Lompat ke konten

12 Aplikasi Catatan Keuangan Harian Gratis, Untuk Android dan iOS

Aplikasi catatan keuangan harian gratis

Salah satu kunci kesuksesan kebebasan finansial adalah kepemilikan catatan keuangan baik itu catatan keuangan bisnis maupun catatan keuangan individu. Apabila jumlah pengeluaran dan pendapatan Anda tidak terlalu rumit, Anda masih bisa menggunakan microsoft excel atau spreadsheet. 

Akan tetapi tentu lain halnya apabila Anda harus memikirkan komponen pendapatan dan pengeluaran yang banyak sekaligus harus menggaji beberapa karyawan. Tentu dibutuhkan aplikasi khusus untuk mencatat keuangan harian. Berikut ini 12 aplikasi catatan keuangan harian yang patut untuk Anda coba:

1. Microsoft Excel atau Spreadsheet

Aplikasi pertama yang patut Anda coba adalah Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Tentu saja apabila catatan pengeluaran dan pendapatan Anda masih tidak rumit dan masih bisa dibagi sebagaimana pembukuan akuntansi biasa.

Gambar 1: Contoh catatan keuangan harian menggunakan Google Sheet
Gambar 1: Contoh catatan keuangan harian menggunakan Google Sheet

Pada gambar di atas misalnya, catatan keuangan hanya terbagi menjadi 7 kolom yaitu kolom tanggal, keterangan, jumlah pembelian, harga per item, total (jumlah dikali harga) dan saldo. Catatan keuangan di atas bisa sesederhana itu karena pendapatan hanya berasal dari gaji, pengeluaran rutin dikeluarkan sekaligus tanpa mengangsur dan tidak ada laporan untuk pajak. 

Kelebihan mencatat keuangan menggunakan Google Sheet atau microsoft excel adalah caranya yang mudah dan Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan karena excel sudah ada di Microsoft Office laptop sementara Google Seet bisa dibuka via web. 

Kekurangannya, Anda akan kesulitan untuk mencatat keuangan yang terperinci seperti menabung untuk dana darurat atau dana pensiun, terjadi secara berulang-ulang dan harus membuat grafik pengeluaran harian dan bulanan secara mandiri. Kekurangan inilah yang kemudian bisa diselesaikan menggunakan aplikasi lainnya di bawah.

2. Finansialku

Aplikasi pengatur keuangan pribadi berikutnya adalah Finansialku. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Solusi Finansialku Indonesia ini tidak hanya menawarkan platform untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan harian, tetapi juga menawarkan jasa perencanaan keuangan, pembelajaran keuangan dan investasi secara langsung. 

Finansialku juga dilengkapi dengan grafik pengeluaran bulanan yang berfungsi sebagai tampilan visual pengeluaran Anda pada bulan itu sehingga Anda tahu kemana saja uang Anda selama ini digunakan dan dari mana saja sumber pendapatan Anda. 

Perlu untuk Anda ketahui bahwasanya aplikasi ini menerapkan sistem berlangganan. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 35.000 per bulan atau Rp. 350.0000 per tahun untuk menikmati seluruh fasilitas yang disediakan oleh aplikasi ini. Saat ini aplikasi finansialku telah diunduh oleh lebih dari 100.000 pengguna di Google Play Store dan mendapatkan review 4,0/5.

Download Finansialku (Android)/ Download Finansialku (iOS)

3. Money Lover-Money Manager

Aplikasi pencatat pengeluaran selanjutnya adalah Money Lover-Money Manager. Aplikasi yang berasal dari Vietnam ini kini telah diunduh oleh lebih dari 5 juta orang pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia dan mendapatkan review 4.7/5 bintang di Google Play Store.

Review apik ini dihasilkan dari fitur aplikasi ini yang lengkap seperti:

  1. Bisa digunakan lewat handphone, website maupun desktop.
  2. Bisa dipakai untuk financial planning. 
  3. Adanya fitur pemberitahuan pengeluaran yang sudah hampir mencapai target pada financial planning.
  4. Adanya fitur pemberitahuan otomatis untuk pembayaran tagihan atau cicilan.
  5. Fitur pelaporan bulanan untuk mengetahui rekam jejak pengeluaran Anda selama satu bulan. 
  6. Informasi kurs mata uang on time ketika Anda sedang dalam perjalanan ke luar negeri.
  7. Foto struk belanjaan Anda dan data struk tersebut langsung bisa masuk ke pengeluaran terkait.

Saat ini aplikasi ini melayani pembayaran atau transaksi melalui 7 channel di Indonesia yaitu melalui bank OCBC NISP, Mandiri Online, Mandiri Online Credit, Paypal, BCA, Bank Syariah Mandiri dan Citibank. 

Download Money Lover-Money Manager (Android)/Download Money Lover-Money Manager (iOS)

4. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi pencatat pengeluaran harian yang satu ini dilengkapi berbagai fitur menarik, diantaranya:

  1. Informasi statistik keuangan yang mudah dibaca sehingga Anda tahu pengeluaran bulanan Anda mayoritas digunakan untuk apa.
  2. AndroMoney juga memiliki fitur pembayaran sehingga Anda bisa berbelanja berbagai kebutuhan dan mencatatnya secara langsung hanya dengan menggunakan satu aplikasi.
  3. AndroMoney mendukung penggunaan beberapa mata uang sekaligus. Tentunya hal ini akan menguntungkan Anda yang rajin membeli atau menjual barang dari dan ke luar negeri. 
  4. AndroMoney bisa diakses melalui aplikasi, website maupun desktop dengan data-data yang tersinkronisasi.
  5. Keamanan data dan penyimpanan terbaik melalui fitur password protection dan penyimpanan awan. 

Kelebihan lainnya dari AndroMoney adalah aplikasi ini tidak hanya bisa diakses melalui android dan iOS, tetapi juga bisa diakses melalui Huawei App Gallery.

Download AndroMoney (Android)/Download AndroMoney (iOS)/ Download AndroMoney (Huawei)

5. Monefy- Money Manager

Monefy menghadirkan aplikasi pengatur keuangan pribadi yang mudah dan sederhana digunakan.Pada landing page, Anda akan disambut gambar pie chart besar yang berisi alokasi pengeluaran keuangan Anda pada bulan tersebut dan dua tombol plus dan minus besar. 

Untuk menambah atau mengurangi alokasi pengeluaran yang tersedia, Anda tinggal menyentuh tombol plus tersebut atau memencet salah satu bagian pie chart yang menurut Anda sesuai lalu menuliskan berapa nominal yang ingin Anda tambahkan dan kurangkan. 

Dengan penggunaan semudah ini, maka tidak mengherankan apabila aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia dan mendapatkan review 4.6 dari 5 bintang. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Monefy, Anda bisa membuka tutorialnya di tautan berikut ini dan mengunduh aplikasinya di:

Download Monefy (Android)/Monefy (iOS)

6. Wallet

Salah satu permasalahan dari aplikasi catatan keuangan internasional adalah tidak adanya koneksi ke bank lokal. Well, hal itu akan terjadi jika Anda tidak menggunakan Wallet. Aplikasi pencatat pengeluaran Wallet telah terkoneksi dengan 4000 bank di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi ini untuk rekening bank dalam negeri. 

Selain itu, Wallet dilengkapi dengan beberapa fitur menarik lain seperti:

  1. Algoritma machine learning canggih yang bisa mengotomasikan data belanja offline dan online yang Anda lakukan.
  2. Fitur penulisan anggaran pengeluaran bulanan yang bisa dibagikan dengan kekasih tersayang Anda.
  3. Fitur laporan keuangan bulanan dalam bentuk grafik dan chart yang menarik dan mudah dipahami.
  4. Akses bebas melalui desktop, aplikasi mobile maupun website.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Anda bisa memencet tautan berikut ini:

Download Wallet (Android)/Download Wallet (iOS)

7. Realbyte Money Manager Expense & Budget

Aplikasi money manager expense & budget dari Realbyte adalah salah satu aplikasi financial planning yang juga bisa membantu Anda mencatat keuangan bisnis. Dilengkapi dengan double entry bookkeeping accounting system, siap mencatat keuangan pribadi dan bisnis Anda dengan lebih terstruktur. 

Realbyte money manager expense & budget juga dilengkapi dengan kalender yang mana dalam kalender ini Anda bisa mencatat banyak pengeluaran rutin seperti tagihan dan cicilan sehingga Anda tidak akan telat melakukan pembayaran. 

Download Money Manager Expense & Budget (Android)/ Download Money Manager Expense & Budget (iOS)

8. Mint: Track Expenses and Save

Gabungkan semua pengeluaran offline dan online Anda menggunakan Mint. Dengan menggunakan Mint, Anda bisa menautkan aplikasi apapun yang sekiranya bisa menjadi sumber pengeluaran Anda mulai dari langganan Netflix, hingga pembiayaan investasi. Dengan demikian, Anda akan tahu berapa biaya langganan aplikasi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. 

Keistimewaan lain dari aplikasi ini adalah Anda bisa membuat custom menu dan sub menu hingga tak terhingga. Akibatnya, Anda akan mendapatkan data laporan keuangan bulanan yang sangat rinci. 

Saat ini, pihak developer Mint juga telah bekerjasama dengan berbagai platform investasi crypto seperti Coinbase, Binance dan lain sebagainya sehingga Anda bisa memantau hasil investasi crypto hanya dengan satu aplikasi saja. 

Download Mint (Android)/ Download Mint (iOS)

9. Spendee

Buat catatan tabungan harian Anda dengan menautkan aplikasi investasi, mobile banking dan e-wallet ke aplikasi Spendee. Spendee adalah aplikasi pengeluaran bulanan yang bisa membantu Anda menelusuri pengeluaran bulanan Anda dengan menautkan berbagai aplikasi ke aplikasi ini. 

Adapun fitur terbaru dari aplikasi ini adalah Spendee juga bisa ditautkan dengan berbagai crypto wallet yang Anda miliki. Dengan demikian, melalui aplikasi ini Anda juga bisa memantau kemana saja perginya coin dan token crypto yang Anda miliki. 

Pihak Spendee mengklaim bahwa aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 3 juta orang pengguna di seluruh dunia. Termasuk di antaranya 1 juta pengguna Google Play Store dan ribuan pengguna iPhone. 

Download Spendee (Android)/ Download Spendee (iOS).

10. Fast Budget

Aplikasi pencatat pengeluaran terbaik kesepuluh adalah Fast Budget atau anggaran cepat. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna Google Play Store dan mendapat review 4.8 dari 5 bintang di aplikasi tersebut. 

Hal ini bukannya tanpa alasan. Sebab selain menyediakan berbagai fitur dasar seperti pencatatan transaksi pengeluaran dan pemasukan, fast budget juga dilengkapi dengan tampilan data statistik yang detail dan bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan pengguna. 

Download Fast Budget (Android)/ Download Fast Budget (iOS)

11. 1Money

Platform pencatatan pengeluaran dan pemasukan lain yang patut untuk Anda coba adalah 1Money. Meskipun hanya tersedia di Google Play Store, nyatanya aplikasi yang dirilis oleh Pixelrush pada tahun 2017 ini berhasil diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna dan mendapatkan review yang bagus. 

Selain menawarkan fungsi dasar seperti pencatatan tabungan harian, data uang keluar masuk, banyak pengguna yang memuji aplikasi ini memiliki user interface (UI) yang bagus dan mudah digunakan. Selain itu, dengan biaya langganan yang cukup terjangkau, aplikasi ini bisa dipakai di handphone dan desktop.

Download 1Money (Android)

12. Expense Manager

Aplikasi pencatatan pengeluaran dan pemasukan pribadi terbaik yang terakhir adalah expense manager dari Bishinews. Dalam deskripsi aplikasinya, Bishinews mendeklarasikan bahwa aplikasi ini gratis dan tidak ada biaya tersembunyi apapun.

Meskipun gratis, nyatanya fitur yang disediakan aplikasi ini cukup lengkap mulai dari pencatatan pengeluaran dan pemasukan, laporan data dalam bentuk chart, pengaturan biaya rutin hingga pemberitahuan kalau ada tagihan dan cicilan yang belum dibayar.

Download Expense Manager (Android)/ Download Expense Manager (iOS)

Perlu Anda ingat bahwasanya ke-12 aplikasi diatas hanya berperan sebagai alat bantu. Sukses atau tidaknya Anda mencapai tujuan keuangan yang Anda inginkan pada akhirnya tetap tergantung dengan kedisiplinan Anda dalam mematuhi anggaran keuangan yang Anda buat sendiri. 

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.