Lompat ke konten

Kelebihan dan Kekurangan Bank BRI

Kelebihan dan Kekurangan Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia atau biasa disingkat BRI adalah salah satu bank BUMN terbaik sekaligus terbesar di Indonesia, baik dari segi aset maupun keunggulan lainnya. Sudah beroperasi sejak 16 Desember tahun 1895, lembaga keuangan milik pemerintah ini telah melayani nasabahnya secara konsisten dan profesional.

Masyarakat banyak menjadikan Bank Rakyat Indonesia sebagai tempat untuk menabung maupun melakukan berbagai transaksi karena memiliki sejumlah keunggulan yang ditawarkannya. Meskipun begitu adapun sedikit kelemahan bank BRI. Pada pembahasan Investbro kali ini, kita akan mengulik lebih jauh mengenai kelebihan dan kelemahan bank BRI, jadi mari coba simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Bank BRI dan Produknya

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. merupakan salah satu bank pemerintah yang berstatus BUMN (Badan Usaha Milik Negara), telah berdiri sejak 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah (sebelum Indonesia merdeka) dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Setelah melalui berbagai peristiwa sejarah, BRI kini sudah semakin berkembang dan konsisten melayani masyarakat secara profesional.

Menjadi bank dengan sistem permodalannya dipegang oleh pemerintah, BRI menyediakan macam-macam produk keuangan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mulai dari pinjaman, kredit, sampai tabungan. Berikut ini adalah macam produk tabungan dari Bank Rakyat Indonesia.

1. Tabungan Simpedes

Tabungan Simpedes adalah produk paling populer yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk menyimpan uang atau menabung sampai saat ini. Tabungan Simpedes memiliki beberapa keunggulan, antara lain praktis dan mudah saat pertama kali membuka rekening, setoran dan penarikan uang bisa dilakukan kapan saja tanpa batas (sesuai ketentuan berlaku), serta kartu ATMnya juga bisa dibuat melakukan transaksi untuk debit maupun penarikan di mesin ATM.

Keunggulan bank BRI Tabungan Simpedes lainnya yaitu bisa memiliki akses untuk layanan digital seperti internet banking, mobile banking, serta SMS banking. Biaya administrasinya pun tergolong sangat terjangkau, yakni hanya Rp5.500 saja setiap bulan yang dipotong dari saldo rekening.

2. Tabungan BritAma dan BritAma X

Produk Tabungan BritAma merupakan salah satu layanan dari BRI yang juga banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki akses kemudahan, khususnya secara digital dengan fasilitas internet banking. Oleh karenanya, para nasabah dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja, baik secara digital maupun melalui mesin ATM dan penggunaan kartu debit.

Setoran awal untuk tabungan BritAma hanya sebesar Rp250.000 saja. Bahkan sudah ada link MasterCard untuk melakukan transaksi di berbagai mesin ATM berlogo MasterCard.

Selanjutnya Tabungan BritAma X yang merupakan versi lebih modern dengan desain menarik khusus anak muda. Fiturnya mirip dengan BritAma biasa dan juga sama-sama memiliki link MasterCard untuk melakukan transaksi di mesin ATM berlogo MasterCard. Bedanya hanya persyaratannya untuk nasabah berusia 17-35 tahun saja.

3. Tabungan BritAma Bisnis

Apabila Anda memiliki suatu usaha, Tabungan BritAma Bisnis ini bisa jadi cocok untuk Anda menyimpan uang sekaligus melakukan transaksi bisnis secara lebih mudah karena layanan yang diberikan oleh jenis tabungan ini. Keunggulan bank BRI untuk tabungan BritAma Bisnis ini yaitu tidak ada biaya administrasi jika rata-rata saldo per bulannya hanya 5 juta rupiah. Bahkan pencatatan riwayat transaksinya pun lebih detail.

Keuntungan menabung di bank BRI lainnya pada jenis layanan ini yaitu nasabah bisa melakukan transaksi secara real time dengan sistem online, jadi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tak hanya itu, layanan perbankan ini juga memiliki fasilitas transaksi otomatis. Automatic Grab Fund (AGF), dan account swipe.

4. Simpedes TKI

Sesuai dengan namanya, Tabungan Simpedes TKI diperuntukkan bagi para tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri agar mudah melakukan transaksi. Bahkan tak perlu pulang ke Indonesia karena bisa dilakukan secara online, baik itu transaksi maupun menampung serta menyalurkan gajinya.

Setoran awal Simpedes TKI sangat ringan, yakni hanya Rp10.000 saja dan mendapatkan BRI card. Selain itu, pengajuan tabungannya pun sangat mudah, hanya menyertakan fotokopi identitas diri, mengisi formulir permohonan pembukaan rekening, serta surat rekomendasi dari PPTKIS.

5. Tabungan Haji

Tabungan Haji dari BRI mempermudah nasabah dalam menyiapkan dana untuk beribadah ke tanah suci. Nasabah pun tak perlu khawatir soal biaya administrasi karena gratis atau tak perlu membayar biayanya. Selain itu, ada juga asuransi sebagai pelengkapnya jika Anda memilih tabungan jenis ini.

Setoran awal tabungan haji dari BRI hanya 50 ribu rupiah saja. Adanya layanan seperti ini membuat lega karena tidak perlu terlalu pusing mengurus sekaligus menyiapkan keperluan ibadah ke tanah suci nantinya.

6. Tabungan BRI Junio

Tabungan BRI Junio diperuntukkan untuk anak usia 0-17 tahun namun harus tetap diawasi oleh orang tua. Tabungan ini memberikan banyak kemudahan bagi anak yang belajar menabung karena orang tua bisa memantau keluar masuknya uang, serta transaksinya juga bisa dilakukan secara digital.

Keuntungan menabung di bank BRI tabungan Junio adalah adanya fitur transfer dengan jumlah nominal tetap. Jadi, nasabah bisa menabung rutin secara otomatis setiap bulannya sesuai kesepakatan saat awal pembukaan rekening.

7. Tabungan BritAma Rencana

Tabungan BritAma Rencana mempermudah nasabah untuk melakukan investasi dengan setoran tetap setiap bulannya. Investasi sangat penting dilakukan guna berjaga-jaga jika ada keperluan mendesak, tapi tak perlu berhutang karena sudah memiliki dana lain di luar tabungan.

Nasabah bisa melakukan pengecekan rekening secara online, jadi tidak perlu datang ke bank untuk melakukannya. Sebab bisa memantaunya melalui rekening koran, baik di ponsel maupun laptop yang kemudian mutasinya bisa dicek melalui e-statement dan dikirim ke email nasabah.

8. Tabungan BritAma Valas

Tabungan BritAma Valas memudahkan para nasabah yang sering melakukan transaksi dengan mata uang luar negeri. Nilai tukarnya pun kompetitif dan bisa dilpergunakan untuk 10 jenis mata uang di dunia, antara lain USD, SGD, CNY, EUR, AUD, JPY, AED, GBP, HKD, dan SAR. Setoran awalnya sendiri mulai 50 USD.

9. Tabungan BRI Simple

Tabungan BRI Simple cocok digunakan bagi anak untuk belajar disiplin dalam mengelola keuangan. Syarat pengajuan pembukaan rekeningnya pun sangat mudah, bahkan membantu anak supaya lebih terbiasa menabungs sejak dini.

Setoran awal Tabungan BRI Simple hanya Rp5.000 dan tidak perlu datang ke bank untuk membuka rekenin. Keunggulan lainnya yaitu menabungnya pun bisa dilakukan di bank maupun sekolah

10. TabunganKu

Produk TabunganKu merupakan jenis simpanan uang pribadi supaya terbiasa menyisihkan dana untuk ditabung. Keunggulannya, yakni tak dikenakan biaya administrasi dan minimal setoran awal Rp20.000 saja, sedangkan untuk setoran berikutnya minimal Rp10.000.

Kelebihan Bank BRI

Keunggulan bank BRI berikut ini merupakan alasan mengapa masyarakat memilihnya sebagai tempat tujuan menabung sekaligus melakukan transaksi lainnya.

1. Tersebar di seluruh wilayah Indonesia

Seperti telah diketahui, Bank Rakyat Indonesia memiliki kantor cabang dan mesin ATM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tidak terbatas di kota atau desa besar saja. Selain memiliki lebih dari 1000 kantor cabang, BRI juga menyediakan layanan lain untuk membantu para nasabah mengelola keuangannya.

2. Pilihan produk perbankan beragam

Keunggulan bank BRI lainnya adalah punya pilihan produk perbankan beragam yang dibagi berdasarkan jenis nasabah, antara lain individu atau pribadi, perusahaan, dan UMKM. Selain tabungan, produk keuangan lain dari BRI yakni kredit dan pinjaman.

3. Tersedia layanan digital

Keunggulan bank BRI yang bisa dnikmati lainnya adalah tersedianya layanan digital, apalagi saat ini semua sudah serba online dan cepat. Layanan digital tersebut, antara lain mobile banking, internet banking, SMS banking, pembayaran tagihan, pengecekan mutasi rekening, dan sebagainya.

Kekurangan Bank BRI

Selain adanya keunggulan, adapun kelemahan bank BRI yang perlu diketahui

1. Biaya administrasi transfer beda bank

Kelemahan bank BRI yaitu pasti dikenakan biaya administrasi jika melakukan transfer beda bank. Secara otomatis, saldo akan terpotong sebesar Rp6.500. Tetapi jika transfer ke sesama BRI tidak akan dikenakan biaya administrasi.

2. Kendala pada layanan digital

Kelemahan bank BRI lainnya adalah adanya kendala pada layanan digital atau onlinenya, entah itu masalah server, perbaikan fitur, dan lain-lain. Sehingga Anda harus sabar jika sewaktu-waktu tidak bisa mengakses layanan online untuk melakukan transaksi.

Apakah Bank BRI Layak Dijadikan Sebagai Tempat Menabung?

Tetap layak, sebab keuntungan menabung di bank BRI bukan hanya memberikan kemudahan para nasabah untuk menyimpan uang saja. Akan tetapi, ada jaminan uang tersebut aman di dalamnya, sehingga tak perlu khawatir menjadikan BRI sebagai tempat terbaik untuk menabung.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.