Lompat ke konten

10 Sekuritas Terbaik di Indonesia (2022)

Perusahaan Sekuritas Terbaik

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang diberi legalitas oleh OJK untuk menjadi perantara penjualan efek (broker-dealer). Saat Anda ingin membeli sebuah saham atau obligasi, Anda harus menggunakan jasa perusahaan sekuritas.

Kriteria perusahaan sekuritas terbaik adalah menyediakan aplikasi trading saham dengan kualitas terbaik, mengelola dana investor dengan sebaik mungkin, serta memiliki fasilitas broker saham pendukung yang memuaskan. Selain itu, sebuah perusahaan sekuritas juga dikatakan baik apabila sudah dinyatakan legal beroperasi oleh OJK dan institusi terkait.

Berikut ini daftar sekuritas terbaik di Indonesia.

1. Ajaib Sekuritas

Ajaib Sekuritas

Perusahaan sekuritas terbaik yang pertama adalah PT Ajaib Sekuritas Asia atau yang lebih dikenal dengan Ajaib Sekuritas. Perusahaan dengan kode XC ini telah mendapatkan izin operasi dari OJK dengan nomor izin No. KEP-171/PM/1992.

Hingga paruh pertama tahun 2022, perusahaan ini tercatat menjadi salah satu perusahaan sekuritas teraktif di Indonesia dengan jumlah transaksi mencapai 135 miliar saham. Hal ini tidak mengherankan. Pasalnya, aplikasi trading yang dirilis oleh perusahaan ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store.

Ajaib Sekuritas merupakan sekuritas terbaik karena memiliki aplikasi saham terbaik dari sisi antarmuka pengguna.

Selain itu, beberapa kelebihan dari Ajaib Sekuritas adalah:

  • Aplikasi Ajaib tidak hanya untuk investasi saham. Saat ini di dalam aplikasi ini juga sudah tersedia berbagai produk reksa dana dan aset crypto. Hal ini memungkinkan investor untuk melakukan diversifikasi investasi hanya dengan menggunakan 1 aplikasi saja.
  • Biaya investasi terjangkau. Untuk investasi reksa dana, Ajaib tidak mematok biaya transaksi. Adapun Ajaib memiliki fee sekuritas termurah, yaitu sebesar 0,13%- 0,25% tergantung dengan volume perdagangan dan jenis transaksi yang Anda lakukan.
  • Fitur aplikasi lengkap. Anda tidak hanya bisa mengakses berbagai instrumen investasi dan berbagai kelengkapannya dalam aplikasi ini, akan tetapi Anda juga bisa mengakses komunitas trading, kamus investasi dan berbagai berita terkait investasi dan ekonomi yang tentunya dibutuhkan oleh investor.
  • User interface yang friendly. Sering kali karena menyediakan banyak fitur dan fasilitas, tampilan sebuah aplikasi cenderung padat dan menumpuk sehingga kurang nyaman di mata pengguna. Namun hal ini tidak berlaku untuk aplikasi Ajaib. Anda bisa berinvestasi menggunakan aplikasi ini dengan tanpa takut merasa tidak nyaman.

Penjelasan mengenai fitur dan cara daftar telah kami bahas di review Ajaib.

2. Indo Premier Sekuritas

IPOT

Di posisi kedua ada PT Indo Premier Sekuritas. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1996 ini mendapatkan izin operasi dari OJK (dulu BAPEPAM-LK) dengan nomor izin KEP-11/PM/PPE/1996. Selama 26 tahun beroperasi, broker saham ini terus menyediakan layanan terbaik untuk investornya, sehingga tidak heran kalau hingga kini Indo Premier menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia dengan volume transaksi sebanyak 324 juta saham.

Berdasarkan penilaian kami, Indo Premier Sekuritas adalah sekuritas syariah terbaik karena sudah terhubung dengan Sistem Online Trading Syariah (SOTS).

Keunggulan dari Indo Premier Sekuritas adalah:

  • Telah memiliki aplikasi online trading yang bernama IPOT. IPOT merupakan salah satu aplikasi sekuritas terbaik dari sisi kelengkapan fitur. Di aplikasi ini tersedia berbagai produk saham, reksa dana dan ETF serta dilengkapi dengan berbagai konten edukasi dan berita ekonomi dan investasi terkini. Dengan fitur lengkap ini, maka tidak heran kalau aplikasi IPOT kini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.
  • Modal dan biaya transaksi yang terjangkau. Untuk bisa bertransaksi di aplikasi ini, Anda hanya membutuhkan modal sebesar Rp100.000 dan setiap transaksi dikenai biaya sebesar 0,19%-0,29% tergantung dengan jumlah volume saham yang Anda perdagangkan dan jenis transaksinya.
  • Adanya fasilitas robot untuk membantu investor. Saat ini IPOT sudah dilengkapi dengan robo advisor dan robo trading untuk membantu investor memilih saham dan melakukan transaksi. Fitur ini tentu akan sangat berguna mengingat banyaknya jumlah emiten yang terdaftar di bursa dan minimnya waktu investor untuk memilih saham dan reksa dana satu per satu.
  • Layanan CS 24 jam. Fasilitas lain yang disediakan oleh perusahaan ini adalah layanan customer service 24 jam. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi trader yang mengalami kendala trading di luar jam kerja.

Kelebihan dan kekurangan aplikasinya bisa disimak di review IPOT.

3. Mirae Asset Sekuritas

Mirae Asset Sekuritas

Tidak bisa menyebutkan perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia dengan tanpa menyebutkan perusahaan yang satu ini. Pasalnya, Mirae Asset Sekuritas adalah perusahaan yang dalam beberapa periode berturut-turut menjadi perusahaan sekuritas dengan volume transaksi terbesar. Hingga paruh pertama tahun 2022 ini saja, perusahaan ini telah mencatat volume transaksi saham sebesar 699 miliar lembar saham.

Beberapa kelebihan perusahaan ini di antaranya adalah:

  • Biaya transaksi terjangkau. Biaya transaksi di Mirae Asset Sekuritas berkisar antara 0,15%-0,25% tergantung dengan jenis transaksi dan volume transaksi yang Anda lakukan. Biasanya, semakin besar transaksi maka semakin rendah biayanya.
  • Rekening dana nasabah tersedia di 4 bank. Umumnya, perusahaan sekuritas membuat rekening dana nasabah di 3 perusahaan saja, namun Mirae Asset menyediakan akun di 4 bank untuk RDN. 4 bank tersebut adalah, Bank Mandiri, BCA, CIMB Niaga, dan Bank Permata.
  • Memiliki aplikasi dengan fitur automatic order. Saat ini Mirae Asset telah memiliki aplikasi bernama Neo HOTS Mobile. Salah satu keistimewaan aplikasi ini adalah dia telah dilengkapi dengan fitur automatic order, Dengan fitur ini, Anda bisa trading secara otomatis sehingga tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari.
  • Pilihan akun bermacam-macam. Mirae Asset Sekuritas terbuka untuk berbagai model investasi dan trading dengan memiliki 4 jenis akun, yaitu reguler, syariah, margin trading, dan akun khusus day trading.

Ulasan lengkap telah kami sajikan di review Mirae Sekuritas.

4. Stockbit Sekuritas Digital

Stockbit

Nama aplikasi Stockbit mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Aplikasi ini diterbitkan oleh PT Stockbit Sekuritas Digital. Perusahaan ini sebenarnya, merupakan perusahaan baru. Sebelumnya, PT Stockbit Sekuritas Digital memiliki nama PT Mahakarya Artha Sekuritas dan memiliki nomor izin OJK KEP-132/PM/1992. Perusahaan ini baru berubah nama menjadi Stockbit sekuritas ketika dia diakuisisi oleh Stockbit.

Berdasarkan penilaian kami, Stockbit adalah sekuritas terbaik untuk pemula karena memiliki aplikasi yang sangat mudah digunakan. Tampilannya sangat sederhana dan tidak mengintimidasi pemula dengan data-data yang tida kperlu.

Dari segi layanan dan aplikasi, berikut ini beberapa keunggulan Stockbit Sekuritas Digital:

  • Biaya transaksi terjangkau. Stockbit Sekuritas Digital menawarkan biaya transaksi 0,15%-0,25% tergantung dengan besaran dan jenis transaksi yang dilakukan. Biaya transaksi ini belum termasuk biaya berlangganan jika Anda membuka akun pro.
  • Aplikasi trading yang lengkap. Stockbit saat ini memang “hanya” menyediakan instrumen saham, namun fasilitas investasi dan trading yang tersedia dalam aplikasi ini terbilang sangat lengkap, mulai dari data fundamental, chart saham hingga fitur screening saham dan analisis. Tampilannya pun user friendly. Oleh sebab itu, tidak heran kalau saat ini Stockbit telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.
  • Diversifikasi. Sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya, Stockbit Sekuritas Digital menyediakan aplikasi terpisah untuk investasi reksa dana dan obligasi. Aplikasi tersebut bernama Bibit.

Jangan lupa baca juga review aplikasi Stockbit untuk mendalami fitur-fitur aplikasinya.

5. Phillip Sekuritas Indonesia

Phillip Sekuritas

PT Phillip Sekuritas Indonesia adalah perusahaan sekuritas yang dimiliki oleh Phillip Capital, sebuah perusahaan keuangan Asia yang berpusat di Singapura. Phillip Capital resmi menjadi pemilik perusahaan ini pada tahun 1994, ketika perusahaan tersebut resmi menjadi pemilik mayoritas saham PT Philindo Santana Perkasa. Sebelumnya, PT Philindo Santana Perkasa telah memiliki izin operasi dari OJK dengan nomor KEP-225/PM/1992.

Pada tahun 2003, PT Philindo Santana Perkasa resmi berganti nama menjadi PT Phillip Sekuritas Indonesia dan menerbitkan sistem trading mereka sendiri yang bernama Phillip’s On-line Electronic Mart System (POEMS).

Berikut ini beberapa kelebihan perusahaan ini:

  • Diskon biaya transaksi. Normalnya, biaya transaksi di perusahaan ini berkisar antara 0,18% hingga 0,28%. Namun, apabila ada transaksi yang dilakukan pada hari yang sama, perusahaan ini menawarkan diskon sebesar 0,1%-0,2%.
  • Aplikasi yang memudahkan investasi. Phillip’s On-line Electronic Mart System (POEMS) tersedia dalam format aplikasi sejak tahun 2012. Dengan aplikasi ini, Anda bisa berinvestasi saham dan reksa dana sekaligus.
  • Fitur aplikasi yang lengkap. POEMS menyediakan berbagai fitur trading yang komprehensif, seperti chart ala TradingView (yang bekerja sama dengan perusahaan ini) hingga hasil riset eksklusif dari tim riset PT Phillip Sekuritas Indonesia. Tentu hasil riset seperti ini dibutuhkan untuk menghasilkan keputusan trading terbaik.

Seperti yang kami bahas di review Phillip Sekuritas, POEMS merupakan salah satu aplikasi sekuritas saham online dengan fitur terlengkap saat ini.

6. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas

PT Mandiri Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas yang terafiliasi dengan bank BUMN, Bank Mandiri. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1991 dengan nama PT Merincorp Securities Indonesia dan mendapatkan izin OJK dengan nomor No. 12 tahun 1992. PT Merincorp Securities Indonesia kemudian berganti nama menjadi PT Mandiri Sekuritas pada tahun 2000, setelah dia digabung dengan 2 perusahaan lainnya, yaitu PT Exim Sekuritas dan PT Bumi Daya Sekuritas.

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki PT Mandiri Sekuritas antara lain:

  • Aplikasi online trading. Pada tahun 2016, PT Mandiri Sekuritas merilis aplikasi online trading yang bernama Mandiri Online Securities Trading  (MOST). Tidak hanya saham, aplikasi ini pun bisa digunakan untuk investasi obligasi dan reksa dana. Ini artinya, Anda bisa melakukan diversifikasi investasi hanya dengan 1 aplikasi saja.
  • Fitur online trading yang lengkap. Berbagai fitur MOST bisa diakses melalui aplikasi mobile di handphone maupun di layar laptop. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur book order yang bisa membantu Anda untuk mengetahui harga jual beli saham dan volumenya sebelum Anda resmi membuka posisi di pasar.
  • Fitur rekap yang mendukung pajak. Fitur lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah fitur rekap yang bisa diunduh dan dicetak untuk keperluan pelaporan SPT. Dengan demikian, Anda tidak akan bingung lagi bagaimana cara membayar pajak atas dividen yang Anda peroleh.

Ulasan lengkap mengenai MOST bisa Anda simak di review Mandiri Sekuritas.

7. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas

Perusahaan sekuritas lain yang juga terafiliasi dengan bank nasional adalah BNI Sekuritas. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1995 dan mendapatkan izin operasi dari OJK dalam SK KEP-20/PM/1995. Sejak tahun 2011, saham 25% saham BNI Sekuritas dimiliki oleh SBI Financial Services Co., LTD, sebuah perusahaan keuangan asal Jepang.

BNI Sekuritas merupakan sekuritas terbaik untuk trading saham harian karena aplikasi BIONS terbukti bisa diandalkan untuk mengeksekusi order dengan cepat.

Pada paruh awal tahun 2022 ini, BNI Sekuritas secara konsisten menjadi salah satu perusahaan sekuritas yang aktif memperjualbelikan saham dengan total transaksi sebanyak 107,8 miliar saham.

Berikut beberapa keunggulan BNI Sekuritas:

  • Aplikasi yang dirilis perusahaan ini memiliki fitur lengkap. Fitur yang dihadirkan BIONS, aplikasi online trading yang dirilis perusahaan ini pada tahun 2019, terbilang cukup lengkap. Di aplikasi ini, Anda bisa mengakses berbagai fitur-fitur utama trading saham mulai dari watchlist hingga berita serta analisis dari tim internal.
  • Diversifikasi. Tidak hanya saham, obligasi, reksa dana dana efek beragun aset (EBA) juga tersedia di aplikasi ini. Ini artinya, Anda bisa melakukan diversifikasi investasi hanya dengan 1 aplikasi demi meminimalisir risiko.
  • Ada layanan syariah. Selain transaksi saham reguler, BNI Syariah dan BIONS juga menyediakan akun syariah (SOTS). Dengan demikian, Anda tidak perlu takut investasi lagi dengan menggunakan aplikasi ini.
  • Login dengan fingerprint. Anda tidak hafal password, atau takut aplikasi Anda dibuka oleh orang lain?, nah BIONS menawarkan fitur login dengan fingerprint, sehingga orang lain selain Anda tidak bisa mengakses aplikasi tersebut.

Keunggulan BIONS lainnya bisa Anda dalami di review BNI Sekuritas.

8. Trimegah Sekuritas

Trimegah Sekuritas

Trimegah sekuritas adalah sekuritas terbaik ke-8 di Indonesia. Perusahaan dengan nama lengkap PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk ini berdiri pada tahun 1990 dengan nama  PT Trimulya Securindo Lestari dan mendapatkan izin operasi dari OJK pada tahun 1992 dan 1993. Perusahaan ini sendiri pada tahun 2000 menjadi perusahaan publik (IPO) dengan kode saham TRIM.

Pada tahun 2016, Trimegah Sekuritas merilis sebuah aplikasi online trading bernama Trima. Saat ini, aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna.

Keunggulan Trimegah Sekuritas adalah:

  • Diversifikasi portofolio. Di aplikasi ini, Anda bisa membeli saham dan reksa dana sekaligus, khususnya reksa dana yang dikelola oleh PT Trimegah Asset Management, perusahaan manajemen investasi yang juga merupakan anak usaha perseroan.
  • Fingerprint login. Apabila Anda tidak hafal username dan password, Anda bisa masuk menggunakan fingerprint. Selain untuk kemudahan, hal ini juga untuk menjaga privasi aplikasi ini dari pengguna selain Anda.
  • Transparansi. Dengan statusnya sebagai perusahaan publik, Anda bisa mengetahui lebih rinci mengenai kegiatan bisnis perusahaan ini, mulai dari berapa keuntungan tahunannya hingga kebijakan bisnisnya dalam 1 tahun ke depan.

9. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

CGS-CIMB Sekuritas

Rekomendasi perusahaan sekuritas selanjutnya jatuh kepada CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Perusahaan ini merupakan hasil joint venture antara China Galaxy Securities Co., Ltd, sebuah perusahaan keuangan asal Tiongkok dan CIMB Group Sdn Bhd, perusahaan keuangan besar asal Malaysia yang juga memiliki bank CIMB-Niaga.

Perusahaan ini memiliki izin OJK dengan nomor KEP-93/PM/1992. Perusahaan ini pun menyediakan berbagai layanan investasi, mulai dari saham hingga obligasi.

Beberapa keunggulannya adalah:

  • Akses riset tak terbatas. Dengan bekerja sama dengan China Galaxy Securities Co., Ltd, ini artinya hasil analisis dari PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia tidak hanya akan mencakup kondisi ekonomi dan bisnis di Indonesia, melainkan juga Asia.
  • Aplikasi trading multiplatform. Saat ini PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia juga menawarkan aplikasi trading saham yang bernama iTrade. Aplikasi iTrade ini bisa diakses melalui berbagai platform, mulai dari handphone, desktop hingga web browser.
  • Smart order. Fitur smart order yang disediakan oleh perusahaan ini dalam sistem tradingnya, memungkinkan investor dan trader untuk melakukan take profit dan cut loss secara otomatis, sehingga Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian.

10. BCA Sekuritas

BCA Sekuritas

Rekomendasi perusahaan sekuritas terbaik pada tahun 2022 selanjutnya adalah PT BCA Sekuritas. Perusahaan yang terafiliasi dengan Bank BCA ini pada paruh kedua tahun ini menyelesaikan transaksi sebanyak 94 miliar transaksi saham. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 dengan nama Dinamika Usaha Jaya dan baru berubah menjadi PT BCA Sekuritas pada tahun 2012.

Dengan bergabung menjadi nasabah perusahaan sekuritas ini, Anda akan mendapat berbagai keunggulan berikut:

  • Investasi aman dengan Grup Djarum. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya Grup Djarum adalah salah satu perusahaan konglomerasi terbesar di Indonesia. Bank BCA dan BCA Sekuritas merupakan bagian lini keuangan dari bisnis perusahaan ini.
  • Biaya transaksi terjangkau. BCA sekuritas menerapkan biaya sebesar 0,18%-0,28% untuk transaksi online dan 0,28%-0,38% untuk transaksi offline.
  • Aplikasi dengan fitur lengkap. Meskipun harus diperbaiki dalam hal tampilan dan user interface, namun fitur yang disediakan oleh aplikasi BEST, aplikasi milik perusahaan ini, terbilang cukup lengkap. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan fitur Stock Game yang memungkinkan investor untuk berlatih analisis teknikal saham menggunakan game-game yang menarik.

Meskipun terafiliasi dengan emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia, Bank BCA, namun BCA Sekuritas bekerja secara mandiri. Ini artinya, Anda dapat berinvestasi menggunakan jasa perusahaan ini meskipun tidak menggunakan Bank BCA sebagai bank sehari-hari atau membeli saham perusahaan tersebut.

Kekurangannya telah kami bahas lengkap di review BCA Sekuritas.

Nah, itu tadi beberapa perusahaan sekuritas terbaik. Dalam hal memilih perusahaan sekuritas, Anda sebaiknya memperhatikan berbagai faktor, mulai dari biaya, track record hingga jumlah aktivitas perusahaan tersebut per bulannya.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.