Lompat ke konten

Cara Beli Pulsa Pakai Shopee PayLater (Syarat & Biaya)

Beli Pulsa Pakai Shopee PayLater

Membeli pulsa tidak hanya dilakukan melalui agen maupun konter pulsa saja, bisa juga melalui aplikasi dompet digital maupun memanfaatkan fitur pembayaran di kemudian hari. Fitur ‘bayar nanti’ yang dimaksud yaitu Shopee PayLater atau juga biasa disebut dengan SPayLater, di mana Anda tak perlu melakukan pembayaran tagihan saat itu juga, tetapi bisa dipilih waktunya kapan saja sebagai masa jatuh tempo. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi mereka yang sedang tidak ada uang dalam waktu dekat, bisa juga mengangsurnya dalam periode tertentu.

Layanan Shopee PayLater sangat memudahkan para pengguna fitur ini karena tak perlu melakukan pembayaran saat itu juga, istilah lainnya yaitu berhutang kepada pihak Shopee karena ada waktu jatuh tempo pembayarannya. Penggunaan fitur PayLater ini dapat digunakan kapan saja dengan mudah maupun untuk membayar tagihan apa saja, salah satunya membeli pulsa. Jangka waktu pembayaran tagihannya pun bisa dikatakan cukup lama yaitu selama sebulan sejak transaksi, kali ini mari kita membahas mengenai layanan tersebut secara lebih rinci.

Menawarkan banyak keuntungan menarik, fitur ‘beli sekarang bayar nanti’ memang cukup menggiurkan bagi sebagian orang, terutama jika kebutuhannya sedang mendesak, salah satunya beli pulsa. Begini cara beli pulsa pakai Shopee PayLater beserta syarat dan biayanya yang perlu diketahui.

Apakah Shopee PayLater dapat Digunakan untuk Membeli Pulsa?

Layanan Shopee PayLater dapat digunakan untuk membeli pulsa dengan sistem membelinya sekarang namun pembayarannya dilakukan nanti. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru melakukan pembayaran secara langsung, tetapi bisa nanti setelah sebulan atau 30 hari sejak transaksi tersebut, sehingga cocok apabila sedang tidak ada pegangan uang sementara. Layanan ini cocok apabila digunakan dalam keadaan darurat, namun pastikan Anda pun tidak lupa melunasinya ketika sudah tiba waktunya jatuh tempo pembayaran.

Layanan Shopee PayLater adalah salah satu produk P2P (Peer to Peer) Lending dari Shopee yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan pinjaman saat sedang membutuhkan dana cepat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu penggunaannya yaitu untuk membeli pulsa, sesuai sistem layanan ini, yaitu ‘Beli Sekarang, Bayar Nanti’. Jika ingin menggunakan fitur PayLater, sebaiknya lakukan proses update dan verifikasi terlebih dahulu supaya bisa memakainya.

Cukup banyak keuntungan memanfaatkan fitur hutang pulsa menggunakan PayLater di Shopee, salah satunya adalah bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja apalagi jika kondisinya sedang mendesak. Selain itu, prosesnya pun cepat dan banyak ditawarkan berbagai voucher menarik (sesuai syarat dan ketentuan berlaku). Meskipun begitu, Anda perlu membayarkan biaya tambahan lain atau bunga ketika membeli pulsa dengan layanan Shopee PayLater ini.

Cara Beli Pulsa Pakai Shopee PayLater

Sebelum memutuskan untuk membeli pulsa pakai Shopee PayLater, ada baiknya Anda perlu mengetahui berbagai macam hal untuk dipersiapkan, antara lain persyaratannya, biaya, dan langkah-langkahnya. Tujuannya supaya transaksi berjalan dengan lancar tanpa kendala, sekaligus aman.

Supaya lebih jelasnya lagi, simak cara beli pulsa pakai Shopee PayLater berikut ini.

Syarat

  • Pastikan akun Shopee Anda telah terverifikasi agar bisa melakukan aktivasi untuk fitur PayLater di aplikasi tersebut.
  • Pastikan bahwa Anda telah melakukan aktivasi Shopee PayLater.
  • Pernah melakukan transaksi di Shopee menggunakan fitur PayLater.
  • Masih ada limit tersedia.

Itu tadi adalah persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan transaksi pembelian pulsa di Shopee PayLater. Sesuai persyaratan tersebut, Anda wajib verifikasi akun Shopee terlebih dahulu agar bisa mengaktifkan fitur atau layanan PayLater pada aplikasi tersebut. Tujuannya supaya transaksi dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat, serta membuka banyak fitur menarik lainnya perihal transaksi.

Cara aktivasi fitur SPayLater yaitu Anda hanya perlu menyediakan foto KTP, unggahan selfie memegang KTP, sediakan nomor HP yang masih aktif agar bisa dikirimkan SMS kode OTP. Tak hanya itu, akun Shopee Anda minimal telah digunakan selama tiga bulan dan sering melakukan transaksi (baik jual maupun beli) pada aplikasi tersebut.

Langkah mengaktifkan fitur SPayLater, antara lain sebagai berikut.

  • Bukalah aplikasi Shopee, kemudian Anda diarahkan pada halaman utama. Klik tab Saya, lalu masuklah pada menu Shopee PayLater.
  • Pilih ‘Aktifkan Sekarang’ untuk melanjutkan aktivasi fitur tersebut. Nantinya Anda diminta untuk mengisi nomor HP aktif, lalu pihak Shopee akan mengirimkan kode OTP melalui SMS. Pilih Lanjutkan, masukkan kode OTP dengan benar ke aplikasi.
  • Isilah data diri berupa identitas diri berdasarkan yang tertera pada KTP, yaitu NIK, Nama Lengkap. Selanjutnya klik Konfirmasi.
  • Unggah foto KTP dan selfie sambil memegang KTP. Setelah itu klik Verifikasi.
  • Selesai. Tunggu hingga selesai diproses.

Ketika mengunggah foto selfie maupun KTP sebagian orang mungkin mengalami kegagalan dan akhirnya tidak terverifikasi oleh sistem. Biasanya hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya buram, pencahayaannya kurang, maupun hal lainnya. Oleh karena itu, usahakan saat mengambil gambar dilakukan pada tempat dengan pencahayaan yang baik agar hasilnya bisa terdeteksi oleh sistem.

Anda tidak perlu khawatir menggunakan layanan Shopee PayLater ini karena dijamin aman dan sudah diawasi oleh pihak OJK. Selain itu, tak perlu takut apabila data Anda tersebar luas ke masyarakat umum, sebab layanan P2P dari Shopee ini sudah legal dan punya izin resmi.

Biaya

Termasuk layanan pinjaman dari Shopee, SPayLater meskipun memiliki slogan ‘Beli Sekarang, Bayar Nanti’ tetap saja termasuk pinjaman yang menerapkan bunga. Sehingga, sistem pembeliannya berbeda dengan membeli pulsa pada umumnya, sedikit lebih mahal namun bunganya tidak terlalu memberatkan pengguna, yakni hanya dikenakan sebesar 1% saja. Adapun nominal pembelian pulsa minimalnya sangat bervariasi, yakni mulai seribu rupiah.

Biaya administrasi SPayLater untuk pembelian pulsa dikenakan sebesar 1% dari total pembeliannya. Misalnya jika Anda membeli pulsa sebesar Rp50.000, maka selanjutnya untuk pembayaran totalnya adalah Rp50.500 karena biaya adminnya Rp500. 

Meskipun bunganya sangat ringan, sayangnya untuk pembelian pulsa melalui SPayLater tidak bisa melakukan cicilan seperti cara membayar barang lainnya. Pembayarannya dilakukan 30 hari kemudian (setelah melakukan transaksi pembelian pulsa). Anda perlu membayarkan harga pulsanya sekaligus bunganya.

Langkah-Langkah

Cara beli pulsa pakai Shopee PayLater cukup mudah dilakukan dan praktis. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi Shopee, masuk ke halaman utama. Selanjutnya pilihlah menu Pulsa, Top Up & Hiburan. Pada menu tersebut tersedia berbagai fitur, tapi pilihlah Pulsa.
  • Pada tab Pulsa, Anda diminta mengisi nomor HP yang hendak diisikan saldo beserta jenis provider atau operatornya, klik Lanjut. Jika sudah mengisinya secara lengkap dan benar, selanjutnya diarahkan pada berbagai macam nominal pembelian mulai dari seribu rupiah hingga satu juta rupiah. PIlihlah sesuai kebutuhan.
  • Setelah melanjutkan proses transaksi, pilihlah metode pembayarannya yaitu SPayLater. Pastikan limitnya cukup untuk melanjutkan proses pembelian. Jika sudah, klik Konfirmasi.
  • Pilih Bayar Sekarang jika pesanan sudah sesuai. Masukkan pin ShopeePay untuk melanjutkan.
  • Selesai, transaksi berhasil.

Hal yang perlu diperhatikan

Setelah mengetahui cara beli pulsa dengan Shopee PayLater beserta syarat untuk mengaktifkan fitur ‘Bayar Nanti’ pada aplikasi Shopee, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan fitur tersebut. Hal yang perlu diperhatikan, yaitu limit penggunaannya, besar bunga pembayarannya, dan tanggal jatuh tempo pembayarannya.

Shopee PayLater memiliki besar bunga relatif rendah, hanya 1% saja dari nominal pembelian pulsa. Adanya keuntungan tersebut sangat berguna bagi para pengguna aplikasi tersebut karena lebih terjangkau dibandingkan pada pinjaman online lainnya. Jadi, tidak ada salahnya apabila melakukan transaksi pembelian pulsa melalui fitur ini.

Limit penggunaan SPayLater disesuaikan dengan kemampuan bayar penggunanya. Anda dapat menentukan limitnya supaya tidak mengganggu kondisi keuangan, namun tetap harus menggunakannya secara bijaksana.

Berbeda dengan transaksi pembelian barang lainnya melalui Shopee PayLater, jika membeli pulsa pada layanan tersebut tidak ada cicilan atau angsuran selama berbulan-bulan. Jadi Anda diminta membayar setelah 30 hari sejak transaksi, beserta membayarkan bunga dari total transaksinya.

Beli pulsa melalui Shopee PayLater memang memberikan banyak kemudahan, terutama jika sedang tidak memiliki pegangan uang karena sistemnya Beli Sekarang, Bayar Nanti. Meskipun begitu, tetap gunakanlah secara bijaksana agar tidak mengacaukan keuangan Anda nantinya. Pastikan tepat waktu pula ketika membayarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.