Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Bayar Shopee PayLater

cara bayar shopee paylater

Pembayaran menggunakan Shopee PayLater bisa dilakukan melalui berbagai metode. Salah satu marketplace yang terkenal secara luas di kalangan masyarakat Indonesia adalah Shopee. Selain menyediakan platform jual beli online yang lengkap dan menyediakan tempat untuk membuka toko secara online, Shopee juga menyediakan fasilitas pinjaman yang dinamakan Shopee Paylater.

Dengan syarat dan ketentuan berlaku, Anda bisa memperoleh pinjaman untuk membeli barang-barang yang tersedia di marketplace tersebut, seperti kredit hp di Shopee atau barang elektronik lainnya. Dengan besar pinjaman yang beragam dan tenor pinjaman yang disesuaikan Shopee PayLater diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Namun, masih banyak sekali orang yang bingung cara mengangsur Shopee PayLater itu sendiri, padahal pembayaran angsurannya tidak boleh terlambat karena akan memperburuk citra kredit Anda. Nah, berikut cara bayar Shopee PayLater melalui berbagai metode yang bisa Anda coba ketika sudah mendapatkan pinjaman untuk membeli sesuatu. Yuk simak!

Cara Bayar Shopee PayLater Melalui ShopeePay

Cara bayar Shopee PayLater yang pertama bisa melalui ShopeePay. ShopeePay sendiri merupakan salah satu jenis e-wallet yang bisa digunakan untuk berbelanja di market place kesayangan Anda.

Berikut cara bayar shopee pay later melalui Shopee Pay:

  1. Pertama, Anda bisa membuka aplikasi Shopee. 
  2. Kemudian, klik logo SPlatter yang berada di bawah saldo ShopeePay di halaman depan.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman Shopee PayLater yang menunjukkan penawaran Shopee Paylater lainnya.
  4. Klik “Total Tagihan”
  5. Kemudian akan muncul sejumlah uang yang harus Anda bayarkan, biasanya nominal ini merupakan angsuran pinjaman bulanan. Karena Shopee PayLater hanya bisa dibayar secara berkala dan tidak bisa dilunasi sebelum jangka waktu habis.
  6. Anda bisa mengklik “Bayar Sekarang” yang ada di samping jumlah tagihan.
  7. Kemudian klik metode, dan atur agar bisa melakukan angsuran  dengan shopeePay. Namun pastikan terlebih dahulu saldo Anda cukup sejumlah tagihan yang hendak diangsur. Jika belum, mungkin bisa mengisinya terlebih dahulu.
  8. Setelah memilih metode pembayaran, maka yang selanjutnya adalah membayarnya, klik “bayar” dan tunggu sampai terdapat notifikasi pembayaran berhasil.
  9. Setelah pembayaran berhasil, spaylater akan kembali 0 tanpa ada tagihan bulanan lagi.

Cara membayar Shopee PayLater dengan ShopeePay memang terlihat lebih mudah. Sebab Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan mengangsur pinjaman. Sehingga lebih praktis dan efisien. Apabila Anda menemukan kendala dalam membayar Shopee PayLater maka bisa segera hubungi customer service.

Jika limitnya dirasa kurang untuk berbelanja, ikuti tips cara menaikkan limit Shopee PayLater.

Cara Bayar Shopee Paylater Melalui ATM

Selain melalui Shopee Pay, mengangsur pinjaman Spaylater bisa juga dilakukan di ATM dengan berbagai jenis rekening yang Anda punya.

Nah, jika Anda bingung untuk melakukan pembayaran SPayLater, berikut langkah bayarnya.

  1. Tentunya harus membuka terlebih dahulu aplikasi Shopee.
  2. Kemudian, setelah masuk ke halaman beranda klik logo Shopee PayLater yang berada di bawah saldo ShopeePay.
  3. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman SPaylater yang menunjukkan penawaran Shopee PayLater lainnya.
  4. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengklik “Total Tagihan”
  5. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan sejumlah uang yang harus Anda angsur setiap bulannya, biasanya nominal ini merupakan angsuran pinjaman bulanan. Karena Shopee PayLater hanya bisa dibayar secara berkala dan tidak bisa dilunasi sebelum jangka waktu habis.
  6. Pada halaman tersebut  bisa mengklik “Bayar Sekarang” yang ada di samping jumlah tagihan.
  7. Kemudian klik metode pembayaran, dan atur metode pembayaran dengan rekening. Kemudian pilih jenis bank yang hendak Anda gunakan untuk mengangsur pinjaman. Setelah itu klik bayar, Anda akan diberikan nomor virtual account yang bisa digunakan untuk mengangsur pinjaman bulanan.
  8. Datangi ATM terdekat, dan lakukan cara yang biasa Anda lakukan ketika hendak transfer.
  9. Bedanya setelah sampai ke menu dan memencet ‘transfer’ maka Anda harus memencet transfer ke virtual account.
  10. Kemudian masukkan kode virtual account billing yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Masukkan dengan hati-hati setiap angkanya, pastikan benar.
  11. Jika sudah benar, segera klik ‘benar’, maka Anda akan sampai ke halaman konfirmasi total tagihan Anda. Sebelum menyetujui pembayaran pastikan jumlah total tagihan sudah benar. 
  12. Anda bisa segera klik bayar dan menyetujui angsuran. Jangan lupa mengambil kembali kartu ATM.
  13. Jika berhasil Anda akan memperoleh notifikasi bahwa pembayaran sudah berhasil dilakukan di gadget Anda. Setelah pembayaran berhasil, SPayLater akan kembali 0 tanpa ada tagihan bulanan lagi.

Nah, berikut diatas merupakan cara bayar Shopee Pay Later melalui ATM, pastikan ketika mengangsur pinjaman melalui ATM Anda harus cekatan memasukkan virtual account billing. Karena jika tidak pembayaran akan mudah gagal.

Cara Bayar Shopee PayLater Melalui Indomaret

Cara bayar Shopee PayLater, selain menggunakan ShopeePay dan ATM juga bisa dilakukan dengan cara pembayaran melalui indomaret.

Untuk langkah pembayaran Shopee PayLater di Indomaret, berikut ini langkahnya.

  1. Langkah awal tentunya Anda harus membuka terlebih dahulu aplikasi Shopee yang ada di ponsel pintar.
  2. Setelahnya, masuk ke halaman beranda klik logo Shopee Pay Later.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman Paylater yang menunjukkan penawaran Shopee Pay Later lainnya.
  4. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengklik “Total Tagihan”
  5. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan sejumlah uang yang harus Anda bayarkan, biasanya nominal ini merupakan angsuran pembayaran pinjaman bulanan. Karena Shopee PayLater hanya bisa diangsur secara berkala dan tidak bisa dilunasi sebelum jangka waktu habis.
  6. Klik “Bayar Sekarang” yang ada di samping jumlah tagihan.
  7. Kemudian klik metode pembayaran, dan atur dengan pembayaran di Indomaret. Klik ‘Bayar’ kemudian tunggu hingga laman menampilkan sederet nomor yang merupakan virtual account billing untuk Anda gunakan mengangsur pinjaman ke indomaret. 
  8. Jika sudah mendapatkan nomor VA, langkah selanjutnya adalah mendatangi indomaret terdekat di kota Anda.
  9. Datangi kasir dan sampaikan bahwa  hendak melakukan angsuran bulanan untuk tagihan SPayLater. Indomaret yang sudah terintegrasi dengan pihak Shopee sudah mengerti, berikut juga kasir yang sudah biasa melayaninya. Jadi Anda tidak perlu ragu-ragu.
  10. Anda akan diminta untuk menyebutkan nomor VA yang sudah Anda dapat. Kemudian kasir akan menyebutkan besaran uang yang harus diangsur. Angsur dengan uang tunai atau debit.
  11. Jika berhasil Anda akan memperoleh notifikasi bahwa pembayaran sudah berhasil dilakukan di gadget Anda. Setelah  berhasil, SPayLater akan kembali 0 tanpa ada tagihan bulanan lagi.

Nah, berikut di atas merupakan cara mengangsur Shopee PayLater dengan berbagai metode. Pastikan melakukan angsuran tepat waktu, kareena meski pinjaman hanya di Shopee, namun riwayat pembayarannya tetap tercatat di BI Checking.  Sehingga menentukan masa depan Anda ketika hendak melakukan kredit. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *