Lompat ke konten

7 Aplikasi Berita Saham Gratis (2022)

Aplikasi berita saham gratis

Berita saham dan keuangan adalah makanan sehari-hari bagi investor dan trader. Hal ini karena berita ekonomi khususnya berita buruk bisa jadi mempengaruhi harga saham yang ada di portofolio investor.

Untungnya, dengan perkembangan teknologi seperti saat ini Anda bisa mengakses informasi ekonomi tidak hanya dari TV atau koran saja, melainkan juga dari aplikasi trading yang Anda gunakan. Namun, apabila Anda ingin menggali lebih jauh, maka Anda bisa memakai aplikasi berita saham khusus.

Berikut ini rekomendasi aplikasi berita saham gratis:

1. Yahoo Finance

Aplikasi berita saham yang pertama adalah Yahoo Finance. Di aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan fitur-fitur berikut ini:

  • Update berita saham terbaru.
  • Update berita instrumen investasi lainnya juga.
  • Membandingkan dua saham atau lebih langsung dari kurva real time.
  • Memantau watchlist.
  • Menemukan informasi keuangan perusahaan terbaru.
  • Memasang pemberitahuan jika harga saham mencapai level yang Anda inginkan atau ketika ada berita-berita terbaru mengenai saham tersebut. 

Yahoo Finance bisa diakses secara gratis maupun berbayar. Menurut beberapa pengguna, berita yang tampil di versi gratis sudah cukup untuk trading saham, hanya saja ada iklannya. Namun kalau Anda ingin mengakses Yahoo Finance lewat device lain atau ingin informasi yang lebih khusus dan tidak ingin melihat iklan, Anda bisa berlangganan dengan biaya 25 USD sampai 35 USD per bulan atau 250 USD sampai 350 USD per tahun. 

Download Yahoo Finance

2. Bloomberg: Business News App

Rasanya tidak lengkap kalau membicarakan berita ekonomi dengan tanpa menukil Bloomberg. Bloomberg adalah jaringan media yang khusus memberitakan ekonomi mulai dari ekonomi negara, pasar saham, pasar sekuritas lainnya. Jaringan media bloomberg tersebar mulai dari media online seperti artikel, Youtube, podcast sampai media yang lebih konvensional seperti majalah, TV dan radio. 

Anda memang bisa berlangganan aplikasi berita saham ini secara gratis, namun ini artinya Anda tidak masalah kalau saat Anda membaca artikel ada iklannya atau berkali-kali terinterupsi iklan. Selain itu, langganan bloomberg gratis juga tidak bisa mengakses konten khusus subscriber dan mengakses konten bloomberg lewat TV atau radio secara terintegrasi. 

Ada banyak penawaran untuk berlangganan bloomberg mulai dari paket pelajar, paket langganan bulanan digital saja dan paket lengkap. Biaya langganan ini berkisar antara 10 USD sampai 40 USD per bulan atau 415 USD sampai 475 USD per tahun.

Download Bloomberg: Business News App

3.  CNBC Breaking Business News App

CNBC adalah salah satu kanal berita terbesar di Amerika Serikat yang sudah hadir di Indonesia. Selain website yang menyediakan berbagai informasi ekonomi dan seputar saham, CNBC juga memiliki CNBC TV yang membantu Anda untuk update berita saham nasional dan internasional secara live. 

Sama seperti dua aplikasi lainnya, mengakses CNBC secara gratis sudah cukup lengkap, tetapi nantinya Anda akan kehilangan layanan-layanan khusus seperti, wawancara dengan para ahli, dapat rekomendasi khusus dari investor ahli, dan tidak bisa mengakses informasi CNBC TV dari Eropa dan negara-negara Asia lainnya. 

Untuk berlangganan CNBC Pro, Anda harus merogoh kocek sebesar 30 USD atau sekitar 441.000 per bulan.

Download CNBC Breaking Business News App

4. MarketWatch

Jika Anda mencari website dan aplikasi berita saham dengan biaya langganan yang terjangkau, maka MarketWatch adalah solusinya. Website penyedia berita keuangan ini menyediakan layanan berlangganan dengan biaya 1 USD untuk 1 bulan pertama dan 10 sampai 13 USD untuk langganan selanjutnya. Biaya langganan tersebut untuk cover berita-berita ekonomi yang lebih dalam. 

Adapun untuk aplikasinya, aplikasi MarketWatch mengcover berita-berita ekonomi nasional dan internasional, berita-berita keuangan dan pasar modal serta berita khusus untuk personal finance. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur watchlist yang sinkron dengan MarketWatch.com. Artikel dan berita-berita di aplikasi ini bisa disimpan (baca secara offline) dan di share ke media sosial.

Download MarketWatch

5. Seeking Alpha

Aplikasi berita saham lain yang patut untuk Anda coba adalah Seeking Alpha. Seeking Alpha adalah aplikasi analisis saham yang mengedepankan nilai-nilai sosial trading. Disini, Anda tidak hanya bisa mendapatkan berita ekonomi dan keuangan terbaru, tetapi juga berdiskusi dengan trader dan investor lainnya untuk mendapatkan pengetahuan baru. 

Dengan menggunakan akun basic, Anda akan mendapatkan:

  • Analisis portofolio saham.
  • Berita saham terbaru beserta analisisnya.
  • Artikel dari pengarang favorit.
  • Berita ekonomi harian dari koran-koran terpilih.
  • Diskusi dengan pengguna lainnya.

Seeking Alpha menawarkan akun premium dengan biaya 16,58 USD per bulan atau 199 USD per tahun. Dengan akun premium ini, Anda akan memperoleh:

  • Akses artikel investasi tidak terbatas.
  • Seeking Alpha Stock Ratings.
  • Perbandingan suatu saham dengan saham yang sama di industrinya. 
  • Visualisasi data mengenai perkiraan pendapatan dan dividen perusahaan.

Download Seeking Alpha

6. Indonesia Stock Exchange Data

Indonesia Stock Exchange Data atau Data Saham BEI adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kajo Kangin Studio. Hanya dengan biaya berlangganan sebesar Rp. 94.350 per bulan, Anda sudah bisa mengakses berbagai fitur berikut:

  • Stock Screener.
  • Indikator teknis dengan berbagai time frame.
  • Sinyal posisi sesuai dengan analisis teknis.
  • Bandarmology saham. 
  • Data fundamental masing-masing perusahaan.
  • Watchlist.
  • Dan tentunya informasi ekonomi dan investasi terbaru. 

Download Indonesia Stock Exchange Data

7. IDX Channel

IDX Channel adalah aplikasi berita saham gratis yang lahir dari hasil kerja sama Bursa Efek Indonesia dengan PT. Global Mediacom (MNC Group). Adapun fitur-fitur aplikasi ini adalah:

  • Berita keuangan dan saham yang di update harian. Bahkan ada berita khusus pembukaan dan penutupan pasar yang bisa Anda saksikan melalui video.
  • Berita mengenai tokoh-tokoh penting dalam bisnis dan investasi di Indonesia maupun dunia.
  • Edukasi investasi saham ke masyarakat awam.
  • Konten hiburan yang masih terkait dengan dunia saham.

Download IDX Channel

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.