Lompat ke konten

Cara Melunasi Pinjaman Online dengan Tepat Waktu

Cara Melunasi Pinjaman Online

Mengajukan pinjaman online adalah salah satu cara mendapatkan dana cepat ketika sedang dalam keadaan terdesak, apalagi prosedur pengajuannya kini semakin mudah. Meskipun banyaknya kemudahan ketika proses pengajuannya, kebanyakan orang masih kesusahan saat harus membayarkan tagihannya tepat waktu sebelum jatuh tempo. Padahal jika telat membayar justru akan dikenakan biaya denda dari total pinjaman.

Bingung cara melunasi pinjaman online tepat waktu? Coba terapkan tips ini untuk membayar pinjol agar tidak kena denda!

1. Terapkan Gaya Hidup Lebih Hemat

Apabila tak bisa membayar hutang pinjol tepat waktu, bisa jadi ada yang salah dengan gaya hidup Anda, yakni bisa dibilang mungkin terlalu boros dari segi pengeluaran untuk sesuatu di luar kebutuhan pokok. Mungkin saja jenis pengeluaran tersebut berupa budget hiburan, membeli barang yang tak terlalu dibutuhkan, dan sebagainya.

Sebenarnya alokasi dana untuk gaya hidup dapat ditekan seminimal mungkin ketika sedang terjerat hutang pinjol. Maka dari itu, cara melunasi hutang dengan cepat adalah dengan menerapkan gaya hidup lebih hemat. Misalnya ketika Anda terbiasa hang out di luar selama 3-4 kali seminggu, guna menghemat pengeluaran sebaiknya cukup lakukan sebulan sekali atau minimal 2 minggu sekali saja (prioritaskan membayar angsuran pinjaman terlebih dahulu).

Hidup lebih hemat bisa menambah tabungan yang nantinya dapat dipakai untuk membayar tagihan pinjol. Tidak bisa melunasi pinjaman adalah salah satu risiko pinjaman online yang harus diperhatikan.

2. Cari Pemasukan Tambahan

Cara melunasi pinjol legal maupun ilegal yang dapat dilakukan supaya tak terlambat yaitu dengan mencari pemasukan tambahan. Mungkin selama ini Anda memiliki pendapatan yang berkurang secara tak terduga, entah karena terkena PHK atau dipindahkan ke pekerjaan lainnya. Maka dari itu, solusi untuk menyelesaikan tersebut cobalah mencari kerja sampingan, freelance, maupun bisnis online agar memperoleh uang tambahan.

Mencari pemasukan tambahan ketika sedang sibuk bekerja mungkin kedengarannya akan sedikit susah, sehingga perlu mencari sampingan yang sifatnya fleksibel. Anda bisa mencoba beberapa pekerjaan freelance di situs terpercaya atau mungkin menjalankan kerja part time di luar jam kerja utama. Jika tak punya modal berbisnis, mencoba affiliate dari marketplace atau bisnis dropship pun tak ada salahnya dilakukan.

3. Gunakan Sistem Autodebet

Sistem autodebet sangat berguna bagi Anda yang sering lupa tenggat waktu pembayaran angsuran pinjol, dengan catatan fitur tersebut sudah tersedia di aplikasi pinjaman online tersebut. Pembayaran dengan sistem autodebet nantinya langsung memotong uang dari rekening secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan, sehingga tak perlu memikirkan sudah membayar atau belum.

Ketika mengaktifkan sistem autodebet, biasanya pembayaran terjadi di awal. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan ulang kebutuhan hidup sehari-hari setelah saldo terpotong dari rekening. Sebaiknya setiap bulan sebelum jatuh tempo, alokasikan dana lebih untuk melunasi pinjol.

4. Prioritaskan Tabungan Khusus Pembayaran Tagihan Pinjol

Cara melunasi pinjol legal maupun ilegal tepat waktu yang paling penting adalah prioritaskan terlebih dahulu pelunasan tagihan hutang tersebut sebelum membuat alokasi dana untuk kebutuhan pokok, sebab tentu saja membayar hutang adalah suatu kewajiban. Apabila diperlukan, cobalah membuat tabungan khusus membayar tagihan pinjol di rekening terpisah agar lebih mudah.

Membuat rekening terpisah sangat memudahkan Anda membayarkan pinjaman online tanpa terlambat, asalkan dananya sudah dipersiapkan sebelum tenor tagihannya. Cara melakukannya adalah hitung berapa jumlah angsuran setiap bulan beserta bunganya, kemudian catat berapa persentase dari gaji total yang harus dialokasikan ke tabungan khusus membayar pinjol.

5. Jika Memungkinkan, Tambah Nominal Cicilan

Sebagian orang memilih tenor yang cukup lama untuk membayar tagihan pinjol, biasanya mulai 12 bulan hingga 48 bulan. Memang benar bahwa memilih tenor atau jangka waktu pelunasan lebih lama akan membuat nominal cicilannya jadi lebih kecil, namun tentu saja hal ini merupakan salah satu yang membuat seseorang lupa membayar tepat waktu.

Apabila kondisinya memungkinkan, cobalah menambah nominal cicilan. Kekurangannya mungkin lebih berat membayarkan angsuran, namun memiliki kelebihan hutang akan lunas dalam waktu lebih cepat. Selain itu, hal tersebut juga dapat memotivasi untuk melunasi pinjaman secara tepat waktu karena periodenya cukup singkat dengan jumlah nominal besar, terlebih jika tak melebihi 30% dari gaji Anda sebulan.

Namun jika dirasa menaikkan nominal angsuran pinjaman online karena kondisi tertentu, sebaiknya tak perlu dipaksakan. Pastikan pelunasan cicilan pinjaman setiap bulan tak melebihi 30% dari total gaji setiap bulannya, kemudian prioritaskan pembayarannya di awal sebelum membeli kebutuhan hidup.

6. Jual Aset atau Barang Berharga

Tenor pinjaman sebentar lagi tiba? Cara termudah melunasi hutang dalam 2 hari atau mungkin seminggu adalah dengan menjual aset atau barang-barang yang dirasa berharga. Contohnya emas, saham, kendaraan bermotor, tanah, bangunan, dan lain sebagainya.

Memang tidak ideal, namun bagaimana pun Anda harus mencari solusi tidak bisa bayar pinjaman online.

Menjual barang berharga merupakan jalan pintas apabila benar-benar sedang tak ada uang dalam kondisi terlilit hutang. Kendaraan bermotor maupun properti mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama hingga terjual, tetapi Anda bisa coba menjualnya lewat perantara supaya lebih cepat. Selain itu, mencairkan deposito di bank juga tak ada salahnya dilakukan agar tepat waktu melunasi pinjaman online dan tak membuatnya semakin berlipat ganda karena telat membayar.

7. Meminta Bantuan dari Anggota Keluarga atau Orang Terdekat

Bingung karena aset tak kunjung laku atau karena tak mempunyai barang yang benar-benar berharga? Jalan pintas lainnya yang merupakan pilihan terakhir yaitu meminta bantuan dari anggota keluarga atau orang terdekat Anda. mungkin cara melunasi pinjaman online ilegal maupun legal seperti ini termasuk mempertaruhkan harga diri, namun tak ada salahnya dilakukan.

Tak ada yang tahu bagaimana kondisi ekonomi seseorang dari waktu ke waktu, apalagi jika memiliki banyak tanggungan. Cobalah mengkomunikasikan hal ini dengan anggota keluarga atau orang terdekat lainnya terkait kondisi Anda saat ini. Setelah mereka meminjami uang untuk bayar pinjol, pastikan pula Anda mampu dipercaya untuk melunasi hutang mereka pula di kemudian hari karena bagaimanapun juga membayar hutang merupakan kewajiban.

8. Ajukan Nominal Cicilan Rendah

Mengajukan nominal cicilan lebih besar bagi sebagian orang termasuk menguntungkan karena tenornya jadi lebih singkat sekaligus memotivasi untuk melunasi tepat waktu agar dendanya tak semakin banyak. Namun kondisi ekonomi setiap orang berbeda-beda, jika mempunyai pendapatan tak terlalu besar sebaiknya ajukan nominal cicilan rendah.

Mengajukan nominal cicilan rendah tak terlalu memberatkan, namun tenornya memang jadi lebih lama. Tak hanya itu, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, pilihlah yang suku bunganya tetap tetapi juga tidak memberatkan. Hal ini cukup berguna untuk membantu membayar angsuran tepat waktu tanpa memberatkan.

Jika mencari pinjaman online legal dan diawasi OJK, coba pelajari cara mengaktifkan Shopee Pinjam. Pencairan dananya cepat, bahkan bunganya pun cenderung rendah dengan suku bunga flat atau tetap setiap bulannya.

9. Pakai Sebagian Tabungan yang Ada

Cara melunasi pinjaman online tepat waktu yakni cobalah mempergunakan sebagian tabungan Anda untuk melunasinya supaya tak terkena denda. Mungkin sebelumnya tabungan tersebut akan dipakai untuk membeli sesuatu, namun cobalah memprioritaskan pelunasan pinjol terlebih dahulu.

Tabungan jika kondisinya sedang terdesak, salah satunya untuk membayar pinjaman online tepat waktu namun ketersediaan dana sedang terdesak. Cara ini mungkin terpaksa dilakukan hingga seluruh pinjaman telah lunas kemudian barulah mulai kembali menabung.

10. Atur Pengingat Pembayaran Pinjaman Online secara Berurutan

Kendala sebagian orang yang memiliki tagihan pinjol yaitu seringkali lupa bayar tepat waktu. Oleh karena itu, cara melunasi pinjaman online tepat waktu yang paling penting, yakni cobalah mengatur pengingat pembayaran tagihan. Atur jadwal jatuh temponya di kalender ponsel agar tidak gampang lupa. 

Mulailah mengatur waktu dengan baik lalu urutkan pengingat (alarm) kalender pembayaran pinjol secara urut, mulai dari yang jatuh temponya paling dekat ataupun pinjaman lebih besar, hingga ke jatuh tempo paling akhir ataupun nominalnya lebih kecil. Membuat skala prioritas seperti ini sangat memudahkan Anda mendahulukan mana yang paling penting.

Melunasi pinjaman online tepat waktu merupakan suatu kewajiban, apalagi jika tak dilunasi sesuai jatuh tempo akan terkena denda dari total pinjaman. Pastikan sebelum meminjam, Anda pun mampu membayar tagihannya sebelum jatuh tempo.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.