnya.

Lalu, Pilih Yang Mana?

Ketahui dahulu mengapa emas berharga. Kemudian Anda bisa mempertimbangkan jenis apa sebagai alat investasinya. Investor besar yang ingin memiliki exposure langsung dengan nilai emas dapat berinvestasi langsung melalui emas batangan. Investasi jenis ini juga memberikan kenyamanan memiliki asset fisik dan bukan sekadar lembaran kertas. Kekurangannya adalah premium dari nilai emas yang harus dibayarkan di awal pembelian, dan pengeluaran untuk penyimpanan bullion emas tersebut.

Untuk para investor yang sedikit lebih agresif, cara investasi emas dengan kontrak berjangka dan opsi dapat dijadikan metode berinvestasi. Tetapi, para pembeli harus paham bahwa investasi ini adalah derivatif dari harga emas, dan dapat berubah naik dan turun secara cepat, terutama jika dilakukan pada marjin. Di sisi lain, kontrak berjangka mungkin adalah cara paling efisien untuk berinvestasi emas, tetapi kontrak berjangka harus diperbaharui jika sudah kedaluwarsa.

Paham bahwa investasi perhiasan emas sudah umum tetapi kurang baik. Terlalu banyak perbedaan di antara harga perhiasan emas dengan nilai emasnya untuk dijadikan investasi. Sebagai gantinya, para investor dapat berinvestasi dengan reksa dana yang berfokus dengan emas dan ETF, karena sekuritas tersebut pada umumnya menyediakan cara yang paling mudah dan aman untuk berinvestasi dengan emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *