10 Rekomendasi Buku Investasi Terbaik Untuk Pemula, Investor Wajib Baca

Bacaan Wajib Investor

Sebelum memulai investasi, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya menambah wawasan seputar investasi, sehingga saat sudah terjun ke dunia tersebut akan lebih mudah melakukan banyak hal dengan pertimbangan yang tepat dan matang. Belajar dari buku investasi terbaik yang cocok untuk pemula bisa jadi salah satu solusi cepat, agar penanaman modal lancar dan menguntungkan. Anda bisa membeli buku fisik atau mencari dalam format PDF.

Membaca buku akan membuat Anda lebih paham banyak hal ketimbang menerapkan prinsip learning by doing. Karena, akan banyak hal-hal baru yang diketahui dan bisa dimanfaatkan ketika Anda nantinya berada di sebuah situasi yang membutuhkan solusi. Terutama di bidang investasi saham dan reksa dana yang sangat banyak rintangan.

10 Rekomendasi Buku Investasi Terbaik Untuk Investor Pemula

Bagi pemula hingga profesional di bidang investasi, belajar dari buku akan sangat membantu proses investasi berjalan lancar. Banyak buku yang menawarkan berbagai informasi fundamental investasi hingga trik-trik hebat agar berhasil mendapatkan cuan yang berlimpah.

Salah satu investasi yang sedang naik daun adalah saham, jadi buat Anda yang mau mencoba investasi tersebut. Berikut beberapa rekomendasi buku investasi terbaik yang cocok untuk investor pemula:

1. Investor Blueprint (Ryan Filbert Wijaya)

Investor Blueprint (Ryan Filbert Wijaya)
Sumber: websearch101.com

Investor Blueprint adalah buku tentang investasi Bahasa Indonesia terbaik. Buku ini memberikan informasi penting tentang bagaimana berinvestasi yang tepat untuk berbagai kalangan. Sebab, pada dasarnya beda orang akan beda pula alasan investasi dan cara yang perlu dilakukan. Semua berhubungan dengan banyak hal terutama finansial dan kesiapan untuk berinvestasi.

Buku ini ditujukan untuk investor pemula yang ingin mencoba peruntungan di dunia investasi. Baik itu yang memiliki modal besar maupun modal terbatas. Penasaran seperti apa instruksi dari Ryan Filbert Wijaya ini?

2. Invested (Danielle and Phil Town)

Invested (Danielle and Phil Town)
Sumber: apple.com

Berinvestasi dari muda memang akan memberikan dampak signifikan untuk masa depan. Buku ini memberikan pemahaman bagaimana langkah yang diambil seorang Danielle dalam belajar investasi sejak muda.

Dari yang awalnya anti investasi menjadi seseorang yang mumpuni menghasilkan banyak keuntungan dari berbagai investasi yang dimilikinya. Banyak hal yang harus diketahui sejak muda, sebelum memulai investasi pada waktu yang tepat.

Selama 12 bulan, Danielle mencoba belajar investasi dari nol dan dituangkannya dalam buku yang sangat menarik ini.

3. Nabung Saham Sekarang (Ellen May)

Nabung Saham Sekarang (Ellen May)
Sumber: ellen-may.com

Buku investasi saham terbaik dalam Bahasa Indonesia lainnya adalah Nabung Saham Sekarang karya Ellen May. Saking bagusnya, ratingnya mencapai 3.95 di situs review internet.

Salah satu jenis investasi yang sedang booming saat ini adalah saham, ditambah pula banyak aplikasi online yang memfasilitasi orang-orang yang ingin menginvestasikan modalnya di bursa saham.

Jika tidak memiliki strategi dan pemahaman yang tepat tentang saham dan seluk beluknya, tentu akan sulit menguasai pasar saham dan mendapat untung. Buku ini, memberikan informasi tentang cara memulai investasi saham dari awal dan bagaimana cara membeli dan menjual saham di saat yang tepat.

Sangat cocok untuk investor pemula maupun yang ingin lebih paham di dunia saham. Sebab, pergerakan bursa saham sangat cepat dan drastis. Jika tidak dibekali ilmu yang cukup, maka akan berdampak pada psikologi dan finansial investor.

4. The Little Book of Common Sense Investing (John C. Bogle)

The Little Book of Common Sense Investing (John C. Bogle)
Sumber: zapmeta.ws

Sama halnya dengan buku sebelumnya, saham menjadi fokus dalam buku The Little Book of Common Sense Investing. Mulai dari mengenal saham dari dasar, hingga trik investasi bisa dilakukan sehingga para trader tidak masuk dalam kategori kalah dan kehabisan modal karena selalu merugi.

Investasi saham yang dijabarkan dalam buku ini terbilang lengkap, jadi bisa dipakai sebagai landasan sebelum memutuskan untuk menginvestasikan modal untuk instrumen investasi saham.

5. How I Made $2.000.000 in The Stock Market (Nicolas Darvas)

How I Made $2.000.000 in The Stock Market (Nicolas Darvas)
Sumber: goodreads.com

Banyak orang yang sukses berinvestasi saham, Anda bisa meniru langkah mereka untuk bisa mencapai kesuksesan yang sama bahkan lebih. Karena intinya investasi itu adalah bagaimana menerapkan strategi yang tepat di saat yang tepat. Makanya, perlu adanya pondasi wawasan dan kesiapan mental untuk memulai investasi saham tersebut.

Dalam buku ini, Darvas memberikan contoh tentang dirinya yang berawal sebagai penari, namun dengan upaya belajar soal saham dan semua hal di balik kesuksesan pada pendahulunya. Kemudian Darvas bermetamorfosis menjadi seorang trader yang mampu menghasilkan keuntungan luar biasa dari saham.

6. Menjadi Tambah Kaya dan Terencana Dengan Reksa Dana (Ryan Filbert Wijaya)

Menjadi Tambah Kaya dan Terencana Dengan Reksa Dana (Ryan Filbert Wijaya)
Sumber: howtoberich.id

Sebagai salah satu instrumen investasi yang mulai dilirik, memulai investasi reksa dana juga butuh kesiapan yang juga tak bisa dipandang sebelah mata. Buku investasi reksa dana ini menjelaskan apa itu reksa dana dan kenapa orang sebaiknya memilih investasi ini untuk jangka panjang.

Lengkap juga dengan studi kasus yang terjadi di dunia reksa dana, sehingga bisa dijadikan acuan bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan berinvestasi dengan instrumen reksa dana.

7. Rich Dad Poor Dad (Robert T. Kiyosaki)

Rich Dad Poor Dad (Robert T. Kiyosaki)
Sumber: agapea.com

Salah satu yang paling terkenal, Rich Dad Poor Dad  adalah buku tentang investasi saham yang dianggap wajib selama 20 tahun terakhir. Terutama bagi yang memiliki masalah finansial dan ingin mencari solusi terbaiknya. Salah satu solusi yang dijelaskan adalah investasi, dengan segala seluk beluknya sehingga bisa mengeluarkan seseorang dari masalah kemiskinan dengan cara yang tepat.

Salah satu yang juga jadi fokus adalah, bagaimana memperkuat keuangan dari bawah sehingga tidak lagi mudah goyah akibat berbagai masalah yang muncul.

8. 7 Secrets to Investing Like Warren Buffett (Mary Buffet and Sean Seah)

7 Secrets to Investing Like Warren Buffett (Mary Buffet and Sean Seah)
Sumber: overdrive.com

Teknik menganalisa saham dan memilih mana emiten yang tepat merupakan inti dari buku ini. Sangat cocok untuk Anda yang mau berinvestasi saham jangka panjang, sehingga tidak asal main saham dan akhirnya malah rugi banyak.

Mary Buffett juga mencoba menelaah kesuksesan yang dicapai ayah mertuanya Warren Buffet dalam berinvestasi saham. Dimana, ada tujuh rahasia yang secara gamblang juga dijabarkannya, supaya semakin banyak orang yang bisa sukses berinvestasi saham. Mungkin Anda adalah salah satunya.

9. Smart Traders Not Gamblers (Ellen May)

Smart Traders Not Gamblers (Ellen May)
Sumber: bukalapak.com

Memiliki pola pikir yang tepat, dibutuhkan sebelum berinvestasi saham. Ellen Way mencoba memberikan stimulasi pada pembaca supaya lebih mempersiapkan diri dengan langkah yang tepat, sehingga investasi saham yang akan dilakukan bisa memberikan dampak positif bagi finansial.

Persiapan yang dilakukan juga melibatkan kemampuan analisa saham dasar, yang sangat penting untuk menggiring para trader menjadi sosok yang bisa melakukan keputusan jual dan beli saham yang tepat.

10. The Intelligent Investor (Benjamin Graham)

The Intelligent Investor (Benjamin Graham)
Sumber: Biblio.com

Tidak diragukan lagi, The Intelligent Investor adalah buku analisis fundamental saham terbaik. Berhubung saat ini investasi yang paling banyak dipilih masyarakat adalah saham, maka buku ini bisa menjadi salah satu buku saku utama.

Isinya sangat lengkap tentang semua aspek saham dan buku ini sangat cocok untuk investor pemula. Termasuk strategi kekinian berinvestasi saham yang sudah disesuaikan dengan kondisi ekonomi dan faktor yang mempengaruhi saham.

Walaupun harganya relatif mahal, tentunya akan sebanding dengan wawasan yang didapat dan prospek keuntungan yang bisa diperoleh. Terutama setelah Anda paham semua soal saham di buku tersebut.

Jadi, jangan abaikan lagi untuk membaca buku manajemen investasi terbaik sebelum memulai penanaman modal. Terkadang, ada hal-hal baru yang tak dipahami pemula namun sudah dijelaskan dalam berbagai buku panduan. Tunggu apalagi, segera beli yang menurut Anda paling cocok sebagai “teman” belajar investasi saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *