Lompat ke konten

10 Aplikasi yang Mendukung QRIS

Aplikasi yang Mendukung QRIS

Hingga saat ini, hampir seluruh layanan keuangan di Indonesia sudah mendukung QRIS, antara lain dompet digital, mobile banking, maupun transaksi melalui merchant atau pedagang. Hal ini karena sesuai dengan kebijakan dari Bank Indonesia sejak Januari 2020 bahwa semua transaksi harus menggunakan QR code nasional dari QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Sehingga selama masa perkembangannya, transaksi menggunakan QR code nasional pun jadi semakin pesat dan mudah dilakukan.

Sudah banyak aplikasi dan payment gateway yang mendukung QRIS untuk melakukan transaksi non tunai, jadi apapun pembayarannya pasti jadi lebih mudah karena hanya menggunakan satu jenis barcode saja dari QRIS.

Kode QR nasional telah terhubung di berbagai aplikasi seperti dompet digital dan mobile banking, jadi jauh lebih mudah untuk melakukan transaksi apapun secara cashless. Jadi semua penyedia jasa layanan aplikasi dompet digital dan mobile banking harus menyertakan satu kode QR nasional saja.

Aplikasi dompet digital dan mobile banking memang sudah sangat melekat dalam gaya hidup kebanyakan orang di Indonesia untuk melakukan bermacam-macam transaksi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai macam aplikasi yang mendukung QRIS. Simak uraiannya di bawah ini.

1. DANA

DANA adalah dompet digital atau e-wallet termasuk salah satu aplikasi yang mendukung QRIS dalam sistem pembayaran non tunainya. Stiker kode QR yang lama per tanggal 1 Januari 2020 sesuai kebijakan dari bank Indonesia, sudah diganti menjadi kode QRIS. Jadi, stiker lama DANA secara otomatis sudah tidak dapat digunakan lagi untuk melakukan pembayaran non tunai.

Adanya QRIS mempermudah para merchant agar tidak perlu kerepotan lagi dalam mengatur QR code sendiri. Oleh karena itu, adanya kebijakan tersebut membuat segala bentuk transaksi jadi lebih praktis sekaligus cepat. Secara garis besar, semua prosedurnya pun sama saja dan tidak ada perubahan sama sekali ketika memindai kode.

2. OVO

Aplikasi OVO mendukung QRIS sebagai sistem pembayaran menggunakan QR code nasional berdasarkan kebijakan resmi dari Bank Indonesia. Metode pembayarannya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, hanya diganti dengan pemindaian QRISOVO. Selain itu, Anda pun tidak dikenakan biaya tambahan saat melakukan pembayaran melalui pemindai karena sesuai kebijakannya, MDR (Merchant Discount Rate) adalah 0%.

Sama seperti pada jenis e-wallet lainnya, di OVO hanya bisa bertransaksi menggunakan satu jenis kode QR saja. Jadi, Anda hanya perlu mengirimkannya ke konsumen untuk melanjutkan pembayaran non tunai. Lalu, kode yang lama sudah tidak dapat dipakai lagi karena tidak berlaku.

3. ShopeePay

Layanan ShopeePay pada aplikasi Shopee sudah bisa menggunakan QRIS untuk melakukan segala transaksi secara lebih mudah. Adanya fitur mengunggah kode QR tersebut dari galeri smartphone, dapat mempermudah para merchant untuk membagikan kode QRIS kepada para pelanggannya yang hendak membayar pesanan secara virtual atau jarak jauh. Oleh karena itu, adanya kemudahan ini tidak ada ruginya jika diterapkan.

Shopee terus berinovasi untuk memfasilitasi para penggunanya melakukan berbagai transaksi yang lebih cepat namun juga praktis. Kemudian dengan adanya QRIS, segala pembayaran pun menjadi semakin mudah.

4. Mobile Banking BCA

Selain dompet digital, kini aplikasi mobile banking pun juga dilengkapi QRIS, salah satunya adalah Bank Central Asia (BCA). Adanya QR code nasional tersebut memang sangat memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan kepada para penggunanya ketika melakukan pembayaran non tunai untuk transportasi, toko, dan sebagainya yang telah ada logo QRIS.

Anda tidak perlu melakukan top up saldo sebelum membayar, sebab memindai kode QRIS bisa dilakukan melalui mobile banking BCA langsung dan menggunakan saldo rekening yang ada. Oleh karena itu, segala transaksi menjadi lebih nyaman dan tidak ribet karena tak perlu mengisi saldo terlebih dahulu.

5. LinkAja

Melakukan pembayaran di manapun dan kapanpun semakin mudah hanya dengan memindai QR code di LinkAja, yaitu QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. Hal ini karena QRIS sudah tersedia pada semua aplikasi penyedia jasa pembayaran, yakni menggunakan stiker kode QR nasional.

Cara menggunakannya untuk membayar pun juga sangat mudah, tinggal membuka aplikasi LinkAja kemudian tinggal melakukan scan pada kode QRIS di merchant, lalu selesai. Maka dari itu, gunakan LinkAja untuk membantu Anda membayar secara virtual tanpa repot menyiapkan uang tunai.

6. Mobile Banking BRI

Mobile banking BRI sudah mendukung QRIS untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant secara praktis tanpa perlu melakukan pengisian saldo terlebih dahulu. Sebab sistemnya adalah non tunai atau cashless, Anda tidak perlu menyiapkan uang pas dan pedagang tak perlu repot pula menyiapkan uang kembalian. Konsumen hanya perlu memindai kode yang sudah disediakan oleh merchant menggunakan mobile banking BRI untuk membayar produk.

Adanya metode pembayaran tersebut di mobile banking BRI memudahkan pelanggan mengantri dengan cepat. Anda pun tak perlu menginstall aplikasi tambahan agar dapat melakukan transaksi.

7. GoPay

Seperti telah diketahui, adanya QRIS sangat membantu para merchant dan konsumen untuk bertransaksi secara virtual atau tanpa tunai. Apalagi tak perlu pula menyediakan aplikasi tambahan lainnya karena saat ini hampir seluruh penyedia jasa pembayaran telah menyediakan kode QRIS untuk dipindai saat konsumen hendak membayarkan pesanannya.

GoPay adalah salah satu metode pembayaran yang menyediakan kemudahan tersebut, tidak perlu menambah aplikasi lagi karena hanya bisa discan melalui aplikasi GoJek. Selain itu, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh cashback dan voucher menarik jika membayar dengan memindai kode QRIS pada merchant.

8. Mobile Banking BNI

Melakukan berbagai macam pembayaran semakin mudah jika memakai metode scan kode dari QRIS melalui mobile banking BNI. Hanya perlu memindai kode, segala proses transaksi bisa dilakukan secara cepat, aman, sekaligus praktis. Jadi, tak perlu ragu apabila melakukan metode pembayaran seperti ini.

Bertransaksi melalui mobile banking BNI sangat aman dan cepat jika menggunakan QRIS. Keuntungan lainnya adalah terdapat banyak sekali program menarik yang diadakan oleh pihak BNI kepada para konsumen maupun merchant. 

9. Livin’ By Mandiri

Kemudahan transaksi di aplikasi Livin’ By Mandiri juga mendukung pembayaran melalui QRIS, di mana satu kode bisa dilakukan untuk semua pembayaran. Jadi, merchant pun tak perlu menyiapkan berbagai macam kode berbeda ketika ada pelanggan hendak membayar pesanannya. Di aplikasi Livin’ By Mandiri pun, segala transaksi menggunakan kode QR nasional juga sangat mudah, hanya tinggal memindainya kemudian transaksi berhasil.

Adanya keunggulan dari QRIS yang diterapkan pada mobile banking seperti Mandiri yaitu tidak perlu takut apabila tak membawa uang tunai. Sehingga pelanggan tetap bisa membayar tanpa kerepotan mencari uang pas dan merchant tak perlu kesusahan menyiapkan kembalian.

10. Mobile Banking Danamon

Mobile banking Danamon juga mendukung pembayaran melalui QRIS guna mempermudah para nasabahnya melakukan proses transaksi ke merchant tanpa harus repot mengunduh aplikasi tambahan di smartphone. Maka dari itu, hal tersebut sangat memudahkan bagi pelanggan maupun merchant.

Adanya aplikasi yang mendukung QRIS sangat memudahkan konsumen dan merchant dalam melaksanakan macam-macam transaksi hanya dengan satu kode QR saja. Sehingga, tak perlu repot menyediakan uang tunai pas untuk membayar dan pedagang tak harus ribet menyediakan kembalian.Tertarik mendaftar QRIS untuk usaha? Klik di sini.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.