Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan BNI Plus Tipsnya

Kredit Tanpa Agunan BNI

Mendapatkan kredit tanpa agunan di Bank Negara Indonesia (BNI) bisa dilakukan dengan persyaratan yang mudah. Selain bank konvensional, bank pemerintah yang masuk jajaran BUMN seperti bank BNI juga menyediakan kredit tanpa agunan (KTA).

Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang membutuhkan dana namun tidak memiliki harta yang hendak dijaminkan.

Nah, sebelum melakukan pengajuan pinjaman KTA BNI, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai suku bunganya, apa saja keunggulannya, syarat dokumen, dan tips supaya pinjaman disetujui. Semua penjelasan akan dijabarkan pada artikel ini. Yuk simak sampai akhir!

Mengenal Kredit Tanpa Agunan BNI

KTA BNI merupakan kredit yang diberikan oleh BNI kepada nasabah yang tidak mensyaratkan barang jaminan. Pinjaman ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang mengajukan KTA.

Jadi, untuk mengajukan pinjaman, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen data diri dan membuktikan bahwa Anda merupakan seseorang yang berpenghasilan.

Terdapat 3 jenis KTA BNI yang bisa Anda ajukan sesuai dengan kebutuhan:

  • BNI Fleksi. Merupakan KTA yang menyediakan plafon pinjaman hingga Rp500 juta dengan tenor panjang selama maksimal 15 tahun. Pinjaman ini biasanya diberikan karyawan sebuah perusahaan yang pembayaran gajinya melalui BNI. KTA ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi seperti mebangun ruah, biaya pendidikan anak hingga biaya berlibur.
  • BNI Fleksi Payroll. Untuk jenis yang satu ini plafon pinjamannya mencapai Rp100 juta dengan tenor paling lama hingga 60 bulan. Diperuntukan untuk pekerja yang digaji melalui bank BNI. Tenor pinjamannya memang lebih pendek dari jenis yang sebelumnya, namun untuk cicilan tetap disesuaikan dengan kemampuan bayar nasabah.
  • BNI Cerdas. Berbeda dari jenis lainnya, BNI Cerdas memiliki plafon pinjaman hingga Rp200 juta dengan tenor terlama 36 bulan. Khusus untuk lpemberian pinjaman ini hanya diperuntukan untuk biaya pendidikan dari mulai PAUD hingga pasca sarjana sehingga pendidikan putra putri Anda lebih terjamin.

Suku Bunga 

Sebagaimana pinjaman lainnya yang memiliki suku bunga, KTA juga memiliki suku bunga. Untuk BNI Fleksi, berikut suku bunga yang harus dibayarkan:

  • Untuk tenor pinjaman 12 bulan suku bunga sebesar 10,88 %
  • Untuk tenor pinjaman 24 bulan suku bunga sebesar 11,22 %
  • Untuk tenor pinjaman 36 bulan suku bunga sebesar 11,25 %
  • Untuk tenor pinjaman 48 bulan suku bunga sebesar 11,23 %
  • Untuk tenor pinjaman 60 bulan suku bunga sebesar 11,27 %
  • Untuk tenor pinjaman 72 bulan suku bunga sebesar 11,29 %
  • Untuk tenor pinjaman 84 bulan suku bunga sebesar 11,99 %
  • Untuk tenor pinjaman 96 bulan suku bunga sebesar 12,49 %
  • Tenor pinjaman 108 bulan sebesar 13,00 %
  • Tenor pinjaman 120 bulan sebesar 13,78 %
  • Tenor pinjaman 132 bulan sebesar 13,70 %
  • Tenor pinjaman 144 bulan sebesar 14,09 %
  • Tenor pinjaman 156 bulan sebesar 14,59 %
  • Tenor pinjaman 168 bulan sebesar 15,10 %
  • Tenor pinjaman 180 bulan sebesar 15,59 %

Sedangkan untuk KTA BNI Cerdas tenor pinjamannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk tenor pinjaman 12 bulan interest rate sebesar 13,00 %
  • Tenor pinjaman 24 bulan interest rate sebesar 13,50 %
  • Tenor pinjaman 36 bulan interest rete sebesar 14,00 %

Simulasi Pinjaman 

Untuk memperjelas mengenai suku bunga yang dikenakan untuk pinjaman KTA BNI ini berikut simulasi pinjamannya:

Misalnya Anda hendak mengajukan pinjaman sebesar Rp50.000.000 menggunakan KTA BNI. Tenor pinjaman yang dibutuhkan selama 24 tahun, dengan bunga yang dikenakan sebesar 11,22 persen. Maka angsuran yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp2.550.833 perbulan. Berhubung bunga flat maka jumlahnya akan sama hingga akhir pembayaran cicilan. Sehingga total yang dibayarkan adalah Rp61.219.992.

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan BNI

Beberapa keunggulan kredit tanpa agunan (KTA) BNI dibandingkan dengan yang ditawarkan bank lainnya adalah sebagai berikut:

  • Dana yang sudah dicairkan diberikan kebebasan untuk mempergunakannya sesuai dengan kebutuhan. Tanggungjawab penggunaan dana sepenuhnya diserahkan kepada peminjam, kecuali untuk jenis BNI Cerdas yang diperuntukan untuk biaya pendidikan anak.
  • Tidak perlu membawa jaminan apapun selama proses peminjaman, cukup melampirkan dokumen yang sudah disyaratkan, sehingga tidak ada risiko kehilangan aset.
  • Proses dana cair bisa lebih cepat dari pinjaman biasa, karena tidak perlu ada proses survey usaha dan lain-lain. Dalam kurun waktu 2-4 hari pinjaman bisa cair.
  • Plafon kredit yang besar mencapai Rp500 juta. Bisa memenuhi berbagai kebutuhan Anda.
  • Jangka waktu pembayaran atau tenor pinjaman cukup fleksibel dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Biaya administrasi yang tidak besar, hanya Rp100.000 saja.
  • Pembayaran cicilan disesuaikan dengan kemampuan nasabah, sehingga tidak memberatkan nasabah dalam proses mencicil.

Syarat Dokumen Pengajuan Kredit Tanpa Agunan BNI

Berikut syarat dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan hutang KTA BNI. Simak baik-baik ya!

Syarat untuk mengajukan KTA BNI:

  1. Memiliki pendapatan minimal bulanan sebesar Rp3000.000.
  2. Minimal umur peminjamnya adalah 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat pelunasan.
  3. Sebelumnya sudah memiliki kartu kredit selama 1 tahun, yang memiliki limit minimal Rp5 juta rupiah.

Sedangkan untuk persyaratan dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Bukti penghasilan/slip gaji
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Syarat orang yang mengajukan dan syarat dokumen harus dipenuhi supaya pengajuan disetujui. Pendaftaran pinjaman BNI ini bisa dilakukan baik secara online maupun dengan mendatangi langsung cabang terdekat. Pastikan membawa dokumen yang telah disyaratkan untuk pemrosesan yang lebih cepat.

Tips Agar Proses Pengajuan Kredit Tanpa Agunan BNI Jadi Lancar

Segala penjelasan sudah Anda pahami, kini saatnya mengajukan pinjaman. Nah, tapi sebelum benar-benar mengajukan pinjaman, berikut tips agar proses pengajuan KTA BNI Anda disetujui:

Memiliki riwayat kredit yang baik

Supaya pengajuan disetujui, maka tips yang utama adalah Anda memiliki riwayat kredit yang baik. Sebab biasanya bank juga melihat riwayat tersebut sebagai pertimbangan sebelum benar-benar mencairkan dana untuk Anda. Jadi pastikan tidak banyak kredit macet baik di bank BNI atau pun bank-bank lainnya.

Memenuhi seluruh persyaratan

Pastikan sebelum mengunjungi cabang terdekat untuk mengajukan pinjaman, seluruh persyaratan di atas sudah disiapkan. Sebab jika ada satu saja yang kurang, maka proses pencairan akan menjadi lebih lama. Sekedar seperti NPWP harus juga disiapkan.

Nah, berikut penjelasan mengenai KTA BNI. Jika Anda berniat untuk mengajukannya, pastikan sudah memahami seluruh informasi di atas. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *