Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Daftar SMS Banking BRI Tanpa Perlu ke Bank

Cara Daftar SMS Banking BRI Tanpa Harus ke Bank

Meskipun zaman semakin berkembang, hingga kini penggunaan SMS Banking masih memiliki cukup banyak peminat karena dinilai lebih praktis. Hal ini karena layanan tersebut tidak membutuhkan akses internet serta proses pendaftarannya pun sangat mudah sekaligus gratis, bahkan bisa dilakukan tanpa harus ke bank, apalagi saat hari kerja namun tidak sempat pergi ke sana.

Salah satu layanan tersebut yakni SMS Banking dari BRI yang bisa didaftarkan melalui kantor cabang ataupun mesin ATM. Bagaimana syarat dan prosedurnya? Simak caranya di bawah ini beserta fitur, serta format untuk melakukan transaksi.

Cara Daftar SMS Banking melalui ATM

Cara membuat SMS Banking BRI dapat dilakukan melalui ATM, sehingga tidak akan membutuhkan koneksi internet karena Anda hanya perlu langsung mendatangi mesin ATM BRI terdekat dari lokasi. Pendaftarannya pun bisa dibilang sangat cepat. Begini cara melakukannya.

  • Cukup sediakan kartu ATM saja, kemudian masukkan kartu ke mesin ATM. Masukkan PIN/password yang sesuai.
  • Apabila sudah masuk ke tampilan menu utama, selanjutnya tinggal pilih menu ‘Transaksi Lain’, setelah itu klik ‘Lainnya’.
  • Layar pada halaman tersebut akan muncul Menu Registrasi, klik pada tulisan Mobile Banking.
  • Pada menu tersebut Anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP. isikan nomor HP yang masih aktif agar proses pendaftaran SMS Banking bank BRI dapat dilanjutkan, sebab nantinya transaksi dilakukan melalui nomor ponsel aktif tersebut, jadi ketika mendaftar lewat ATM sebaiknya membawa ponsel.
  • Selanjutnya buatlah PIN baru untuk BRI Mobile, lakukan konfirmasi ulang, setelah itu jika sudah yakin PIN yang dibuat sudah benar, silakan melanjutkan dengan klik ‘Benar’.
  • Apabila proses pendaftaran sudah selesai dan berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk. Layanan sudah bisa digunakan.

Perlu diketahui bahwa layanan tersebut jika didaftarkan melalui mesin ATM masih belum bisa digunakan untuk melakukan transaksi finansial. Oleh karena itu, jika belum diaktivasi untuk menikmati seluruh fiturnya hanya dapat melakukan layanan non finansial. 

Transaksi non finansial hanya meliputi pengecekan saldo rekening saja, tidak dapat melakukan transaksi lainnya seperti transfer, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya. Cara mengaktifkan SMS Banking BRI agar bisa menikmati semua fiturnya secara lebih lengkap, sebaiknya segera mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa identitas diri berupa KTP, kartu ATM, struk pendaftaran di ATM, serta buku tabungan. Ambil nomor antrian, kemudian lakukan proses aktivasinya dengan pihak Customer Service.

Fitur SMS Banking BRI

Masih banyak orang lebih suka memakai SMS Banking dari BRI karena tak membutuhkan koneksi internet, melainkan hanya potongan pulsa setiap kali melakukan transaksi. Selain itu, fiturnya pun terbilang lengkap untuk melakukan berbagai macam transaksi, ini macam fiturnya.

  • Cek saldo rekening
  • Pembelian pulsa
  • Pembayaran tagihan (listrik, air, biaya pendidikan, dan lainnya)
  • Transfer saldo ke sesama rekening BRI maupun bank lain

Fitur yang cukup lengkap tersebut dapat diakses tanpa membutuhkan koneksi internet, sangat cocok apabila dipakai oleh masyarakat di berbagai daerah susah jaringan data seluler agar bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja secara mudah. Maka dari itu, sebaiknya segera lakukan aktivasi apabila sudah mendaftar melalui mesin ATM supaya dapat menikmati seluruh fiturnya.

Jika membuat SMS Banking bank BRI melalui mesin ATM, layanan yang dapat digunakan hanya non finansial yakni mengecek saldo rekening saja tanpa bisa transfer saldo apalagi pembayaran pulsa serta tagihan. Cara mengaktifkan SMS Banking pada BRI hanya bisa lewat Customer Service di kantor bank.

