Lompat ke konten

10 Aplikasi Investasi Terbaik Untuk Pemula (2022)

Aplikasi investasi terbaik untuk pemula

Perkembangan teknologi telah membuat banyak hal menjadi lebih mudah, termasuk dalam hal investasi. Jika beberapa tahun lalu Anda harus pergi ke kantor perusahaan sekuritas untuk menanamkan modal, kini tersedia banyak aplikasi investasi terbaik yang cocok untuk pemula. 

Namun demikian, perkembangan teknologi yang kian masif juga mendorong pertumbuhan aplikasi atau website investasi ilegal. Padahal setiap aplikasi investasi harus terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Oleh karena itu, berikut 10 aplikasi investasi terbaik untuk membantu Anda berinvestasi sebagai seorang pemula. 

1. Pegadaian Digital

Emas adalah salah satu safe haven dalam investasi karena harganya yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Salah satu aplikasi yang menawarkan investasi emas adalah pegadaian digital. Pegadaian digital adalah aplikasi yang dirilis oleh perusahaan BUMN yaitu PT Pegadaian (Persero) pada tahun 2018 untuk memfasilitasi nasabah yang ingin bertransaksi secara online. 

Dengan memiliki aplikasi satu ini, Anda bisa membeli dan mencairkan tabungan emas, mengetahui harga emas harian hingga menggadaikan kepemilikan emas yang Anda miliki. Nantinya, hasil penjualan akan dikirim langsung ke rekening bank Anda. 

Untuk bertransaksi melalui aplikasi ini, Anda harus memiliki rekening tabungan emas pegadaian terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengunjungi kantor pegadaian terdekat dengan membawa berbagai persyaratan seperti, KTP, KK dan lain sebagainya. 

Perlu Anda ingat bahwasannya aplikasi pegadaian digital ini adalah untuk transaksi reguler. Sementara jika Anda ingin bertransaksi secara syariah, Anda harus mengunduh aplikasi pegadaian digital syariah dan membuat rekening tabungan emas di kantor pegadaian syariah terdekat. 

2. Pluang

Aplikasi lain yang menyediakan layanan investasi emas adalah aplikasi Pluang. Sama seperti aplikasi Pegadaian Digital, Anda juga bisa menabung emas di aplikasi ini. Selain itu, Anda juga mencairkan emas yang Anda tabung ke dalam bentuk emas batangan. 

Namun bedanya, aplikasi Pluang tidak hanya menyediakan investasi emas saja tetapi juga instrumen investasi lain seperti, reksa dana, indeks saham Amerika dan bahkan aset crypto. Oleh sebab itu, Pluang adalah aplikasi yang cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi di beberapa jenis instrumen sekaligus. 

Saat ini aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store dan mendapat rating 4,4 dari 5 bintang. Dari segi legalitas, Pluang tidak hanya terdaftar dan diawasi oleh OJK tetapi juga terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI, selaku regulator dan pengawas transaksi komoditi berjangka di Indonesia. 

3. Bareksa

Aplikasi investasi terpercaya selanjutnya adalah Bareksa. Bareksa adalah aplikasi investasi reksa dana yang didirikan oleh PT Bareksa Portal Investasi pada tahun 2013 dan mendapatkan lisensi dari OJK sebagai agen penjualan reksa dana (APERD) pada tahun 2016. 

Sebagai salah satu perusahaan teknologi keuangan (fintech) pertama yang mendapatkan lisensi ini, kini Bareksa telah menyediakan 130 produk reksa dana dari 30 lebih perusahaan manajer investasi. Tidak hanya itu, Bareksa juga melebarkan sayapnya ke instrumen investasi yang lain termasuk Surat Berharga Nasional (SBN), emas, dan tabungan umroh. 

Saat ini aplikasi Bareksa telah diunduh oleh lebih dari 500 pengguna dan mendapatkan rating 4,6 dari 5 di Google Play Store. Hal ini berarti bahwa perusahaan penyedia aplikasi ini berkomitmen untuk memberikan pengalaman investasi terbaik bagi pengguna. 

4. Bibit

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang paling direkomendasikan untuk pemula. Alasannya adalah untuk investasi reksa dana hanya membutuhkan uang minimal Rp. 10.000 dan aset investor akan dikelola langsung oleh manajer investasi sehingga investor tidak perlu bingung mengelola aset mereka. 

Salah satu aplikasi investasi terpercaya yang menjual produk investasi ini adalah Bibit. Bibit adalah aplikasi yang dirilis oleh PT. Bibit Tumbuh Bersama pada tahun 2019. Tiga tahun sejak aplikasi ini dirilis, Bibit telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna dan mendapatkan rating sebesar 4.5 dari 5 bintang di Google Play Store.

Untungnya, cara investasi di aplikasi Bibit sangat mudah, karena layanan ini memang didesain dengan UI/UX yang sangat gampang dimengerti pemula.

Kini sudah ada lebih dari 100 produk reksa dana di aplikasi Bibit. Reksa dana ini terdiri dari berbagai macam mulai dari reksa dana pasar uang hingga reksa dana global. Untuk membantu investor memilih dari 100 lebih reksa dana ini, aplikasi ini telah memiliki fitur robo advisor yang bisa mengotomasi reksa dana pilihan investor sesuai dengan tipe risiko dan tujuan investasinya.

Tidak hanya reksa dana, sejak Januari tahun 2022 aplikasi Bibit juga menyediakan produk obligasi pemerintah (SBN) sebagai instrumen investasi alternatif untuk investasi jangka menengah (lebih dari 3 tahun). Lebih dari itu, aplikasi Bibit juga bekerja sama dengan Stockbit sehingga memudahkan investor yang tidak hanya ingin investasi reksa dana tetapi juga masuk ke pasar saham.

5. Stockbit

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang paling populer namun memiliki risiko yang cukup tinggi. Maka dari itu, investasi saham tidak boleh dilakukan di sembarang aplikasi. Aplikasi tersebut harus terdaftar di OJK dan biasanya bekerjasama dengan perusahaan jasa sekuritas yang juga legal. 

Stockbit adalah aplikasi investasi untuk pemula yang ingin masuk ke dalam pasar saham. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2017 oleh PT. Stockbit Investa Bersama, sebuah perusahaan software yang bermarkas di Jakarta Selatan. Pada akhir tahun 2021 lalu, perusahaan ini melakukan merger dengan perusahaan sekuritas PT. Mahakarya Artha Sekuritas dan secara resmi berganti nama menjadi PT. Stockbit Sekuritas Digital. 

Dari segi fitur, fitur jual beli saham yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup lengkap mulai dari analisis teknis, data pergerakan chart, data keuangan perusahaan dan lain sebagainya. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah pengguna bisa membuat akun Stockbit melalui aplikasi Bibit, sebuah aplikasi jual beli reksa dana yang masih berada dalam payung perusahaan yang sama. 

Saat ini aplikasi Stockbit telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dan mendapatkan rating 3,9 dari 5 bintang di Google Play Store. Untuk lengkapnya, baca review stockbit beserta kelebihan dan kekurangannya yang telah kami ulas mendalam.

6. IPOT

IPOT menjadi salah satu aplikasi investasi yang cocok untuk pemula karena beberapa faktor yaitu, pertama dirilis oleh perusahaan sekuritas secara langsung, kedua tidak hanya menawarkan saham, tetapi juga reksa dana dan ETF dan yang ketiga adalah diawasi oleh OJK. 

Selain itu, IPOT juga menawarkan investasi syariah yang bebas margin trading dan bunga. Dalam hal ini, investor dengan akun syariah bisa memperjualbelikan saham-saham reguler akan tetapi investor dengan akun reguler tidak bisa serta merta bertransaksi secara syariah.

Terobosan lain dari IPOT adalah pendaftaran rekening saham secara online kurang dari 1 jam. Calon pengguna tinggal mengunduh aplikasi ini, mengisi formulir yang tersedia dan mengunggah foto selfie dan sekenan kartu identitas.

Selain itu, salah satu kelebihan IPOT adalah adanya fitur EZ yang sangat bersahabat dengan pemula.

IPOT adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan sekuritas PT. Indo Premier Sekuritas. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, maka tidak heran jika hingga kini aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang pengguna dan mendapatkan review 4.4 dari 5 bintang. 

7. Ajaib

Aplikasi investasi untuk pemula yang ketujuh adalah Ajaib. Aplikasi yang menawarkan investasi saham dan reksa dana ini dirilis sejak tahun 2019 dan kini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store. 

Ajaib dirilis oleh Ajaib Group, sebuah group perusahaan yang menaungi perusahaan sekuritas PT Ajaib Sekuritas Asia dan PT Takjub Teknologi Indonesia. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2018, perusahaan ini terus mengembangkan produknya. Banyak fitur Ajaib yang dapat dinikmati oleh pengguna, terutama investor pemula.

Selain menawarkan fee investasi yang terjangkau, terakhir Ajaib Group menawarkan transaksi margin online pertama di Indonesia.

8. Koinworks

Jika Anda ingin mengembangkan portofolio investasi Anda lebih lanjut di luar pasar modal dan pasar keuangan, maka Anda bisa berinvestasi di platform P2P Lending. P2P Lending adalah platform yang menyalurkan pinjaman dari investor secara langsung kepada peminjam (tanpa lewat mekanisme bursa). Koinworks adalah salah satu aplikasi P2P Lending paling bagus di Indonesia saat ini. 

Koinworks didirikan pada tahun 2016 sebagai perusahaan P2P Lending. Seiring dengan berjalannya waktu, kini Koinworks tidak hanya menyediakan layanan investasi orang ke orang melainkan juga dari investor ke produk investasi lain termasuk emas dan surat berharga. 

Lebih dari itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur koin robo atau robot trading yang siap membantu investor mengelola aset mereka dengan tingkat imbal hasil yang bisa diprediksi. Per Maret 2022, aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store dengan 600.000 pengguna aktif dan rating sebesar 4.3 dari 5 bintang.

9. Akseleran

Aplikasi P2P Lending legal lainnya yang cukup populer adalah Akseleran. Akseleran adalah aplikasi peer to peer lending yang dirilis pada tahun 2018. Saat ini aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna dan mendapatkan rating 4.2 dari 5 bintang di Google Play Store. 

Selain legalitas terjamin, salah satu keistimewaan aplikasi P2P Lending ini adalah investor dapat mengetahui profil ringkas, risiko dan memilih peminjam langsung di dashboard mereka. Meskipun misinya untuk menyambungkan UMKM dengan investor, namun akseleran juga menyediakan pinjaman individu dengan nilai bunga kompetitif.

10. Asetku

Asetku adalah aplikasi lending yang dikembangkan oleh PT. Pintar Inovasi Digital pada tahun 2017. Platform ini menjadi salah satu aplikasi investasi terpercaya karena sudah terdaftar di OJK dengan nomor pendaftaran S-1110/NB.213/2018.

Saat ini Asetku telah dipercaya sebagai perusahaan lending oleh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store dengan jumlah pinjaman yang disalurkan lebih dari 42 triliun rupiah. Platform ini juga dilengkapi dengan asuransi untuk kredit gagal bayar sehingga apabila peminjam gagal mengembalikan uang Anda, Anda masih bisa mengajukan klaim asuransi. 

Kesimpulan

Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang bisa Anda coba mulai dari yang paling aman seperti emas, sampai yang paling berisiko seperti peer to peer lending. Apapun instrumen investasi yang Anda pilih, pastikan Anda memilih aplikasi investasi terbaik. 

Caranya adalah dengan memeriksa legalitas aplikasi tersebut, mengecek review pengguna di internet serta cari referensi bagaimana kualitas investasi di aplikasi tersebut. Sebab, kesuksesan investasi kini berawal dari aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.