Review Blu by BCA Digital: Cara Daftar, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Review lengkap blu

Blu merupakan aplikasi bank digital yang bisa Anda gunakan untuk menabung, melakukan transaksi online, investasi, dan aktivitas keuangan lainnya. BCA Digital sendiri merupakan bank yang sebelumnya bernama PT Bank Royal Indonesia, kemudian diakuisisi oleh BCA dan diubah nama dan konsepnya menjadi tabungan online.

Bank digital di Indonesia semakin banyak bermunculan dan menawarkan fitur unggulan dibandingkan bank konvensional. Apalagi saat ini sudah serba digital, jadi orang-orang sudah terbiasa dengan hal instan dan mulai meninggalkan cara-cara lama dan ribet. Simak review blu by BCA Digital berikut ini.

Tentang blu by BCA Digital

Blu adalah aplikasi mobile banking milik BCA Digital. Layaknya aplikasi mobile banking lain, blu bisa Anda gunakan untuk transaksi bahkan dalam waktu 24/7 selama 365 hari. Blu punya keunggulan yang tidak dimiliki bank konvensional seperti pembukaan rekening tanpa harus datang ke kantor, melainkan hanya lewat online melalui aplikasi blu saja.

Blu bisa jadi aplikasi keuangan yang disukai para milenial yang malas ribet dan suka diskon atau bonus. Blu sendiri menawarkan gratis biaya admin bulanan, jadi saldo Anda akan utuh berapa pun nominalnya.

Blu juga membebaskan biaya biaya transfer dan tarik tunai di ATM BCA dan bebas biaya transfer ke bank lain selama 2 bulan pertama dan maksimal 20 kali per bulan, setelah membuka rekening blu.

Dalam review bank online yang kami ulas, blu by BCA termasuk dalam aplikasi banking terbaik saat ini.

Fitur blu

Dari tes yang kami lakukan, fitur yang dimiliki blu cukup lengkap. Memang terdapat beberapa layanan yang dimiliki Bank Jago namun tidak dimiliki blu, seperti opsi “Plan Ahead”.

Fitur yang dimiliki blu antara lain:

Fitur Tabungan blu

Dalam aplikasi blu Anda tidak hanya bisa menyimpan uang dalam rekening utama, melainkan bisa menambah jenis akun rekening lain sesuai kebutuhan. Seperti akun bluSaving, bluGether dan bluDeposit.

Blu Saving

Blu Saving adalah fitur tabungan khusus yang dibedakan dari rekening bluAccount. Jenis akun ini bisa dimanfaatkan saat memiliki keinginan tertentu, misalnya liburan, upgrade hp, laptop, atau ganti kendaraan. Jadi sebagian pendapatan kamu bisa disisihkan ke akun bluSaving.

BluGether

BluGether adalah jenis rekening bersama yang bisa digunakan untuk kepentingan kelompok, seperti arisan, bendahara dan aktivitas lain. Kelebihannya, ada 24 member yang bisa bergabung dalam akun ini, sehingga setiap orang bisa menambah atau melihat saldo dan mutasi transaksi. Jadi semua transaksi transparan dan bisa dilihat oleh semua member.

BluDeposito

BluDeposito adalah jenis rekening deposito berjangka yang memberikan suku bunga tinggi, sehingga cocok untuk investasi. Nominal deposito yang ditawarkan juga ringan, mulai dari Rp 1 juta dengan tenor mulai dari 1 – 12 bulan. Bahkan jika Anda punya kebutuhan mendadak, deposito tetap bisa ditarik sebelum jatuh tempo, dengan konsekuensi tidak dapat bunga.

Fitur Transaksi blu

Selain fitur transfer, aplikasi blu juga memudahkan untuk melakukan transaksi berikut.

Bayar/beli

Bayar/beli adalah fitur untuk bayar tagihan dengan lebih mudah. Pasalnya Anda bisa simpan transaksi rutin dan set waktu bayaran sehingga akan muncul notifikasi dan tagihan Anda tak akan telah bayar.

QRIS

QRIS adalah sistem pembayaran baru, jadi Anda bisa bayar transaksi apa pun hanya dengan scan kode, maka otomatis akan muncul tagihan dan bisa langsung Anda bayarkan. Ini adalah kelebihan blu dibanding Bank Jago yang belum memiliki QRIS.

Tarik tunai

Meski BCA Digital tidak memiliki ATM khusus, Anda tetap bisa tarik tunai melalui ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia, tanpa biaya apapun. Anda bisa tarik tunai maksimal Rp 7 juta dalam sehari.

e-money

Bagi Anda yang sering menggunakan e-money , Anda tidak perlu repot untuk top up, karena blu bisa top up bahkan bebas biaya admin untuk 2 bulan pertama. Selanjutnya tetap bisa gratis dengan minimal saldo rata-rata per bulan di atas Rp 1 juta.

Fitur Monitor blu

Dengan fitur monitor blu, Anda bisa melihat semua transaksi yang terjadi pada periode tertentu. Aplikasi blu menyediakan laporan keuangan dan bisa diunduh dengan mudah dan bisa untuk kebutuhan SPT Anda. Anda juga bisa filter untuk melihat beberapa jenis transaksi saja, seperti bayar tagihan, beli pulsa dan transfer.

Cara Daftar dan Syarat

Keunggulan bank digital lain dibandingkan bank konvensional adalah proses daftar yang cepat dan syarat yang mudah. Syarat yang diperlukan di antaranya KTP dan NPWP (opsional).

Dari percobaan yang kami lakukan, proses pendaftaran blu by BCA sangat mudah dan proses verifikasi selesai dengan cepat. Tidak ada halangan yang berarti dalam proses pembuatan akun.

Sedangkan untuk cara daftar atau buka rekening di blu BCA Digital, berikut panduannya:

  • Download aplikasi blu di Play Store atau App Store
  • Setelah berhasil install, pastikan koneksi internet lancar, lalu buka aplikasi blu
  • Masukkan nomor telepon aktif dan siapkan dokumen persyaratan
  • Upload foto eKTP
  • Melengkapi formulir data diri
  • Ambil foto selfie lewat aplikasi blu
  • Menghubungkan dengan akun BCA, namun jika tidak punya bisa di skip
  • Jika punya akun rekening BCA, silakan lakukan verifikasi yaitu dengan memasukkan nomor rekening dan nomor telepon yang terdaftar
  • Melengkapi formulir alamat sesuai eKTP
  • Mengisi detail pekerjaan
  • Menyetujui perjanjian
  • Langkah terakhir, Anda akan dihubungi oleh Customer Service BCA Digital, melalui panggilan video (video call) untuk memastikan identitas, dokumen dan Anda sendiri sudah sesuai
  • Kemudian Anda tinggal menunggu kurang lebih dalam 60 menit ke depan, pengajuan pembukaan rekening Anda akan disetujui.

Kelebihan blu BCA Digital

Berikut beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan aplikasi blu.

  • Proses pembukaan rekening sangat cepat dan dilakukan secara online, dengan syarat hanya eKTP
  • Fitur lengkap untuk simpan tabungan khusus, tabungan bersama dan deposito.
  • Gratis biaya admin bulanan dan gratis biaya lain selama 2 bulan setelah pembukaan rekening
  • Gratis biaya transfer antar rekening BCA tanpa batas
  • Gratis biaya transfer antar bank sebanyak 20 kali transaksi
  • Gratis top up Gopay dan OVO sebanyak masing-masing 5 kali transaksi
  • Tidak ada minimal saldo setoran awal dan semua saldo bisa ditarik hingga Rp 0
  • Tidak ada penalti kekurangan saldo
  • Bisa mendapat bonus Rp 250 rb dari program bluReferral atau ajak teman dengan menggunakan kode yang Anda berikan
  • Banyak promo menarik seperti potongan belanja di merchant tertentu, bisa dicek di halaman promo

Kekurangan blu BCA Digital

Meskipun fitur yang disediakan sudah cukup lengkap, namun menurut tes yang kami lakukan blu punya beberapa kekurangan jika dibandingkan produk bank digital lainnya. Berikut kelemahan yang kami temukan (saat artikel ini ditulis).

  • Belum mendukung pembayaran luar negeri, karena tidak tersedia akun virtual credit card seperti Visa atau Mastercard
  • Belum terdapat rekening valas untuk simpan uang dalam mata uang asing
  • Belum tersedia kartu debit, sehingga belum bisa ambil uang dari ATM rekanan
  • Belum didukung pembayaran otomatis untuk tagihan rutin. Meski sudah dapat atur notifikasi pembayaran.

Kesimpulan

Berdasarkan penilaian kami, blu merupakan pilihan yang solid bagi Anda yang mencari tabungan online terbaik. Saat ini, dibanding Bank Jago dan Jenius BTPN, blu masih memiliki beberapa kekurangan fitur. Wajar, umurnya juga merupakan yang paling muda.

Apakah kami merekomendasikan blu by BCA Digital? Ya tentu saja! Ini adalah produk yang solid dari BCA.

Jika beberapa kekurangannya diperbaiki, seperti menyediakan kartu fisik dan menyediakan fitur transaksi terjadwal, di masa depan blu bisa menjadi bank digital nomor 1 di Indonesia.

FAQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *