Lompat ke konten

7 Software Mining Bitcoin Terbaik untuk Pemula Maupun Profesional

Software tambang Bitcoin

Saat membahas tentang mining (penambangan) Bitcoin, maka salah satu hal yang akan terlintas adalah komponen atau hardware mahal dan tagihan listrik yang tinggi. Sementara hal krusial lain yang sering dikesampingkan adalah perangkat lunak (software) yang nyatanya juga beragam dan menarik dibahas.

Tanpa software mining cryptocurrency, Anda sebagai penambang memiliki pilihan terbatas karena tidak dapat bergabung ke farming ataupun pool. Jadi, memilih perangkat lunak yang tepat merupakan hal yang sangat krusial.

Rekomendasi 7 Software Mining Bitcoin Terbaik Saat Ini

Fungsi dari program penambangan crypto sendiri pada dasarnya adalah untuk memantau statistik penambangan yang antara lain berupa kecepatan menambang, hashrate, suhu, hingga kecepatan kipas pada komponen perangkat keras penambangan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan Anda sudah memenuhi spesifikasi perangkat keras yang sesuai untuk mining.

Nah, berikut ini beberapa pilihan software mining Bitcoin terbaik yang bisa dipertimbangkan penambang pemula ataupun yang sudah berpengalaman sekalipun.

1. MultiMiner

Software mining Bitcoin ini hadir dengan tampilan yang cenderung bersih, simpel dan mudah dipahami. Hasilnya, antarmuka MultiMiner pun mudah untuk digunakan didukung dengan adanya penjelasan tentang berbagai istilah dalam kagiatan mining. Tak mengherankan jika MultiMiner ini adalah software yang paling cocok untuk para penambang pemula.

Program ini dapat memudahkan penambang dalam bergabung ke pool pilihan. Selain itu, ia juga dapat diandalkan untuk melengkapi berbagai macam detail yang dibutuhkan. Meskipun lebih ideal bagi para pemula, nyatanya tak sedikit pula penambang profesional yang juga menggunakan software ini.

2. Kryptex Miner

Program mining Bitcoin yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu pilihan alternatif bagi pemula yang sudah memiliki pengetahuan tentang koin-koin yang menjanjikan. Ya, Kryptex Miner bisa memudahkan Anda dalam memantau mana saja koin yang menguntungkan kemudian menambangnya. Selain itu, ia juga membantu dalam memantau hashrate dan potensi keuntungan yang bisa didapat dari kemampuan mining Anda.

Untuk mulai menggunakan program ini, Anda cukup download installer kemudian memasangnya ke perangkat. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya setelah selesai membuat akun. Menariknya, biaya untuk penarikan melalui layanan ini bisa dibilang tak terlalu memberatkan, yaitu sekitar 0.0002 BTC yang membuatnya semakin menarik bagi pemula yang memiliki keterbatasan modal.

3. EasyMiner

Sesuai namanya, software penambangan crypto ini lebih mengutamakan pengalaman pengguna yang optimal dengan tampilan yang memang memudahkan para penambang untuk bekerja.

Selain itu, program ini juga bisa menjadi pilihan ideal bagi para pemula yang masih belum begitu mengenal tentang cara menambang BTC di laptop maupun PC. Ya, pengembangan aplikasi ini sepertinya memang difokuskan untuk mining di komputer dengan sistem operasi Windows dan Ubuntu.

Melalui EasyMiner, Anda sebagai pengguna tak hanya bisa menambang Bitcoin saja. Anda juga bisa sekaligus mendapatkan Litecoin. Hal ini dikarenakan software akan langsung mengaktifkan mode MoneyMaker dan membuat Litecoin Wallet. Anda pun bisa melakukan penambangan di pool pribadi melalui software ini.  

4. ECOS

Software mining Bitcoin ini memang tidak bisa dikatakan sebagai produk baru serta memiliki kredibilitas yang terbukti sejak diperkenalkan pada 2017. Dengan jumlah pengguna yang mencapai 90.000 lebih, ECOS tak hanya menawarkan layanan investasi saja, tetapi juga wallet, exchange, portofolio dan sebagainya. 

Program ini dapat digunakan pada perangkat desktop komputer dengan sistem operasi Windows dan MacOS, maupun perangkat mobile iOS ataupun android. Anda bisa mencoba layanan ini dengan kontrak gratis selama 1 bulan dan setelah itu dikenakan biaya mulai dari $49. Sementara untuk penarikan, pengguna bisa melakukan mulai 0.001 BTC saja.

5. Cudo Miner

Program ini dikenal dengan dukungannya untuk dikendalikan secara remote. Artinya, Anda tidak perlu berada di dalam ruangan mining rig Anda untuk mulai menambang, menjeda, atau bahkan menghentikan proses menambang. Tentu saja, kemampuan semacam ini bisa sangat memudahkan Anda dalam menambang sekaligus melakukan pekerjaan lain yang memerlukan fokus utama. 

Cudo Miner menawarkan platform mining cryptocurrency yang cenderung lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, kinerjanya juga bisa diandalkan karena support dengan berbagai algoritma. Sebagai program mining, ia tetap menyuguhkan detail tentang hash rate, kondisi hardware hingga mengatur transaksi dari jauh, sehingga ia layak dipertimbangkan oleh penambang pemula dan berpengalaman sekalipun.

6. BTCMiner

Bagi Anda yang melakukan penambangan berbasis cloud, maka BTCMiner bisa menjadi pilihan. Melalui penambangan dengan mekanisme seperti ini, selama perangkat Anda terhubung internet, dengan piranti FPGA dan wallet Bitcoin, maka proses mining bisa terus berjalan. Tak terlalu mengejutkan jika akhirnya software ini memiliki jumlah pengguna lebih dari 140.000 penambang.

Software ini bisa jadi pilihan ideal bagi Anda yang mencari kemampuan hashrate terbaik. Dengan begitu, Anda bisa mengharapkan keuntungan maksimal dari modal yang Anda siapkan untuk menambang. Proses mining pun bisa jadi lebih efektif dan efisien.

7. BFG Miner

Bagi Anda yang sudah memiliki cukup banyak pengalaman di bidang mining Bitcoin, maka BFG Miner ini perlu mendapat perhatian dari Anda. Perangkat lunak ini tak hanya menawarkan software mining, namun juga pengalaman mining yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang cukup, Anda bisa menyesuaikan proses mining melalui aplikasi ini.

Program yang bisa diinstall pada perangkat Windows, MacOS, Linux, dan Raspberry Pi ini juga mendukung mining beberapa aset crypto lain sekaligus. Selain itu, ia juga menawarkan sambungan ke beberapa mining pool secxara bersamaan. Menariknya, apabila suatu pool tidak bisa dijangkau, maka program akan memutus sambungan ke pool tersebut sebagai opsi efisiensi sumber daya atau listrik.

Tips Memilih Software Mining Bitcoin Terbaik 

Daftar rekomendasi di atas memungkinkan Anda untuk memilih di antara pilihan terbaik yang ada untuk saat ini. Namun demikian, pilihan software mining tetap kembali pada skenario mining dan preferensi Anda. Lantas bagaimana menentukan program mining yang ideal bagi Anda?

1. Dukungan ragam perangkat

Tentu saja, pertama Anda perlu memperhatikan kompatibilitas software dengan hardware yang Anda gunakan menambang. Anda juga perlu memperhatikan detail jenis sistem operasi perangkat yang didukung oleh program tersebut. Selain itu, Anda juga bisa lebih mempertimbangkan software yang juga bisa diakses melalui perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

Jangan sampai software yang dipilih tidak bisa digunakan jika Anda melakukan upgrade perangkat atau berpindah sistem operasi.

2. Masalah kompatibilitas hardware mining

Dalam proses mining, ada kalanya Anda perlu menggunakan software yang kompatibel dengan perangkat keras mining seperti ASIC, GPU maupun FPGA. Ini karena berbagai hardware mining ini dapat memberikan Anda nilai lebih selama menambang. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan pula bahwa software pilihan Anda mendukung penggunaan perangkat tersebut.

3. Kemudahan penggunaan

Setiap orang memiliki preferensi dan basis pengetahuan yang berbeda, tak terkecuali dengan bagaimana menggunakan software mining. Untuk memudahkan Anda, tak ada salahnya untuk memilih software yang menerapkan antarmuka grafis (GUI) dan perintah. Dengan demikian akan membuat proses mining bisa lebih efisien atau pun bisa lebih mudah Anda pahami.

4. Kostumisasi fitur penambangan

Menambang crypto memang identik dengan berbagai tantangan dengan kemungkinan profit yang beragam. Namun dengan adanya dukungan untuk menyesuaikan fitur penambangan, Anda bisa memiliki peluang yang lebih tinggi dalam mengatasi kesulitan atau mendapatkan potensi profir terbaik. Jadi, meskipun terkesan sepele, dukungan penyesuaian fitur ini tetap layak untuk diperhatikan.

5. Dukungan fitur otomasi

Adanya tambahan fitur seperti mode hemat daya, perlindungan panas, BitStream, monitoring performa rig hingga auto-reboot saat terjadi error, nyatanya juga memberikan keuntungan tersendiri. Fitur yang terpicu secara otomatis ini bisa membuat penambangan jadi lebih efisien sekaligus lebih menguntungkan.  Hal ini karena hashrate bisa lebih tinggi, sementara penggunaan sumber daya dapat ditekan.

6. Dukungan lebih banyak ragam crypto

Idealnya semakin banyak jenis mata uang crypto yang bisa ditangani oleh program, maka akan semakin baik pula bagi Anda. Hal ini karena mata uang crypto masih terus berkembang di pasar dengan varian yang juga terus bertambah. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda memilih software yang mendukung lebih banyak jenis crypto.

Kesimpulan

Bagaimanapun, mendapatkan Bitcoin dengan cara mining masih tetap layak untuk dicoba. Terlebih dengan semakin banyaknya pilihan software mining terbaik seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tapi tidak terbatas pada BTC, Anda juga bisa mempertimbangkan menambang Ethereum ataupun cryptocurrency lainnya.

Dengan menerapkan tips memilih, Anda pun bisa menentukan pilihan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.  

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.