8 Aplikasi P2P Lending Terbaik di Indonesia, Terdaftar di OJK (2021)

Aplikasi Peer to Peer Lending Terbaik

Saat ini sudah banyak platform P2P lending yang bermunculan, seiring dengan meningkatnya minat investasi di Indonesia. Tercatat fintech yang terdaftar di OJK saat ini ada lebih dari 130 platform. Jika Anda belum fasih dengan investasi model ini, kami pernah membahas lengkap tentang apa itu P2P lending.

Memilih platform paling bagus harus memperhatikan tingkat bunga, TKB, dan produk pendanaan.

Berikut rekomendasi aplikasi P2P lending terbaik di Indonesia yang sudah terdaftar OJK di 2021.

1. Investree

Investree

Investree merupakan fintech lending yang menjadi platform bantuan pinjaman secara digital untuk para pebisnis seperti perusahaan dan UKM. Investree termasuk peer to peer lending yang dipercaya oleh banyak lender dan borrower di Indonesia, karena punya banyak kelebihan dan nilai TKB total mencapai 97,88%.

Salah satu fasilitas dari Investree yang paling banyak disukai adalah kebanyakan pinjamannya memiliki jaminan giro mundur untuk mengganti modal lender yang dipinjamkan kepada borrower yang gagal bayar. Jadi, Anda tidak perlu takut kehilangan banyak modal ketika berinvestasi pada P2P Investree. Sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin risiko rendah.

Ada banyak produk pendanaan yang bisa Anda pilih di antaranya SBN Ritel, Reksadana dan Pendanaan pinjaman. Minimal pendanaan sebagai lender adalah Rp 1 juta dan maksimal Rp 50 juta. Sedangkan untuk pinjaman tersedia working capital term loan, invoice financing, online seller financing dan buyer financing.

Dengan fitur lengkap dan jaminan baik, menurut kami Investree adalah aplikasi P2P lending terbaik saat ini.

2. Amartha

Amartha

Amartha adalah perusahaan teknologi keuangan peer to peer berbasis syariah di Indonesia yang telah beroperasi lebih dari 1 dekade. Kelebihan yang Anda dapatkan sebagai lender adalah Anda berpeluang memperoleh keuntungan 11% sampai 15% per tahun dan cahsflow mingguan. Untuk menjadi lender di Amartha, Anda bisa mengajukan pendanaan minimal sebesar Rp 3 juta saja.

Proses penyaluran pinjaman dana ke pihak penerima pinjaman dilakukan pengawasan ketat dengan menggunakan credit scoring. Jadi Anda bisa melihat mana perusahaan atau pelaku bisnis yang memiliki skor rendah, sebelum melakukan pendanaan.

Untuk menjadi borrower di Amartha, Anda bisa mulai dengan plafon RP 3 juta dan tenor 3,6 dan 12 bulan. Untuk berinvestasi di Amartha, Anda tidak perlu khawatir karena TKB mencapai 99,04%.

3. KoinWorks

KoinWorks

KoinWorks merupakan aplikasi peer to peer lending yang menyediakan pinjaman usaha dan tabungan bisnis. KoinWorks bisa memberikan pinjaman modal tanpa agunan dengan nilai fantastis yaitu Rp 2 Miliar. Dengan nominal ini Anda bisa memenuhi kebutuhan bisnis seperti membuat gudang, ekspansi cabang dan eksplorasi produk.

Aplikasi ini menawarkan beberapa produk keuangan untuk bisnis dan personal. Produk investasi dan pendanaan di antaranya KoinP2P, KoinRobo, KoinGold dan KoinBond. Sedangkan produk pinjaman ada KoinGaji.

Kelebihan KoinWorks untuk produk pendanaan adalah bisa dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp 100 ribu. Peluang bunga yang dihasilkan cukup tinggi, bisa mencapai 21,3% per tahun. Tingkat Keberhasilan Pengembalian (TKB) KoinWorks juga di atas 98%.

4. Modalku

Modalku

Modalku adalah platform pendanaan dan pinjaman digital yang menawarkan pinjaman modal bisnis tanpa agunan mencapai Rp 2 Miliar. Produk pinjaman Modalku terdiri dari Virtual kredit plafon hingga Rp 500 juta, Modal Kawan Mikro plafon hingga Rp 250 juta dan Invoice Financing dengan plafon hingga Rp 2 Miliar.

Modalku banyak membantu pihak peminjam seperti UMKM karena proses pengajuannya cepat dan mudah, bisa lewat online dan tentunya terpercaya karena telah terdaftar dan diawasi OJK. Penyaluran kredit mikro adalah salah satu jenis dari peer to peer lending.

Sedangkan bagi lender atau pemberi dana bisa mendapat keuntungan hingga 17% per tahun, dengan minimal pendanaan di Modalku mulai dari Rp 100 ribu. Anda tidak perlu ragu untuk invest di Modalku, karena TKB total Modalku mencapai 93,91%.

5. Asetku

Asetku

Asetku adalah perusahaan P2P lending terpercaya di Indonesia yang menawarkan fasilitas menguntungkan bagi lender maupun borrower. Ada banyak kelebihan pada Asetku seperti proses pinjaman atau pendanaan yang sangat cepat dan punya asuransi kredit. Selain itu Asetku memiliki tingkat TKB 90 sebesar 100%.

Asetku juga didukung dengan teknologi machine learning yang bisa mengawasi tingkat resiko. Jadi dana Anda akan aman dan Anda bisa mendapat jaminan pengembalian dana awal.

Bagi Anda yang tertarik menjadi lender, Asetku menawarkan bunga sebesar 22% per tahun. Anda bisa mulai mendanai dengan minimal modal Rp 1 juta. Jadi layanan ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam investasi di peer to peer lending.

6. TaniFund

TaniFund

Bagi yang ingin mulai investasi peer to peer lending dengan modal kecil, Anda bisa pertimbangkan untuk memilih aplikasi TaniFund. Platform ini juga menawarkan bunga cukup besar sehingga 18%.

TaniFund seperti namanya adalah jenis perusahaan P2P lending yang fokus mendanai bidang usaha pertanian di Indonesia. Jika Anda ingin membantu menyejahterakan para petani dengan bantuan modal dan juga menghasilkan keuntungan, jangan ragu untuk menggunakan TaniFund.

Kelebihan TaniFund adalah bukan hanya penyalur modal, namun pihak TaniFund memiliki pendamping lapangan yaitu para pakar pertanian untuk memastikan Dana Anda akan aman dan berkembang dengan baik.

7. Danamas

Danamas

Danamas merupakan platform P2P Lending Milik PT Sinarmas terbaik di Indonesia dengan nilai TKB mendekati 100%. Itu artinya, Danamas bisa mengelola tingkat pinjaman yang bermasalah. Saat artikel ini ditulis, TKB total Danamas mencapai 99,98%.

Pihak Danamas selalu memastikan proses seleksi peminjam dilakukan dengan ketat, jadi borrower terdaftar memang terbukti memiliki usaha yang baik dan menghasilkan keuntungan.

Melalui Danamas, Anda bisa menjadi investor atau lender hanya dengan modal Rp 500 ribu saja, Anda juga bisa menentukan sendiri hasil atau return yang diinginkan.

Bagi pihak Peminjam, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal untuk keperluan pribadi atau usaha seperti petani dan peternak, pedagang pulsa dan pinjaman Invoice Financing. Anda bisa mendapat pinjaman modal usaha dengan syarat dan proses mudah diantaranya, WNI min usia 21, punya rekening di Bank Sinarmas. KTP dan punya usaha produktif.

8. Akseleran

Akseleran

Berdasarkan pengalaman kami menggunakan Akseleran selama 3 tahun terakhir, Akseleran merupakan fintech P2P lending terbaik di 2021. Pasalnya Akseleran memberikan bunga besar bagi lender hingga 16% per tahun. Proses pemberian pinjaman sangat mudah dan terpercaya.

Untuk menjadi lender, Anda bisa mulai dari Rp 100 ribu tanpa tambahan biaya apa pun. Anda juga bisa investasi reksa dana melalui Akseleran, jadi sambil menunggu hasil keuntungan dari pendanaan, Anda bisa mendapat manfaat lain dari Reksadana.

Kelebihan Akseleran adalah memiliki fitur “Auto Lending” yaitu fitur yang memungkinkan lender untuk memberikan pinjaman otomatis. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari peluang pinjaman yang sesuai dengan keinginan. Dana Anda juga terhitung aman karena Akseleran memiliki nilai TKB 90 yaitu 99.37%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *