Bagaimana Cara Investasi Surat Utang Negara (SUN)? Begini Caranya!

Panduan Membeli SUN

Apakah Anda termasuk salah seorang yang suka berinvestasi? Jika benar, maka Anda patut mempertimbangkan jenis investasi selain saham, yaitu investasi Surat Utang Negara (SUN). Ini bukan investasi biasa karena dengan menanam modal di SUN, secara tidak langsung Anda sedang menjadi investor sekaligus pahlawan negara.

Pengertian Surat Utang Negara (SUN)

Surat Utang Negara (SUN) adalah sebuah instrumen investasi yang melibatkan surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah. Surat Utang Negara dijual atas nama perusahaan pemerintah kepada masyarakat umum demi memperlancar sirkulasi keuangan dalam rangka pembangunan negara.

Pasar primer dan sekunder merupakan market yang legal untuk melakukan transaksi jual beli berbagai macam obligasi, termasuk Surat Utang Negara (SUN).

Di pasar primer, perusahaan negara akan menjual surat utang negara secara tetap dengan jumlah terbatas kepada para investor atau masyarakat umum untuk pertama kalinya.

Sementara itu, di pasar sekunder akan terjadi transaksi perdagangan kedua yang dilakukan antara para investor dengan kisaran harga surat berharga yang bervariasi dan cenderung tidak menetap (bersifat fluktuasi).

Berbeda dengan pasar primer yang akan memberikan keuntungan bagi perusahaan negara yang menjual investasi surat utang negara tersebut, di pasr sekunder sendiri ternyata hanya menjanjikan keuntungan untuk para investor saja yang terlibat transaksi secara langsung.

Cara Investasi Surat Utang Negara (SUN)?

Jika Anda ingin membeli surat utang negara, lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Registrasi di mitra distribusi

Proses pendaftaran untuk melakukan investasi surat utang negara dapat dilakukan di beberapa mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah, yaitu melalui bank umum, perusahaan efek, dan perusahaan financial technology. Proses tersebut dapat dilakukan secara langsung dengan mengunjungi mitra terkait ataupun melalui registrasi online.

Bank Umum yang sudah bermitra dengan pemerintah untuk proses investasi surat utang negara, yaitu BRI, BCA, Mandiri, BNI, Permata, BTN, Maybank Indonesia, CIMB Niaga, dan OCBC NISP.

Anda juga dapat mengajukan registrasi di beberapa perusahaan sekuritas di Indonesia seperti PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT Bareksa Portal Investasi, PT Star Mercato Capitale, dan PT Nusantara Sejahtera Investama.

Disisi lain, Anda juga dapat mengajukan investasi di perusahaan financial technology seperti PT Investree Radhika Jaya, PT Mitra Usaha Indonesia Grup, dan PT Lunaria Annua Teknologi.

Jangan lupa siapkan data terlebih dahulu agar proses registrasi dapat berlangsung dengan mudah dan cepat. Data yang harus dipersiapkan yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk), nomor SID (Single Investor Identification), nomor rekening Dana, dan nomor rekening surat berharga.

Jangan khawatir apabila Anda belum memiliki SID, rekening dana, dan rekening surat berharga; karena mitra distribusi yang telah Anda pilih akan membantu dengan sepenuh hati agar Anda dapat memperoleh ketiga kartu tersebut.

2. Lakukan pemesanan SUN

Setelah proses registrasi selesai, maka langkah berikutnya adalah melakukan pemesanan investasi surat utang negara melalui mitra distribusi yang telah Anda pilih sebelumnya. Umumnya, apabila Anda melakukan pemesanan secara online; maka Anda harus menempuh tahapan berikut ini!

Pertama-tama, buka terlebih dahulu portal online yang telah disediakan oleh mitra distribusi Anda. Kemudian, jangan lupa untuk membaca dengan cermat segara syarat dan ketentuan yang berlaku tentang investasi Anda yang termuat dalam Memorandum Informasi.

Selanjutnya, siapkan SID, rekening dana dan rekening efek (surat berharga) dan masukan data sesuai dengan instruksi yang tertera pada portal mitra distribusi Anda.

Masukan berapa jumlah investasi surat utang negara yang diingin dibeli. Alangkah baiknya Anda konsultasikan dulu sebelumnya dengan mitra distribusi terpilih agar Anda dapat berinvestasi dengan tepat dan akurat.

Setelah input jumlah nominal, pastikan bahwa Anda menerima kode billing sebagai tanda transaksi telah berhasil dan pastikan juga bahwa pesanan Anda sudah diverifikasi oleh pihak terkait.

3. Selesaikan pembayaran

Perhatikan langkah-langkah pembayaran investasi surat utang negara Anda! Jangan lupa untuk melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nominal yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jika tidak sesuai, maka pembayaran Anda akan sulit untuk terverifikasi dengan baik.

Apabila input nominal pembayaran sudah selesai sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan, maka pastikan bahwa Anda teleh menerima kode pembayaran yang akan dikirim melalui email atau SMS sesuai dengan ketentuan dari masing-masing mitra distribusi.

Perhatikan juga batas maksimal pembayaran (steor), jangan sampai telat sehingga bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, berkaitan dengan investasi surat utang negara Anda.

4. Lakukan konfirmasi Pembayaran

Langkah berikutnya dalam berinvestasi di surat utang negara (SUN) adalah dengan melakukan konfirmasi pembayaran. Konfirmasi pembayaran yang dimaksud yaitu Anda harus memastikan bahwa Anda telah menerima kode NTPN atau kode Nomor Transaksi Penerimaan Negara.

Berikutnya, Anda akan menerima konfirmasi kepemilikan investari surat utang negara yang telah Anda ajukan tersebut. Konfirmasi tersebut akan diperoleh setelah pemerintah sebagai penjual investasi memberikan settlement (penerbitan).

Tujuan Penerbitan Investasi Surat Utang Negara (SUN)

Sebuah negara tentu menginginkan kondisi keuangannya tetap stabil sehingga dengan menerbitkan investasi surat utang negara dapat menjadi salah satu solusi yang menguntungkan.

Pada dasarnya, sebuah negara memanfaatkan modal yang diperoleh dari investasi surat utang negara adalah untuk menyokong APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), menata portofolio keuangan negara, serta untuk menyulam kekurangan kas jangka pendek yang terkadang kurang stabil karena digunakan dalam pembangunan tertentu.

Pembeli SUN didominasi oleh perempuan.

Jenis Surat Utang Negara

Di Indonesia sendiri, jenis surat utang negara dibagi menjadi dua jenis, yaitu obligasi negara dan surat perbendaharaan negara (SPN). Obligasi Negara biasanya diaplikasikan dengan surat utang berjangka waktu lebih dari dua belas bulan, baik dengan keuntungan bunga ataupun tanpa keuntungan bunga.

Apabila Anda memilih jenis surat utang negara yang mempunyai jangka waktu sampai dua belas bulan, maka sebaiknya memilih surat utang negara dari jenis surat perbendaharaan negara (SPN). Pemberlakuan bunga pada jenis ini dilakukan dengan potongan (diskonto).

Kesimpulan

Investasi memang penting, tetapi memperoleh proteksi dari investasi yang sedang kita lakukan juga sangat perlu. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi sebaiknya pelajari lebih jauh tentang syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Idealnya, Anda memperoleh proteksi dari dana darurat atau resiko finansial berupa asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

Selamat berinvestasi dan berbakti untuk negeri!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *