Lompat ke konten

8 Tips Membeli Jam Tangan Mewah Untuk Investasi

Jam Tangan Untuk Investasi

Tahukah Anda kalau kini jam tangan bisa menjadi salah satu instrumen investasi? Saat ini banyak orang membeli perhiasan ini tidak hanya untuk dipakai dan dikoleksi, tetapi juga untuk dijadikan investasi. 

Jam tangan mewah umumnya didefinisikan sebagai produk kerajinan yang lahir dari tangan para ahli jam tangan dunia. Produk ini bisa berasal dari negara manapun seperti Jepang (Casio, Seiko) atau Amerika Serikat (Fossil). Tapi, dalam pembahasan kali ini yang dimaksud dengan jam tangan mewah adalah produk hasil olahan para ahli dari Swiss. 

Alasannya adalah karena negara di kaki pegunungan Alpen ini terkenal dengan produksi jam tangan mewahnya yang mendunia atau Swiss Watch. Sebut saja merk Rolex, Patek Philippe, Audemars Piguet (AP), Hublot dan lain sebagainya. Seolah tidak bisa menyebut jam tangan mewah tanpa kata Swiss dibelakangnya. Lalu, apakah produk ini bisa dijadikan investasi?

Apakah Jam Tangan Bisa Dijadikan Investasi?

Sebuah jam tangan mewah atau wristwatch bisa dijadikan diversifikasi investasi. Hal ini terbukti dengan kenaikan harga banyak Swiss Watch seperti Rolex, Patek Philippe, dan AP selama pandemi terakhir ini. Alasannya sederhana yaitu seringkali jam ini diproduksi secara terbatas meskipun peminatnya tetap tinggi.

Terdapat beberapa alasan mengapa peminat komoditas ini tetap tinggi selama pandemi. Beberapa alasan tersebut adalah:

  1. Swiss Watch tidak hanya bisa dinikmati dari segi keindahannya, tetapi juga dari segi historisnya. 
  2. Produk ini dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi sehingga bisa awet hingga berpuluh-puluh tahun. 
  3. Sama seperti perhiasan lainnya, Swiss Watch juga bisa menunjukkan status sosial dan ekonomi pemakainya. 
  4. Swiss Watch tidak hanya bisa dijual utuh tetapi sparepartnya juga bisa dijual secara terpisah. Hal ini karena umumnya sparepart jam dibuat khusus untuk jam tersebut. 
  5. Mayoritas konsumen barang ini adalah masyarakat menengah ke atas yang notabene selama pandemi lebih memiliki simpanan dan perlu menyalurkan stres ke barang-barang yang bersifat sekunder dan tersier. 
  6. Internet menjadikan akses informasi mengenai barang-barang mewah lebih bisa tersebar ke masyarakat. Belum lagi beberapa selebritis papan atas Indonesia juga hobi mengoleksi barang ini. 
  7. Kolektor aksesoris ini biasanya memiliki komunitas yang kuat.

Dengan faktor-faktor di atas, tidak menutup kemungkinan bahwa kenaikan harga komoditas ini masih akan berlanjut dalam 1 atau dua tahun ke depan. 

Tips Membeli Jam Tangan Mewah Untuk Investasi

1. Pilih jam yang memiliki nilai historis

Seperti yang tertulis pada poin di atas, salah satu faktor yang membuat sebuah wristwatch itu mahal harganya adalah karena aspek historisnya. Produk seperti Rolex, Patek Philippe atau AP misalnya, punya harga mahal karena perusahaannya sudah berdiri sejak ratusan lalu dan punya sejarah craftsmanship yang panjang.

Oleh karena itu, tidak semua Swiss Watch bisa dijadikan instrumen investasi. Sebab, bisa jadi banyak orang yang menilai kalau jam yang Anda pilih tidak memiliki nilai historis tertentu yang bisa “dijual”. 

2. Ketahui detail jam 

Jam tangan adalah salah satu perhiasan yang cukup rumit. Setiap seri dari produk ini memiliki fitur, material dan susunan mekanik yang berbeda. Ada jam yang terbuat dari berbagai macam emas, baja, perak dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki keunikan masing-masing. 

Dengan mengetahui keunikan ini, Anda akan jadi tahu apakah sebuah wristwatch pantas untuk diberi harga sekian atau tidak. Selain itu Anda juga akan tahu apakah semua komponen wristwatch tersebut original atau tidak. 

Sebab tentunya banyak di pasar bekas yang menjual jam dengan komponen yang tidak komplit atau punya komponen komplit tapi bukan dari pabriknya langsung. 

3. Ketahui pasarnya

Tips yang ketiga adalah Anda harus tahu kondisi pasar dari jam tangan tersebut. Adapun yang dimaksud pasar disini adalah berapa harganya di pasaran, siapa konsumen potensial Anda dan lain sebagainya. 

Perlu Anda ingat bahwasanya harga produk mewah ini sangat bervariasi tergantung dengan serisnya. Ada yang puluhan juta “saja” tetapi juga ada yang sampai miliaran rupiah. Semua memiliki pangsa pasar masing-masing. Anda dapat melihat perkembangan harga ini di laman chrono24 atau bertanya langsung ke dealer. 

Ketahui siapa pangsa pasar tersebut dan bagaimana cara mendekatinya. Tentu akan jadi masalah besar jika Anda membeli Swiss Watch seharga 1 miliar lebih tapi mayoritas pengguna jam di sekitar Anda hanya memakai jam seharga puluhan juta. 

4. Pilih jam yang sesuai dengan budget Anda

Sama seperti poin di atas, harga Swiss Watch sangat bervariasi tergantung model dan jumlah permintaannya. Silahkan pilih jam yang sesuai dengan anggaran Anda. 

5. Tentukan dealer

Sedikit berbeda dengan perhiasan emas atau perak, Anda tidak bisa membeli produk ini di toko sembarangan. Umumnya produk ini dijual oleh distributor khusus yang ditunjuk langsung oleh pihak produsen. Alasannya tentu saja karena jumlah produksinya terbatas, harganya mahal dan kualitasnya tetap harus dijaga. 

Dengan membeli dari dealer resmi, Anda tidak hanya akan mendapatkan produk dengan kualitas terbaik tetapi juga terhindar dari penipuan barang KW. Untungnya saat ini banyak sumber di internet yang menjual jam tangan mewah secara legal termasuk website chrono24 di atas.

6. Pastikan kelengkapan jam

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pembelian jam palsu adalah kelengkapan saat membeli jam tersebut. Kelengkapan disini seperti, box, kartu garansi, buku petunjuk, seal yang membuktikan bahwa produk tersebut sudah lolos uji coba dan  cap yang tercetak di bagian tertentu dari jam tangan. 

Setelah membelinya, pastikan juga Anda menyimpan berbagai kelengkapan jam ini dengan hati-hati. Karena pastinya ada atau tidaknya berbagai dokumen dan pernak-pernik ini akan menentukan harga jam di pasar bekas. 

7. Pastikan Anda menyukai jam tangan yang dibeli

Tips yang ketujuh adalah pastikan Anda menyukai jam tangan yang Anda beli. Meskipun menjadi instrumen investasi, tidak dapat dipungkiri bahwa Anda harus menyukai produk ini. 

Alasannya adalah, biasanya harga wristwatch baru akan naik beberapa tahun setelah diproduksi sehingga tentu sayang rasanya jika Anda membeli barang mewah sekelas Swiss Watch tapi tidak pernah dipakai. 

8. Jaga jam tangan Anda sebaik mungkin

Selain kelengkapan dan model jam, kondisi fisik sebuah jam tangan mewah juga mempengaruhi harga aksesoris ini di pasar bekas. Harga Rolex Submariner bekas bisa jadi jauh lebih murah dibandingkan harga Omega, Panerai atau yang lainnya jika Rolex tersebut tidak dirawat dengan baik selama beberapa tahun. 

Kesimpulan

Jam tangan mewah bisa dijadikan instrumen investasi jangka panjang jika produk tersebut adalah produk yang memiliki nilai historis sekaligus produk yang cantik, dibeli dari tempat terbaik serta dirawat dengan penuh kasih sayang.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.