Format SMS Banking BRI untuk Melakukan Transaksi

Bagi sebagian orang, terutama jika baru pertama kalinya mendaftar transaksi keuangan melalui SMS mungkin masih terlihat membingungkan. Hal ini karena ada beberapa kode perlu diingat atau dihafal saat hendak melaksanakan macam-macam transaksi, khususnya finansial. 

Berikut ini format SMS Banking BRI untuk melakukan berbagai macam transaksi:

  1. Cek Saldo: SALDO<spasi>PIN/Password
  2. Transfer Sesama Rekening BRI: TRANSFER<spasi>BRI+Rekening BRI Tujuan<spasi>Nominal Transfer<spasi>PIN
  3. Transfer ke Rekening Bank Lain: TRANSFER<spasi>Kode Bank Tujuan+Nomor Rekening Tujuan<spasi>Nominal Transfer<spasi>PIN
  4. Beli Token Listrik: BELI<spasi>PLNPRE<spasi>Nomor Meteran/IDPEL<spasi>Jumlah Pembelian<spasi>PIN
  5. Pembelian Pulsa: PULSA<spasi>Nomor HP Tujuan<spasi>Nominal Pembelian<spasi>PIN
  6. Mengecek Tagihan pada Kartu Kredit: INFO<spasi>KKBRI<spasi>Nomor Kartu Kredit<spasi>PIN
  7. Mengubah PIN/Password: PIN <spasi>PIN Baru<spasi>PIN Lama

Format SMS Banking BRI tersebut setiap kali melakukan transaksi dikirimkan ke nomor 3300. Perlu diketahui bahwa untuk layanan transfer ke bank lain dikenakan biaya administrasi tambahan sebesar Rp6500 per transaksi dan belum termasuk biaya pulsa. Potongan Rp6500 dibebankan dari saldo rekening pihak pengirim saldo.

Beberapa format tersebut mungkin sedikit susah diingat, bahkan tidak dapat otomatis seperti pada aplikasi mobile banking. Cara supaya lebih mudah mengingatnya yaitu sebaiknya buat catatan tersendiri di fitur Notes pada ponsel masing-masing, isinya berupa nomor rekening, PIN, serta format tersebut.

Keunggulan Menggunakan SMS Banking BRI

Ini merupakan beberapa alasan mengapa masih cukup banyak nasabah memakai layanan transaksi via SMS dari BRI.

1. Dapat digunakan di ponsel manapun

Penggunaannya bisa di ponsel manapun, transaksinya pun tanpa harus ke bank. Ponsel tipe apapun tidak ada masalah memakai layanan ini karena transaksinya tak membutuhkan koneksi internet.

2. Tidak membutuhkan koneksi internet

Layanan SMS Banking dari BRI tidak membutuhkan koneksi internet, tetapi hanya dibebankan pulsa sesuai operator seluler masing-masing. Ini merupakan keunggulan yang banyak dicari, apalagi untuk masyarakat di tempat susah mendapatkan sinyal internet.

3. Gampang diakses

Sama seperti Mobile Banking, layanan SMS juga sangat gampang diakses. Sehingga kegiatan transaksi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa ada batas waktu.

Cara Daftar SMS Banking melalui HP Apakah Bisa?

Membuat SMS Banking BRI tanpa harus ke bank sebenarnya hanya bisa dilakukan dengan mendatangi ATM terdekat. Akan tetapi untuk pendaftaran aplikasi mobile banking dan internet banking masih dapat dilakukan melalui aplikasi BRI Mobile yang dapat diunduh pada perangkat Android maupun iOS. Cara mendaftar tanpa harus ke ATM ataupun kantor bank ini sangat mudah dilakukan karena bisa kapan saja dan di mana saja, asalkan ada koneksi internet.

Cara mengaktifkan SMS Banking BRI meskipun registrasinya melalui mesin ATM, tetap harus mendatangi kantor bank pada hari serta jam kerja. Hal ini karena jika ingin menikmati fiturnya secara lebih lengkap, maka harus datang langsung ke Customer Service BRI dengan membawa berkas berupa KTP, kartu ATM, dan buku rekening.

Apabila Anda memiliki waktu untuk datang ke kantor cabang BRI pada saat hari dan jam kerja, sebaiknya langsung datang saja supaya prosesnya lebih cepat karena dapat langsung aktivasi. Persyaratannya pun sangat mudah, cukup membawa KTP, buku rekening, serta kartu ATM BRI yang aktif saja. Selain itu, jangan lupa membawa ponsel dengan nomor yang masih aktif serta sudah ada pulsa setidaknya lima ribu rupiah.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *