Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Investasi Emas di DANA agar Untung

Cara Investasi Emas di DANA

Selain sebagai dompet digital atau e-wallet, aplikasi DANA dapat dijadikan sebagai platform untuk investasi emas secara digital. Investasi logam mulia tidak pernah kehilangan peminat, sebab nilainya cenderung stabil dan cocok digunakan sebagai tabungan jangka panjang. Aplikasi DANA merupakan platform terpercaya untuk melakukannya, yakni melalui layanan eMAS, sehingga tak perlu repot mendatangi gerai Antam untuk membeli logam mulia tersebut.

Menariknya, emas tersebut dapat dibeli mulai dari nominal kurang dari 10 ribu rupiah, sehingga berinvestasi logam mulia di DANA dapat dilakukan oleh siapapun dengan nominal berapapun. Tidak perlu ragu melakukannya, begini cara investasi emas di DANA, banyak keuntungan dan dijamin aman!

Keuntungan Investasi Emas di DANA

DANA eMas merupakan fitur yang ada di aplikasi dompet digital DANA untuk menabung logam mulia digital. Fitur tersebut dapat memudahkan siapapun yang ingin berinvestasi logam mulia secara aman, praktis, dan murah karena tidak mengharuskan langsung membeli dalam bentuk fisik atau batangan.

Apakah investasi emas melalui DANA menguntungkan? Jawabannya adalah YA. Berikut ini merupakan keuntungan investasi emas lewat aplikasi DANA.

1. Mudah dan praktis

Kini guna mempermudah masyarakat sekaligus membuatnya melek investasi, aplikasi DANA menyediakan fitur menabung logam mulia. Keuntungan investasi emas melalui DANA yang pertama adalah prosedurnya yang mudah dan praktis dilakukan, sebab hanya bermodalkan KTP dan foto diri saja. Oleh karena itu, siapapun dapat melakukannya asalkan memenuhi persyaratan.

Persyaratan yang harus dipenuhi supaya bisa menikmati fitur tersebut, yaitu Anda perlu melakukan upgrade ke DANA Premium terlebih dahulu. Setelah upgrade, Anda dapat menikmati berbagai fitur yang ada di aplikasi tersebut, salah satunya eMas untuk investasi logam mulia.

Adanya fitur investasi logam mulia tersebut membuat siapapun tak perlu jauh-jauh ke butik Antam atau toko perhiasan untuk berinvestasi emas. Benar-benar menghemat dari segi waktu dan tenaga, bukan?

2. Dapat melakukan investasi emas digital

Melalui aplikasi DANA, siapapun tak perlu repot-repot mendatangi butik Antam maupun toko perhiasan untuk melakukan investasi logam mulia karena semuanya dapat dilakukan secara digital. Jadi dapat dikatakan bahwa, Anda tak akan menerimanya dalam bentuk fisik (batangan), sebab emas digital tersebut sudah disimpan di akun e-wallet yang dapat dipantau perkembangannya. Menariknya lagi, ada sistem cicilan dengan jangka waktu 3-24 bulan untuk membelinya.

Investasi emas melalui aplikasi DANA termasuk halal karena jelas spesifikasi serta dapat dicairkan atau diserahterimakan, mengingat menabung logam mulia melalui platform tersebut sifatnya dititipkan. Oleh karena itu, meskipun dilakukan secara digital namun tetap halal karena dilakukan sesuai syariat agama Islam.

3. Mudah dicairkan dan dicetak

Keuntungan lainnya adalah logam mulia yang sudah ditabung dapat dicairkan atau dicetak fisik, jadi ini bukan fiktif (tak terlihat bentuknya). Oleh karena itu, sudah dipastikan halal karena sistemnya ditabung atau dititipkan kepada pihak lain yang sudah terjamin keamanannya.

DANA eMas ini menyediakan layanan untuk mengambil atau mencairkan logam mulia sesuai nominal yang diinginkan, mulai dari 1, 5, 10, 50, hingga 100 gram. Cara mencetaknya pun mudah karena cukup mengisi formulir sesuai data diri dan alamat lengkap, setelah itu tunggu sampai diantarkan ke alamat tujuan.

Tak hanya mencetak dalam bentuk fisik dan membeli secara digital, Anda juga dapat menjualnya sewaktu-waktu. Hasil penjualan emas akan dicairkan dalam bentuk saldo ke rekening DANA.

Tips investasi emas agar untung, perlu memantau grafik naik-turunnya harga logam mulia. Biasanya, keuntungan baru terlihat setelah 3 hingga 5 tahun, atau sekitar 3 tahun saat terjadi resesi. Jadi dapat dikatakan bahwa ini untuk jangka panjang, karena jika hitungan bulan atau setahun saja belum terlalu terlihat hasilnya.

4. Dapat dimulai kurang dari 10 ribu saja

Investasi emas digital melalui aplikasi DANA cocok dilakukan oleh siapapun dengan nominal berapapun. Menariknya lagi, seseorang dapat mulai menabung logam mulia dari nominal kurang dari 10 ribu saja atau setara dengan 0,01 gram.

Dapat dimulai dari nominal terkecil itulah yang membuat fitur DANA eMas diminati oleh banyak orang karena tak perlu mahal-mahal untuk melakukan investasi. Bahkan tak harus langsung membelinya langsung dalam bentuk fisik maupun ukuran 1 gram, mulai 10 ribu saja sudah dapat membelinya secara digital.

Tak heran jika fitur tersebut cocok sekali dijalankan oleh pemula yang ingin memulai investasi. Apalagi investasi dalam bentuk logam mulia memiliki risiko cenderung ringan, tahan inflasi, serta cenderung stabil nilainya dari waktu ke waktu, cocok sekali untuk tabungan jangka panjang.

5. Terjamin keamanannya

Keuntungan investasi emas lewat aplikasi DANA lainnya, yaitu tak perlu meragukan keamanannya karena sudah terjamin dan seluruh transaksinya diawasi oleh pihak Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Selain itu, untuk pencairannya dalam bentuk fisik pun dijamin keamanannya oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Syarat dan Ketentuan Investasi Emas di DANA

Menyediakan banyak keuntungan jika menabung logam mulia melalui aplikasi DANA, membuat banyak orang terutama pemula tertarik untuk melakukannya. Terlebih menabung emas dapat dilakukan dengan nominal paling rendah kurang dari 10 ribu rupiah. Berikut ini merupakan syarat dan ketentuan jika ingin berinvestasi emas di DANA.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 17 tahun yang dibuktikan dengan KTP
  • Foto diri
  • Telah mengaktifkan fitur DANA Premium untuk membuka fitur DANA eMas

Berdasarkan syarat dan ketentuan di atas, pengguna aplikasi harus melakukan upgrade terlebih dahulu ke DANA Premium untuk membuka fitur eMas. Apabila tidak diupgrade, maka fitur tersebut tidak akan muncul.

Investasi Emas di DANA

Investasi emas lewat aplikasi DANA merupakan cara menabung jangka panjang dalam bentuk logam mulia dengan risiko rendah. Investasi produk logam mulia tersebut cocok dilakukan oleh siapapun meskipun masih pemula karena nilainya cenderung stabil dan tahan inflasi. Aplikasi DANA menghadirkan banyak kemudahan bagi penggunanya yang ingin menabung logam mulia, apalagi dapat dimulai dari nominal kurang dari 10 ribu atau setara dengan 0,01 gram.

Menabung emas merupakan investasi jangka panjang yang baru terlihat 3-10 tahun setelah disimpan. Jadi, produk investasi satu ini belum terlihat keuntungannya apabila baru disimpan selama beberapa bulan atau beberapa hari. Melalui aplikasi DANA pengguna tak hanya dapat membeli emas saja, tetapi juga dapat mencairkannya dalam bentuk fisik maupun menjualnya kembali.

Tips investasi agar untung, gunakanlah uang dingin untuk membeli produknya. Selain itu, pantau harga logam mulia emas secara berkala agar dapat memprediksi kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual.

Cara Investasi Emas di DANA

Cara investasi emas digital di DANA termasuk mudah dari segi prosedur maupun persyaratannya. Begini cara melakukannya.

  1. Bukalah aplikasi DANA, pastikan telah upgrade ke DANA Premium supaya dapat membuka fitur eMas.
  2. Pilihlah menu eMas di aplikasi tersebut. Klik Buy atau Beli.
  3. Halaman berikutnya menampilkan beberapa pilihan nominal emas yang dapat dibeli, dalam rupiah maupun gram. Pilihlah sesuai kebutuhan, misalnya berdasarkan saldo rupiah.
  4. Klik Beli atau Buy. Pastikan jumlahnya benar, selanjutnya klik Confirm.
  5. Pembelian emas berhasil yang ditandai dengan munculnya notifikasi. Guna memastikan saldonya sudah masuk, Anda dapat mengeceknya di beranda pada menu eMas.

Mudah sekali, kan cara membeli emas lewat DANA? Mulai tertarik untuk mencobanya? 

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *