Lompat ke konten

Review Livin’ by Mandiri: Kelebihan dan Cara Daftar (2022)

Review Lengkap Livin' by Mandiri

Livin’ by Mandiri merupakan aplikasi mobile banking dari Bank Mandiri yang membantu nasabah untuk kelola keuangan dengan mudah. Livin’ by Mandiri telah mengalami pembaharuan dari yang sebelumnya berlogo biru, saat ini berlogo kuning dengan hadirnya beberapa fitur baru.

Sederet fitur canggih, mulai dari tarik tunai tanpa kartu, fitur e-wallet, buka rekening (tabungan, deposito, rencana) hingga mengajukan kartu kredit bisa dilakukan dengan mudah via aplikasi ini.

Bagi Anda nasabah Bank Mandiri atau yang ingin mendaftar sebagai nasabah baru, review Livin’ by Mandiri berikut akan menjelaskan tentang cara pendaftaran, fitur dan keunggulannya.

Mengenal Livin’ by Mandiri

Livin’ by Mandiri adalah aplikasi perbankan dari PT Bank Mandiri Tbk dengan konsep financial superapp.

Nasabah Bank Mandiri tidak perlu lagi cetak buku tabungan untuk melihat mutasi transaksi, bayar belanja dengan uang cash, bebas tarik tunai meski tanpa bawa kartu dan terhubung dengan platform keuangan lain.

Livin’ by Mandiri dikategorikan sebagai aplikasi mobile banking, bukan merupakan bank online seperti Bank Jago dan Jenius.

Login aplikasi Livin' by Mandiri

Cara Daftar Livin’ by Mandiri

Cara mendaftar Livin’ by Mandiri berbeda untuk nasabah dan calon nasabah. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Daftar Livin’ Untuk Nasabah Bank Mandiri

Bagi Anda nasabah Bank Mandiri, bisa langsung melakukan aktivasi. Cara aktivasi dan daftar Livin’ by Mandiri cukup 7 langkah saja, dengan tampilan yang sangat mudah dan tanpa ribet.

1. Install Aplikasi

Anda bisa download aplikasi Livin’ by Mandiri di App Store atau Google Play, lalu install di smartphone. Pastikan aplikasi berlogo kuning emas dan dengan status developer PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Kemudian buka aplikasi Livin’, lalu pilih opsi Punya Kartu Debit/Kredit Mandiri.

2. Masukkan Informasi Data Kartu Debit dan Kredit

Masukkan informasi data kartu debit seperti Nomor Kartu, Bulan dan Tahun kadaluarsanya. Begitupun dengan kartu kredit.

3. Input Data Tanggal Lahir

Memasukkan data tanggal lahir yang sesuai dengan kartu identitas Anda (KTP).

4. Verifikasi Nomor HP

Proses verifikasi nomor hp dilakukan melalui kode unik (kombinasi angka dan huruf) yang dikirim via SMS. Pastikan ada sisa saldo pulsa di hp Anda, sesuai dengan tarif sms masing-masing operator yang berlaku.

5. Buat Password Aplikasi

Password aplikasi digunakan pada saat login ke aplikasi Livin’ by Mandiri. Buat password yang sesuai dengan keamanan Livin’ (kombinasi angka, huruf dan simbol).

6. Buat Pin Transaksi

Pin transaksi digunakan pada saat transaksi, misalnya transfer, pindah buku dan transaksi lain yang melibatkan perpindahan dana. Masukkan pin (6 angka) dan lakukan konfirmasi pin.

7. Masukkan Pin Kartu Debit / Kartu Kredit

Silahkan masukkan kode PIN Kartu Debit dan PIN Kartu Kredit Anda yang berjumlah 6 angka.

Selesai.

Cara Daftar Livin’ Untuk Calon Nasabah Bank Mandiri

Cara buka rekening tabungan bagi calon nasabah Bank Mandiri sekarang tidak perlu datang ke kantor cabang, cukup instal Livin’ by Mandiri dan ikuti panduan berikut.

Verifikasi Data Rekening

  1. Silahkan buka aplikasi Livin’ by Mandiri > Belum Punya Rekening Mandiri > Buka Tabungan Ini.
  2. Pilih opsi Kartu Debit > Pilih
  3. Klik tombol Setuju pada opsi Syarat & Ketentuan (bisa baca terlebih dahulu)
  4. Akan muncul opsi bagikan data ke perusahaan afiliasi Bank Mandiri, klik Saya Bersedia (jika bersedia data Anda dibagikan)
  5. Proses verifikasi e-KTP. Silahkan upload foto e-KTP Anda (pastikan gambar dan tulisan terlihat jelas) > Gunakan
  6. Akan muncul data NIK otomatis, lalu isi bagian Nama Ibu Kandung > klik Lanjutkan
  7. Verifikasi e-KTP berhasil > klik Verifikasi
  8. Verifikasi nomor HP melalui kirim SMS > cek pesan masuk di SMS > Buka Aplikasi Livin’ kembali > verifikasi no HP selesai
  9. Masukkan email untuk dapat kode OTP > cek pesan email berisi OTP 6 digit lalu masukkan kode tersebut pada aplikasi Livin’
  10. Buat Password Aplikasi Livin’ yang digunakan saat ingin akses aplikasi
  11. Buat PIN transaksi yang digunakan saat transaksi

Verifikasi Data Diri

Langkah berikutnya, silahkan melengkapi data yang diminta seperti:

  1. Tujuan pembukaan rekening
  2. Alamat tinggal
  3. Pendidikan terakhir
  4. Pekerjaan
  5. Nomor kantor dan email kantor
  6. Lokasi kantor
  7. Bukti kepemilikan NPWP
  8. Tanda tangan
  9. Alamat pengiriman Kartu Debit
  10. Verifikasi wajah
  11. Selesai

Setelahnya, akan muncul informasi status pengiriman Kartu Debit Anda. Jadi Anda bisa tahu estimasi pengirimannya.

Kelebihan Livin’ by Mandiri

Berikut kelebihan aplikasi Livin’ by Mandiri yang bisa dinikmati nasabah:

1. Akses Aplikasi Secara Instan

Menu transfer, bayar, top up, e-money, tarik tunai, dan QR di beranda aplikasi
Menu yang bisa diakses di beranda aplikasi

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa jenis transaksi dengan cepat, misalnya:

  • Intip Saldo, cek saldo tabungan dan mutasi transaksi
  • Tarik Tunai, melalui ATM Mandiri meski tanpa bawa kartu debit
  • Instant e-money, untuk isi saldo berbagai e-money yang Anda miliki
  • Quick Pick, transfer, top-up, bayar tagihan dengan rekening tujuan yang difavoritkan.

2. Transaksi Cepat dengan Quick Pick

Quick pick merupakan fitur yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer, top-up atau bayar tagihan yang sama atau rutin. Misalnya Anda sering transfer untuk anggota keluarga, cukup simpan nomor rekening tujuan, lalu Anda bisa langsung menggunakannya di lain waktu, tanpa harus memasukkan no rekening secara manual lagi. Sangat efisien bukan?

3. Hubungkan E-wallet Dalam Satu Aplikasi

Dengan aplikasi Livin’ by Mandiri, Anda bisa menghubungkan e-money yang tersedia seperti LinkAja, Dana, OVO dan Gopay. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan topup, cek saldo e-Wallet dengan mudah, hanya dengan 1 aplikasi saja.

Menu e-wallet pada aplikasi Livin' by Mandiri
Menu e-wallet

Melalui Livin’, Anda tidak perlu lagi repot transfer dengan masukkan rekening atau nomor hp di e-Wallet, karena Anda bisa memindahkan dana langsung dari aplikasi Livin’.

Anda bisa mengaturnya melalui halaman login aplikasi atau lewat menu pengaturan di dalam aplikasi Livin’. Klik hubungkan dengan e-Money yang Anda pilih, masukkan nomor telepon e-Money, buat pin dan verifikasi. E-Wallet Anda sudah terhubung dengan aplikasi Livin’.

4. Tarik Tunai Tanpa Kartu

Selama ini proses tarik tunai bisa dilakukan dengan kartu debit melalui mesin ATM. Jika lupa membawa kartu debit atau hilang, jelas saja tidak bisa ambil uang tunai lewat ATM, hanya bisa via teller bank dan pasti sangat tidak efisien.

Melalui Livin’ by Mandiri, tarik tunai bisa dilakukan tanpa perlu kartu debit lagi. Dengan fungsi yang sama, Anda bisa tarik tunai dengan pecahan 100 rb, 200, 300, 400, 500 dan pilihan lainnya.

Opsi tarik tunai bisa ditemukan pada halaman utama aplikasi, masukkan nominal uang > buat kode token > memasukkan Epin > lalu pergi ke ATM > pilih menu Livin’ by Mandiri > Klik Withdrawal > masukkan nomor HP dan kode token > Selesai.

Dalam hal ini, Livin’ mirip dengan blu by BCA yang menerapkan sistem penarikan uang tanpa kartu. Dengan begitu, Anda tidak perlu ribet membawa kartu debit untuk melakukan penarikan tunai.

5. Transfer Cepat dengan BI Fast

Livin’ by Mandiri juga memiliki fitur transfer antar bank BI Fast dengan biaya rendah, hanya Rp. 2.500 dan limit hingga Rp 250 juta. Keunggulannya, Anda bisa kirim uang antar bank nggak hanya dengan nomor rekening melainkan bisa juga dengan nomor HP, alamat email.

Dalam hal ini, Livin’ by Mandiri masih kalah dengan bank lain seperti Bank Jago dan Blu by BCA yang tidak mengenakan biaya transfer antar bank. Salah satu keuntungan Bank Jago adalah nasabah memperoleh kuota untuk melakukan transfer antar bank tanpa dikenakan biaya.

6. Pengajuan Kartu Kredit Mudah

Kartu kredit punya banyak manfaat dalam transaksi sehari-hari. Anda bisa belanja dimanapun tanpa perlu bawa uang cash, bahkan kartu kredit juga mendukung pembayaran online di internasional.

Kabar baiknya, bagi nasabah Bank mandiri, proses pengajuan kartu kredit bisa Anda lakukan melalui Livin’. Sama seperti pengajuan kartu debit di atas, Anda hanya perlu melengkapi beberapa data seperti identitas diri, tempat tinggal dan seputar pekerjaan.

Untuk pemula, Mandiri memberikan limit mulai dari Rp 5 juta – Rp 300 juta dan biaya tahunan terjangkau, hanya Rp 300 ribuan saja.

Pengajuan Anda akan diproses selama 3 hari kerja.

Jika disetujui, Kartu kredit akan dikirim ke tempat tinggal yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

7. Online Shopping Payment

Aplikasi Livin’ juga bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan PLN, BPJS, Ecommerce, Pajak, Telekomunikasi, Asuransi, Air dan masih banyak lagi.

Anda nggak perlu lagi cari jasa pembayaran di luar, pakai uang cash, repot catat nomor tagihan dan hal lain, karena mulai sekarang bisa bayar sendiri dengan mudah.

Anda hanya perlu memasukkan nomor tagihan Anda di aplikasi Livin’ sesuai dengan tagihan yang mau Anda bayar > pilih sumber rekening dana (misalnya rek tabungan gold bisnis) > masukkan PIN > selesai,  saldo sesuai tagihan akan terpotong langsung dari dana tabungan gold bisnis Anda.

FAQ

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.