Lompat ke konten

Review Easycash: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Review Lengkap Easycash

Selama beberapa tahun terakhir, Easycash telah termasuk dalam jajaran P2P lending terbaik di Indonesia. Kami pun telah mencobanya sebagai tempat berinvestasi selama setahun terakhir.

Di tengah banyaknya platform illegal yang menjamur, memilih platform yang terpercaya merupakan prioritas yang tidak bisa ditawar.

Berikut review Easycash yang membahas fitur, kelebihan, dan kekurangannya.

Sekilas tentang Easycash

Easycash adalah perusahaan peer to peer (P2P) lending yang mewadahi dan menjembatani masyarakat pemberi pinjaman (lender) dengan masyarakat yang membutuhkan pinjaman (borrower).

Easycash merupakan platform P2P lending legal berskala Asia yang markas besarnya di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Perusahaannya bernama Fintopia Inc yang didirikan pada 2015. Di Indonesia, Easycash berada di bawah naungan PT Indonesia Fintopia Technology dan beroperasi sejak November 2017.

Halaman "Home" di aplikasi Easycash.
Tampilan aplikasi Easycash.

Dilansir dari laman resminya, Easycash telah menyalurkan sebanyak Rp 11,81 triliun pinjaman terhitung sejak pertama beroperasi, dan Rp 4,23 triliun pinjaman pada tahun 2022 saja. Hampir 2 juta peminjam (baik perorangan maupun lembaga) telah memetik manfaat dari Easycash sejak platform ini berdiri, dengan jumlah peminjam aktifnya sebanyak 597.680 entitas.

Dengan jumlah penyaluran yang tinggi dan TKB 100%, Easycash tidak kalah dengan platform P2P lending terbaik lainnya yang masih beroperasi.

Karena telah terdaftar di OJK dan memiliki rekam jejak yang baik, Easycash aman digunakan dan bukan penipu.

Easycash menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bekerja secara otomatis dalam menyambungkan penyandang dana (lender) dengan peminjam (borrower), sehingga proses pinjam meminjam dapat “klik” hanya dalam hitungan menit. Platform terkenal lain yang menerapkan AI adalah KoinWorks dengan fitur robo lending.

Easycash telah mengantongi sertifikat prestisius ISO dengan nomor 27001:2013. Untuk menjamin kepercayaan dan keamanan pengguna asal Indonesia, Easycash juga sudah memperoleh izin OJK dengan nomor S-590/NB.213/2018.

Limit, Tenor, dan Bunga Easycash

Easycash memberlakukan limit standar yang tidak terlalu tinggi dan tenor default yang tidak terlalu panjang. Plafon pinjaman yang diperbolehkan oleh Easycash adalah Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, dengan tenor paling cepat 15 hari dan paling lambat 6 bulan.

Namun, limit dan tenor ini sifatnya relatif alias tergantung pada performa credit score Anda. Jika Anda pernah mengajukan pinjaman di Easycash dengan limit dan tenor standar, lalu menunjukkan performa yang baik dengan disiplin dalam membayar tagihan, ada kemungkinan limit dan tenor Anda akan bertambah.

Adapun bunga yang dipatok Easycash adalah 0,4% per hari. Hal ini sesuai regulasi OJK dan Asosiasi Fintech yang meminta penurunan bunga harian maksimum dari 0,8% menjadi 0,4%.

Selain bunga, biaya lain yang ditetapkan Easycash adalah biaya admin yang jumlahnya 10% dari total pinjaman, dan dipotong langsung saat pinjaman dicairkan. Misalnya Anda meminjam Rp 1 juta, maka Rp 100 ribu merupakan biaya admin yang langsung dipotong oleh sistem, dan Rp 900 ribu adalah yang Anda terima di rekening. Namun saat pelunasan, tentu saja yang dihitung adalah jumlah pinjaman asal yaitu Rp 1 juta.

Sedangkan jika Anda adalah pemberi pinjaman, Easycash menjanjikan keuntungan hingga 20% dalam setahun, jumlah yang cukup besar dalam P2P lending saat ini.

Tab "Me" yang menunjukkan status VIP Silver.
Jika sering memberi pinjaman, maka Anda akan mendapat level VIP.

Cara Meminjam Uang di Easycash

Syarat utama mendaftar menjadi peminjam dan pemberi pinjaman di Easycash hampir sama, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun (yang dibuktikan dengan KTP), dan memiliki nomor HP serta buku rekening. Sayangnya, Easycash tidak memperbolehkan satu nama untuk mendaftar sebagai peminjam dan pemberi pinjaman sekaligus, harus memilih salah satu.

Berikut cara mengajukan pinjaman di Easycash:

  1. Unduh aplikasi Easycash dari Playstore atau App Store, lalu pasang di smartphone Anda.
  2. Masukkan nomor HP, lalu pilih posisi Anda di Easycash (sebagai peminjam atau pemberi pinjaman), lalu klik Selanjutnya.
  3. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP Anda, kemudian tekan Masuk.
  4. Pada laman utama Easycash, akan ditampilkan limit kredit Anda. Limit ini tersetel standar Rp 5 juta. Namun Anda belum bisa mengajukan pinjaman sejumlah limit tersebut, karena Anda diwajibkan mengisi data diri terlebih dahulu untuk diolah dengan data credit scoring milik Easycash.
  5. Untuk mulai mengajukan pinjaman, klik Ajukan.
  6. Ambil foto KTP menggunakan kamera belakang yang telah terhubung dengan aplikasi Easycash. Pastikan data-data dalam KTP terbaca jelas untuk memudahkan sistem memverifikasi.
  7. Sistem AI Easycash akan menampilkan data-data diri Anda sesuai yang terbaca dari KTP. Jika sudah benar semua, klik Selanjutnya.
  8. Langkah berikutnya adalah verifikasi wajah. Klik Mulai Identifikasi untuk mengambil foto selfie Anda menggunakan kamera depan yang telah terhubung dengan Easycash.
  9. Kemudian, isikan data-data rekening Anda. Catatan: Easycash akan mengambil nama pemilik rekening langsung dari data KTP, sehingga Anda tidak bisa meminjam rekening milik orang lain atau mengajukan pinjaman atas nama orang lain. Jika data-data rekening sudah lengkap, klik Selanjutnya.
  10. Masukkan data-data pribadi Anda mulai dari nama, alamat, status pernikahan, hingga alasan mengajukan pinjaman. Lalu masukkan juga data keluarga/pasangan sebagai kontak darurat. Klik Selanjutnya jika semua data sudah diinput.
  11. Berikutnya, Easycash meminta informasi pekerjaan Anda. Isikan sesuai yang diminta aplikasi, mulai dari jumlah gaji, nama dan nomor telepon perusahaan, hingga tanggal gajian Anda. Pastikan informasi yang diminta sudah lengkap, lalu klik Selanjutnya.
  12. Sistem credit scoring Easycash akan mengolah data Anda menggunakan AI, untuk menentukan limit dan tenor yang paling tepat untuk Anda. Pengecekan membutuhkan waktu sekitar 3 menit.
  13. Jika proses penilaian oleh Easycash telah selesai, Anda akan mendapatkan angka limit yang pasti untuk pinjaman Anda. Untuk peminjaman pertama, limit ini kemungkinan lebih rendah dari default. Namun jika credit scoring Anda telah terbukti baik, kemungkinan Easycash akan memberi limit yang lebih tinggi.
  14. Pilih jumlah pinjaman sesuai limit dan waktu pelunasan sesuai tenor, lalu klik Ajukan Sekarang.
  15. Anda akan diberi perjanjian peminjaman cicilan untuk dibaca. Jika setuju, bubuhkan tanda tangan elektronik Anda, lalu klik Konfirmasi Tanda Tangan.
  16. Untuk mencairkan pinjaman, Easycash sekali lagi akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP Anda. Masukkan kode ini ke aplikasi.
  17. Tunggu 1×24 jam sebelum dana pinjaman Anda dicairkan ke rekening.

Kelebihan Easycash

1. TKB90 masih 100%

TKB90 merupakan ukuran keberhasilan perusahaan P2P lending dalam memfasilitasi kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu maksimal 90 hari dari jatuh tempo. Semakin tinggi persentase TKB90, semakin baik pula performa perusahaan fintech tersebut. Easycash sampai saat ini masih mengantongi angka TKB90 sebesar 100%.

2. Pengajuan dan verifikasi sangat mudah

Pengajuan pinjaman sangat mudah dan cepat, dokumen yang diminta hanya foto KTP, tanpa perlu menyertakan slip gaji. Proses verifikasi pun sangat terbantu dengan teknologi AI, banyak peminjam yang mengaku tidak ada verifikasi telepon sama sekali saat pengajuan, berbeda dari kebanyakan perusahaan P2P lending lain.

Pencairan di Easycash termasuk sangat cepat, biasanya bisa cair dalam satu hari.

3. Kalkulator Easycash

Anda tidak perlu repot menghitung berapa kewajiban yang harus Anda bayar untuk utang sekian dengan bunga sekian pada jangka waktu sekian. Kalkulator Easycash dapat membantu Anda memperhitungkan kemampuan pembayaran berdasarkan simulasi peminjaman.

4. Terdapat asuransi kredit

Easycash memberi opsi asuransi kredit kepada pemberi pinjaman sehingga calon lender tidak perlu khawatir jika ada peminjam yang gagal bayar. Ini merupakan fitur yang serupa dengan fitur asuransi dari Akseleran yang memberi pengguna kompensasi meskipun peminjam tidak melakukan pelunasan.

5. Bunga pemberi pinjaman paling tinggi

Sejauh ini Easycash menjanjikan bunga pemberi pinjaman yang paling tinggi dibanding penyelenggara P2P lending yang lain, yakni sebesar 20% per tahun. Angka ini sangat kompetitif karena secara rata-rata masih lebih tinggi dibandingkan imbal hasil dari Investree yang merupakan salah satu platform terbaik saat ini.

Halaman "Assets" yang menunjukkan total aset dan keuntungan.
Di bagian “Assets”, Anda bisa melihat total aset yang dimiliki.

6. Terdapat banyak promo dan referral fee

Easycash memberikan cashback jika Anda berhasil mengajak pengguna baru untuk mendaftar sebagai pendana. Easycash juga cukup sering memberi kupon rate dan tambahan modal untuk pemberi pinjaman baru.

Daftar hadiah dari mengundang yang didapat
Bonus dari mengundang teman.

Kekurangan Easycash

1. Utang konsumtif berisiko tinggi

Pinjaman online seperti yang ditawarkan P2P lending memang sangat membantu saat kepepet, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pinjaman tersebut merupakan utang berisiko tinggi, terutama jika digunakan untuk hal-hal konsumtif, karena bunga pinjaman dihitung per hari dengan denda yang besar.

2. Plafon dan tenor rendah

Limit Easycash tidak terlalu banyak, hanya Rp 5 juta. Tenornya pun maksimal 6 bulan. Pinjaman ini memang tidak diperuntukkan bagi lembaga besar dengan kebutuhan limit yang tinggi.

3. Bunga pinjaman dan denda cukup besar

Bunga pinjaman di Easycash adalah bunga maksimum yang diperbolehkan oleh OJK dan Asosiasi Fintech, yakni 0,4%. Ini pun sudah diturunkan dari yang sebelumnya 0,8%.

Selain itu, jika telat bayar, Easycash mengenakan denda keterlambatan pembayaran yang cukup besar. Denda keterlambatan hari pertama dan kedua adalah Rp 40.000 ditambah 2% pokok pinjaman. Untuk hari ketiga dan seterusnya, dendanya 2% dari pokok pinjaman.

Kesimpulan

Ditimbang dari fitur serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, Easycash termasuk P2P lending bagus yang layak dipertimbangkan pengguna.

Namun Anda harus berhati-hati jika meminjam untuk keperluan konsumtif, karena bunga dan denda yang dikenakan cukpu besar.

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.