Lompat ke konten

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP

Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Nomor BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulunya dikenal dengan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ), merupakan urutan nomor yang harus diketahui pekerja. Pasalnya nomor tersebut nantinya akan sangat diperlukan untuk berbagai urusan administrasi, misalnya ketika Anda hendak mengecek saldo atau mencairkan JHT (Jaminan Hari Tua). Untuk itu, berikut cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan menggunakan NIK KTP secara online.

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Berikut cara untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP, baik online maupun offline:

1. Melalui Call Center BPJS

Call center BPJS bisa diakses dengan mudah untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Caranya yaitu dengan melakukan panggilan telepon ke nomor 175, yang akan menghubungkan Anda dengan call center dari BPJS. Selanjutnya Anda hanya perlu menyampaikan maksud dan tujuan menghubungi call center, yakni untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Perlu diingat bahwa melakukan panggilan ke call center BPJS dikenakan tarif telepon sekian Rupiah, sehingga pastikan terlebih dahulu bahwa nomor yang Anda gunakan untuk menelpon call center sudah terisi pulsa yang cukup. Jadi panggilan ke call center pun bisa berjalan dengan baik.

2. Kantor Cabang BPJS

Apabila Anda memiliki cukup waktu, tidak ada salahnya untuk datang secara langsung ke kantor cabang BPJS. Bahkan cara ini bisa dibilang paling aman dan meyakinkan, lantaran anda bertemu tatap muka dengan petugas. Sehingga anda pun bisa lebih leluasa menyampaikan berbagai pertanyaan terkait BPJS Ketenagakerjaan.

Jangan lupa membawa e-KTP, kartu keluarga, serta surat paklaring atau bukti bahwa Anda sedang atau sebelumnya pernah bekerja pada suatu perusahaan, ketika mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di sekitar tempat tinggal secara langsung. Sayangnya jika layanan sedang ramai, mungkin Anda perlu mengantre terlebih dahulu.

3. SMS Gateway

Jika tidak mempunyai banyak waktu untuk langsung datang ke kantor cabang BPJS, dan Anda pun tidak ingin mengantre terlalu lama di sana. Maka SMS gateway bisa menjadi salah satu jalan untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki. SMS gateway ini merupakan layanan informasi dua arah, yang menggunakan sistem informasi untuk menyampaikan melalui pesan singkat.

SMS Gateway ini sendiri bisa Anda akses melalui nomor jaringan seluler pada 08777-5500-400. Layanan informasinya tersedia bagi peserta melalui kanal komunikasi yang ramah pengguna dan sangat mudah diakses. Anda dapat mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP melalui SMS gateway tersebut.

Caranya yaitu dengan mengetikkan format NIK<spasi>Nomor Induk Kependudukan lalu kirim ke nomor jaringan seluler SMS gateway. Sebagai contoh, ketik “NIK 35730303XXX” kemudian kirim dalam bentuk pesan singkat atau SMS ke nomor 087775500400. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu balasan yang berisi nomor BPJS Ketenagakerjaan.

4. Situs Resmi

Selain memiliki call center resmi, layanan BPJS juga bisa diakses secara online melalui situs resminya. Karena penggunaan media digital sudah sangat umum pada kehidupan masyarakat sehari hari, tentu cara satu ini bisa menjadi pilihan apabila Anda ingin mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Anda bisa mengakses situs resminya di laman www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html. Selain itu, sebenarnya kontak layanan BPJS juga tersedia melalui WhatsApp. Ada dua nomor WhatsApp yang bisa dihubungi yakni +62 811-9115910 dan +62 855-1500910. Akan tetapi, layanan melalui WhatsApp ini terbatas hanya untuk TKI di luar negeri saja dan berlaku mulai pukul 06.00 sampai 22.00 WIB.

5. Melalui Media Sosial

Tidak hanya dari situs resmi, Anda yang terbiasa dengan penggunaan internet juga bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Akun resmi BPJS Ketenagakerjaan sudah terverifikasi dengan nama @BPJSTKinfo, baik Facebook maupun Twitter. Atau bisa juga di akun @bpjs.ketenagakerjaan untuk media sosial Instagram.

Cara cek nomor BPJSTKU yang dimiliki yaitu dengan membuka salah satu media sosial terkait, buka akun BPJSTKU dan kirim pesan melalui direct message atau inbox. Anda bisa mengetik format mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, serta NIK KTP. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasan terkait nomor BPJSTKU Anda.

6. Konfirmasi ke HRD Perusahaan

Bagi anda yang bekerja di sebuah perusahaan serta terdaftar sebagai peserta dalam program BPJS Ketenagakerjaan, maka cara ini bisa dijadikan pilihan. Tidak memerlukan NIK KTP, Anda bisa langsung menghubungi HRD perusahaan tempat bekerja. Untuk mengecek nomornya, maka Anda pun cukup mengonfirmasi melalui HRD perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, apabila Anda tidak mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki lantaran kartunya hilang atau rusak. Maka Anda juga dapat mengajukan kembali pencetakan kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan mengonfirmasi ke HRD. Akan tetapi, belakangan kartu BPJS Ketenagakerjaan sudah berupa digital sehingga bisa dicetak sewaktu waktu saat diperlukan.

7. Melalui Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile)

Aplikasi Jamsostek Mobile, yang dulu bernama BPJSTKU, merupakan layanan digital untuk masyarakat yang termasuk ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan jika membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android maupun iOS, dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

Dari aplikasi BPJSTKU ini, Anda bisa mengecek nomor kepesertaan hingga saldo BPJS Ketenagakerjaan dan berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan program tersebut. Caranya yaitu pertama Anda perlu mengunduh aplikasi BPJSTKU pada smartphone, kemudian login menggunakan alamat email serta kata sandi yang digunakan untuk mendaftar BPJSTKU.

Apabila belum mendaftar, maka Anda perlu daftar dahulu agar bisa login ke dalam aplikasi. Selanjutnya pilih kartu digital pada menu. Di sana akan muncul kartu BPJS Ketenagakerjaan digital Anda, lengkap dengan nomor kartu BPJSTKU berupa 11 digit angka yang tercantum pada kartu digital tersebut.

Cara Cetak Ulang Kartu BPJS Ketenagakerjaan

1. Apabila Kartu Rusak

Apabila Anda tidak dapat mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan lantaran kartu yang dimiliki rusak, maka Anda pun bisa mencetak ulang kartu dengan cara datang ke kantor BPJS dan menemui petugas untuk penggantian kartu. Atau bisa juga dengan mangakes laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk mendapatkan kartu digital yang baru.

2. Apabila Kartu Hilang

Untuk kartu yang hilang, Anda perlu membawa beberapa dokumen ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Beberapa dokumen yang perlu dibawa antara lain KTP asli dan fotokopi, kartu keluarga asli dan fotokopi, surat pengantar dari tempat bekerja, surat keterangan dari perusahaan soal nomor kepesertaan, hingga surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Selain itu, Anda juga bisa mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri melalui aplikasi BPJKTU. Cukup dengan pilih menu dan lihat kartu sampai kartu BPJS Ketenagakerjaan digital muncul pada layar. Di sana Anda akan menemukan pilihan untuk download kartu, preview, dan kirim kartu via email. Kemudian unduh kartu dan bisa dicetak.

Tidak sulit bukan mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan hingga mencetak ulang kartunya apabila mengalami kerusakan atau kehilangan? Terlebih dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang yang sudah begitu pesat, Anda bahkan dapat mengecek nomor BPSJKTU secara mandiri hingga mencetaknya langsung melalui aplikasi yang telah disediakan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.