Lompat ke konten

Review Aplikasi PINANG: Cara Daftar, Kelebihan, Kekurangan

review pinang

Kehadiran perusahaan financial technology (fintech) yang menawarkan pengalaman baru dalam perkreditan, merupakan terobosan yang menguntungkan banyak orang. Tanpa repot ke bank dan tidak perlu menyiapkan segepok dokumen, urusan pinjam meminjam ke perusahaan keuangan resmi bisa dilakukan bahkan tanpa agunan.

Potensi yang sangat tinggi ini membuat banyak perusahaan keuangan konvensional yang sudah mapan ikut melebarkan sayap ke ranah fintech. Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), salah satu bank tertua di Indonesia dan sekaligus merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang memiliki lini khusus untuk pinjaman digital mereka, bernama Pinjaman Tenang (PINANG).

Berikut review aplikasi PINANG berdasarkan tes penggunaan yang telah kami lakukan.

Tentang Aplikasi PINANG by Bank Raya

Pinjaman Tenang (PINANG) merupakan aplikasi penyedia layanan pinjaman online tanpa agunan yang diluncurkan oleh PT Bank Raya Indonesia Tbk pada 16 Februari 2019. Bank Raya sendiri merupakan anak perusahaan Bank BRI yang dulunya bernama BRI Agro.

Peminjaman dana di PINANG khusus ditujukan kepada nasabah yang memiliki rekening gaji (payroll) di BRI dan Bank Raya. Namun jangan khawatir bagi Anda pekerja informal alias pelaku gig economy yang sistem pendapatannya bukan gaji melainkan upah, Anda tetap bisa mengakses pinjaman PINANG karena Bank Raya merupakan bank inklusif yang ramah terhadap pekerja informal.

Tahun kedua setelah diluncurkan, PINANG berhasil menggaet 18.000 debitur dan menyalurkan lebih dari Rp 70 miliar. PINANG bekerja sama dengan berbagai fintech lain seperti Investree, Modal Rakyat, Payfazz, TaniHub, dan lain-lain, dan dari kerjasama ini berhasil menggelontorkan kredit sebanyak Rp 215 miliar. Saat ini PINANG bersaing dengan aplikasi pinjaman online terbaik lain seperti Julo, Indodana, dan Akulaku.

PINANG telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi pinjaman online ini juga tercatat sebagai anggota Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) dengan nomor izin 9120317070922 yang terbit pada Oktober 2019. Sehingga, PINANG bukan pinjol ilegal yang kredibilitas dan legalitasnya mengkhawatirkan, dan sangat aman digunakan.

Tampilan aplikasi Pinang Flexi.
Tampilan halaman depan aplikasi.

Plafon, Tenor, dan Bunga Pinjaman PINANG

Melalui kanal bank digital Bank Raya, PINANG memiliki banyak produk yang bisa dipilih nasabah, antara lain PINANG Maxima (pinjaman modal untuk bisnis retail), PINANG Performa (pinjaman modal untuk pelaku usaha dan pekerja lepas), PINANG Flexi (pinjaman multiguna), dan PINANG Connect (pinjaman dengan sistem P2P lending).

Khusus untuk aplikasi PINANG, produk pinjaman online yang ditawarkan adalah PINANG Flexi, sebuah pinjaman tanpa agunan yang dapat digunakan untuk kepentingan produktif maupun konsumtif.

Plafon pinjaman PINANG paling sedikit adalah Rp 500 ribu, paling banyak adalah Rp 25 juta. Tenor dapat dipilih antara 1 bulan hingga 18 bulan. Bunga pinjaman sebesar 1,24% per bulan, tergolong rendah untuk ukuran pinjaman online.

Cara Daftar Aplikasi PINANG

Untuk dapat mengajukan pinjaman di aplikasi PINANG, Anda wajib terdaftar sebagai nasabah Bank Raya atau Bank BRI, kemudian melakukan registrasi akun di aplikasi PINANG terlebih dahulu. Berikut cara daftar akun di aplikasi PINANG:

  • Unduh aplikasi PINANG di Playstore, lalu pasang di smartphone Anda. Untuk sementara, PINANG hanya tersedia bagi pengguna Android dan belum mendukung untuk pengguna iOS.
  • Setelah aplikasi terpasang, akan tampil slide berisi informasi singkat mengenai PINANG. Klik “Lewati”.
  • Masukkan nomor HP aktif.
  • Pastikan Anda telah membaca Syarat & Ketentuan, lalu berikan persetujuan Anda dengan klik kotak centang. Lalu klik “Daftar”.
  • Buat 6 digit PIN untuk mengamankan transaksi Anda. Pilih PIN dari angka acak namun gampang diingat, dan jangan membuat PIN dari tanggal lahir Anda.
  • Aplikasi akan mengirim kode OTP ke nomor HP Anda untuk keperluan verifikasi. Masukkan kode ini ke aplikasi.
  • Akun sudah berhasil dibuat. Untuk masuk ke akun Anda, tekan “Masuk ke Halaman Utama” lalu login.
  • Masukkan 6 digit PIN yang tadi Anda buat untuk login.
  • Aplikasi akan meminta izin mengakses bagian-bagian tertentu pada perangkat Anda, ketuk “Berikan Izin” jika Anda tetap ingin menggunakan aplikasi PINANG.
  • Pendaftaran selesai. Kini Anda dapat memanfaatkan aplikasi semaksimal mungkin.
Pengaturan akun di mana pengguna bisa mengganti info mengenai profil.
Halaman “Profil”.

Syarat Mengajukan Pinjaman di PINANG

Sebagaimana penyedia pinjaman online lainnya, PINANG memberlakukan syarat untuk calon debiturnya. Syarat tersebut antara lain:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).
  • Berusia 21-54 tahun saat mengajukan pinjaman. Untuk usia di atas 54 tahun, pinjaman khusus diberikan kepada pensiunan.
  • Memiliki pendapatan tetap dari gaji sebagai PNS, pegawai BUMN, atau pegawai swasta, maupun penghasilan rutin dari pekerjaan profesional non formal, dengan pemasukan setidaknya Rp 1 juta tiap bulan.
  • Memiliki rekening di BRI atau Bank Raya.
  • Memiliki ATM BRI atau Bank Raya.
  • Tidak termasuk daftar hitam Bank Indonesia maupun OJK.

Cara Mengajukan Pinjaman di PINANG

Setelah memiliki akun di aplikasi PINANG, Anda dapat mulai mengajukan pinjaman. Limit pinjaman Anda akan disesuaikan dengan profil dan performa kredit Anda sebelumnya.

Form pengisian formulir untuk pengajuan pinjaman

Ini cara mengajukan pinjaman di aplikasi PINANG:

  1. Buka aplikasi PINANG, masuk ke menu Pinjaman di halaman utama.
  2. Klik “Ajukan Pinjaman Baru”.
  3. Akan muncul laman simulasi yang dapat Anda pilih salah satu berdasarkan dua opsi:
  4. berdasarkan pinjaman: aplikasi akan menghitung besaran cicilan yang harus Anda bayar per bulan berdasarkan nominal pinjaman yang Anda masukkan.
  5. berdasarkan cicilan: aplikasi akan menghitung besarnya nominal pinjaman yang akan Anda dapatkan berdasarkan nominal cicilan yang sanggup Anda bayar per bulannya.
  6. Pilih salah satu opsi di atas, kemudian klik “Mulai Isi Formulir”.
  7. Akan muncul laman pop up yang mengingatkan Anda mengenai syarat pengajuan pinjaman di PINANG, yaitu rekening BRI atau Bank Raya, ATM BRI atau Bank Raya, e-KTP, dan pendapatan di atas Rp 1 juta per bulan. Klik “Saya Mengerti” untuk menuju proses selanjutnya.
  8. Langkah selanjutnya adalah Verifikasi Rekening. Masukkan data-data sesuai yang diminta: nomor NIK pada KTP, jenis rekening (Bank BRI atau Bank Raya), 4 digit terakhir kartu ATM, dan tanggal kadaluwarsa kartu ATM. Jika sudah, tekan “Verifikasi Rekening”.
  9. Ambil foto KTP Anda dengan kamera belakang yang sudah tersambung ke aplikasi.
  10. Isi formulir Informasi Pribadi yang terdiri dari nama, alamat domisili, alamat sesuai KTP, pendidikan terakhir, sampai alamat email.
  11. Isi formulir Informasi Pekerjaan yang terdiri dari perusahaan tempat bekerja, posisi pekerjaan, tanggal mulai bekerja, jumlah gaji, tanggal gajian, sampai pengeluaran bulanan.
  12. Isi formulir Informasi Keluarga yang meliputi nama gadis ibu kandung, status pernikahan, jumlah tanggungan, dan kontak darurat yang bisa dihubungi.
  13. Beri tanda centang pada kotak pernyataan bahwa Anda telah mengisi semua data dengan benar, kemudian klik “Kirim”.
  14. Pengajuan pinjaman selesai. Aplikasi PINANG membutuhkan waktu rata-rata 10-15 menit untuk memverifikasi pengajuan. Anda dapat memantau status pengajuan pinjaman Anda di aplikasi.
  15. Jika pengajuan pinjaman disetujui, aplikasi PINANG akan menampilkan nominal kredit final yang dapat Anda pinjam. Nominal ini disesuaikan berdasarkan profil dan performa kredit Anda sebelumnya.
  16. Jika Anda setuju dengan nominal yang ditawarkan PINANG, klik “Terima Penawaran & Cairkan” untuk memproses pinjaman ke rekening Anda.

Prosedur Pencairan Pinjaman PINANG

Setelah pinjaman Anda disetujui dan Anda sepakat dengan nominal pinjaman yang ditawarkan PINANG, langkah selanjutnya adalah mencairkan pinjaman ke rekening Anda.

Prosedur pencairan pinjaman PINANG adalah sebagai berikut:

  1. Setelah menekan opsi “Terima Penawaran & Cairkan”, konfirmasi rekening gaji yang akan Anda gunakan dengan klik  pilihan “Saya Mengerti”.
  2. Anda akan diminta memberikan digital signature berupa swafoto. Tekan “Ambil foto selfie Anda” untuk mulai mengambil selfie dengan kamera depan yang telah tersambung ke aplikasi, kemudian mengunggahnya.
  3. Baca “Syarat dan Ketentuan Pembuatan Digital Signature”, kemudian berikan persetujuan Anda. Lalu klik “Lanjutkan” untuk menuju proses selanjutnya.
  4. Anda akan diminta membaca dan menyetujui beberapa dokumen berikut: Dokumen Syarat dan Ketentuan Fasilitas Pinjaman Tunai PINANG, Dokumen Permohonan Fasilitas Pinjaman Tunai PINANG, dan Perjanjian Elektronik Pemberian Fasilitas Pinjaman Tunai PINANG. Klik “Saya Telah Membaca Dokumen” pada setiap dokumen yang Anda baca.
  5. Klik “Setujui Dokumen” untuk menyatakan bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan-ketentuan tersebut.
  6. Kode OTP akan dikirim melalui SMS ke nomor Anda. Masukkan kode ini ke aplikasi.
  7. Ambil selfie sebagai pengganti tanda tangan Anda.
  8. Proses pencairan selesai. Tunggu hingga pinjaman ditransfer ke rekening Anda.

Setelah pinjaman cair ke rekening, Anda dapat mengambilnya langsung melalui tarik tunai di ATM maupun melakukan pengambilan di teller Bank BRI terdekat.

Ketentuan Pembayaran Angsuran Pinjaman PINANG

Setelah menerima manfaat pinjaman, debitur berkewajiban mengembalikan pinjaman dengan cara dicicil atau diangsur sesuai dengan tenor yang disepakati. Nominal yang dibayarkan adalah pinjaman pokok yang telah disesuaikan per bulan ditambah biaya bunga.

Ini adalah ketentuan pembayaran angsuran pinjaman di PINANG:

  • Debitur pinjaman PINANG adalah nasabah BRI atau Bank Raya yang menggunakan salah satu dari dua bank ini sebagai payroll gaji bulanan, sehingga pembayaran angsuran akan langsung dipotong dari rekening dengan sistem autodebet.
  • Jumlah tagihan angsuran per bulan dapat dilihat melalui aplikasi PINANG, juga dapat ditanyakan kepada Customer Service PINANG.
  • Nasabah yang melunasi pinjaman lebih awal akan dikenai biaya sejumlah sisa kewajiban bunga yang harus dibayar.
  • Bagi nasabah yang gagal membayar tagihan angsuran sampai jatuh tempo, akan dikenai denda keterlambatan sebesar 50% dari bunga terhadap plafon pinjaman yang ditetapkan.

Kelebihan Aplikasi PINANG

Sebagai aplikasi pinjaman online tunai di bawah perusahaan milik BUMN, tentunya PINANG mempunyai keunggulan yang lebih menguntungkan nasabah dibanding fintech-fintech lainnya. Berikut ini kelebihan PINANG:

  • Pengajuan pinjaman cepat dan praktis
    PINANG menjanjikan proses pengajuan, verifikasi, dan pencairan pinjaman yang cepat dan praktis, hanya 10-15 menit saja. Keseluruhan proses juga dapat dilakukan secara digital. Kecepatan pencairannya setara dengan Jenius Flexi Cash yang juga menawarkan pencairan instan.
  • Aplikasi yang mudah dipahami
    Tampilan aplikasi PINANG apik dan dinamis, user interface nya tidak membingungkan pengguna sehingga pengajuan pinjaman dapat dilakukan dengan nyaman, meskipun pengguna belum terlalu familiar dengan aplikasi pinjaman online.
  • Tanpa agunan
    PINANG adalah aplikasi kredit tanpa agunan (KTA) sehingga siapa saja dapat mengajukan pinjaman tanpa perlu memberi jaminan apapun.
  • Tenor hingga 18 bulan
    Jangka waktu peminjaman cukup lama dibanding fintech kredit online lainnya, yakni sampai 18 bulan.
  • Bunga sangat terjangkau
    Bunga pinjaman di PINANG sebesar 1,24% per bulan, sangat terjangkau untuk ukuran pinjaman online tanpa agunan.
  • Fitur pembayaran autodebet
    Pembayaran cicilan dilakukan dengan mekanisme autodebet dari rekening gaji, sehingga nasabah tidak perlu repot mengurus pembayaran tagihan secara manual.
  • Dapat langsung mengajukan pinjaman kedua setelah pinjaman pertama lunas
    Anda dapat langsung mengajukan pinjaman kedua pada hari yang sama setelah pinjaman pertama lunas, dan dapat dicairkan dalam waktu kurang dari 1 jam.

Kekurangan Aplikasi PINANG

Beberapa kekurangan aplikasi pinjaman PINANG antara lain:

  • Pinjaman terbatas untuk yang memiliki rekening gaji di BRI dan Bank Raya
    Pinjaman PINANG tidak terbuka untuk semua orang, melainkan hanya nasabah yang memiliki rekening gaji di BRI dan Bank Raya.
  • Belum mendukung sistem operasi iOS
    Hingga paruh awal 2022, aplikasi PINANG belum mendukung untuk dipasang pada smartphone dengan sistem operasi iOS seperti iPhone, sehingga aplikasi ini tidak tersedia di App Store.
  • Pilihan pembayaran sangat terbatas
    Pembayaran angsuran melalui autodebet rekening gaji memang praktis, namun nasabah jadi tidak memiliki opsi lain dan dianggap kurang fleksibel.

Demikian ulasan kami mengenai aplikasi pinjaman online PINANG, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.