Lompat ke konten

5 Pinjaman Online Pemerintah Terbaik, Sudah Ada Izin OJK

Pinjol Pemerintah

Pinjaman online pemerintah adalah platform pinjaman online dari perusahaan-perusahaan yang dimiliki oleh negara, baik BUMN maupun BUMD.

Platform penyedia pinjaman online bagus untuk menjadi alternatif bagi orang yang membutuhkan dana cepat. Karena itulah kehadiran penyedia jasa pinjam uang online yang beredar beberapa tahun belakangan ini semakin marak.

Namun, di dunia fintech kredit, hanya ada beberapa penyelenggara yang legal. Dari jumlah yang ada, hanya sedikit yang sudah mengantongi izin resmi dan lainnya masih berstatus “Terdaftar”. Untuk mencegah adanya kerugian bagi masyarakat, maka pemerintah menyediakan pinjaman online terbaik dengan status legal beroperasi. Berikut informasi selengkapnya.

Daftar Pinjaman Online Milik Pemerintah Terbaik

Berikut daftar pinjol dari pemerintah yang layak dipertimbangkan.

1. CERIA

Pinjaman online yang satu ini dikeluarkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk dan secara resmi berbasis aplikasi CERIA. Dengan aplikasi CERIA, BRI menawarkan skema pinjaman digital dengan cicilan online tanpa kartu. Anda bisa memanfaatkan aplikasi sumber pembiayaan dalam purchasing online lewat ride sharing, e-commerce, maupun travel site.

Karena BRI merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maka produk Ceria termasuk pinjaman online resmi dari pemerintah.

Lantas, bagaimana cara mendaftar pinjaman cicilan online dengan aplikasi yang satu ini? Caranya, daftar menggunakan aplikasi CERIA untuk membeli barang idaman lewat sejumlah e-commerce yang sudah memiliki kerja sama dengan BRI seperti: Akulaku, Kredivo, dan Cicil. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan cicilan aman, ringan, dan cepat dari BRI.

Pinjaman online ini merupakan aplikasi pertama dari Bank BUMN untuk fintech yang aman dan terpercaya. Terobosan baru BRI ini sudah sangat canggih karena bisa dilakukan secara digital  mulai dari proses registrasi, credit scoring, verifikasi, sampai dengan tanda trangan digital.

Syarat yang ditetapkan CERIA tidak jauh berbeda dengan syarat pengajuan pinjaman online dari platform lain, hanya memerlukan foto wajah, KTP, dan Data Diri dengan limit kredit maks 20 juta (1-12 Bulan).

Semua produk BRI, termasuk CERIA, sudah terjamin bukan merupakan pinjaman online ilegal sehingga layak dipercaya oleh pengguna.

2. Pinang

Layanan pinjaman online Pinang (Pinjam Tenang) terbilang masih baru jika dibandingkan dengan CERIA. Aplikasi Pinang menjadi salah satu layanan dari BRI dan BRI Agro untuk memberikan layanan pinjam uang online. Peminjaman uang tunai bisa dilakukan secara cepat dan aman karena Pinang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Karena merupakan layanan dari BRI, maka Pinang termasuk pinjaman online pemerintah.

Keunggulan Pinang untuk setiap nasabah yang ingin mengajukan pinjaman online adalah waktu pencairan yang tidak lebih dari 15 menit dengan smartphone. Selain itu, nasabah bisa meminjam uang tanpa adanya biaya admin bulanan dengan bunga paling rendah 1,24% per bulan.

Yang paling menguntungkan, prosesnya tidak perlu bertatap muka dengan staff bank atau datang ke bank. Pasalnya, Pinang telah mengadopsi verifikasi digital dengan pencairan dana langsung ke rekening pribadi nasabah.

Untuk pinjaman yang tersedia yaitu mulai dari Rp500.000 sampai dengan batas Rp20 juta. Dengan penawaran limit tersebut, tenor yang tersedia yaitu 1 hingga 12 bulan saja, sehingga tidak memberatkan nasabah untuk membayar cicilannya.

3. LinkAja

Anda bisa mengajukan pinjaman online secara mudah dan cepat hanya melalui aplikasi dompet digital milik pemerintah bernama LinkAja. Aplikasi besutan BUMN ini menawarkan fasilitas pinjol tanpa mensyaratkan agunan alias jaminan yang ribet. Proses pengajuan dan pencairan dana pinjaman pun bisa dilakukan dalam hitungan menit saja tanpa susah payah. 

Namun, Anda perlu aktivasi aplikasi LinkAja dan registrasi beberapa data sebelum menikmati peminjaman ini. Syarat lainnya yaitu menyiapkan data diri seperti KTP sebagai syarat pengajuan pinjaman online.  Untuk menyediakan layanan pinjaman online, pihak LinkAja bekerja sama dengan Kredit Pintar dan UKU sebagai fasilitasnya.

Yang paling terbaik, fasilitas pinjaman online telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bekerja sama dengan Pegadaian. Berkat adanya aplikasi pinjol dari LinkAja, maka nasabah bisa mendapatkan dana secara cepat dan tidak ribet jika sedang berada dalam keadaan mendesak. Ini karena pengajuan pinjaman bisa dilakukan dengan cara online melalui aplikasi.

4. Telkom PKBL

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau lebih dikenal dengan PKBL merupakan upaya Telkom sebagai BUMN untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat. Penerapan PKBL Telkom menjadi suatu program dalam pemberdayaan ekonomi dengan memberikan dana pinjaman berbunga rendah. Program ini meliputi pemberian dana pinjaman rendah dan masih banyak lagi.

Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan yang satu ini, maka Telkom memberikan kesempatan dalam digitalisasi Pengelolaan Program Kemitraan. Jadi, para pelaku ekonomi marginal bisa menggunakan layanan pengajuan pinjaman dana PK melalui web smartbisnis. Kemudian, pembayaran angsuran bisa dilakukan secara digital melalui virtual account.

5. BNI Fleksi

BNI Fleksi adalah fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa dimanfaatkan pegawai aktif dengan penghasilan tetap. Pinjaman bisa diberikan untuk keperluan konsumtif yang tidak bertentangan Undang Undang yang berlaku. BNI Fleksi menyediakan plafon kredit mencapai 500 juta dengan maksimum tenor 15 tahun.

Yang paling menguntungkan, pinjaman ini tanpa syarat agunan dengan berlaku sesuai syarat dan ketentuan. Jadi, pengajuan pinjaman ini berlaku untuk Warga Negara Indonesia yang merupakan pegawai aktif dengan status pegawai tetap. Usia minimum 21 tahun dengan umur 65 tahun saat kredit lunas maksimal. Kemudian, Anda wajib mengisi platform digital yang tersedia.

Secara keseluruhan, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan dana secara cepat, mudah, dan tentunya aman. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform pinjaman online dari pemerintah. Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab pinjaman bisa dilakukan tanpa jaminan. Yang terpenting prosesnya tidak membutuhkan waktu lama, hanya beberapa menit saja.

Karena merupakan aplikasi besutan BNI yang adalah BUMN, maka BNI Fleksi sudah terjamin legalitasnya dan bisa dipastikan tidak menipu.

Mengenal Lebih Dekat Pinjaman Online

Seperti nama yang melekat, pinjaman online menyediakan pinjaman melalui aplikasi atau platform online. Adanya layanan ini adalah bentuk dari inovasi teknologi dalam bidang finansial. Maka dari itu, pinjaman online dari aplikasi sering kali disebut juga dengan financial technology (fintech).

Dengan adanya inovasi yang canggih ini, maka memberikan kemudahan bagi masyarakat agar mendapatkan dana secara cepat. Jika dulunya pinjam meminjam membutuhkan persyaratan dan waktu pencairan dana lama, maka di era fintech bisa diselesaikan dengan mudah. Bahkan, tanpa perlu tatap muka, siap saja bisa mengantongi sejumlah kredit tanpa ribet.

Untuk mendapatkan pinjaman, maka Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi atau platform pinjol. Anda bisa mendapatkan apps melalui PlayStore untuk Android maupun Apple Store bagi pengguna iOS. Kemudian, daftarkan data diri Anda dan isi persyaratan yang diminta, maka proses peminjaman segera dicairkan ke rekening peminjam.

Akan tetapi, marak terdapat pinjol ilegal yang menjebak dengan berbagai modus seperti penawaran pinjaman yang bisa cair secepat kilat. Karenanya, Anda sebaiknya menggunakan pinjaman online resmi dari pemerintah yang tentunya tidak akan menipu nasabah.

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.