Lompat ke konten

Cara Membeli Bitcoin dengan PayPal

Beli BTC dengan PayPal

Dulu, hanya sedikit tempat yang menyediakan layanan jual beli BTC. Sekarang membeli Bitcoin sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah, salah satunya menggunakan PayPal. Artikel ini akan membahas caranya.

Tentang Dukungan Pembelian Bitcoin Melalui PayPal

PayPal yang merupakan salah satu sistem pembayaran terkemuka asal Amerika ini mengumumkan dukungan pembelian aset crypto sejak November 2020. Dalam memberikan layanan tersebut, PayPal melakukan kolaborasi dengan Paxos Crypto Brokerage sejak bulan sebelumnya. Tercatat sekitar 26 juta merchant terdaftar yang menerima pembayaran menggunakan aset crypto.

Pada tahap awal, hanya pemilik akun PayPal yang berdomisili di Amerika Serikat saja yang bisa membeli produk dari merchant terdaftar menggunakan aset crypto di PayPal. Pembayaran yang dilakukan oleh pemilik akun PayPal selanjutnya dikonversi menjadi mata uang fiat. Meskipun masih dalam skala terbatas, yaitu untuk akun yang dianggap memenuhi syarat saja, bukan tidak mungkin dukungan ini bisa segera dinikmati secara global karena PayPal berencana segera memperluas pasar internasional di semester pertama 2021.

Pembelian aset crypto bisa dilakukan secara langsung dalam platform PayPal. Namun perlu diketahui pula bahwa untuk saat ini, pembelian aset crypto belum bisa ditransfer secara langsung ke dompet digital PayPal.

Cara Membeli Bitcoin dengan PayPal

Perluasan pasar internasional memang akan dilakukan secara selektif oleh PayPal sejak tahun lalu. Namun bukan berarti Anda tidak perlu mengetahui bagaimana cara dan opsi yang tersedia untuk melakukan pembelian yang lebih praktis ini bukan? Harapannya, pada saat layanan ini menjangkau pasar Tanah Air, Anda sudah benar-benar siap. 

Nah, apabila Anda ingin melakukan pembelian Bitcoin melalui PayPal, langkah yang harus Anda lakukan yaitu:

  1. Pastikan sudah mendaftar akun PayPal, bisa berupa akun Personal maupun akun Premier PayPal Cash / Plus.
  2. Lengkapi form identitas dan ikuti instruksi registrasi hingga dinyatakan selesai.
  3. Setelah akun Anda dinyatakan siap dan aktif, kini Anda bisa membeli, menjual maupun menahan aset crypto di PayPal.

Sementara untuk membeli Bitcoin di PayPal, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan yaitu: 

  1. Login akun PayPal Anda untuk mengakses halaman Beranda.
  2. Klik pada “Beli Bitcoin dan lainnya” yang biasanya ada di bagian atas.
  3. Untuk saat ini, daftar cryptocurrency di PayPal (PayPal cryptocurrency list) yang bisa dijual maupun dibeli hanyalah Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, dan Litecoin. Dari sini, silakan pilih aset crypto yang ingin dibeli. Dalam kasus ini, Bitcoin misalnya.
  4. Setelah memiliki Bitcoin, misalnya, tentukan berapa jumlah koin yang akan dibeli lalu klik “Beli”. Jumlah minimal pembelian Bitcoin di PayPal sendiri adalah senilai 1 dolar AS. Jadi pastikan saldo Anda cukup.
  5. Selanjutnya, Anda perlu melakukan konfirmasi atas pembelian serta member tanda persetujuan pada Syarat dan Ketentuan Cryptocurrency PayPal. Masukkan detail dan berapa jumlah koin yang ingin dibeli, contoh beli BTC senilai 10 dolar AS. Jika sudah sesuai, klik “Berikutnya”.
  6. Tentukan metode pembayaran kemudian klik “Berikutnya”.
  7. Sebelum klik “Beli Sekarang”, tinjau kembali pesanan Anda apakah sudah sesuai atau belum.
  8. Apabila semua dirasa sudah benar, lanjutkan pembelian dengan klik “Beli Sekarang”.
  9. Jika pembelian dinyatakan selesai, maka Bitcoin yang Anda beli tadi akan segera masuk akun Anda.
  10. Untuk memastikan pembelian berhasil, kembali ke Beranda untuk memeriksanya

PayPal mengenakan biaya terhadap transaksi aset crypto yang tentunya juga perlu mendapat perhatian Anda. Untuk transaksi dengan nominal kurang dari 25 dolar AS, dikenai biaya 50 sen. Sementara untuk pembelian di atas 1.000 dolar AS, dikenai biaya dengan besaran 1,5% dari nominal transaksi.

Bagi pengguna yang sensitif terhadap biaya, PayPal juga menampilkan grafik biaya serta nilai konversi yang memudahkan pengguna dalam melakukan kalkulasi. Ini karena PayPal tak hanya melayani pembelian aset crypto saja, namun juga penjualan, di mana penjualan juga dapat dikonversi ke mata uang fiat. Hasil dari konversi tersebut, dapat dilihat pada saldo kas akun PayPal pengguna.

Tak sekedar melayani jual beli dan pengelolaan aset crypto, PayPal juga melengkapi layanannya dengan menyediakan deskripsi singkat terkait aset crypto yang hendak dibeli. Selain itu, pengguna juga akan disuguhi berbagai informasi tentang cryptocurrency hingga berbagai risiko dari aset tersebut. Namun yang jelas, akses mudah jual beli aset crypto di PayPal bisa diakses dengan cepat dari Beranda akun.

Platform untuk Membeli Bitcoin dengan PayPal

Untuk saat ini, Anda yang tertarik untuk melakukan pembelian Bitcoin melalui PayPal, bisa mempertimbangkan alternatif lainnya. Pilihannya adalah melalui platform lainnya, yang mendukung penggunaan pembayaran melalui PayPal, yaitu melalui Peer-to-Peer (P2P) market, crypto exchange dan Peer-to-Peer (P2P) lending.

1. Peer-to-Peer Market

Pasar yang langsung mempertemukan penjual dan pembeli ini memiliki kelebihan di mana penjual bebas menentukan nilai tukarnya sendiri sekaligus memilih metode pembayaran yang mereka terima, salah satunya melalui PayPal. Berada dalam market ini, Anda bisa melakukan pencarian penjual berdasar metode pembayaran PayPal. Platform yang bisa Anda kunjungi antara lain LocalBitcoins dan Paxful.

Pada dasarnya, yang perlu Anda lakukan pada platform P2P market ini adalah mencari penjual yang melayani pembayaran melalui PayPal.

Untuk mencairkan Bitcoin ke rupiah, Anda bisa menggunakan fitur pencarian yang ada dalam market tersebut, mulai dari mencari penjual Bitcoin, memilih metode pembayaran (PayPal), pilih mata uang (IDR) lalu klik Beli. Atau, Anda juga bisa membuat thread sendiri dengan menyebutkan PayPal sebagai pembayaran, mata uang dan biaya.

2. Exchange Cryptocurrency

Untuk saat ini, jumlah layanan exchange yang menawarkan layanan pembelian Bitcoin menggunakan PayPal memang masih terbatas. Nah, salah satu platform langka yang menawarkan pembelian ini adalah Coinbase. Dan untuk bisa membeli Bitcoin di sini, Anda harus memiliki MasterCard debit PayPal terlebih dahulu.

Ya, Coinbase masih belum mendukung pembelian aset crypto secara langsung dengan menggunakan akun PayPal. Alhasil, Anda pun harus menghubungkan kartu ke akun Coinbase sebagai opsi metode pembayaran. Selain itu, Anda juga akan dikenai biaya 3,99% jika melakukan pembelian Bitcoin melalui cara ini.

3. Peer-to-Peer Lending

Berbeda dari poin nomor 1 di atas, platform ini memungkinkan para penggunanya untuk mendapatkan pinjaman guna membeli Bitcoin. Dengan kata lain, antar pengguna bisa menyediakan pinjaman dengan suku bunga tertentu yang dibayar melalui PayPal. Cara kerja dari platform ini pada dasarnya mirip dengan exchange tradisional.

Mekanisme pinjaman yang terjadi bisa dijelaskan mulai dari penjual yang menawarkan pinjaman Bitcoin. Kemudian ada pembeli yang mengambil pinjaman tersebut lalu membayarnya kembali dengan satu pembayaran kemudian. Melalui platform ini, Anda perlu menginput detail akun PayPal di halaman PayPal pemberi pinjaman kemudian menyelesaikan pembayaran. 

Kesimpulan

Layanan dari platform terkemuka seperti PayPal memang menjanjikan akses yang lebih mudah karena memiliki skala global dan digunakan pengguna dari berbagai belahan dunia. Namun demikian, opsi ini pun tak lepas dari risiko yang juga dapat mempengaruhi pengalaman transaksi aset crypto. Dan apabila Anda ingin membeli aset crypto melalui PayPal, selalu pelajari terlebih dahulu tentang bagaimana mekanisme perdagangan aset crypto terlebih dahulu.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.